9 Cara Download File di Academia

Saat ini terdapat banyak sekali situs berbagi file seperti jurnal, papers ataupun yang sejenisnya, seperti Academia.edu.…

Saat ini terdapat banyak sekali situs berbagi file seperti jurnal, papers ataupun yang sejenisnya, seperti Academia.edu. Tentu saja hal ini dapat kita manfaatkan untuk melihat referensi yang kita butuh kan. Namun pernahkah Anda mengetahui bagaimana cara download file di Academia? Apakah dengan login terlebih dahulu? Atau mungkin tanpa login pun kita dapat men-download file tersebut.

Namun sebelum itu, terdapat informasi yang perlu saya sampaikan. Bahwasanya Academia sendiri merupakan salah satu sebuah situs jejaring sosial bagi akademisi. Dalam hal ini dapat digunakan untuk berbagi dokumen apa pun seperti penelitian, memantau analisis seputar dampak penelitian, serta mengikuti penelitian dalam bidang tertentu.

Dilansir dari website resmi Academia.edu, situs ini mencapai 136 juta akademisi yang telah terdaftar. Dan menariknya, total pengunjung per bulan di situs Academia ini mencapai lebih dari 54 juta. Dan misi daripada perusahaan ini adalah untuk mempercepat penelitian dunia.

Lihat Juga : 7 Cara Mengubah File PNG ke JPG/JPEG

Cara download file di Academia

Daftar Cara Download Academia
Image Source : thejakartapost.com

Terdapat berbagai macam cara yang dapat Anda lakukan untuk download file di Academia. Diantaranya adalah download menggunakan akun Academia serta beberapa website downloader. Dalam hal ini Anda dapat melakukannya pada PC/Laptop maupun smartphone. Dan memang dari beberapa metode miliki tahapan yang berbeda. Namun pada dasarnya sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa opsi pilihannya;

1. Download file Academia dengan akun

Jika Anda menginginkan download sebuah file di Academia, tentu saja Anda akan membutuhkan sebuah akun. Di Academia sendiri terdapat pilihan akun yang dapat digunakan. Yakni login dengan akun Google maupun Facebook. Namun Anda tidak perlu khawatir jika tidak mempunyai keduanya. Karena Academia menyediakan opsi lainnya, yakni menggunakan Email yang terdaftar pada situs. Dan berikut beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan.

STEP 1 : Langkah pertama, akses terlebih dahulu situs Academia berikut ini: academia.edu. Kemudian login dengan menggunakan akun Google/Facebook.

Login Academia
1. Login akun Academia terlebih dahulu. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 2 : Silahkan cari dokumen yang dibutuhkan, dengan cara klik kolom Search » dan pilih salah satu file, dari beberapa dokumen yang ditampilkan berdasarkan kata kunci. (Ex : desain grafis)

Hasil Search Academia
1. Mencari file yang dibutuhkan. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Setelah ditampilkan halaman dokumen yang Anda pilih sebelumnya. Anda dapat download dokumen tersebut dengan cara klik tombol Download yang tersedia » tunggu beberapa saat sampai file tersebut terunduh otomatis. Namun jika Anda menemukan sebuah PopUp iklan saat klik Download dari Academia, silakan klik tombol Close di pojok kanan atas Popup tersebut.

Download File Academia
1. Melakukan download file. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 4 : Pada saat dokumen telah terunduh, silahkan kembali ke halaman sebelumnya. Dan tahap ini Anda dapat memberitahukan kepada pemilik file, terkait hal apa yang membuat minat Anda untuk mengunduh dokumen tersebut. klik Send untuk mengirim, klik Skip untuk mengabaikannya. Tunggu beberapa saat maka secara otomatis file akan terdownload.

