Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Di bawah ini informasi mengenai perbedaan antara laptop, notebook dan netbook

Laptop menjadi sarana unggulan yang dapat dipakai bekerja kapan pun dan di mana pun, karena selain memiliki bentukan yang lebih fleksibel, laptop juga memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan sebuah PC. Komputer lipat yang dikenal sebagai laptop ini sangat digandrungi oleh banyak sekali pengguna, mulai dari kalangan pelajar hingga orang dewasa. Namun di samping kecanggihan yang mampu disajikan oleh sebuah laptop, masih ada sebagian orang yang belum bisa membedakannya antara laptop dengan notebook maupun netbook. Padahal ketiga komputer lipat ini memiliki perbedaan dalam kualitas fisiknya.

Yang dimaksud di sini adalah mobilitas pengguna dalam menggunakan komputer dalam pekerjaannya, misalnya saja Anda adalah seorang freelancer yang merasa nyaman menyelesaikan pekerjaan di tempat yang berbeda-beda agar mood tetap terjaga. Nah metode kerja seperti ini tentu membutuhkan sebuah perangkat komputer yang memiliki mobilitas yang fleksibel seperti notebook, pasalnya sebuah Laptop memiliki berat serta ukuran yang terlampau memakan tempat.

Namun bukan berarti Laptop tidak memiliki pasarnya sendiri, karena perangkat ini biasanya sering dibeli oleh mereka yang ingin memakai komputer tapi mau hemat biaya dan tidak ribet namun tetap memiliki kualitas hardware yang mampu bersaing dengan PC. Akhirnya terpilihlah laptop sebagai perangkat yang mampu memenuhi standar tersebut.

Lihat Juga : Perbedaan HTTP dan HTTPS

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

Perbedaan Umum Laptop, Notebook, & Netbook
Sumber Gambar : unsplash.com

Perlu Anda ketahui bahwasanya dari masing-masing komputer lipat tersebut, memiliki keunggulan serta kelemahan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Dan artikel ini dibuat hanya sebatas agar Anda mengetahui perbedaan dari ketiganya tanpa ada maksud mengunggulkan atau menjatuhkan salah satunya. Baiklah langsung saja kita bahas mengenai perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook.

1. Laptop

Dasarnya laptop dibuat untuk meniru fungsi penuh pada sebuah komputer desktop dengan satu kelebihan, yaitu bentuknya yang portable dan mudah digunakan di mana saja. Meski begitu, tak jarang juga seseorang beralasan membeli Laptop karena dinilai lebih simpel daripada harus merakit sebuah PC yang notabene memiliki banyak perangkat keras untuk di satukan. Selain itu Laptop dinilai jauh lebih hemat daya dan hanya tinggal pakai saja untuk menggunakannya.

2. Notebook

Sedangkan Notebook merupakan versi ringan dari sebuah laptop, baik secara performa maupun durabilitas (Apabila dibandingkan pada spesifikasi sistem yang sama). Meski begitu laptop di jaman sekarang justru condong memiliki kemiripan yang semakin mendekati Notebook. Hal ini dipicu akibat adanya peralihan sistem penyimpanan yang tadinya HDD menjadi SSD, dan juga semakin tidak diperlukannya perangkat seperti CD/DVD ROM.  

3. Netbook

Untuk Netbook sendiri sebenarnya memiliki sedikit kemiripan dengan laptop hanya saja tampil lebih slim, ringan dan sederhana. Karena faktor ini pula Netbook biasanya disalah pahami sebagai Notebook, walaupun juga banyak orang yang menyebutnya sebagai Laptop. Namun hal yang paling menonjol dari sebuah Netbook ialah aplikasi yang disertakan di dalamnya. Karena kebanyakan produknya tidak menyertakan aplikasi bawaan layaknya sebuah laptop, misalnya saja seperti software Adobe dan sejenisnya.

Lihat Juga : Perbedaan Format Font TTF dan OTF

Memiliki ukuran yang berbeda

Perbedaan Ukuran Laptop, Notebook, & Netbook
Sumber Gambar : unsplash.com

Sebuah Laptop umumnya memiliki ukuran minimal pada kisaran 14 sampai 17 inci atau sepanjang 35,6cm. Dan Laptop sendiri cenderung punya kapasitas mesin yang terlihat lebih tebal dibandingkan dengan Notebook yang biasanya memiliki layar kisaran 13 sampai 14 inci. Dengan body yang terlihat lebih ramping dan slim, sedangkan untuk Netbook malah lebih kecil lagi yaitu kisaran 8 sampai 13 inci yang condong memiliki bentukan body hampir menyamai ukuran panjang telapak tangan ketika direnggangkan.

Lihat Juga : 7 Perbedaan Format File ZIP dan RAR

Perbedaan berat antara Laptop, Notebook dan Netbook

Perbedaan Berat Laptop, Notebook, & Netbook
Sumber Gambar : unsplash.com

Jelas dari ketiga komputer lipat ini memiliki perbedaan berat yang cukup mencolok dilihat dari perbandingan ukurannya saja. Misalnya saja seperti Laptop yang secara rata-rata memiliki bobot di kisaran 2kg sampai 4kg, beratnya sendiri biasanya dipengaruhi oleh susunan hardware yang ada pada Laptop terlebih apabila bertipe Gaming yang tentunya memiliki tambahan susunan pendingin yang turut menambah bobotnya.

Sedangkan apabila Anda mencari tipe yang lebih ringan, mungkin Notebook bisa menjadi solusi untuk Anda. Karena material serta susunannya biasanya memiliki kisaran total 1,5kg sampai 2kg tergantung merek Notebook yang Anda gunakan. Untuk Netbook sendiri memiliki berat paling ringan di antara keduanya karena berkisar antara 900g sampai 1kg saja, karena perbedaan berat inilah biasanya Notebook atau Netbook sering dipilih untuk dibawa-bawa karena mobilitasnya lebih terjamin dibanding laptop.

