Panduan Berbelanja di Tokopedia Lengkap & TERBARU!!

0

Dianisa.com – Panduan Berbelanja di Tokopedia. Berbelanja merupakan aktivitas manusia dalam menjalankan roda perekonomian sejak masa lampau. Di zaman dulu manusia sering kali melakukan perdagangan secara tatap muka dimana mereka mesti jauh-jauh pergi ke suatu tempat yang menyediakan barang yang mereka dibutuhkan.

Hal ini tentu saja memiliki beberapa kekurangan sehingga membuat banyak orang kesulitan dalam mencari barang yang dicari karena keterbatasan jarak dan biaya.

Karena itulah hadirnya Situs Jual Beli Online sangat membantu bergeraknya roda perekonomian menjadi lebih laju. Dan salah satunya ialah Tokopedia, website yang satu ini merupakan marketplace terdepan di Indonesia yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring (online).

Hingga saat ini, Tokopedia menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Sejak diluncurkan, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis!

Dengan alasan tersebut sudah tidak diragukan lagi bahwa Tokopedia layak dijadikan sebagai salah satu pilihan Toko online yang wajib kamu kunjungi dalam jual beli! Dan bagi kamu-kamu yang belum tahu bagaimana cara membeli barang di Tokopedia, yuk simak Panduan berbelanja dibawah ini!

Artikel Terkait :

Cara Mendaftar Akun di Tokopedia (Via Desktop)

Sebelum kita menginjakan kaki kita dalam belanja online, hal pertama yang mesti dilakukan ialah mendaftar sebagai salah satu member di Tokopedia. Caranya cukup simple kok!

1. Pertama search di Google dan masukilah Laman Tokopedia di sini.

2. Kemudian klik “Daftar” yang berada di bagian pojok kanan atas.

Daftar

3. Nah disini kita memasuki laman baru yang memberi kita pilihan mau daftar via akun “Facebook” atau “Google”. Tapi pada kesempatan ini penulis akan mendaftar lewat Email Google, Dengan mengisinya pada kolom daftar.

Mengisi Kolom Daftar

4. Selanjutnya kita dimintai untuk mengisi nomor verifikasi yang telah dikirim di akun email yang telah kita cantumkan sebelumnya. Oleh karena itu cek kotak masuk email kamu untuk melihatnya.

Nomor Verifikasi

5. Nanti kita akan dialihkan ke halaman seperti pada gambar dibawah ini untuk melanjutkan proses pendaftaran. Disini kita diharuskan mengisi “Nama Lengkap”, “Nomor Ponsel” dan “Kata Sandi” pada 3 kolom yang tersedia.

Mengisi Form Pendaftaran

 

6. Selesai! Selamat kamu sudah bisa mengakses tokopedia sebagai member barunya.

Selesai Login

Cara Membeli Barang di Tokopedia (Via Desktop)

Setelah selesai mendaftar akun di Tokopedia barulah kita dapat mengakses pelayanan dalam membeli barang yang tersedia didalamnya! Ada beberapa langkah yang mesti kamu ikuti dalam berbelanja di situs ini!

1. Yang pertama buka laman Tokopedia kemudian Log in.

Selesai Login

2. Ketiklah barang yang diinginkan pada kolom pencarian lalu klik “Search” setelah itu laman akan dialihkan dan menampilkan deretan barang serupa dengan apa yang kita cari.

Search

3. Cari barang yang menurut kamu cocok dengan yang ingin dicari kemudian klik.

4. Kita akan beralih laman yang menampilkan barang yang kita klik tadi, perlu diingat bahwa kita mesti teliti sebelum membeli barang yang kita pilih dengan membaca deskripsi. Jika dirasa sudah yakin klik “Beli”.

Deskripsi Barang

5. Kita nanti akan memasuki halaman yang menunjukan barang yang akan dibeli dengan tanda centang. Jika yang kita beli hanya barang tersebut langsung saja lanjutkan kembali dengan mengklik “Beli”.

Menunjukkan Barang di Beli

6. Sekarang kita memasuki tahap “Checkout” dimana menampilkan pilihan alamat yang dituju dan jasa pengiriman.

Checkout

7. Setelah mengatur kedua hal tersebut kita langsung masuk ke pembayaran barang dengan mengklik “Pilih Pembayaran”.

Pilih Pembayaran

8. Metode pembayaran yang disediakan Tokopedia cukup bervariasi mulai dari Bank sampai Gerai minimarket. Sebagai contoh disini penulis menggunakan pembayaran via gerai Indomaret.

Metode Pembayaran

9. Pada langkah ini kita ditujukan untuk melakukan checkout dengan mengklik bayar.

Checkout Dengan Bayar

10. Setelah itu laman baru akan muncul dan menampilkan nomor kode yang akan kita gunakan dalam membayar barang yang telah kita pilih tadi. Caranya ialah dengan menunjukan kode tersebut ke kasir Indomaret lalu kita akan diberitahukan nominal yang mesti dibayar.