Sparked Academia
1. Mengirim pesan kepada pemilik file. WAHYU SETIA BINTARA

Jika diurutkan, berikut langkah-langkah singkatnya;

  1. Pertama, silakan kunjungi halaman Academia.edu.
  2. Daftar atau langsung login untuk Anda telah memiliki akun.
  3. Temukan dokumen yang ingin Anda download.
  4. Setelah ketemu, buka dokumen tersebut dan klik tombol Download.
  5. Jika muncul pop up, silakan kirimkan pesan ke author terkait dengan menulis pesan dan klik Send atau Skip untuk mengabaikan.
  6. Secara otomatis dokumen akan terunduh.
  7. Tunggu beberapa saat dan Anda bisa buka dokumen tersebut.
  8. Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Mengubah File JPG ke PDF

2. Download file Academia Dengan DocDownloader        

Selain cara di atas, terdapat alternatif lain yang dapat Anda lakukan, jika Anda ingin download tanpa login terlebih dahulu. Yakni dengan melalui beberapa situs file downloader Academia. Salah satu situs yang dapat Anda gunakan adalah DocDownloader.com. Dalam situs ini, Anda tidak hanya download file dari Academia. Melainkan Anda juga dapat download file Scribd, SlideShare dan juga issuu. Berikut langkah-langkahnya;

STEP 1 : Silakan buka aplikasi browser pada PC/Laptop Anda. Kemudian, akses situs Academia berikut ini: academia.edu. Silakan login dengan akun Google/Facebook terlebih dahulu. Klik kolom Search, lalu cari file yang ingin di download » pilih salah satu file, dari beberapa dokumen yang ditampilkan berdasarkan kata kunci. (Ex : desain grafis) » lihat bagian kolom URL pada browser Anda » Copy URL file tersebut.

Copy URL Academia
2. Menyalin link file Academia. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 2 : Akses situs DocDownloader berikut: docdownloader.com, dengan menambahkan tab baru pada browser. Pilih menu Academia Downloader » Paste URL dari situs Academia sebelumnya pada kolom yang telah disediakan. Selanjutnya, klik Get Link.

Paste Link DocDownloader
2. Memproses link Academia. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : klik Centang di bagian “Saya bukan robot” pada CAPTCHA yang tersedia » lalu klik Download PDF » tunggu proses beberapa saat. Setelah itu Anda akan dialihkan ke halaman download file, dilanjut dengan klik Download Original PDF. Kemudian file akan terdownload otomatis.

Unduh File Lewat DocDownloader
2. Melakukan verifikasi sebelum download file. WAHYU SETIA BINTARA

Jika dipersingkat, berikut langkah-langkahnya;

  1. Pertama, kunjungi laman Academia.edu dan docdownloader.com di tap kedua.
  2. Temukan dokumen yang Anda butuhkan, buka dan salin link dokumen tersebut.
  3. Pastekan di form Get Link docdownloader.com, klik Get Link untuk generate dokumen.
  4. Lakukan verifikasi dengan centang di “Saya bukan robot”.
  5. Klik Download PDF untuk mengunduh file.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengubah JPG ke PNG

3. Download file Academia melalui Simply Debrid

Selain menggunakan DocDownloader, Anda juga bisa memanfaatkan layanan yang disediakan oleh Simply Debrid. Sama halnya seperti sebelumnya, Simply Debrid merupakan salah satu situs download file yang juga sering kali digunakan oleh pengguna internet untuk mendownload sebuah file terkunci dari situs penyedia. Selain itu cara kerja dari situs ini pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencopypaste link ke Simply Debrid, kemudian klik Generate dan tunggu hasilnya. Untuk tutorial lebih jelasnya, silakan Anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

STEP 1 : Langkah pertama, silakan Anda buka aplikasi browser pada PC/Laptop. Lalu akses situs Academia berikut ini : academia.edu.

STEP 2 : Klik kolom Search, lalu cari file yang Anda download. Jika sudah, pilih salah satu file/dokumen, dari beberapa hasil yang ditampilkan berdasarkan kata kunci. Setelah terbuka, lihatlah bagian kolom URL pada browser Anda » klik kanan link » pilih Copy URL.

