Cara Belanja di Shopee Untuk Pemula

Siapa sih yang tidak tau Shopee? Adalah platform marketplace yang sangat diminati di 6 negara, Yang diantaranya adalah Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Hal itu dikarenakan Shopee membangun elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari 5 startup e-commerce yang paling disruptif (Inovatif)

Jika kamu membandingkanya dengan situs marketplace senior lain seperti Bukalapak, Tokopedia, dll, maka shopee termasuk yang termuda dan minim pengalaman. Namun dengan promosi yang gencar, ecommerce ini mampu berdiri sejajar dengan pesaing-pesaing seniornya. Penulis sendiri juga banyak mendengar review positif tentang Shopee dari beberapa orang yang penulis kenal.

Hingga membuat penulis tergoda untuk mencoba marketplace terpopuler se Asia tenggara yang satu ini. 

Dan setelah mencobanya penulis mendapat hasil yang memuaskan dari pelayananya. Banyak penjual di Shopee yang tanggap dalam membalas kontak chat para pelangganya sehingga hal ini menjadi salah satu poin bagus yang membuat penulis merasa senang berbelanja disini.

Dan juga diskon serta promo harga yang mereka tawarkan tidak kalah menggodanya sampai-sampai penulis tidak tahan untuk segera berbelanja di Shopee. Kalau kamu juga ingin juga menjajal e-commerce populer ini, silahkan geser kebawah untuk mengikuti langkah-langkah berbelanja di Shopee.

Lihat Juga : Cara Belanja di Bukalapak via PC & HP

Cara Mendaftar Akun di Shopee

Untuk bisa berbelanja di Shopee hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendaftar akun. Ada beberapa tahapan yang perlu dilewati untuk bisa membuatnya.

  • Yang pertama, kunjungilah Shoppe Indonesia di: Shopee.co.id. Klik “Daftar” yang terletak disebelah pojok kanan atas.
1. Cara Daftar di 1. Cara Daftar di Shopee
  • Selanjutnya akan muncul menu baru yang menampilkan kolom daftar identitas pelanggan yang dimana untuk dapat mengisinya kamu mesti verifikasi nomor telepon. Nantinya Shopee akan memberi kamu pesan balasan yang menampilkan kodenya.
2. Membuat Akun Shopee
  • Setelah itu barulah kamu dapat mengisi kolom “Nama & Password” akun yang akan dibuat. Isi Chapta, teliti dan pastikan bahwa chapta yang kamu buat benar-benar betul. Lalu klik “Daftar”.
3. Daftar gratis di Shopee
  • Selesai, …dan sekarang kamu bisa menggunakan akun tersebut untuk mulai berbelanja di Shopee.

Lihat Juga : Cara Belanja di AkuLaku, bayar via Alfamart

Berbelanja di Shopee dari Web

Di tahap ini barulah penulis bisa menunjukan cara untuk berbelanja di Shopee. Langkah-langkahnya cukup mudah kok! … ikuti saja step by step-nya berikut ini.

  • Pada kolom pencarian masukan nama produk yang akan dibeli, Sebagai contoh disini penulis memakai “Realme 3”
1. Cara Belanja Barang di Shopee Web
  • Kita dialihkan ke menu baru yang menyuguhkan Daftar produk terkait dengan apa yang kita cari. Pilihlah kang menurut kamu cocok, jika sudah klik gambar produknya.
2. Cara Beli Barang di Shopee
  • Di bagian ini halaman menunjukan tentang informasi produk yang akan kita beli. Apabila kamu membutuhkan info lebih dari produk ini, klik saja “Chat Penjual” yang ada pada bagian bawah.
  • Jika sudah merasa klop dengan barang tersebut, klik “Beli Sekarang”. Nantinya pesanan kita akan terproses dan akan dilanjutkan pada tahap selanjutnya.
3. Beli Smartphone di Shopee
  • Pada bagian ini, centanglah barang yang akan dibeli lalu klik “Checkout
4. Jual Beli di Shopee
  • Nantinya kita akan diberi formulir pengisian alamat tujuan untuk menjadi lokasi dikirimnya produk yang kita pesan. Jika sudah klik “Ok
5. Belanja Gratis Ongkir Shopee
  • Lalu sekarang kita masuk pada metode pembayaran. Di sini penulis memakai pembayaran melalui gerai Alfamart karena lebih gampang dan diterapkan kpada kamu yang belum punya rekening bank ataupun kartu kredit. Setelah itu klik “Buat Pesanan
6. Layanan Pembayaran Shopee
  • Sekarang pada langkah ini, kamu hanya tinggal mencatat kode pembayaran dan kemudian kamu tunjukan kode pembayaran tersebut kepada petugas Alfamart untuk menyelesaikan proses transaksi.
7. Pembayaran via Alfamart Shopee
  • Selesai.

Lihat Juga : Cara Belanja di Lazada Terbaru

Cara Membeli di Shopee via Aplikasi

Kamu juga dapat berbelanja di Shopee melalui App-nya yang tersedia di Play Store. Langkah-langkah untuk membeli barang melalui smartphone cukup mudah asal kalian mengikutinya dengan benar!

  • Pertama, unduh dan install aplikasi Shopee terlebih dahulu. Klik link berikut untuk mengunduhnya : [Google Play] [App Store]
  • Isi kolom pencarian dengan barang yang ingin dibeli.
  • Nanti menunya akan menampilkan barang yang terkait. Carilah harga serta barang yang cocok denganmu, kalua sudah ketemu klik barang tersebut.
1. Belanja Barang di Shopee Lewat App
  • Di gambar ini kita bisa lebih leluasa dalam mengetahui Informasi produk yang dipilih dan juga gambar yang diambil lebih detail. Jika sudah pas dengan dompetmu lanjutkan dengan klik “Beli Sekarang”.
2. Cara Belanja di Shopee Gratis Ongkir
  • Centang produk yang dipilih tadi kemudian klik “Checkout”.
  • Aturlah alamat tujuan dan juga jasa pengiriman yang menurutmu aman dan terjangkau. Sebagai contoh disini penulis memilih “Shopee Logistic Standar Express” dengan biaya Rp 30.000.
3. Beli Barang Murah di Shopee
  • Tentukan metode pembayaran, misalnya saja gerai Alfamart yang notabene sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. Setelah itu Klik “Buat Pesanan
4. Cara Jual Beli di Shopee
  • Selanjutnya akan muncul kode pembayaran, yang nantinya harus kamu sampaikan kepada kasir Alfamart perihal pembayaran Shopee.
  • Selesai.

Lihat Juga : Panduan Cara Belanja di Lazada untuk Pemula

Penilaian Penulis

Bagi saya sendiri (Penulis) Shopee adalah marketplace terlengkap dalam menyediakan barang-barang dengan diskon besar yang menggoda para pengunjungnya. Juga sebuah tempat yang sangat penulis rekomendasikan bagi kamu-kamu yang sekarang ini tengah mencari sebuah barang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau, Shopee lah jawabannya.

Baiklah itu saja yang dapat penulis sampaikan kepada kamu mengenai cara berbelanja di Shopee. Semoga dapat membantu dalam menjawab keraguan apabila hendak berbelanja di e-commerce terlaris se Asia Tenggara ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.