Apa itu MOD APK? Kenali Aplikasi Modifikasi dan Bahayanya

Anda pasti sudah sering mendengar istilah APK (Application Package File,) bahkan mulai melibatkan penggunaan APK dalam kehidupan berteknologi sehari-hari. Seperti memesan makanan dengan GRAB, bercengkerama di media sosial seperti Facebook dan Twitter, bepergian dengan Gojek, memenuhi kebutuhan rumah melalui belanja online, atau malah memuaskan hasrat dengan bermain game dari ketukan layar ponsel Anda. Hal tersebut merupakan salah satu bukti bahwasanya kita telah memasuki era digital yang mau tidak mau manusia harus menerima teknologi sebagai bagian dari cara hidup modern.

Pada ulasan kali ini kita akan membahasa mengenai APK, atau lebih tepatnya MOD APK. Mungkin ada beberapa orang termasuk Anda bertanya-tanya, seperti apa perbedaan antara keduanya. Jadi APK adalah singkatan dari Android Package Kit dan merupakan format file yang digunakan Android untuk mendistribusikan dan menginstall aplikasi. Sedangkan MOD APK ialah versi Android Package Kit yang telah dimodifikasi sekian rupa agar lebih mudah diterima oleh pengguna tertentu. Contohnya ketika Anda bermain game menggunakan instalasi APK yang original dan belum termodifikasi. Maka Anda bermain game sesuai dengan hukum dan aturan yang telah ditetapkan oleh sang developer dari game tersebut.

Namun jika Anda menggunakan MOD APK, maka game tersebut telah disesuaikan atau dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pemain tertentu. Misalnya saja karakter dalam game dibuat tidak bisa mati, item atau cash dibuat dalam jumlah yang tidak terbatas dan sebagainya. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai apa itu MOD APK dari segi keuntungan sampai bahayanya mari simak pembahasan berikut ini.

Lihat Juga : Apa itu PowerShell? Pengertian, Fitur, dan Perintah Dasarnya

Apa itu MOD APK?

Apa itu MOD APK
Sumber Gambar : unsplash.com

Sebelum masuk ke pembahasan MOD APK mari kita pahami dulu apa itu MOD. MOD merupakan singkatan dari Modification yang artinya modifikasi, di sini modifikasi yang dimaksud adalah mengubah atau mengedit struktur data dari APK. Struktur modifikasi yang diubah sendiri berupa penghapusan dan penambahan aset file sistem yang mana hal ini dilakukan oleh pihak ketiga dari developer asli dengan tujuan tertentu.

Misalnya saja seperti mengubah sistem tampilan suatu aplikasi agar lebih mudah digunakan, mempercepat sebuah proses sistem yang sedang berjalan, menghilangkan bagian-bagian tertentu dari aplikasi tersebut yang sekiranya mengganggu pengguna. Sejauh ini MOD APK dilakukan terhadap aplikasi-aplikasi harian seperti WhatsApp, YouTube dan yang menjadi mayoritas adalah game.

Dalam melakukan modifikasi sendiri seseorang diharuskan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang pemrograman komputer. Pasalnya seorang Modifer (pembuat MOD APK) nantinya akan mengubah struktur data APK dengan memodifikasi perintah tertentu yang tertulis di dalam script atau kode pada APK tersebut.

Lihat Juga : Pengertian Smartphone | Sejarah, Perkembangan, Manfaat, Kelebihan

Apakah MOD APK itu Ilegal?  

Sebelum kita membahas mengenai hukum maupun undang-undang yang berlaku mengenai pembajakan aplikasi dan sejenisnya. Mari pelajari dahulu mengenai risiko yang diterima pengguna, apabila diketahui menggunakan MOD APK. Dalam dunia digital seorang developer mendapat keuntungan melalui transaksi pembelian yang berlaku di luar maupun di dalam aplikasi (Microtransaction) yang mereka buat.

