20 Cara Menggunakan Laptop

Berikut sejumlah cara menggunakan laptop untuk pemula beserta tips dan perawatannya

Saat ini laptop telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, baik kalangan remaja hingga dewasa. Hal ini memang tidak bisa dipungkiri, terbukti dengan banyak aktivitas atau pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual diganti dengan perangkat komputasi yang mampu berjalan lebih cepat dan otomatis. Salah satu bukti sederhananya yakni dalam hal administrasi. Para pekerja kantoran pasti sering menggunakan Microsoft Office untuk membuat dokumen atau laporan, mereka tidak lagi membuat laporan harian atau bulanan secara manual.

Perangkat teknologi seperti laptop adalah salah satu jembatan untuk Anda yang ingin mendapatkan akses informasi, pendidikan, hingga pekerjaan secara luas dan tanpa batas. Dengan akses informasi yang luas, Anda dapat belajar apa pun sesuai keinginan dan kebutuhan. Karena itulah, kami memberikan panduan dasar bagaimana cara menggunakan laptop untuk aktivitas sehari-hari, baik untuk pendidikan ataupun pekerjaan. Panduan ini dapat membantu bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan laptop, khususnya para pelajar seperti: SD, SMP, dan SMA.

Lihat Juga : 7 Cara Membersihkan Kipas Laptop

Cara menggunakan laptop

Laptop HP 14s dq0508TU Shopee

Cara menggunakan laptop sebenarnya tidaklah sulit, apalagi untuk Anda yang sering menggunakan smartphone atau tablet untuk aktivitas sehari-hari. Dalam penggunaannya, cara kerja dari perangkat komputasi seperti PC, laptop, smartphone, dan juga tablet kurang lebih sama, hanya saja platform yang digunakan berbeda. Misalnya saja, Anda ingin mengakses file / data di laptop, maka Anda hanya perlu membuka File Explorer, lalu temukan file / folder yang Anda inginkan. Pada smartphone atau tablet juga sama, Anda hanya perlu membuka File Manager, lalu temukan file / folder yang Anda inginkan.

Demikian juga ketika Anda ingin menghubungkan laptop ke internet, bermain game, membuat dokumen, laporan, dll. Anda hanya perlu membuka aplikasi terkait untuk melakukannya. Selain itu, Anda juga harus sering menggunakan laptop supaya makin terbiasa. Di bawah tersedia panduan dasar cara menggunakan laptop untuk pemula, mulai dari mempersiapkan laptop, menginstall aplikasi, menghubungkan laptop ke jaringan internet, memaksimalkan penggunaan laptop, mematikan laptop, dan tips merawat laptop. Simak dan ikuti panduannya berikut ini;

Catatan : Pastikan Anda telah mempelajari apa saja komponen yang terdapat pada laptop. Informasi ini bisa Anda lihat pada buku manual, mulai dari letak tombol power, charger, USB, CD-ROM, dst.

1. Siapkan laptop Anda

Mempersiapkan Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum lanjut ke pembahasan inti yakni mempersiapkan laptop Anda. Ini menginformasikan bahwasanya ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda lalui terlebih dahulu seperti: memosisikan laptop, proses booting, dan menggunakan touchpad / keyboard seperti berikut;

A. Posisikan laptop dengan benar

Saat Anda ingin mengoperasikan laptop, maka Anda harus memosisikan laptop dengan benar. Ini dilakukan supaya Anda dapat menggunakan laptop dengan nyaman dan tidak membuat laptop cepat rusak. Pada dasarnya laptop memang dirancang untuk bisa digunakan di mana saja, namun Anda harus memperhatikan beberapa poin di bawah ini.

  • Cari tempat yang terdapat stop kontaknya – Ini hanya untuk berjaga-jaga apabila kondisi baterai laptop cepat lemah.
  • Coba temukan sudut yang nyaman untuk pergelangan tangan – Jika posisi tangan Anda salah, tidak menutup kemungkinan tangan Anda akan cepat.
  • Hindari meletakkan makanan / minuman pada area sekitar laptop – Hanya untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.
  • Jangan letakkan laptop di atas permukaan yang lunak – Permukaan yang lembut / kasar dapat menghalangi ventilasi udara untuk keluar masuk.