Kode Pembayaran

11. Selesai!

Kita nanti akan diberi struk yang berisi informasi dari pembayaran itu tadi, saran penulis. Lebih baik kita jangan membuang struk tersebut hingga barang sampai dalam kondisi baik ketangan kita karena struk tersebut nantinya akan sangat membantu kita ketika kita mengalami kecacatan barang dan mau refund.

Cara Berbelanja di Tokopedia (Via Smartphone)

Selain melalui Desktop atau Komputer, kita juga dapat bertransaksi barang Tokopedia via Smartphone melalui App Tokopedia yang tersedia di Google Play Store.

Setelah kamu selesai memasang Aplikasinya ke smartphone kamu, sekarang kita akan lanjut ke tahap cara pembeliannya!

1. Buka App Tokopedia di smartphone kamu!

App Tokopedia

 

2. Di kolom pencarian isilah barang yang ingin dicari. Di sini penulis menggunakan contoh Case Samsung A20.

Pencarian

3. Di halaman selanjutnya kita di suguhi tampilan dan deskripsi dari barang yang akan kita beli. setelah kamu merasa deskripsi serta barangnya sesuai dengan minat kamu, Klik “Beli” untuk melanjutkan pada tahap berikutnya.

Deskripsi Barang

4. Kita nanti akan digiring menuju laman yang menampilkan jumlah barang yang akan dibeli serta catatan opsional (Untuk penjual). Kamu dapat mengatur jumlah barang yang akan dibeli serta mengisi catatan Opsional apabila ingin menyampaikan sesuatu kepada penjual misalnya saja barangnya ingin segera dikirim atau sebagainya.

Jumlah Barang

5. Kemudian kamu akan di tunjukan kepada laman beli barang. Langsung saja lanjut dengan klik “Beli”.

Keranjang

6. Setelahnya kita dialihkan menuju page yang menampilkan Pilihan alamat dan jasa pengiriman. Setelah kamu selesai menentukan alamat dan jasa pengiriman, klik “Pilih Pembayaran” untuk melanjutkan checkout ke metode pembayaran.

Pilih Pembayaran

7. Metode pembayaran yang disediakan Tokopedia cukup bervariasi mulai dari Bank sampai Gerai minimarket. Sebagai contoh disini penulis menggunakan pembayaran via gerai Indomaret karena dirasa lebih mudah dan aman.

Metode Pembayaran

8. Klik bayar maka kita akan dialihkan kepada halaman yang menunjukan kode pembayaran yang nantikan akan kita tujukan kepada petugas kasir di indomaret untuk menyelesaikan transaksi.

Kode Pembayaran

9. Selesai! Kamu hanya tinggal menunggu penjual untuk mengirim barang kamu yang kemungkinannya memakan waktu 3 hari kerja.

Penilaian Penulis

Tokopedia layak menjadi salah satu alternative dalam membeli barang secara online, Beberapa faktor yang membuat penulis sendiri tertarik berbelanja di Tokopedia ialah banyaknya penjual yang menjajakan barang dagangannya di sini daripada situs lain yang pernah penulis temui, dan juga banyak sekali menawarkan cashback.

Ada juga fitur seperti tukar tambah HP Android yang memungkinkan kamu ingin memiliki HP Android dengan cara yang terjangkau.

Caranya

  1. Pengguna cukup mencari jenis handphone baru yang diinginkan dari toko-toko yang mengikuti program Tukar Tambah. Toko-toko tersebut di antaranya Official Store Erafone, Samsung, Asus, dan Telesindo Shop.
  2. Lalu, pilih tombol Tukar Tambah untuk menjalankan sistem pengecekan software dan hardware terhadap handphone pengguna. Pengecekan ini mulai dari layar sentuh, tombol volume, accelerometer, IMEI, Wifi, tampak depan dan belakang.
  3. Setelah itu, Tokopedia akan memberikan harga terhadap handphone pengguna. Jika setuju, cukup menyelesaikan transaksi yang terdiri atas harga handphone lama dikurangi harga handphone baru, ditambah biaya pengiriman dan asuransi.
  4. Kemudian, pilih jadwal penjemputan handphone yang mau di tukarkan, dan pemberian handphone baru sesuai dengan jadwal pengguna dengan kurir. Apabila pengguna ingin menukar secara offline, telah tersedia di outlet Erafone Kota Kosablanka dan Erafone Mall Ambassador. Hanya saja, seluruh penjualan harus tetap dilakukan secara online.

Akan tetapi Ada biaya tambahan yang dibebankan pengguna apabila transaksi dibatalkan. Misalnya karena kondisi atau IMEI tidak sesuai dengan yang diberikan ke Tokopedia, atau pembeli tidak ada di tempat dan waktu yang sudah ditentukan dan disepakati oleh kurir.

Akhir Kata,

Sekian itu saja yang bisa penulis berikan kepada kamu. Jangan sungkan untuk bertanya apabila menemui kesulitan dalam berbelanja di Tokopedia. Penulis akan siap membantu kamu dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

Selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here