5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Berkas Telah Berhenti” di HP Xiaomi

0
219

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Berkas Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Berkas atau File Manager pada smartphone Xiaomi memiliki peranan yang sangat penting. Berkas berisikan banyak data, baik berupa foto, video, dokumen, aplikasi, dan lainnya. Dengan adanya berkas, tentu ini lebih mudah dalam mengatur semua file yang ada, baik pada Internal ataupun Eksternal card. Dalam mencari dokumen atau file juga lebih mudah karena tertata dengan adanya folder dan pengelompokan yang ada. Bahkan dari sebagain pengguna dapat mengakses sedikit beberapa file sistem dan aplikasi bawaan ataupun terinstal.

Baca Juga :

Mengatasi Berkas Telah Berhenti di Xiaomi

Sayangnya, tak semua Smartphone Xiaomi dapat maksimal dalam mengakses semua berkas atau file manager yang ada karena adanya masalah saat membuka aplikasi tersebut. Munculnya pesan error bertuliskan “Sayangnya, Berkas Telah Berhenti”, “Sayangnya, Berkas Tidak Menggapi”, “Unfortunately, File Not Responding”, dan pesan error semacam lainnya. Masalah tersebut tentu membuat sebagian galau dan gelisah akibat tidak dapat mencari dokumen atau file penting. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah tersebut, cobalah untuk mengikuti metode sederhana yang saya tulis berikut ini.

1. Bersihkan Cache Berkas Xiaomi

Penumpukan file cache dapat membuat aplikasi bermasalah ketika dijalankan atau saat dibuka. RAM suka penuh dan Internal yang banyak tumpukan file temporary yang tidak pernah dihapus tentu membuat smartphone juga terasa lambat dan berat. Anda sebagai pengguna bisa memanfaat aplikasi keamanan untuk membersihka file cache, virus, dan lainnya. Atau juga bisa memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga untuk melakukannya. Ada banyak aplikasi Cleaner gratis yang dapat anda unduh langsung dari Google Play Store. Untuk cara manual mengenai cara hapus file cache, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache File Manager Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “File Manager” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Bersihkan Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Hapus Data Berkas Xiaomi

Metode berikutnya yakni mencoba menghapus data aplikasi terkait seperti basis data, data login, history, bookmark, cache, dan lainnya. Tenang saja, metode ini tidak akan menghapus semua data yang tersimpan di Internal android anda, hanya menghapus beberapa file sementara dari aplikasi berkas. Biasanya dengan cara ini masalah pada aplikasi berkas dapat kembali normal. Dan untuk melakukannya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data File Manager Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “File Manager” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Uninstal Pembaruan Berkas Xiaomi

Dan untuk yang ketiga, anda bisa mencoba untuk menghapus pembaruan pada aplikasi berkas atau file manager. Ini berlaku ketika anda telah melakukan pembaruan dan ingin menghapus pembaruan tersebut karena adanya masalah. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstal File Manager Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “File Manager” » Selanjutnya tap “Uninstal Pembaruan” » kemudian Pilih “Oke”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Update MIUI Xiaomi

Update menjadi salah satu cara agar semua bugs yang ada pada perangkat Xiaomi anda teratasi dengan baik dan maksimal. Tidak hanya mendapat pembaruan fitur saja, melakukan update juga dapat mengatasi masalah yang terjadi pada aplikasi bawaan yang ada. Metode ini anda lakukan jikalau anda melakukan melakukan update pada versi MIUI Xiaomi anda. Dan untuk melakukan Update, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Update MIUI Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » tap “Perbarui” » ikuti langkah selanjutnya…..

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

5. Factory Reset Xiaomi

Jika semua metode diatas telah anda lakukan namun tidak membuahkan hasil sama sekali, maka solusi terakhir yang dapat anda lakukan yakni dengan melakukan Factory Reset Smartphone Xiaomi anda. Tapi sebelum melakukannya, pastikan anda melalukan backup pada semua data penting yang anda miliki. Dan berikut langkah – langkah factory reset smartphone Xiaomi yang dapat anda ikuti.

Factory Reset HP Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Setelan Tambahan » Pilih “Cadangkan & Setel Ulang” » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Kemudian tap “Setel Ulang Telepon”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Semua metode yang saya berikan memang tidak menjamin masalah pada aplikasi berkas di HP Xiaomi anda dapat normal kembali. Namun setidaknya anda mencoba, daripada tidak sama sekali. Selain itu, jika anda tertarik untuk melakukan Flashing, anda membutuhkan Firmware, USB, Driver, dan Software Flashing seperti Mi Flash Tools.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi Note, Note 2, Note 3, Redmi Note 4, Note 4X, Note 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi Note 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi Note 5A, Redmi Note 5 Pro, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi Note, Mi Note Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi Pesan Error “Sayangnya, Berkas #Telah Berhenti” di Smartphone Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait masalah pada HP Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here