Copy URL Academia
3. Menyalin link Academia. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 3 : Buka tab baru pada browser, lalu akses situs Simply Debrid berikut : simply-debrid.com. Setelah terbuka, pastekan URL file sebelumnya dari Academia di kolom yang telah tersedia » klik Generate Link di bawah kolom.

Simply Debrid Academia
3. Memproses link file Academia. WAHYU SETIA BINTARA

STEP 4 : Tunggu prosesnya beberapa saat, kemudian lakukan scroll ke bawah pada situs hingga menemukan kotak tab download berwarna hijau » klik Tautan teks tersebut. Jika sudah, akan muncul Pop up Download » klik OK. Lalu file akan terdownload otomatis.

Tab Download Simply Debrid
3. Mendonload file di Simply Debrid. WAHYU SETIA BINTARA

Lihat Juga : 5 Cara Mengubah File JPG ke WebP

4. Cara download di Academia | Android

Mengingat dari banyaknya pengguna Academia, pihak terkait telah mengembangkan sebuah Aplikasi yang dapat di gunakan oleh pengguna smartphone Android dan iOS (iPhone). Tentu saja, hal ini merupakan sebuah keberuntungan bagi Anda yang tidak suka ribet mengunduh atau membuka dokumen melalui browser komputer.

Karena hanya dengan beberapa langkah saja, Anda sudah dapat menikmati hasil download file dari Academia. Yakni cukup download dan pasang Aplikasi Academia. Serta gunakan akun Google/Facebook Anda untuk dapat mengakses Aplikasinya. Berikut langkah-langkahnya;

Download File Aplikasi Academia
4. Download file lewat Android. WAHYU SETIA BINTARA
Academia.edu
Academia.edu
Developer: Academia.edu
Price: Free+
‎Academia.edu
‎Academia.edu
Developer: Academia.edu
Price: Free+
  1. Langkah pertama, download aplikasi Academia berikut ini : [Google Store] [App Store]
  2. Selanjutnya, Login dengan Akun Google/Facebook terlebih dahulu » tekan menu Search, cari file yang ingin di download (Ex : desain grafis) » lalu pilih salah satu dari beberapa file yang muncul berdasarkan kata kunci yang dicari » tunggu proses membuka file beberapa saat.
  3. Tekan tombol Download file yang tersedia » kemudian file otomatis akan tersimpan.
  4. Selesai.

NOTE: Untuk membuka file hasil download, dapat Anda cari pada menu Library pada Aplikasi. Dalam hal ini Anda dapat melihatnya saat sedang offline maupun online.

Lihat Juga : 7 Cara Membuat Formulir Kuesioner di Google Form

Penutup,

Pada dasarnya dari ketiga cara yang saya paparkan di atas adalah cara mudah untuk download file di Academia. Tentu saja Anda bebas memilih metode yang digunakan. Mulai dari cara download menggunakan akun Academia, menggunakan situs downloader serta melalui Aplikasi Academia yang tersedia di Play Store maupun App Store.

Apakah makalah di Academia gratis?

Semua makalah di Academia bebas untuk dibaca dan diunduh. Anda membutuhkan akun Academia, jika Anda ingin mengunduh. Lain halnya jika Anda hanya ingin membaca saja, Anda tidak memerlukan akun.

Apa itu Academia Premium?

Academia Premium merupakan serangkaian fitur eksklusif dari Academia.edu. Yang memungkinkan Anda mempelajari lebih lanjut tentang pembaca serta dapa meningkatkan pengalaman Academia Anda.

Bagaimana cara membatalkan langganan Academia Premium?

Jika Anda ingin membatalkannya, dapat Anda lakukan dengan cara klik tombol Cancel Auto-RenewBatalkan Perpanjangan Otomatis” di halaman pengaturan premium Anda.

Seperti itulah beberapa informasi yang dapat saya berikan terkait cara download file di Academia.edu. Dan semoga langkah-langkah yang saya jelaskan di atas mudah untuk dimengerti. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba !!

~ Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  2. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih
  3. Apa itu Esports?

    Esports merupakan bentuk dari sebuah kompetisi games yang terorganisir.