7 Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

Kenali bahaya yang terjadi ketika Anda menggunakan Windows bajakan melalui artikel berikut ini

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwasanya Windows telah menjadi salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna PC / laptop. Hasil pencapaian ini memang tidak perlu diragukan kembali, pasalnya Windows menyediakan beragam fitur dan layanan yang dirancang untuk mempermudah pengguna ketika mengoperasikan komputer / laptop. Tak heran jika Windows menjadi favorit dibandingkan sistem operasi lainnya.

Ketika berbicara mengenai Windows, tentu saja Anda diharuskan membeli lisensi resmi terlebih dahulu supaya Anda bisa menggunakan semua fitur secara bebas. Beberapa pengguna mungkin menganggap ini sedikit memberatkan, karena biaya yang dikeluarkan pun juga tidak sedikit. Maka dari itu, kebanyakan pengguna PC / laptop lebih memilih untuk menggunakan Windows Bajakan sebagai opsi alternatif. Padahal jika mereka tahu apa bahayanya menggunakan Windows bajakan pasti tidak akan memilihnya.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Ciri – Ciri Menggunakan Windows Bajakan

Beli Lisensi Windows 10 Shopee
Beli Lisensi Windows 10 di Shopee

Sebelum Anda mengetahui apa saja bahaya dari Windows Bajakan, kenali terlebih dahulu ciri-ciri PC / laptop yang menggunakan Windows tidak original. Ini bisa Anda jadikan sebagai referensi tambahan untuk mengetahui apakah perangkat memiliki lisensi resmi / tidak, atau mungkin ingin membeli laptop bekas. Di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian OS Windows Anda.

  • Terdapat watermark “Windows is not genuine” – Munculnya keterangan ini biasanya ditandai dengan berubahnya wallpaper desktop menjadi hitam dan di bagian pojok kanan bawah akan tampil “Windows is not genuine” yang tidak akan hilang sebelum Anda melakukan aktivasi Windows.
  • Jalankan perintah “slmgr /xpr” di Command Prompt – Jika hasil eksekusi perintah tersebut menampilkan informasi masa expired Windows Anda, artinya Anda menggunakan Windows Bajakan. Sebaliknya, jika original maka akan tertera “The machine is permanently activated”.
  • Sering gagal saat update Windows – Sering mengalami kegagalan setelah update bisa mengakibatkan sistem menjadi error, ini juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda menggunakan Windows yang tidak original.
  • dll…

Lihat Juga : 18 Cara Mengatasi Laptop Hang di Windows 10, 8, 7

Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

Kerugian Windows Bajakan
Sumber Gambar : cnn.com

Jika Anda melihat ketiga ciri-ciri di atas pada PC / Laptop Anda, maka kemungkinan besar perangkat Anda menggunakan Windows Bajakan. Lantas apa bahaya menggunakan Windows bajakan? Tentu saja ada beragam risiko yang akan Anda alami ketika mengoperasikan Windows untuk melakukan aktivitas. Salah satu di antaranya adalah bisa membuat perangkat menjadi tidak optimal. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. PC / laptop tidak optimal

Salah satu alasan mengapa kinerja PC/laptop menjadi tidak optimal adalah karena menggunakan Windows Bajakan. Ini lah yang membuat perangkat sering kali mengalami error; karena sistem operasi yang bermasalah. Selain itu Windows bajakan juga bisa memberikan efek buruk yang mungkin secara sadar Anda tidak mengetahuinya; misalnya laptop sering restart, mendadak blue screen, hingga beberapa program menjadi tidak kompatibel.

Bahaya lainnya yang akan Anda hadapi pada Windows bajakan mungkin terletak pada fitur Update Windows. Jika Anda menggunakan Windows bajakan tentu saja tidak akan mendapatkan pembaruan lengkap secara berkala. Padahal Windows Update termasuk salah satu fitur yang wajib Anda jalankan, pasalnya melalui fitur ini Anda akan diberikan berbagai hal; misalnya seperti perbaikan bugs, peningkatan keamanan, hingga menawarkan User Experience yang lebih baik dengan fitur terbaru.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

2. Fitur dan layanan terbatas

Tidak seperti Windows original, jika Anda menggunakan Windows bajakan tentu ada beberapa fitur dan layanan yang dihilangkan / dikunci, dan kalaupun tersedia secara lengkap pastinya ada salah satu fitur yang tidak bisa berjalan dengan optimal. Setiap pengguna mengalami kondisi yang berbeda-beda, namun biasanya yang sering terjadi adalah kesulitan dalam mengganti background atau mungkin fitur sync yang tidak bisa digunakan.

Selain itu Anda juga tidak bisa menggunakan Microsoft Store secara maksimal, mulai dari install aplikasi atau melakukan beberapa konfigurasi lainnya. Microsoft akan mendeteksi sistem yang Anda gunakan secara otomatis, jika terdapat aktivitas yang dirasa mencurigakan; maka risikonya adalah akun Microsoft Anda akan diblokir dan tidak bisa digunakan lagi.

