5 Perbedaan Sandisk Extreme dan Extreme Pro

Sistem penyimpanan data kini telah berkembang pesat hingga mampu bercabang ke beragam jenis bentuk dan rupa. Hal ini dibuktikan dengan adanya Cloud Storage yang berfungsi sebagai penghubung akses antara pengguna dengan media data yang mereka simpan. Tentunya Cloud Storage sangat berdampak positif pada sektor-sektor tertentu seperti bisnis, yang mana mampu memberikan efisiensi serta manfaat kepada perusahaan baik di bidang manajemen data maupun biaya.

Meski begitu nyatanya sistem penyimpanan offline seperti hard disk, flash disk, SSD, kartu memori dan sejenisnya masih banyak digandrungi oleh para pengguna. Terutama bagi mereka yang berkecimpung di bidang multimedia, kartu memori menjadi salah satu kunci penting dalam menyimpan data yang diambil melalui lensa kamera sebagai perangkatnya. Tak jarang seorang videographer mengalami kendala di mana file yang sedang mereka olah bermasalah karena faktor internal. Misalnya seperti lambatnya sistem dalam membaca data pada media penyimpan, sehingga berdampak pada inefisiensi waktu dan lain sebagainya.

Namun hal tersebut dapat diatasi dengan mengganti kartu memori dengan kasta yang lebih tinggi seperti Sandisk Extreme atau Extreme Pro. Meski lahir dari pengembang yang sama, namun tak jarang seorang pengguna memperdebatkan mutu dari kedua kartu memori ini. Bagi Anda yang tertarik untuk membahas perbedaan antara Sandisk Extreme dengan Extreme Pro secara mendalam, silakan simak penjelasan berikut.

Lihat Juga : 12 Jenis – jenis Keyboard pada Komputer

Perbedaan Sandisk Extreme & Sandisk Extreme Pro  

Perbedaan Sandisk Extreme
Sumber Gambar : unsplash.com

­­­­­­Hal paling dasar sebagai materi yang akan dibahas mengenai perbandingan barang elektronik ialah spesifikasinya. Karena dengan mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu kita jadi lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk menentukan barang terbaik dari pilihan yang tersedia. Selain itu kita ita juga akan membahas mengenai keunggulan masing-masing fitur yang ditawarkan oleh Sandisk Extreme dan Extreme pro dengan beberapa poin berikut sebagai pertimbangannya.   

1. Kecepatan  

Ketika hendak memilih sebuah kartu memori pastinya Anda akan memperhitungkan kecepatan akses data sebagai poin utamanya. Apalagi Sandisk merupakan salah satu merek terkemuka dalam menghasilkan produk kartu memori, terutama seri Extreme dan Extreme Pro. Seperti yang telah dijabarkan pada perbandingan di atas bahwasanya sandsik Extreme memiliki kecepatan akses maksimal hingga 160mb/s dan Extreme Pro 275mb/s.

Namun fakta di lapangan mengatakan bahwa kecepatan akses tersebut bergantung pada beberapa aspek tertentu. Misalnya seperti adapter yang digunakan dan bahkan kapasitas kartu memori juga berdampak dalam mempengaruhi kecepatan pengolahan data.

2. Kapasitas dan Format  

Yang kedua ialah kapasitas penyimpanan, faktor ini bergantung pada seberapa banyak data yang ingin untuk Anda simpan. Selain itu mungkin Anda juga memperhatikan mengenai batasan jumlah kapasitas yang tersedia pada masing-masing kartu memori. Jadi Anda perlu tahu juga mengenai 4 format kartu memori seperti SD (SDSC), SDHC, SDXC, dan SDUC.

  • Format SD mendukung format penyimpanan sampai 2GB,
  • Format SDHC memiliki kapasitas maksimum 32GB
  • Format SDXC dapat mendukung penyimpanan hingga 2TB.
  • Format SDUC yang telah menjadi format kartu terbaru untuk mendukung kapasitas hingga 128TB.

Kartu memori SD dan SDHC sebagian besar diformat ke sistem file FAT, sedangkan SDXC dan SDUC sebagian besar diformat ke sistem file exFAT. Dan di masa sekarang kartu keluaran sandisk difokuskan untuk mendukung format kartu microSDXC. Sehingga untuk membandingkan SanDisk Extreme dengan Extreme Pro, keduanya sama-sama mendukung format kartu microSDXC . Artinya kedua jenis Sandisk tersebut memiliki jumlah kapasitas penyimpanan yang besar serta mendukung beberapa perangkat baru karena memiliki format exFAT.

Lihat Juga : 9 Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Mechanical

3. Kompabilitas  

Menurut Anda antara Sandisk Extreme atau Extreme Pro ini, mana yang kompatibel dengan perangkat Anda? Hal ini perlu dipertimbangkan karena tidak semua perangkat mampu mendukung penuh sistem penyimpanan dengan format baru seperti exFAT.

Sandisk Extreme mendukung dan kompatibel dengan perangkat microSDHC UHS-1 dan microSDHC serta microSDXC UHS-1 dan microSDXC yang mana mampu untuk mendukung perangkat dengan kapasitas penyimpanan external minimal 4GB sampai 2TB.

