Apa itu Blog?

Blog merupakan sebuah website yang menyediakan beragam jenis informasi seperti artikel, foto, dan video yang di…

Pada zaman digital seperti saat ini, banyak sekali cara untuk mendapatkan informasi dengan mudah. Salah satunya adalah dengan cara melalui internet. Internet dapat membuat Anda mendapatkan berbagai informasi dengan cepat dan mudah melalui berbagai konten website dan artikel yang ada di dalamnya. Selain website, konten-konten yang disuguhkan sebagian juga dari blog. Dengan mengunjungi blog Anda akan mendapatkan informasi secara cepat dari beberapa narasumber yang dapat Anda tentukan sendiri. Di Indonesia sendiri, sudah banyak orang yang  sukses di dunia blogging. Seperti Budi Raharjo, Rusdianto, Trinity, Iwan Banaran, dan sebagainya.

Oleh karena itu Anda tidak perlu bingung untuk mencari narasumber mana yang akan Anda pilih sesuai dengan informasi yang Anda butuhkan. Selain dikendalikan secara pribadi, blog juga biasa digunakan oleh bisnis. Sehingga tidak heran jika dari tahun ke tahun perkembangan blog juga semakin pesat. Anda juga akan mendapat keuntungan melalui blog jika Anda dapat menggunakannya dengan baik. Oleh karena itu mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu blog, apa saja manfaat dan jenisnya, serta bagaimana cara membuat blog itu sendiri.

Lihat Juga : Pengertian Internet

Pengertian Blog

Apa itu Blog
Sumber Gambar : keap.com

Blog adalah website berupa media online yang berisi berbagai informasi seperti artikel, foto, video, dan lain-lain yang di update secara berkala. Topik yang ditampilkan pada blog juga bermacam-macam jenisnya, dari mulai kesehatan, lifestyle, teknologi, kuliner, fashion dan sebagainya. Pada dasarnya blog juga dapat diartikan sebagai wadah penyebaran berbagai informasi yang dikelola oleh satu atau lebih blogger dalam bentuk tulisan yang berisi opini, analisis, dan jenis data digital lainnya.

Lalu apa perbedaan Blog dan Website?

Website merupakan kumpulan halaman online yang dapat diakses melalui internet pada alamat domain tertentu. Situs web biasanya berisi informasi tentang suatu produk atau layanan. Situs web juga biasanya statis, karena sebagian besar berisi informasi produk atau layanan. Ini berarti Anda tidak perlu sering memperbarui desain atau konten Anda. Sehubungan dengan kepemilikan, situs web biasanya digunakan untuk tujuan seperti organisasi, sekolah, institusi, toko online, bisnis, dll. Sedangkan blog, merupakan jenis website yang memuat isi artikel berupa opini, pengalaman, dan informasi pengetahuan.

Blog biasanya bersifat dinamis yang kontennya perlu ditambah dan di update secara berkala. Bisa dikatakan, konten blog adalah nyawa yang menentukan sukses atau tidaknya blog.  Sementara dari segi kepemilikannya, blog banyak dimiliki oleh perseorangan. Namun, blog juga dimiliki oleh bisnis, perusahaan, dan lembaga untuk promosi dan strategi pemasaran.

Lihat Juga : Pengertian WiFi

Sejarah Blog dan Perkembangannya

Sejarah Blog
Sumber Gambar : mona.solutions

Pada tahun 1994

Perkembangan blog dimulai pertama kali oleh seorang mahasiswa bernama Justin Hall, yang menjalankan halaman website pribadi online bernama Links.net. Situs tersebut berisi tentang kisah pribadi dengan teman-temannya, yang kemudian banyak orang mengikuti jejak Justin Hall untuk membuat akun website pribadi.

Pada tahun1997

Pada tahun ini muncul istilah weblog yang diciptakan oleh Jorn Barger. Weblog adalah kombinasi dari website dan log yang menggambarkan aktivitas internet atau login di web. Sama seperti yang dilakukan oleh Justin Hall, Barger juga menggunakan weblog untuk menceritakan kegiatannya di internet.

Pada tahun 1999

Nama blog lahir dan dipopulerkan oleh perancang situs web bernama Peter Melholtz. Di dalam blog pribadinya, Peter menyukai permainan kata dan tidak menyangka istilah blog akan berdampak cukup besar dan diterima oleh masyarakat. Dan pada tahun yang sama, platform blogging seperti LiveJournal, Blogger, dan Xanga mulai bermunculan.