B. Buka layar laptop

Jika Anda sudah memperhatikan beberapa poin di atas dan telah memosisikan laptop dengan baik dan benar, maka langkah selanjutnya adalah membuka layar laptop Anda. Cukup sederhana saja, Anda hanya perlu mengangkat layar laptop secara perlahan. Dan perlu Anda perhatikan, umumnya pengguna membuka layar laptop dengan sudut antara 600 – 700, ini untuk menghindari kejadian engsel yang rusak. Namun ini tidak berlaku pada laptop keluaran terbaru, karena beberapa tipe laptop seperti Lenovo Yoga C930, Lenovo Yoga 730, Lenovo Yoga Book, bisa membuka layar laptop hingga 3600.

C. Tekan tombol Power untuk menyalakan

Langkah berikutnya Anda harus mencari letak tombol Power pada laptop. Setiap produsen laptop menempatkan tombol power pada posisi yang berbeda-beda, ada yang terpisah dari keyboard dan ada yang tidak. Secara umum, tombol power dapat Anda temukan di bagian pojok kanan / kiri atas keyboard dan biasanya berbentuk bulat (ikon) atau persegi.

D. Tunggu proses booting laptop

Jika Anda sudah menekan tombol Power, maka selanjutnya adalah menunggu proses booting laptop hingga selesai. Booting sendiri merupakan sebuah proses awal saat Anda ingin menyalakan PC / laptop. Proses ini bertujuan untuk memeriksa hardware dan memuat software secara keseluruhan sebelum digunakan.

Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 10-60 detik tergantung dari spesifikasi perangkat masing-masing. Semakin tinggi spesifikasi laptop yang Anda miliki, maka proses booting juga akan berjalan lebih cepat. Selain itu banyaknya program startup yang berjalan di latak belakang sistem juga berpengaruh pada lambatnya proses booting itu sendiri. Jadi Anda harus sabar dalam menunggu proses booting tersebut hingga laptop masuk ke antarmuka OS Windows.

E. Gunakan Touchpad dan Keyboard

Jika laptop sudah menyala, Anda bisa mengoperasikannya dengan menggunakan touchpad dan keyboard. Touchpad ini berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar saat Anda ingin mengakses folder atau membuka aplikasi. Sementara keyboard bisa Anda gunakan untuk mengetik untuk berbagai keperluan.

Lihat Juga : 10 Cara Reset Laptop ke Pengaturan Awal

2. Install aplikasi

Install Aplikasi Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

Setelah Anda terbiasa dengan touchpad dan juga keyboard, Anda bisa menggunakan laptop seperti pada umumnya. Namun ini juga tergantung pada masing-masing pengguna, Anda bisa menggunakan laptop untuk membuat dokumen, mengedit foto, hingga bermain game. Berikut beberapa rekomendasi software yang bisa Anda install dan gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Jalankan Windows Update

Sebelum Anda menginstall beberapa aplikasi pada laptop, silakan Anda jalankan Windows Update terlebih dahulu. Ini dilakukan supaya laptop mendapatkan peningkatan atas fitur terbaru dari Windows, baik pembaruan driver ataupun komponen kerangka kerja seperti NET. Framework, Microsoft Visual C+ dan DirectX.

  1. Buka menu Settings » Update & Security » Windows Update.
  2. Klik Check for updates untuk melihat ketersediaan Windows versi terbaru.
  3. Jika ada, silakan lakukan update sampai selesai.
  4. Selesai.

