Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Mudah dan Cepat

0
1288

Dianisa.com – Cara Uninstall Aplikasi Bawaan di Android Dengan Root dan Tanpa Root. Setiap smartphone Android yang beredar dipasaran tentunya tersedia banyak aplikasi bawaan atau Bloatware. Aplikasi bawaan tersebut selalu menancap pada sistem Android sebagai aplikasi utama atau sebagai aplikasi penting yang harus digunakan oleh pengguna Android itu sendiri.

Baca Juga :

Menghapus Aplikasi Di Android Sangatlah Mudah, tetapi menghapus aplikasi bawaan di Android terbilang cukup sulit dan ribet. Bagi pengguna Android yang masih awam mungkin serasa tidak mungkin dan bingung dalam menghapus aplikasi bawaan (Bloatware).

Setiap pengguna Android pasti memiliki tujuan kenapa ingin menghapus aplikasi bawaan tersebut. Seperti misalnya aplikasi bawaan tersebut berupa Game yang berukuran besar dan banyak menguras memori Internal Android. Contoh lain bisa juga aplikasi Banking atau Browser bawaan Smartphone yang tidak begitu penting untuk kita gunakan dan kita ingin menghapusnya.

Perlu anda ketahui bahwa menghapus aplikasi bawaan sangat beresiko, dan tidak dianjurkan untuk menghapusnya. Tapi jika anda merasa bahwa itu menggangu tampilan android anda, anda bisa menyembunyikan atau menonaktifkan aplikasi tersebut. Sebelum saya memberikan Tutorial Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android, kali ini saya juga akan memberikan tips cara men-disable aplikasi bawaan android.

Untuk cara menonaktifkan aplikasi bawaan android, anda bisa langsung simak langkah – langkahnya dibawah ini. Dan untuk menghapusa aplikasi bawaan Android, anda juga bisa langsung simak di metode berikutnya.

Cara Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root

Untuk menonaktifkan aplikasi Android, anda tidak perlu aplikasi – aplikasi tambahan lain karena OS Android sendiri telah menambahkan fitur nonaktifkan aplikasi tanpa root sama sekali. Menonaktifkan aplikasi Android (Bloatware) merupakan salah satu cara paling ampuh dalam menghentikan aplikasi tertentu tanpa harus menghapus aplikasi tersebut. Cara ini juga tidak beresiko dan tidak ada dampak buruk pada Aplikasi bawaan itu sendiri. Untuk melakukannya silahkan ikuti Langkah – Langkah Menonaktifkan Aplikasi Bawaan Android dibawah ini.

Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari NAMA APLIKASI BAWAAN, kemudian tap “Nonaktifkan”.

Baca Juga :

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android

Cara menghapus aplikasi bawaan Android kebanyakan membutuhkan akses root. Artinya jika juga ingin menghapus Aplikasi bawaan Android anda anda juga harus root Smartphone Android anda. Belum pernah ada tutorial cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root. Ada 3 Aplikasi yang bisa anda coba untuk menghapus aplikasi bawaan, pertama LINK2SD, Kedua Root Explorer, dan Ketiga System App Remover. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti Metode Dan Langkah – Langkah Menghapus Aplikasi Bawaan Android dibawah ini.

Baca Juga :

Metode 1 : Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan LINK2SD

LINK2SD Adalah salah satu aplikasi Android gratis yang biasanya digunakan oleh pengguna Android sebagai alat untuk menghapus, memindahkan, atau mengedit Aplikasi Android. Tampilan dan cara menggunakan aplikasi LINK2SD cukup sederhana dan mudah digunakan. Untuk mengunakan aplikasi LINK2SD sebagai bantuan untuk menghapus aplikasi bawaan tentu membutuhkan Akses Root. Maka dari itu sebelum menggunakan aplikasi LINK2SD, Android anda sudah dalam keadaan Root.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi LINK2SD melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download LINK2SD Via Google Play Store
  2. Setelah berhasil memasang, buka aplikasi tersebut. Kemudian cari dan pilih aplikasi bawaan yang ingin anda hapus seperti misalnya Game, Browser, Banking, Kontak, Galeri, dan lain sebagainya.
  3. Pada bagian Info Apl, anda pasti bisa melihat “Icon Tiga Titik” pada bagian pojok kanan atas. Tap icon tersebut dan kemudian pilih “Hapus” untuk menghapus aplikasi tersebut.
  4. Selesai.

Metode 2 : Uninstall Aplikasi bawaan dengan Root Explorer

Root Explorer Adalah aplikasi Android yang memang dikhususkan untuk menghapus Aplikasi bawaan Android. Sebenarnya tidak hanya aplikasi bawaan saja, tetapi semua aplikasi yang ada di Android, baik itu bawaan ataupun dari pihak ketiga. Untuk menggunakan aplikasi Root Explorer, tentunya Android anda sudah dalam keadaan Root. Untuk prakteknya, silahkan anda ikuti Langkah – Langkah Menghapus Aplikasi Bawaan Dengan Root Explorer dibawah ini.

Cara Delete Aplikasi Bloatware Android

  1. Langkah pertama, unduh dan pasang aplikasi Root Explorer melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download Root Explorer Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut, kemudian anda bisa langsung masuk pada directory /System/App.
  3. Cari aplikasi bawaan yang ingin anda uninstall atau hapus seperti Kontak, Pesan, Game, Banking dan lain sebagainya. Tap dan tahan pada aplikasi yang anda pilih tersebut.
  4. Setelah itu akan muncul icon sampah pada bagian atas. Tap “Icon Sampah” untuk menghapus Aplikasi tersebut.
  5. Selesai.

Metode 3 : Hapus Aplikasi Bawaan ‘Bloatware’ dengan System App Remover

System App Remover adalah aplikasi Android gratis yang juga merupakan aplikasi penghapus aplikasi bawaan Android. Dengan aplikasi System App Remover, semua aplikasi bawaan yang bersifat menggangu seperti game, browser, banking, atau yang lainnya bisa anda hapus secara bersamaan tanpa harus satu persatu. Namun untuk menggunakan aplikasi ini, tentu Android anda sudah dalam kondisi Root. Untuk melakukannya, silahkan ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Cara Uninstall Aplikasi di Android

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi System App Remover melalui Google Play Store. Klik link berikut untuk mengunduh : Download System App Remover Via Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut, kemudian cari dan pilih aplikasi bawaan Android yang ingin anda hapus. Centang pada beberapa aplikasi bawaan.
  3. Tap “Cabut Pemasangan” untuk menghapus aplikasi dari Memori Internal Android anda.
  4. Selesai.

Itulah beberapa cara sederhana dalam menghapus aplikasi bawaan Android dengan root. Semua cara diatas bisa anda ikuti pada semua merek dan jenis perangkat Android mulai dari Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Asus Zenfone, Xiomi, Smarfreen Andromax, Advan, Acer, HTC, LG, Motorola, Sony Experia, dan lain sebagainya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Dengan Mudah Dan Cepat, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here