Pada tahun 2001

Blog ini diluncurkan di Indonesia oleh Enda Nasution. Kiprahnya di dunia blogging memberinya julukan “Bapak Blogger Indonesia”. Dia juga memulai pesta blogger dengan blogger Indonesia lainnya pada 27 Oktober 2007. Tanggal tersebut kemudian diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

Pada tahun 2003 Sampai Sekarang

Kemudian pada tahun ini platform blogger telah resmi diambil alih oleh Google, dan pada tahun yang sama WordPress resmi diluncurkan. Keduanya sama mudahnya digunakan dan gratis untuk digunakan, sehingga keduanya sama-sama mendapat respon yang baik dari masyarakat. Seiring berjalannya waktu, mulai banyak bermunculan platform-platform blogging yang semakin lengkap dan menarik hingga sampai saat ini blog juga menjadi bagian penting dalam menjalankan strategi pemasaran bagi pemilik bisnis.

Lihat Juga : Pengertian Teknik Komputer Jaringan

Struktur Blog

Struktur Blog

Blog biasanya memiliki tampilan dan tatanan struktur yang cukup beragam sehingga dapat menarik para pengunjung blog tersebut. Namun secara umum, struktur sebuah blog biasanya terdiri dari komponen-komponen berikut, antara lain yaitu:

  • Header – Bagian atas blog, termasuk judul, deskripsi dan menu blog.
  • Bilah navigasi – Elemen ini dapat disebut menu untuk membantu pengunjung memilih dan menelusuri konten blog yang diinginkan.
  • Blog utama – Area tempat posting blog berada. Bagian ini memiliki struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, dan kolom komentar. Di area utama sebuah blog, konten blog biasanya tidak hanya disajikan dalam bentuk tulisan saja, tetapi juga dapat berupa gambar dan video.
  • Bilah Samping –  Bilah samping blog. Biasanya berisi beberapa rekomendasi untuk artikel populer, widget, iklan, atau informasi tambahan lainnya.
  • Footer – Bagian bawah blog, Anda akan menemukan informasi penulis, kontak, formulir pendaftaran, dan alamat email.

Lihat Juga : Pengertian Browser

Ciri – Ciri Blog

Ciri - Ciri Blog
Sumber Gambar : unsplash.com

Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri blog yang dapat Anda ketahui antara lain:

  1. Nama dan alamat dapat diakses secara online.
  2. Mempunyai tujuan.
  3. Memiliki konten atau kontribusi berupa artikel, catatan atau informasi lainnya.
  4. Posting atau konten blog dapat diarsipkan (disimpan berdasarkan tanggal publikasi, bulan, tahun).
  5. Konten blog terus ditambah atau diperbarui sesuai dengan tujuan blog.

Lihat Juga : Pengertian Domain

Jenis – Jenis Blog

Jenis - jenis Blog
Sumber Gambar : soloensis.com

Berikut ini merupakan beberapa jenis blog yang dapat Anda ketahui, antara lain:

1. Blog Pribadi

Blog jenis ini lebih berfokus pada kehidupan blogger itu sendiri. Dalam blog pribadi biasanya blogger menggunakannya sebagai buku harian atau catatan dan berbagai dokumentasi tentang kehidupan, hobi, dan minat mereka. Jenis blog ini juga biasanya tidak hanya membahas satu topik saja, karena tujuannya adalah untuk berbagi kisah pribadi blogger.

2. Blog Perusahaan atau Bisnis

Blog jenis ini lebih berfokus pada pembuatan konten atau tulisan mengenai pemasaran digital untuk kemajuan perusahaan atau bisnis. Jadi, Anda dapat menggunakan teknik SEO yang tepat untuk membuat konten Anda berada pada posisi atas pada situs pencarian Google.

3. Blog Politik

Berisi tentang berbagai macam berita politik, aktivis politik, dan berbagai hal mengenai politik, seperti kampanye, dan lain-lain.

4. Blog Pendidikan

Blog tersebut berisi mengenai berbagai macam topik pendidikan dan biasanya ditulis oleh seorang guru atau seseorang yang berkompeten dibidang pendidikan.

5. Blog Kesehatan

Blog jenis ini merupakan blog yang membahas lebih dalam mengenai kesehatan, terutama berisi keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, informasi kesehatan dan banyak lagi.

6. Travel Blog

Biasanya blog jenis ini berfokus membahas cerita perjalanan dan menyampaikan informasi perjalanan / travel.

Lihat Juga : Pengertian Animasi

Tujuan Blog

Tujuan Blog
Sumber Gambar : unsplash.com

Berikut adalah beberapa tujuan dari blog yang dapat Anda ketahui :

  • Menyampaikan informasi yang berguna untuk orang lain dan diri sendiri.
  • Menyalurkan hobi yang kita miliki dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.
  • Saling bertukar pikiran dan pengetahuan dengan pembaca blog.
  • Berbagi pengalaman  dan cerita unik mengenai perjalanan hidup.
  • Memberikan keuntungan bagi diri sendiri dan orang lain, karena dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis pula.