A. Microsoft Office

Software pertama yang perlu Anda install adalah Microsoft Office. Software ini merupakan sekumpulan alat perkantoran yang bisa Anda manfaatkan untuk banyak hal, seperti membuat dokumen, mengerjakan tugas, presentasi dengan PowerPoint, dan masih banyak lagi. Selain Microsoft Office, Anda juga bisa menginstall WPS Office atau LibreOffice. Kedua software tersebut bisa Anda jadikan alternatif apabila Anda ingin mendapatkan paket office gratis.

B. Software editing foto / video

Selanjutnya, Anda juga bisa menginstall software editing foto / video, ini khusus buat Anda ingin menjadi seorang fotografer / videographer. Dengan software editing pada laptop, ini akan sangat membantu Anda dalam menunjang aktivitas, baik itu mengedit foto agar terlihat keren atau mungkin untuk membuat video vlog. Saat ini tersedia banyak sekali software editing yang bisa Anda gunakan, di antaranya seperti: Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Premier Pro, dan masih banyak lagi.

C. Web browser

Web browser adalah peramban web yang penting sekali untuk Anda install di laptop Anda. Tujuannya tentu saja untuk mempermudah Anda dalam mengakses berbagai informasi di internet. Contohnya seperti melihat berita terkini, belajar tentang topik apa pun (teknologi / pendidikan), menonton YouTube, atau mungkin Anda gunakan untuk bekerja (jika Anda freelancer atau bekerja dalam romote). Di bawah ini tersedia link download aplikasi browser yang bisa Anda install di laptop Anda;

D. Game

Dan yang terakhir, Anda bisa menginstall game pada laptop. Mengapa game perlu dipasang? Tentu alasannya cukup sederhana, karena game berfungsi untuk menghilangkan rasa bosan dan stress. Tetapi ini hanya pilihan, jika memang Anda tidak suka bermain game maka Anda tidak perlu menginstall game.

Lihat Juga : 7 Cara Memperbesar Suara Laptop

3. Sambungkan laptop ke jaringan internet

Menghubungkan Internet ke Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

Jika Anda ingin menggunakan laptop secara maksimal, Anda memerlukan koneksi internet. Sebagian besar aktivitas yang Anda lakukan di depan laptop pasti membutuhkan koneksi internet, mulai dari mengirim pesan email, mengakses situs, membuka media sosial, menonton video YouTube, belajar dari tutorial, e-learning, dan sebagainya.

A. Pastikan area Anda tersedia jaringan Internet

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yakni memastikan area Anda tersedia jaringan internet. Anda bisa menggunakan jaringan WiFi atau Hotspot untuk menghubungkan laptop ke jaringan internet. Dan pastikan juga laptop Anda tidak jauh dari Access Point, supaya koneksi internet yang Anda dapatkan stabil dan lancar.

B. Cara mengoneksikan laptop ke internet

Jika dirasa Anda sudah menemukan jaringan yang kuat dan stabil, kini saatnya menghubungkan laptop ke jaringan internet. Caranya cukup mudah, Anda dapat mengikuti panduannya berikut ini.

Mengoneksikan Internet
  1. Pertama, nyalakan laptop dahulu.
  2. Lalu klik ikon jaringan pada Taskbar Windows » pilih jaringan yang tersedia.
  3. Kemudian masukkan password (jika diperlukan) » klik Connect.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Sekarang, laptop Anda sudah terhubung ke jaringan internet.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Meredupkan Layar Laptop

4. Cara memaksimalkan penggunaan laptop

Memaksimalkan Penggunaan Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

Selain panduan dasar menggunakan laptop di atas, ada sejumlah informasi tambahan yang mungkin bisa Anda coba agar mampu menggunakan laptop secara maksimal. Di antaranya yaitu menggunakan shortcut key, mouse eksternal, menggunakan speaker, hingga meningkatkan hardware perangkat. Berikut penjelasannya;

A. Gunakan shortcut key

Shortcut key merupakan sebuah fitur pendukung yang memiliki fungsi untuk mempermudah dan mempercepat pengoperasian laptop / PC. Cara ini sering digunakan oleh pengguna laptop tingkat mahir supaya lebih praktis dan cepat dalam mengoperasikan laptop. Mulai dari hal umum seperti copy-paste, menghapus, atau pun membuka pintasan. Berikut daftar shortcut dasar beserta fungsinya yang paling sering digunakan;

