13 Fungsi, Manfaat, dan Fitur Microsoft PowerPoint

Mungkin sudah terdengar familier dengan software presentasi yang satu ini. Microsoft PowerPoint menjadi pilihan banyak pengguna untuk menciptakan beragam presentasi dari mulai siswa, guru, mahasiswa, dosen, perusahaan, bahkan perorangan. Sebagai software presentasi yang mudah digunakan, program ini tidak hilang popularitasnya, walaupun harus bersaing dengan program lain.

Microsoft PowerPoint merupakan keluaran produk paket dari Microsoft Corporation bersama dengan Microsoft Word, Excel, Access, dan program Office lainnya. Kemudahan pakainya, membuat software ini menyuguhkan beragam kelebihan dan fitur terbaik untuk pengguna dalam mengolah penyampaian presentasi berupa tulisan, maupun gambar. Lalu Apa saja fitur lainnya? Simak fungsi Microsoft PowerPoint beserta fitur dan kelebihannya.

Lihat Juga : 20 Fungsi, Manfaat, dan Kegunaan Microsoft Excel

Apa itu Microsoft PowerPoint?

Apa itu Microsoft PowerPoint
PengembangMicrosoft
Sistem OperasiMicrosoft Windows, Mac OS X
Tipe / JenisProgram Pengolah Presentasi

Microsoft PowerPoint adalah perangkat lunak komputer pengolah presentasi untuk dokumen maupun sebuah karya dalam bentuk slide. Software ini merupakan keluaran dari Microsoft Corporation bersama dengan paket Office lainnya. PowerPoint dikerjakan dalam halaman slide, tidak seperti Word berupa halaman dan Excel berupa spreadsheet. Tampilan slide dari PowerPoint ini tersedia dengan beragam desain template di dalamnya yang berguna untuk menampilkan data atau dokumen.

PowerPoint juga menyediakan beragam format penyimpanan. File dokumen presentasi akan disimpan dalam bentuk ekstensi *.ppt (PowerPoint Presentation), *pps (PowerPoint Show), *.pot (PowerPoint Template), dan *.pptx (PowerPoint Presentation).

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Office | Jenis Layanan, Fungsi, Manfaat

Fungsi dan Manfaat Microsoft PowerPoint

Fungsi dan Kegunaan Microsoft PowerPoint
Tampilan Microsoft PowerPoint. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Untuk media presentasi, pengguna bisa dengan mudah melakukan penyampaian komunikasi dengan media slide dengan membuat tulisan atau materi dalam bentuk tulisan, gambar, animasi, maupun video.
  2. Efektif dalam berbagi informasi dan komunikasi ke beberapa pengguna, dalam artian PowerPoint membuat file presentasi dalam bentuk softcopy untuk diakses banyak pengguna komputer.
  3. Pengaturan materi diskusi kepada audience lebih mudah, dengan tampilan slide materi dan dukungan elemen berupa gambar, video, maupun materi animasi akan membuat pemahaman materi diskusi lebih gampang.
  4. Mendukung pelaksanaan presentasi bisnis, dalam hal ini program akan memudahkan perusahaan atau bisnis dalam media komunikasi berupa promosi, pengenalan, maupun penjualan kepada klien.
  5. Menunjang kegiatan pendidikan dan pembelajaran, para pelajar maupun pendidik memanfaatkan software presentasi untuk membuat materi dan sarana belajar mengajar dengan mudah dan tersusun.

Lihat Juga : Pengertian Google Slides | Fungsi, Fitur, Cara Membuat

Fitur dan Bagian Microsoft PowerPoint

Microsoft Office PowerPoint menjadi software pengolah presentasi yang paling banyak digunakan bagi orang Indonesia. Semua itu karena kemudahan fitur dan fasilitas programnya dalam mengolah materi dalam berbagai bidang. Berikut akan diulas mengenai fitur dan bagian Microsoft PowerPoint.

1. Menu File

Fitur File Microsoft PowerPoint
1. Menu File Microsoft PowerPoint. RUDI DIAN ARIFIN

Menu File pada PowerPoint memiliki beragam fitur yang utama.

  • Open, memiliki fungsi untuk membuka file dokumen PowerPoint yang sedang tersimpan. Format yang bisa dibuka berjenis .ppt sebagai file asli PowerPoint.
  • New, fitur ini memiliki fungsi untuk membuat lembar kerja baru dengan membuka template lembar kerja kosong pada PowerPoint.
  • Recent, berfungsi untuk membuka file sisa pengerjaan sebelumnya yang pernah pengguna buka. Dengan fitur Recent, pengguna tidak repot untuk mencari file di dalam dokumen, karena file yang pernah dikerjakan sebelumnya tersedia di dalam daftar Recent ini.
  • Save & Save As, memiliki fungsi untuk menyimpan file dokumen yang selesai dikerjakan. Ada letak perbedaan dari keduanya, Save berguna untuk menyimpan file lama yang sudah pernah disimpan sebelumnya pada komputer. Sedangkan Save As berfungsi untuk menyimpan file dokumen baru atau sedang dikerjakan.
  • Print, berfungsi untuk mencetak file dokumen dan menampilkan file ke perangkat keluaran (layar) atau file fisik berupa teks maupun gambar.

2. Menu Home

Fitur Home Microsoft PowerPoint
2. Menu Home Microsoft PowerPoint. RUDI DIAN ARIFIN

Merupakan menu bar yang berisi beberapa perintah atau pengaturan teks maupun tampilan lembar kerja dokumen PowerPoint. Di dalam fitur menu Home ini terdiri beragam perintah dan pengaturan di antaranya sebagai berikut.