Sedangkan Sandisk Extreme Pro mendukung dan kompatibel dengan perangkat microSDHC, microSDHC UHS-1, microSDHC UHS-II dan microSDXC, microSDXC UHS-1, microSDXC UHS-II. Serta mampu mendukung kapasitas penyimpanan maksimal hingga 2TB ditambah dukungan UHS-II yang mampu menyediakan kecepatan penulisan data yang lebih tinggi daripada UHS-1.

4. Harga

Dan terakhir adalah perbandingan harga, berdasarkan riset yang telah dilakukan dari ecommerce seperti Tokopedia dan Shopee penulis mendapat informasi harga yang menunjukkan bahwa Sandisk Extreme Pro memiliki perbedaan harga yang lebih tinggi dengan nilai Rp132.200 untuk kapasitas 32GB dan Sandisk Extreme memiliki harga mulai Rp100.000 untuk kapasitas 32 GB. Riset tersebut diambil dengan mengambil urutan harga jual paling murah dari kedua ecommerce tersebut.

Lihat Juga : Apa itu MOD APK? Kenali Aplikasi Modifikasi dan Bahayanya

Ringkasan Artikel

Berikut ini adalah rangkuman dari pembahasan data di atas, dengan peringkasan data seperti di bawah Anda mungkin akan lebih mudah memahami perbedaan antara Sandisk Extreme dengan Extreme Pro secara ringkas.

Sandisk Extreme

Berikut ini adalah spesifikasi yang dimiliki oleh Sandisk Extreme yang meliputi kapasitas, file sistem, kompabilitas, kecepatan baca data, kecepatan penulisan data, serta harga yang ditawarkan.

  • Kapasitas – 32GB, 64GB, 128GB, 256GB, 400GB, 512GB, 1TB
  • File Sistem – FAT32 / exFAT
  • Kompabilitas – kartu memoriHC UHS-1 and kartu memoriHC, kartu memoriXC UHS-1 and kartu memoriXC
  • Kecepatan Baca – 160MB/s (Atau lebih tinggi)
  • Kecepatan Tulis – 60MB/s (Atau lebih tinggi)
  • Harga – Mulai Rp100.000 untuk kapasitas 32 GB 

Sandisk Extreme Pro

Berikut ini adalah spesifikasi yang dimiliki oleh Sandisk Extreme Pro yang meliputi kapasitas, file sistem, kompabilitas, kecepatan baca data, kecepatan penulisan data, serta harga yang ditawarkan.

  • Kapasitas – 32GB, 64GB, 128GB, 256GB, 400GB, 512GB, 1TB
  • File Sistem – FAT32 / exFAT
  • Kompabilitas – kartu memoriHC, kartu memoriHC UHS-1, kartu memoriHC UHS-II kartu memoriXC, kartu memoriXC UHS-1, kartu memoriXC UHS-II
  • Kecepatan Baca – 275MB/s (Atau lebih tinggi)
  • Kecepatan Tulis – 90MB/s (Atau lebih tinggi)
  • Harga – Mulai Rp132.200 untuk kapasitas 32 GB   

Dari perbandingan spesifikasi di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwasanya versi Extreme Pro memang lebih unggul dalam aspek membaca dan menulis data dari versi Extreme. Hal ini juga diikuti oleh kisaran harga yang dipatok sedikit lebih mahal dari versi satunya.

Lihat Juga : Apa itu IMEI? Mengenal IMEI dan Fungsinya pada Smartphone

Penutup,

Sandisk Extreme dan Extreme Pro merupakan kartu memori dengan desain profesional dan peruntukan bagi mereka yang memang membutuhkan sistem penyimpanan fleksibel dengan kecepatan akses data cepat dan juga lancar. Keduanya pun sebenarnya juga tidak terlalu memiliki perbandingan yang terlalu signifikan, namun untuk menjamin kebutuhan Anda dalam memproses sebuah data penulis sarankan untuk membeli yang versi Pro karena memiliki selisih harga yang kecil namun dengan kapasitas dan fitur yang lebih tinggi dan terjamin.

Apakah format SDXC dapat diterapkan pada SDHC?

Kartu SDXC kompatibel dengan dukungan SDHC (bukan SD) apabila sistem operasi yang dimiliki perangkat mendukung format exFAT.

Kartu Memori yang bagus Itu class berapa?

Apabila Anda hendak menggunakan kartu memori untuk merekam video berkualitas HD atau 4K, pilihlah produk yang Class 10 atau di atasnya. Karena jenis tersebut dapat melakukan transfer data sebesar 10 MB per detik bahkan lebih tinggi.

Apa kelebihan Sandisk Extreme Pro?

SanDisk MicroSD Extreme Pro memiliki keunggulan yang terletak pada kecepatan membaca dan menulis datanya. SanDisk MicroSD Extreme Pro mampu membaca data dengan kecepatan kisaran 300 MB/detik. Untuk MicroSD, 300 MB/detik merupakan kecepatan yang fantastis dalam membaca sebuah data.

Berapa lama umur Micro SD?

Umur microSD modern umurnya sekitar 4 sampai 6 tahun, atau bisa lebih lama maupun singkat tergantung dengan penggunaan si pemilik kartu memori tersebut.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.