Misalnya saja Anda membeli aplikasi pembersih terbaik melalui Google Play Store secara legal, kemudian untuk mendapatkan fitur tambahan Anda diharuskan berlangganan dengan membayar layanan secara bulanan. Nah hal inilah yang menjadi kunci developer dalam mendapatkan profit. Di sisi lain pengguna yang menggunakan sarana MOD APK, maka pembelian di dalam maupun di luar aplikasi menjadi tidak berlaku. Hal inilah yang menjadi sumber masalah bagi developer, karena aliran profit dari aplikasi yang mereka kembangkan terganggu.

Oleh karena itu developer resmi dari aplikasi besar seperti PUBG, Mobile Legends, Arknights, FreeFire sangat memerangi yang namanya MOD atau Cheat maupun aplikasi pihak ketiga karena mengindikasikan sebagai bentuk ancaman. Sanksi yang dikenakan kepada pengguna MOD pun juga cukup beragam, mulai dari di banned dalam rentang waktu tertentu sampai di banned secara permanen oleh sang developer resmi.

Sedangkan negara Indonesia sendiri menerapkan sanksi di mana mengubah atau memodifikasi perangkat aplikasi tanpa seizin dari pembuat (Developer) dapat dikenakan Undang -Undang ITE Pasal 30 Ayat 2 & 3 yang berbunyi :

Setiap orang dengan sengaja, tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer, sistem elektronik milik orang lain dengan cara apa pun untuk memperoleh informasi atau dokumen elektronik”.

 “Setiap orang dengan sengaja melanggar, menerobos, melampaui, atau menjebol sistem pengamanan (cracking, hacking, illegal access)”.

Dari masing – masing ayat tersebut, pengguna (yang memodifikasi) akan mendapatkan ancaman pidana penjara paling lama 7 sampai 8 tahun dan denda paling banyak Rp700 juta hingga Rp 800 juta.

Lihat Juga : Pengertian WiFi | Sejarah, Perkembangan, Fungsi, Cara Kerja

Bahaya dan Risiko MOD APK

Selain mendapat sanksi dari undang-undang yang berlaku, MOD APK sendiri membawa dampak negatif lain yang patut dipertimbangkan sebelum di install ke perangkat milik pengguna. Beberapa risiko yang di dapat dari pemasangan MOD APK di antaranya.

1. Terkena Blokir

Tak jarang pengguna yang sering menggunakan aplikasi pihak ketiga maupun Cheat ketika bermain game online mendapat kecaman keras dari developer. Terutama mereka yang sengaja menggunakan MOD APK untuk meningkatkan status karakter di dalam game tersebut. Tentunya hal itu tidak dibiarkan saja.

Pihak developer biasanya akan mengindikasi akun pemain yang memiliki aktivitas tidak wajar seperti tiba-tiba saja memiliki unlimited poin dan sejenisnya padahal tidak pernah melakukan transaksi di dalam game. Biasanya dalam kurun waktu tertentu pemain-pemain curang akan diblokir akunnya oleh developer secara permanen.

2. Infeksi Virus

Sejatinya modifikasi pada APK memiliki risiko keamanan yang rendah, karena enkripsi awal yang telah dibuat oleh developer telah di rubah atau dirancang ulang sehingga dapat menyebabkan kecacatan tertentu (Bad Code) yang tidak diketahui pengguna. Salah satunya ialah di masukannya sebuah virus yang dilakukan oleh modifikator tidak bertanggung jawab. Ada baiknya Anda memasang software antivirus terbaik untuk ponsel agar terhindar dari risiko infeksi virus tersebut.

3. Privasi Anda Terancam

Media sosial saat ini telah menjadi tempat singgah oleh 2 miliar manusia di bumi. Tentunya dengan jumlah pengguna sebanyak ini pasti ada saja beberapa oknum modifikator yang menawarkan aplikasi medsos seperti Facebook, Twitter, Pinterest dengan beberapa kelebihan yang tidak disediakan oleh aplikasi resminya. Apabila Anda terpancing tawaran tersebut kemudian memasangnya pada perangkat Anda, hal tersebut sama saja membuka kesempatan bagi oknum dalam membobol keamanan data pribadi pengguna seperti Anda.