Shortcut KeysKeterangan
CTRL + AMemilih semua item atau teks
CTRL + CMelakukan salin item yang diseleksi ke clipboard
CTRL + XMemotong item yang diseleksi ke clipboard
CTRL + VMenempel item dari clipboard
CTRL + ZMembatalkan suatu proses / tindakan (undo)
CTRL + Shift + NMembuat folder / file baru di Explorer
CTRL + Shift + EscMembuka Task Manager
Shift + DeleteMenghapus item secara permanen
EscMenutup jendela aplikasi yang dibuka saat ini
Alt + TabBerpindah antar jendela aplikasi yang terbuka
Windows + IMembuka menu Settings
Windows + EMembuka Windows Explorer
Windows + AMembuka fitur Action Center
Windows + XMembuka menu Quick Link

B. Gunakan mouse eksternal

Selanjutnya adalah menggunakan mouse eksternal. Ini diperlukan karena tidak selamanya Anda menggunakan Touchpad secara terus menerus, suatu saat akan ada sebuah kondisi di mana pengguna laptop memerlukan mouse tambahan, misalnya dalam hal mengedit foto / video, bermain game, hingga menyelesaikan pekerjaan. Dengan mouse, Anda akan lebih mudah dalam mengontrol kursor. Jika Anda tidak memiliki mouse eksternal, Anda bisa membelinya lewat link di bawah ini.

C. Tambah layar monitor

Mempunyai dua layar monitor merupakan sebuah impian bagi sejumlah pengguna laptop. Dengan menambah monitor eksternal, Anda bisa mendapatkan pengalaman menggunakan laptop secara lebih maksimal. Artinya Anda bisa melakukan aktivitas multitasking secara sempurna tanpa ribet mengatur jendela aplikasi dalam 1 layar laptop. Tertarik untuk memiliki monitor eksternal, klik tautan link di bawah ini untuk melihat kisaran harga monitor terbaru saat ini.

D. Memasang speaker eksternal

Umumnya laptop tidak bisa menghasilkan suara keras, meskipun Anda sudah memaksimalkan volumenya. Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman mendengarkan yang sempurna dan nyaman atau enak didengar, Anda bisa menambahkan speaker eksternal untuk memperbesar suara, mungkin bisa Anda gunakan untuk menonton film atau mendengarkan musik. Tapi dengan catatan, Anda juga harus menyesuaikan kondisi lingkungan Anda ketika menggunakan speaker agar tidak mengganggu keluarga atau tetangga dekan Anda.

E. Upgrade Storage dan RAM

Jika Anda merasa laptop Anda mengalami penurunan performa saat digunakan, misalnya terjadi hang atau macet. Mungkin Anda perlu meng-upgrade perangkat keras laptop Anda, terutama pada kapasitas RAM dan juga hard disk. Dengan meningkatkan kapasitas RAM hingga 8 GB dan mengganti Storage HDD menjadi SSD, diharapkan OS Windows di laptop Anda berjalan dengan optimal dan memiliki respons read / write yang lebih cepat.

Lihat Juga : 7 Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

5. Cara mematikan laptop

Setelah Anda menggunakan laptop untuk berbagai keperluan, langkah terakhir yang perlu Anda perhatikan ialah cara mematikannya. Dalam mematikan laptop pun juga ada aturan yang harus Anda ikuti, supaya tidak terjadi kerusakan pada komponennya. Berikut langkah-langkahnya;

  1. Pertama, pastikan semua aplikasi telah tertutup.
  2. Jika sudah, klik Start menu » pilih Power » Shutdown.
  3. Tunggu beberapa saat hingga laptop benar-benar mati.
  4. Hindari menutup layar jika kondisi laptop masih panas.
  5. Selesai.