Lihat Juga : Pengertian Teknologi Informasi

Manfaat Blog

Manfaat Blog
Sumber Gambar : unsplash.com

Adanya blog mempunyai banyak sekali manfaat untuk para penggunanya, antara lain:

1. Sebagai Media Berbagi Informasi

Blog merupakan salah satu media yang nyaman untuk berbagi informasi. Anda dapat menggunakan platform yang satu ini untuk mencari tahu banyak tentang topik tertentu atau topik umum. Penggunaan blog juga praktis dan cukup mudah bagi siapa saja.

2. Sebagai Alat Publikasi

Blog merupakan salah satu wadah yang dapat digunakan secara gratis untuk mengekspresikan tulisan kreatif Anda. Baik berupa kisah hidup, opini, atau pekerjaan Anda lainnya. Jika Anda berbisnis, blog juga dapat menjadi sarana publikasi agar pelanggan dapat dengan mudah mengunjungi website bisnis Anda, mereka juga dapat memastikan bisnis Anda tetap eksis. Dengan perhitungan, dan langkah yang tepat, menulis di blog dapat menghemat biaya publikasi yang mahal di media online.

3. Sebagai Portofolio Online

Salah satu manfaat blog lainnya yaitu dapat dijadikan sebagai portofolio online. Portofolio adalah salah satu bagian terpenting agar dapat lebih mudah bagi pelanggan dan bisnis untuk menemukan keahlian dan pengalaman Anda. Anda sekarang dapat menggunakan Blog untuk membuat portofolio online yang berisi teks, foto, atau proyek yang telah Anda kerjakan. Jadikan blog Anda cantik dan dapat menarik pelanggan dengan tema dan desain blog yang menarik.

4. Sebagai Alat Branding

Blog juga bisa menjadi alat branding yang ampuh. Jika Anda seorang ahli, menulis artikel tentang topik tertentu di blog Anda, maka hal tersebut akan membantu Anda semakin dikenal sebagai seorang ahli. Oleh karena itu, klien atau calon klien tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa Anda. Blog memungkinkan Anda  membangun branding perusahaan Anda sambil memberikan informasi yang berguna kepada konsumen tentang produk Anda.

5. Sebagai Iklan Produk atau Layanan

Blog juga dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki, sehingga produk tersebut dapat lebih mudah untuk dikenal banyak orang.

6. Sebagai Sarana Berkreasi

Blog juga dapat Anda jadikan sebagai tempat Anda untuk menyalurkan segala macam kreativitas Anda di berbagai bidang. Misalnya menulis, memotret, atau juga berbisnis.

Lihat Juga : Pengertian E-Learning

Beberapa Istilah di dalam Blog

Istilah Dalam Blog
Sumber Gambar : unsplash.com

Di setiap platform media online tentu saja memiliki beberapa istilah yang digunakan di dalamnya, begitu pula dengan blog, di dalam blog juga terdapat beberapa istilah yang sering kali digunakan oleh pengguna blog antara lain yaitu:

  • Blog, merupakan singkatan dari weblog, suatu bentuk aplikasi web yang mirip dengan menulis di halaman website pada umumnya.
  • Blogger, istilah yang digunakan untuk orang-orang yang menulis di blog.
  • Blogroll adalah fitur yang menampilkan tautan tertentu berdasarkan apa yang Anda tambahkan. Fitur ini biasanya digunakan untuk bertukar link antar blogger. 
  • Blogosphere, istilah yang digunakan untuk menggambarkan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog.
  • Posting, aktivitas mengunggah artikel yang telah mereka buat di blog.
  • Laman, Sebenarnya hampir sama dengan halaman atau postingan, namun teks yang tertulis di halaman tersebut nantinya ditampilkan satu per satu sebagai menu pada halaman blog.
  • Komentar adalah tempat pengunjung dapat mengomentari postingan yang Anda unggah. Komentar tersebut juga dapat berupa saran, kritik, dan diskusi.
  • Komentar SPAM, merupakan komentar yang ditulis semata-mata untuk tujuan promosi atau untuk mendapatkan backlink, dan komentar yang ditulis tidak relevan dengan postingan yang dibahas.
  • Traffic adalah orang yang mengunjungi blog kita atau biasa disebut dengan pengunjung blog.
  • Anchor text, yaitu sebuah teks yang di dalamnya terdapat link.
  • Backlink, yaitu link yang terdapat di blog lain yang mengarah ke blog kita. 
  • Tata letak adalah bagian dari Blogger. Bagian ini untuk menambah, menghapus, atau mengatur posisi gadget / widget pada blog.
  • Template, merupakan pola atau desain yang digunakan dalam blog. Template ini biasanya digunakan untuk menentukan tampilan blog Anda.
  • HTML, hypertext markup language atau singkatnya HTML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan website.
  • JavaScript, adalah bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web terlihat lebih hidup.

