3 Cara Agar Instagram Tidak Terkoneksi Lagi dengan Facebook

Untuk menghapus akun Facebook yang tertaut dengan Instagram yakni dibalik, anda harus membuka Facebook barulah bisa menghapus aplikasi Instagram (akun) yang tertaut. Sebagai pengguna gaptek yang tidak tahu-menahu antara akun yang tertaut pasti merasa kesulitan dalam menghapus konektifitas antara intagram dengan Facebook. Lain halnya jika anda ingin menghapus komentar atau foto pasti serasa sangat mudah, tapi untuk menghapus konektifitas pasti serasa membingungkan.

Sebenarnya akun Instagram yang terkoneksi dengan Facebook akan memudahkan pengguna dalam melakukan sesuatu. Misalnya melakukan log in tanpa memasukkan username dan password, dapat mencari teman lewat Facebook, serta dapat berbagi foto Instagram dengan akun Facebook yang tertaut. Tapi anda pasti memiliki alasan tersendiri kenapa ingin menghapus konektifitas antara Instagram dengan Facebook.

Lihat Juga : 4 Cara Menghapus Halaman Facebook

Cara Memutuskan Tautan Facebook di Instagram

Sekitar tahun 2018 ke belakang, memutuskan tautan Facebook di Instagram hanya bisa dilakukan lewat Facebook, tidak bisa dilakukan lewat aplikasi Instagram. Namun saat ini pengguna bisa menghapus tautan Facebook langsung dari aplikasi Instagram. Dibawah ini ada dua metode yang bisa anda lakukan, melalui Facebook dan Instagram.

1. Menghapus Tautan Instagram Lewat Facebook

Karena akun saya terhubung dengan halaman Facebook, maka panduan ini saya lakukan pada halaman Facebook. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan lewat browser komputer atau aplikasi Facebook. Untuk anda yang terhubung dengan akun personal, maka saya jelaskan setelahnya. Berikut langkah-langkahnya;

STEP 1: Pertama, silahkan login ke halaman Facebook yang anda miliki. Masuk ke menu Pengaturan di Halaman Facebook anda. Klik Pengaturan yang terlihat pada bagian pojok kiri bawah.

1 Klik Pengaturan Halaman Facebook

STEP 2: Scroll kebawah, kemudian pilih fitur Instagram. Dari halaman tersebut anda bisa melihat akun Instagram yang terhubung dengan halaman Facebook. Untuk mengapus tautan, lihat fitur Putuskan Hubungan Instagram. Klik Putuskan.

2 Pilih Instagram di Facebook

STEP 3: Setelah klik Putuskan, muncul pop up notifikasi; Putuskan Hubungan Akun Instagram? Lakukan konfirmasi dengan klik Putuskan Hubungan. Tunggu beberapa saat maka akun Instagram anda tidak lagi terhubung dengan halaman Facebook.

3 Putuskan Hubungan Instagram di Facebook

Jika di urutkan, berikut langkah-langkahnya;

  1. Silahkan login ke halaman Facebook anda.
  2. Pilih menu Pengaturan yang ada dibagian pojok kiri bawah.
  3. Scroll ke bawah, Pilih Instagram.
  4. Lihat bagian bawah; Putuskan Hubungan Instagram, klik Putuskan.
  5. Lakukan konfirmasi dengan klik Putuskan Hubungan.
  6. Selesai.

Buat anda yang merasa akun Instagram-nya terhubung dengan akun personal, silahkan masuk ke fitur Aplikasi dan Situs Web. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini;

  1. Silahkan masuk ke halaman Pengaturan Facebook.
  2. Klik link halaman Pengaturan Facebook ini.
  3. Lalu piliih Aplikasi dan Situs Web.
  4. Lihat dibagian tab aplikasi Aktif dan Kadaluwarsa.
  5. Jika terlihat Instagram, anda bisa centang dan klik Hapus.
  6. Selesai.

