2 Cara Hard Reset Realme 7, 7i, 7 Pro

Realme 7 merupakan ponsel kelas menengah yang diperkenalkan oleh Realme pada 3 September 2020 yang lalu dan tersedia secara global pada 14 September 2020. Realme 7 sendiri tersedia dalam beberapa tipe yakni Realme 7, Realme 7i, dan Realme 7 Pro. Untuk dapur pacunya sendiri, ketiganya menggunakan Chipset yang berbeda, Realme 7 ditenagai oleh Mediatek Helio G95 (12 nm), Realme 7i ditenagai oleh Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm), sedangkan Realme 7 Pro ditenagai oleh Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm).

Mana yang paling bagus? yang paling bagus tentu saja Realme 7 Pro. Selain karena dukungan Chipset yang powerfull, Realme 7 Pro didukung dengan kapasitas Internal dan RAM yang juga tinggi. Harganya yang cukup mahal sebanding dengan spesifikasi yang didapatkan. Ada tiga varian warna dari Realme 7 Pro, di antaranya Horizon Orange, Mirror Blue, dan Mirror Silver. Anda bisa cek informasi lengkapnya Realme 7 di sini.

Meskipun memiliki dukungan spesifikasi tinggi, tidak menutup kemungkinan Realme 7 juga dapat mengalami masalah pada sistem dan aplikasi terinstall. Ketidaktahuan mungkin menjadi alasan beberapa pengguna mendapatkan masalah saat menggunakan smartphone, seperti munculnya pesan error saat membuka aplikasi, memori penuh akibat penumpukan file sampah, hingga lupa pola kunci layar atau kata sandi karena kelalaian.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi This site can’t be reached Google Chrome

Panduan Hard Reset Realme 7, 7i, 7 Pro

Masalah error pada sistem terkadang tidak bisa ditangani dengan cara sederhana, seperti menghapus data atau menghapus aplikasi, alternatifnya adalah Factory Reset atau Hard Reset melalui Realme UI Recovery. Cara ini akan mengembalikan ponsel ke setelan awal, sehingga apabila terdapat bugs, virus, ataupun malware pada sistem akan bersihkan secara total. Tapi sebelum melakukannya, pastikan telah melakukan backup pada semua data penting yang ada di memori internal. Setelah itu, simak dan ikuti panduan reset HP Realme 7, 7i, dan 7 Pro berikut ini.

Factory Reset via menu Settings

Tutorial Factory Reset Realme 7 Pro. YouTube/HardReset.info
  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan (Settings).
  2. Pilih Additional Settings.
  3. Pilih Back up and reset.
  4. Pilih Erase all data (Factory Reset).
  5. Pilih Erase all data » Erase Data.
  6. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP OPPO Sering Hang, Macet, LAG

Hard Reset via Realme UI Recovery

Tutorial Factory Reset Realme 7 Pro. YouTube/HardReset.info
  1. Langkah pertama, matikan smartphone Realme Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan sampai nantinya masuk pada menu Realme UI Recovery.
  3. Untuk pilihan Bahasa, silakan pilih English.
  4. Untuk melakukan reset, pilih Wipe Data.
  5. Konfirmasi dengan kata sandi/ lock screen, lalu tap Format Data.
  6. Konfirmasi dengan tap Format.
  7. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO

Penutup,

Jika Anda mendapati masalah bootloop pada Realme tetapi tidak normal kembali setelah melakukan reset, sebaiknya lakukan Flashing dengan mengunduh Firmware Realme terbaru saat ini. Lakukan Flashing dengan masuk pada Realme UI Recovery atau melalui perangkat PC/ laptop. Dengan cara tersebut, semoga ponsel Realme Anda normal dan bisa digunakan kembali.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Saya selaku pembuat tutorial tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan data setelah melakukan reset. Panduan ini hanyalah alternatif untuk memperbaiki masalah pada ponsel Realme, tetapi tidak sepenuhnya menyelesaikan semua masalah yang ada.

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Hard Reset Realme

Masalah Realme

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.