Catatan : Tidak disarankan untuk menekan Tombol Power secara terus menerus untuk mematikan laptop, karena dapat berdampak buruk pada kesehatan hard disk.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Tips merawat laptop

Tips Merawat Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

Dan sebagai akhir pembahasan artikel ini, ada sejumlah tips tambahan yang mungkin bisa Anda terapkan supaya laptop tidak mudah rusak / lebih awet selama bertahun-tahun. Dari beberapa tips yang tersedia di bawah ini, saya juga melakukannya. Hasilnya laptop yang saya gunakan bisa bertahan hingga 7 tahun lebih.

  • Jangan melepas baterai jika digunakan – Mungkin ada yang beranggapan jika dengan melepas baterai, maka kinerja baterai akan lebih awet / tahan lama. Namun faktanya tidak demikian, jika Anda sering melakukan hal tersebut, akan berdampak buruk pada hard disk.
  • Jauhkan laptop dari air / benda tajam – Akan lebih baik jika Anda tidak mengoperasikan laptop ketika sedang makan / minum. Ini dilakukan untuk menghindari kesalahan atau hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Hindari pemakaian yang berlebihan – Ketika Anda memaksakan kinerja laptop melebihi batas, resource CPU dan RAM akan terbebani. Efeknya, laptop akan akan semakin lemot / lambat ketika digunakan.
  • Hindari meletakkan laptop di permukaan lunak – Disarankan untuk menghindari aktivitas seperti memangku laptop, meletakkan di sofa, tempat tidur, atau lainnya. Ini bisa menyebabkan sirkulasi udara tidak berjalan dengan lancar, karena udara tidak bisa keluar masuk dengan bebas.
  • Bersihkan laptop – Meski terlihat sepele, membersihkan laptop ternyata juga memberikan efek positif saat digunakan, terutama di bagian kipas. Jika terlalu banyak kotoran yang menumpuk dan tidak pernah dibersihkan; tidak menutup kemungkinan, kinerja laptop menjadi lemot dan sering hang.

Lihat Juga : 6 Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Penutup,

Dengan mengikuti panduan menggunakan laptop di atas, Anda tidak perlu khawatir atau bingung lagi tentang bagaimana cara menggunakan laptop dengan baik dan benar. Informasi yang saya paparkan hanya sebatas dasar penggunaan saja, jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang komponen-komponen apa saja yang terdapat pada laptop, Anda bisa mencarinya di internet. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Bagaimana cara mematikan laptop?

Klik ikon Start pada Taskbar Windows Anda » pilih tombol Power » pilih Shutdown » tunggu prosesnya selama beberapa saat, kemudian laptop akan mati secara otomatis.

Apa fungsi Hibernate pada Windows?

Cara kerjanya hampir mirip seperti fitur “Sleep”, di mana laptop / komputer akan kembali ke kondisi seperti semula ketika laptop kembali dinyalakan. Namun proses bangun ini tidak secepat dari mode “Sleep”, karena data program disimpan pada Storage. Sehingga membutuhkan waktu untuk membukanya.

Apakah saya perlu menginstall aplikasi antivirus di laptop?

Tentu saja, fungsi utama antivirus adalah sebagai alat perlindungan sistem dari serangan virus atau malware.

Mengapa kipas laptop harus dibersihkan?

Agar debu / kotoran tidak menghambat saluran udara masuk dan keluar pada laptop. Jika terlalu banyak kotoran, akan membuat laptop menjadi overheating. Ini biasanya ditandai dengan peningkatan suhu laptop secara signifikan.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download Animasu APK Terbaru 2022, Buat Nonton Anime Gratis!

    Berikut link download Animasu APK yang bisa Anda dapatkan secara gratis!
  2. Download Komikcast Apk Terbaru 2022, Baca Komik Gratis Tanpa Iklan

    Berikut link download Komikcast Apk terbaru 2022
  3. Download KomikIndo Apk Terbaru 2022, Baca Komik Sub Indo, Gratis, Lengkap!

    Berikut link download KomikIndo apk versi lama dan terbaru 2022