Akan lebih baik bagi Anda untuk tetap menggunakan aplikasi resmi yang telah tersedia di Google Play Store. Bahkan apabila aplikasi tersebut berjalan berat pada sistem perangkat Anda, Google Play Store telah menyediakan versi aplikasi ringan dan resmi seperti Youtube GO, Facebook Lite, Twitter Lite dan sebagainya.

4. Memicu Adware

Kemungkinan lain yang dapat disebabkan oleh MOD APK ialah iklan. Kenapa? Karena modifikator sendiri juga ingin mendapatkan keuntungan dari APK yang telah mereka ubah strukturnya. Salah satunya yaitu dengan menempatkan iklan pada setiap sudut tampilan aplikasi yang digunakan pengguna dari MOD APK.

5. Merugikan Developer

Developer merupakan korban utama dari adanya MOD APK. Karena dasar modifikasi APK adalah mengubah, mengganti atau menghapus bagian dari struktur enkripsi data yang telah dibuat oleh developer. Developer pun di sini diuntungkan melalui transaksi dalam maupun luar aplikasi seperti (Microtransaction) penambahan fitur maupun perubahan tampilan, perpanjangan masa pakai serta yang lainnya.

Namun hal tersebut hanya dapat di akses secara gratis oleh pengguna melalui MOD APK. Memang secara tidak langsung, pengguna mendapatkan keuntungan dari akses gratis yang disediakan oleh modifikator APK. Namun di sisi lain developer mengalami kerugian dengan terpuruknya aplikasi yang telah mereka buat. Hasilnya produk digital yang mereka kembangkan lama-kelamaan akan kehilangan pasar dan dikeluarkan dari sistem Google Play Store.

Lihat Juga : Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst.

Penutup,

MOD APK memang menawarkan kemudahan yang tak bisa di dapat melalui APK resmi yang di berikan oleh developer. Namun ada faktor yang mana MOD APK sendiri dapat menjadi sebuah ancaman serius bagi pengguna. Di sisi lain developer resmi pastinya juga telah mempertimbangkan dengan matang bagaimana dan mengapa aplikasi yang mereka buat sedemikian rupa. Tujuannya tidak lain adalah supaya produk digital yang mereka jual bisa menghasilkan profit yang dapat membuat aplikasi tersebut semakin berkembang dan dapat terus dinikmati oleh penggunanya. Selain itu kelebihan yang ditawarkan MOD APK tidak sebanding dengan risiko serta bahaya yang didapat oleh penggunanya.

Apa fungsi dari MOD APK?

Menawarkan layanan atau fungsi tertentu yang tidak dimiliki oleh aplikasi asli dalam memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Apa bedanya MOD APK dengan APK?

MOD APK adalah aplikasi yang struktur data enkripsinya telah diubah oleh modifikator untuk menghasilkan APK baru dengan layanan serta fungsi yang berbeda dari aslinya. Sedangkan APK adalah aplikasi resmi untuk android yang dibuat dan dirancang secara kompleks sesuai dengan kebutuhan developer resminya.

Apakah MOD APK aman digunakan?

Tidak masalah menginstall MOD APK pada ponsel Anda selama APK tersebut tidak bersifat Log Into Account seperti aplikasi media sosial karena memiliki kemungkinan serta risiko dalam menjalankan penipuan digital seperti Phishing.

Apakah ada hukum resmi mengenai MOD APK?

Mengubah atau memodifikasi perangkat aplikasi tanpa seizin dari pembuat (Developer) dapat dikenakan Undang -Undang ITE Pasal 30.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Apabila Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar tentang MOD APK. Penggunaan dan manfaat MOD APK akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.