5+ Cara Mengatasi Gmail Tidak Bisa Dibuka & Error di HP Android

0

Dianisa.com Gmail Error di HP Android. Gmail merupakan salah satu layanan pesan email atau surel besutan dari Google Inc. yang diluncurkan secara publik dengan versi full (bukan beta) pada tanggal 7 Juli 2009. Sampai saat ini, pengguna Gmail sangatlah banyak, bisa dibilang paling banyak ketimbang layanan surel lainnya seperti Yahoo! atau HotMail.

Sampai pada tahun 2016 saja, pengguna Gmail aktif mencapai 1 Milyar lebih, terus dan terus bertambah.

Tips Gmail

Masalah Google

Masalah HP Android

Mengatasi Gmail Error & Tidak Bisa Dibuka

pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai cara mengatasi error pada Gmail di HP android. Karena saat ini, pengguna Gmail juga tersinkronisasi dengan Smartphone Android maka tentunya setiap pesan yang masuk bisa dibalas secara langsung dan ini sangat memudahkan para pengguna.

Namun sayangnya, sebagian pengguna ada yang mengalami masalah pada aplikasi gmail, entah karena banyaknya bugs atau munculnya pesan error bertuliskan sayangnya, gmail telah berhenti, “gmail tidak menanggapi”, “unfortunately, gmail has stopped”, dan lainnya.

Dan untuk mengatasinya, cobalah beberapa metode sederhana berikut ini.

#1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan melakukan restart pada smartphone Android anda. Biasanya, dengan melakukan hal ini masalah pada aplikasi tertentu, khususnya pada Gmail dapat normal kembali.

Namun hal ini tidaklah pasti, jika tidak berhasil maka anda bisa mencoba cara berikutnya.

#2. Hapus Cache Gmail

selanjutnya untuk metode berikutnya, anda bisa mencoba membersihkan file sampah pada aplikasi Gmail di HP Android anda. Penumpukan file sampah yang berlebih tentu membuat kinerja aplikasi terasa kurang maksimal, bisa tidak bisa dibuka atau bahkan sering memunculkan pesan error karena terlalu lambat dan berat.

Anda bisa mengakalinya dengan secara rutin membersihkan cache menggunakan aplikasi keamanan atau aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner, Clean Master, dan lainnya. Adapun untuk cara manualnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Gmail

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari Gmail » Kemudian tap Hapus Cache.

#3. Hapus Data Gmail

Metode ini biasanya ampuh dalam mengatasi aplikasi yang bermasalah, entah itu tidak bisa dibuka atau memunculkan pesan error tertentu. Menghapus data akan menghilangkan data yang bersifat sementara pada aplikasi seperti cache, basis data, data login, history, dan lainnya.

Tenang saja, semua pesan di Gmail anda tidak akan terhapus karena semua itu tersimpan pada server Google bukan pada HP Android anda. Adapun untuk menghapus data, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Gmail

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari Gmail » Kemudian tap Paksa Berhenti dan Hapus Data.

#4. Update Gmail Android

Selanjutnya, anda bisa mencoba untuk melakukan update pada aplikasi Gmail di HP Android anda. Hal ini bisa anda lakukan apabila Gmail anda belum pada versi paling baru. Adapun untuk melakukan update, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Update Gmail

  • Buka Google Play Store » Aplikasi & Game Saya » Buka Gmailm» Kemudian tap Update untuk melakukan pembaruan.

#5. Instal Ulang Gmail

Apabila semua cara tidak berhasil mengatasi masalah anda, coba lakukan instal ulang. Pertama, anda hapus aplikasi tersebut, kemudian bersihkan file sampah lalu lakukan restart. Setelah itu, barulah nanti anda install kembali aplikasi Gmail langsung melalui Google Play Store.

Dan untuk uninstal aplikasi, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstal Gmail

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari Gmail » Kemudian tap Copot Pemasangan.

Penutup,

Dengan adanya beberapa metode diatas, diharapkan masalah pada aplikasi Gmail dapat teratasi dan aplikasi dapat digunakan kembali seperti biasanya. Selain dari pada metode diatas, anda juga perlu memperhatikan HP Android seperti apa yang anda gunakan. Apakah HP sudah versi Jadul atau sudah pada versi terbaru.

Semua metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Android seperti OPPO, Realme, Lenovo, Samsung Galaxy, ASUS ZenFone, ROG, Xiaomi, dan lainnya. Jika ada sedikit perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Jika ada suka dengan artikel ini, silahkan bagikan ke sosial media agar lebih bermanfaat untuk orang lain. Tinggalkan komentar apabila anda masih merasa kebingungan dalam mengatasi masalah pada Aplikasi Gmail anda.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here