3. Tingkat keamanan rendah

Sebagai pengguna Windows pastinya Anda telah mengetahui bahwa fungsi utama Windows Update adalah membuat sistem operasi menjadi lebih optimal. Dengan menghilangnya fitur Windows Update pada PC / laptop Anda maka Anda tidak lagi mendapatkan pembaruan keamanan sistem dari Microsoft. Faktor ini lah yang membuat banyak pengguna merasa tidak aman jika menggunakan Windows bajakan karena rentan terkena serangan digital.

Ini pun juga akan berdampak besar pada kinerja perangkat Anda. Mengingat dengan menurunnya keamanan pada PC / laptop Anda, maka tidak menutup kemungkinan perangkat bisa disusupi oleh peretas dengan mudah. Dari beberapa informasi yang saya dapatkan; menyatakan bahwa persentase terbesar serangan cyber di seluruh dunia terjadi pada sistem yang bajakan. Maka dari itu Anda harus mempertimbangkan ulang jika masih ingin menggunakannya.

Lihat Juga : 5 Cara Menghilangkan Recent Files di Windows 10, 8, 7

4. Berisiko terkena virus

Akibat lain yang akan Anda alami jika tidak mendapatkan pembaruan Windows adalah berisiko terkena virus. Fakta ini memang tidak bisa dipungkiri karena Windows bajakan tidak mampu memberikan perlindungan dari serangan virus atau malware. Dan kesalahan fatal yang sering terjadi ketika terkena virus yaitu berisiko kehilangan data privasi dan data tersebut dimanfaatkan secara ilegal.

Memang ini tidak begitu berpengaruh pada sebagian pengguna, namun jika PC / laptop Anda memiliki data-data penting (seperti perkerjaan atau bisnis) tentu akan sangat berbahaya. Jadi alangkah lebih baik mencegah sebelum terjadi kehilangan data. Karena biaya yang dibutuhkan untuk recovery data tidak lah sedikit, kalau semisal Anda ingin mengembalikannya.

5. Tidak mendapat dukungan teknis Microsoft

Dukungan teknis merupakan salah satu fitur yang bisa Anda gunakan pada Windows original ketika mendapati sebuah masalah dan membutuhkan tenaga ahli. Melalui fitur ini Anda bisa menghubungi staff atau teknisi dari Microsoft secara langsung untuk membantu segala permasalahan pada Windows 24 jam tanpa batas. Berbeda dengan Windows original, layanan ini tidak bisa Anda pakai jika menggunakan Windows bajakan.

Ini lah yang akan membuat Anda kerepotan jika suatu saat terjadi kendala error yang sulit diperbaiki. Memang Anda bisa memperbaiki sendiri dengan mencari solusi di internet, namun itu akan membutuhkan waktu yang lama dan tidak semua tips yang tersedia memberikan hasil yang maksimal.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Windows Cannot Connect to the Printer

Kesimpulan,

Memang dengan Windows bajakan Anda tidak perlu membeli lisensi untuk bisa menggunakan OS Windows. Akan tetapi di samping kemudahan yang ditawarkan Windows bajakan, tentu saja ada risiko / bahaya yang akan Anda alami saat mengoperasikannya. Untuk menghindari masalah tersebut, alangkah baiknya beralih ke Windows original demi keamanan dan kenyamanan saat menggunakan PC / laptop.

Semoga dengan beberapa informasi di atas, bisa memberikan Anda gambaran terkait bahaya apa yang terjadi jika menggunakan Windows bajakan. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apakah keygen bisa membuat Windows menjadi asli?

Tidak, keygen hanya mengubah pengaturan sistem supaya bisa digunakan tanpa memasukkan lisensi resminya.

Apa yang terjadi jika mengganti lisensi yang berbeda pada Windows 10?

Versi Windows 10 Anda akan berubah tergantung dari lisensi yang dimasukkan. Katakanlah jika Anda memasukkan lisensi Windows 10 Home di Windows 10 Pro, maka sistem akan berubah secara otomatis menjadi Windows 10 Home.

Apakah Windows 10 bajakan bisa upgrade ke Windows 11?

Kemungkinan bisa dilakukan. Akan tetapi Microsoft hanya menawarkan upgrade saja dan kembali lagi, Anda tetap harus melakukan aktivasi secara mandiri. Karena jika tidak, beberapa fitur tidak bisa digunakan secara optimal.

Apa manfaat menggunakan Windows Original?

Ada banyak sekali manfaatnya; bisa menggunakan fitur tanpa batas, keamanan yang terjamin, dan mendapatkan dukungan teknis dari Microsoft.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download KomikIndo Apk Terbaru 2022, Baca Komik Sub Indo, Gratis, Lengkap!

    Berikut link download KomikIndo apk versi lama dan terbaru 2022
  2. Download WhatsApp Plus (WA Plus) Apk v11.20 Terbaru 2022

    Berikut link download WhatsApp Plus apk terbaru 2022
  3. WhatsApp Aero v9.45 (WA Aero) Apk Download Terbaru 2022, Anti-Banned!

    Berikut link download WhatsApp Aero terbaru 2022, gratis dan anti-banned!