Lihat Juga : Pengertian E-Commerce

Lalu bagaimana cara membuat Blog?

Cara Membuat Blog
Cara membuat blog di Blogger.com

Cara membuat blog yang pertama harus dilakukan adalah, Anda harus memiliki alamat email terlebih dahulu. Entah email dari Gmail, Outlook, atau Yahoo. Untuk membuat blog pertama-tama kami akan menunjukkan cara menggunakan Gmail.com untuk membuat Blog di Blogger.com:

  1. Yang pertama, silakan kunjungi https://www.blogger.com.
  2. Saat halaman pendaftaran terbuka, perhatikan sudut kanan atas dan ubah ke bahasa Indonesia agar lebih jelas. Silakan masuk langsung menggunakan nama pengguna dan kata sandi Gmail Anda (Anda dapat masuk ke Blogger dengan akun email Anda).
  3. Klik tombol Blog Baru. Masukkan nama judul blog dan alamat blog yang diinginkan. Ingatlah bahwa Anda harus serius saat membuat alamat blog (kecuali nanti Anda menggantinya dengan domain khusus), karena Anda tidak dapat mengganti alamat blog secara permanen. Jika alamat yang Anda inginkan tidak tersedia, masukkan alamat lain yang masih tersedia. Jika Anda memiliki alamat blog yang tersedia, klik panah yang bertuliskan blog baru.
  4. Kemudian pilih template yang Anda inginkan (Anda dapat mengubah template ini kapan saja nanti) dan klik Buat Blog.
  5. Klik tombol Mulai Blog untuk melanjutkan.
  6. Setelah masuk Post Editor, lengkapi data-data yang diarahkan  (kami sarankan posting langsung agar Blog Anda tidak di Lock). Contoh: Welcome 2022. Klik tombol preview untuk melihat iklan yang nantinya akan muncul di blog Anda. Jika Anda ingin mempublikasikan posting Anda, klik tombol Publish Entry, maka postingan Anda akan dipublikasikan ke publik.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 17 Cara Membuat Blog Gratis

Kelebihan dan Kekurangan Blog

Kelebihan Kekurangan Blog
Sumber Gambar : unsplash.com

Kelebihan

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh blog, antara lain yaitu:

  • Melalui weblog, Anda dapat mengembangkan hubungan dengan teman dan orang-orang yang baru dikenal menjadi sebuah komunitas  besar.
  • Blog melebihi email dalam fungsinya, karena satu postingan blog yang Anda unggah dapat dibaca oleh pengunjung yang tidak terbatas. Berbeda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh pengirimnya.
  • Pengunjung blog dapat dengan cepat memberikan pendapatnya terhadap konten yang Anda buat dengan komentar yang dapat ditulis langsung di blog.
  • Weblog juga dapat digunakan sebagai media publikasi, media periklanan, bisnis perusahaan, buku harian, dan banyak lagi.

Kekurangan

  •  Penggunaan blog biasanya rentan terhadap virus.
  •  Rentan terhadap hacker dan peretas.
  •  Terikat dengan peraturan yang dibuat oleh Google.
  •  Tulisan yang dibuat kurang dapat dipertanggung jawabkan.
  • Template yang disediakan cukup sedikit atau kurang banyak pilihan.

Lihat Juga : Pengertian Multimedia

Kesimpulan,

Blog merupakan website berupa media online yang berisi berbagai informasi seperti artikel, foto, video, dan lain-lain yang di update secara berkala. Blog juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis seperti sebagai media promosi dan lain-lain. Oleh karena itu jika Anda ingin memajukan bisnis Anda maka blog dapat menjadi salah satu media untuk publikasi yang cukup efektif. Anda juga harus mempunyai akun email terlebih dahulu jika Anda akan membuat Blog.

Apa saja manfaat dari blog?

Selain sebagai media untuk mempublikasikan informasi, blog juga bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan. Tidak hanya itu, Blog juga sering dimanfaatkan untuk pebisnis untuk membangun branding mereka.

Apakah membuat blog gratis?

Dalam membuat blog, Anda tidak dipungut biaya sama sekali (gratis). Saat ini banyak sekali penyedia blog gratis yang bisa Anda manfaatkan, seperti Blogspot, WordPress, Tumblr, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara membuat blog agar lebih menarik?

Langkah pertama, Anda bisa memanfaatkan template yang tersedia agar tampilan blog lebih rapi dan modern. Lalu optimalkan gambar pada setiap postingan. Selanjutnya lebih disarankan untuk menggunakan domain TLD, seperti; .com, .net, .org. Dan yang terakhir, tambahkan logo untuk mempermudah pengunjung dalam mengidentifikasi blog.


Artikel ditulis oleh Adella Eka Ridwanti, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…