*KET: Apabila anda mendapati masalah tidak terlihat app atau akun Instagram di Facebook sedangkan Instagram masih terhubung Facebook. Lebih baik hapus tautan Facebook lewat Instagram dengan mengikut metode kedua dibawah ini. Karena kemungkinan Facebook versi terbaru masih dalam tahap pengembangan dan masih memiliki banyak kekurangan.

Lihat Juga : 8 Cara Mematikan Notifikasi Instagram

2. Menghapus Tautan Facebook Lewat Instagram

Di metode pertama, mungkin penjelasan dan langkah-langkahnya cukup ribet, karena banyak pengguna juga mendapati masalah ketika menghapus tautan Instagram lewat Facebook. Alternatif lain, anda bisa menghapus tautan Facebook dengan mudah lewat aplikasi Instagram. Berikut langkah-langkahnya;

STEP 1: Silahkan buka aplikasi Instagram di smartphone Android atau iOS yang anda miliki. Masuk ke halaman profil, klik icon tiga garis » Pilih Pengaturan » Akun » Akun Tertaut. Dibagian tersebut anda bisa melihat akun Instagram anda yang terhubung dengan app atau sosial media lain.

1 Pengaturan Akun Tautan Instagram

STEP 2: Untuk menghapus tautan, klik Facebook. Lanjutkan dengan klik Hapus Tautan. Muncul pop up konfirmasi, klik Ya, Putuskan Tautan. Tunggu loading beberapa saat maka akun Instagram anda tidak lagi terhubung dengan Facebook.

2 Hapus Tautan Facebook Instagram

Jika di persingkatkan, berikut langkah-langkahnya;

  1. Buka Instagram dan masuk ke halaman Profil.
  2. Tap icon tiga garis » lalu pilih Pengaturan.
  3. Pilih Akun » Akun Tertaut.
  4. Pilih Facebook.
  5. Tap Hapus Tautan.
  6. Konfirmasi dengan Ya, Putuskan Tautan.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Mem-Private Akun Instagram

Pertanyaan para pengguna Instagram…

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pengguna Instagram yang merasa kebingungan dengan tautan Facebook di Instagram.

Setelah akun terputus, saya login Instagram lewat apa? Ketika akun Instagram anda telah terputus, anda bisa login dengan username, nomor telepon, atau email dan password Instagram. Tidak lagi menggunakan akun Facebook.

Saya lupa dengan kata sandi (password) Instagram, bagaimana saya bisa login? Jika anda lupa dengan kata sandi Instagram, anda bisa lakukan konfirmasi ulang melalui nomor telepon atau email yang terhubung dengan Instagram anda. Email yang terhubung dengan Instagram biasanya sama dengan email Facebook anda.

Saya lupa dengan kata sandi email saya, bagaimana solusinya? Jika anda lupa dengan kata sandi email, misal; Lupa kata sandi Gmail. Maka alternatif lain bisa konfirmasi ulang dengan nomor telepon anda. Namun, apabila akun anda tidak terhubung dengan nomor telepon, silahkan meminta bantuan ke pihak Instagram.

Bisakah saya menghapus tautan Facebook lewat Instagram web? Tidak bisa, anda hanya bisa menghapus tautan Facebook lewat aplikasi Instagram. Saya sudah melakukan cek via Instagram web tidak ada opsi menghapus tautan Facebook.

Lihat Juga : 4 Cara Mengganti Email & Password Instagram

Penutup,

Dengan mengikuti panduan step by step yang saya jelaskan diatas, saya rasa anda pasti berhasil menghapus tautan Facebook di akun Instagram anda. Untuk masuk atau Login akun Instagram, anda bisa menggunakan username dan password, tidak lagi menggunakan “Log in With Facebook”.

Bagikan artikel ini ke sosial media yang anda miliki supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 59 Comment

  1. nada berkata:

    aku kok masih bisa konek fb ya :(((

  2. Annika berkata:

    Kalo di ponsel gimana

  3. Nana berkata:

    Kalo memutuskan dari facebook, akun nya hilang tidak?