Lihat Juga : Pengertian dan Perbedaan GUI dan CLI Lengkap

Spesifikasi hardware antara Laptop, Notebook dan Netbook

Perbedaan Spesifikasi Laptop, Notebook, & Netbook
Sumber Gambar : unsplash.com

Bagi mereka yang mencari performa terbaik pada sebuah komputer portable tentunya Laptop akan menjadi pilihan yang paling direkomendasikan. Hal ini tentunya didukung oleh brand-brand besar seperti ASUS, Lenovo, MSI yang selalu mengeluarkan jawara terbaik mereka dalam bertanding antar spesifikasi terbaik untuk Laptop tipe gaming.

Bahkan ada beberapa brand yang juga tak kalah memberikan performa terbaik mereka untuk para konten kreator seperti Acer, HP maupun Apple untuk bisa bersaing dalam segi kompabilitas dan kenyamanan pengguna yang tentunya berfokus pada aktivitas kerja. Tapi ingat kemampuan dalam mengelola game yang Anda mainkan tergantung spesifikasi Laptop nya ya, karena untuk game AAA sendiri biasanya hanya bisa dimainkan pada Laptop kisaran 15 juta ke atas.

Sedangkan untuk Notebook sendiri jarang atau bahkan belum ada tipe komputer portable ini yang benar-benar bisa menyediakan spesifikasi untuk kerja kelas berat seperti gaming maupun editing level tinggi. Karena Notebook sendiri biasanya hanya memiliki komponen RAM berkisaran antara 4–8 GB saja. Yang mana untuk spesifikasi semacam ini di jaman sekarang tergolong standar dan cukup untuk kegiatan seperti melakukan coding ataupun editing yang tergolong level untuk anak kuliahan atau karyawan untuk bekerja.

Dan untuk Netbook sendiri sayangnya Anda tidak bisa berharap banyak, karena pada level komputer lipat seperti ini, mungkin Anda hanya dapat menggunakannya sebagai sarana dalam melakukan browsing, atau membuat dokumen dan mendengarkan musik juga video. Bisa dibilang level Netbook tergolong rendah dan cocok untuk orang-orang yang sangat awam terhadap komputer namun ingin memilikinya dengan harga yang hemat. Alasan mengapa Netbook tergolong terjangkau karena komponen yang ditawarkan biasanya hanya tersedia RAM kisaran 1-4 GB saja dengan prosesor yang setara atau sedikit lebih tinggi dengan Intel Atom.

Lihat Juga : 9 Perbedaan Legacy BIOS dan UEFI

Penutup

Meskipun antara Laptop dengan Notebook dan Netbook masih memiliki perbedaan saat ini, namun tidak menutup kemungkinan dimasa depan nanti bagian-bagian yang tidak perlu dari sebuah laptop akan dihilangkan dan dijadikan lebih portable layaknya Notebook namun tetap memiliki performa yang tinggi. Kita bisa melihat perubahan tersebut sekitar 7 tahun terakhir ini dengan dihilangkannya unsur DVD ROM pada Laptop, bahkan akhir-akhir ini era HDD mulai beralih ke SSD karena memiliki performa yang lebih baik serta lebih ringan bobotnya. Hal ini karena banyaknya permintaan pengguna komputer portable setiap tahun yang menginginkan sebuah device berbobot ringan namun handal dipakai untuk editing maupun gaming.

Apakah ukuran RAM Laptop dan Notebook itu sama?

Hal ini bergantung pada jenis, merek serta tahun pembuatan device yang akan Anda gunakan. Apabila Anda membeli Laptop atau Notebook keluaran lawas pastinya keduanya memiliki ukuran RAM yang berbeda, bahkan terkadang soket RAM nya hanya tersedia satu dan Anda tidak dapat mengupgradenya. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena sekarang ini telah tersedia banyak Notebook dengan spesifikasi RAM yang setara dengan Laptop dengan harga yang cukup terjangkau.

Manakah yang lebih bagus antara Laptop dengan Notebook?

Tergantung kebutuhan Anda sebenarnya, jika yang Anda cari adalah performa yang handal untuk ngelibas game berat pastinya Laptop yang saya rekomendasikan. Tapi jika yang dicari mobilitas dan tampilan untuk gaya Notebook adalah pilihan tepat.

Kenapa Netbook kurang populer?

Tentunya karena kebutuhan pengguna yang semakin tinggi dalam segi performa sebuah komputer portable. Hal ini dipicu karena banyaknya software dengan update yang semakin membutuhkan spesifikasi tinggi, yang mana hal tersebut tidak bisa ditangani oleh sebuah Netbook. Bahkan Browser seperti Chrome saja membutuhkan RAM kisaran 1-2 GB untuk mendukung aktivitas performanya.

Apa bedanya Laptop dengan Chromebook?

Bedanya terletak pada sistem operasi yang dipakai, apabila Laptop kebanyakan menggunakan sistem berbasis Windows maka Chromebook memakai sistem operasi Chrome OS.


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Instagram Font Generator : C̳o̳p̳y̳ ̳P̳a̳s̳t̳e̳ Teks Untuk Bio dan Caption

    Buat font keren dan unik untuk bio dan caption IG dengan tool Instagram Font Generator
  2. 10 Cara Membuka Gambar WebP di PC, Laptop, HP

    Berikut cara mudah membuka gambar WebP di PC, laptop, dan HP yang dapat Anda coba ikuti!
  3. Download Komikcast Apk Terbaru 2022, Baca Komik Gratis Tanpa Iklan

    Berikut link download Komikcast Apk terbaru 2022