  • Clipboard, fitur menyalin dan menempelkan objek yang telah disalin dari file luar program PowerPoint.
  • Slides, pada fitur ini akan menampilkan bagian halaman slide maupun pengaturan slide PowerPoint.
  • Font, fitur font berfungsi untuk mengatur font, dalam pilihan jenis font, ukuran, karakter, dan pengaturan font lainnya.
  • Paragraph, berfungsi untuk mengatur paragraf pada lembar kerja. Paragraf akan memberi pengaturan pada perataan, kolom paragraf, perataan teks, dan bagian yang bersangkutan dengan paragraf.
  • Drawing, digunakan untuk menambahkan bentuk dengan garis atau desain bentuk pada halaman slide.

3. Menu Insert

Fitur Insert Microsoft PowerPoint
3. Menu Insert Microsoft PowerPoint. RUDI DIAN ARIFIN

Insert adalah menu bar yang berfungsi untuk menyisipkan objek atau media ke dalam halaman slide PowerPoint. Di dalamnya terdapat juga berbagai fitur sebagai berikut.

  • Tabel, untuk menambahkan tabel ke dalam halaman slide.
  • Gambar, untuk menyisipkan gambar dari dokumen atau perangkat komputer ke dalam lembar kerja PowerPoint.
  • Ilustrasi, untuk menggambarkan ilustrasi.
  • Link, untuk menghubungkan akses halaman berupa tautan atau tindakan.
  • Text, untuk membubuhkan teks dalam bentuk variasi
  • Simbol, berisi perintah untuk membuat persamaan rumus, simbol mata uang, hak cipta, dan matematika.
  • Media, untuk menyisipkan media berupa audio video, dan perekaman layar.

4. Menu Design

Fitur Design Microsoft PowerPoint
4. Menu Design Microsoft PowerPoint. RUDI DIAN ARIFIN

Seperti nama fiturnya, menu Design akan memuat pengaturan beragam tentang desain halaman slides.

  • Page Setup, berfungsi untuk mengatur ukuran halaman dan orientasi slide dalam bentuk layar penuh atau layar standar, serta pengaturan ukuran kustom, potrait atau landscape.
  • Themes, berisi tema desain yang dapat diterapkan dan disesuaikan dengan background slide presentasi.
  • Background, yaitu format layar belakang dengan cara mengubah background yang sesuai kebutuhan pengguna dengan beragam tema yang berbeda. Fitur ini menyediakan fasilitas warna dan transparansi latar belakang, selain itu pengguna dapat mengubah isian solid, gradient, isian gambar, isian pola dan grafik.

5. Menu Transitions

Fitur Transitions Microsoft PowerPoint
5. Menu Transitions Microsoft PowerPoint. RUDI DIAN ARIFIN

Pada fitur ini terdapat ragam perintah antara lain seperti berikut:

  • Preview, berupa pratinjau untuk melihat tampilan transisi yang diterapkan pada slide presentasi.
  • Transitions to this slide, fitur yang memberikan efek transisi pada slide berupa jenis-jenis gerakan transisi untuk presentasi.
  • Timing, adalah pengaturan waktu pada cepat lambatnya transisi yang berhasil diterapkan pada setiap slide presentasi. Pengguna dapat mengatur timing transisi sesuai kebutuhannya.

6. Menu Animations

Fitur Animations Microsoft PowerPoint
6. Menu Animations Microsoft PowerPoint. RUDI DIAN ARIFIN

Fitur untuk menambahkan beragam animasi pada slide presentasi.

  • Preview, adalah pratinjau penampilan animasi pada jenis yang dipilih.
  • Animation, berfungsi untuk memberikan animasi pada objek presentasi dengan beragam pilihan yang bisa di terapkan.
  • Advanced animasi, berupa tingkat lanjut animasi yang bisa pengguna tambahkan sendiri selain animasi bawaan.
  • Timing, berfungsi untuk mengatur waktu animasi dijalankan dari durasi pertama muncul sampai animasi selesai.

7. Slide Show

Fitur Slide Show Microsoft PowerPoint
7. Menu Slide Show Microsoft PowerPoint. RUDI DIAN ARIFIN

Fitur ini merupakan peragaan slide presentasi yang berfungsi untuk mengatur slide dari mode, transisi, dan animasinya. Pengaturan peragaan slide ini dapat diatur menyesuaikan pilihan pemutaran yang tersedia.

8. Review dan View

Fitur Review Microsoft PowerPoint
8. Review dan View Microsoft PowerPoint. RUDI DIAN ARIFIN

Menu Review digunakan untuk peninjauan dan pemeriksaan ejaan, aksesibilitas, wawasan, bahasa, komentar dan lain-lain. Sedangkan View berfungsi untuk mengatur tampilan presentasi.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Teams | Fungsi, Manfaat, Fitur, Kelebihan

Kesimpulan,

itulah ulasan lengkap mengenai fungsi dan Fitur Microsoft Office PowerPoint dari penulis. Pembahasan di atas mudah dipelajari dan diingat untuk pemula maupun pembaca untuk mengoperasikan program PowerPoint. Semoga dapat dipetik ilmu dan manfaatnya. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke media sosial Anda agar semakin banyak yang membaca dan mempelajarinya.

Terima kasih dan selamat mencoba!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.