  4. Nindi berkata:

    Ketika udah gak terkoneksi terus pas mau masuk lagi, passwordnya masukin password apa ya? Password email yg kita masukin atau password facebook kmrn?

  5. Aj berkata:

    cara membuat password instagram baru setelah terputus dengan facebook gimana yaa?

  6. Kak..instagram aku dihack orang.trus dia sambungin IG aq ke FB dia….trus cara mutusin nya gimana kak..PW,EMAIL udah ganti tapi dia masih bisa masuk….please kak bantu aku yaa

    • Dian Arifin berkata:

      Ubah aja password nya, verifikasi langsung ke email yang mbak gunakan pada Intagram. Misalnya, kalau mbak gunakan email Gmail, mbak tap lupa password pada Instagram, kemudian nanti akan di verifikais ke email Gmail dan barulah nanti mbak buka email Gmail, selanjutnya mbak ganti dengan password yang baru …

  7. Ade berkata:

    Mas, saya mohon bantuannya, saya tidak bs login lg ke ig, padahal selama ini kalau login ke ig selalu dr fb. Ada pemberitahuan ” akun ig tidak terhububg ke fb” mohon berikan cara login ke ig melalui fb ya mas, sesuai permasalahan saya

    • Dian Arifin berkata:

      Lakukan pemilihan lupa kata sandi, kemudian masukkan email sama dengan email yang ada di FB. Selanjutnya, buka email dan bikin sandi yang baru buat IG anda.

  8. Viaa berkata:

    Kalau ig saya sudah terputus dari facebook trus mau masuk lg gabisa diig saya udah cantumin email jadi ketika lupa kata sandi saya harus ke email facebook atau email yg udh saya cantumin?

  9. Nur vadiah berkata:

    Saya punya masalah seperti ade. Kalau saya gabisa terhubung ke alamat email fb saya gimana ya? Tapi di ig saya udh mencantumkan email dan nomor tlpn

    • Dian Arifin berkata:

      Yasudah, tap lupa password, kemudian nanti IG secara otomatis akan mengirim ke email mbak untuk ganti password. Selanjutnya, mbak buka Email dan ganti password IG, nanti bisa masuk kembali mbak ..

  10. Dewi Sartika berkata:

    Mas/mbak, bisa tolong saya, gimana cara’y saya akses ke IG yg terkoneksi dg FB sedang FB saya sudah ditutup

  11. mia berkata:

    ka saya mau nanya saya kan buka ig dari fb mulu bisa ga biar klo mau buka gausah masuk dari fb, soalnya kalo dari fb kaya ga ke upgrade gitu ignya, sayang kalo bikin ig baru. tolong dijawab ya

    • Dian Arifin berkata:

      Solusinya, buat sandi baru mbak untuk IG mbak. Atau sebelum masuk IG, tap lupa kata sandi, kemudian lakukan verifikasi ke email lalu buatlah password. Nah, dari situ nanti mbak bisa login IG dengan username dan password tanpa harus menggunakan facebook.

  12. AlMarthaDK berkata:

    Gimana kalo pake ponsel?apa harus pake komputer?

  13. Nabila berkata:

    Mas saya punya ig trs saya bkin ig melalui fb kesambung sama fb nah bisa ga mas kita ubah biar ga kesambung fb lagi soalnya saya klo buka di tmn saya gabisa kebuka ignya ,biar bisa kebuka di hp org lagi gmn ya katanya si hrs ke email tpi saya udh lupa pass email yg bkin ig/fb mohon bntuan

    • Dian Arifin berkata:

      1. Pertama, masuk melalui FB dulu. Jika IG sudah masuk, mbak ganti email dengan email baru (email aktif). Kemudian lakukan verifikasi ke email.
      2. Setelah melakukan verifikasi email, buat kata sandi baru. Nanti bisa dipakai mbak …

  14. Ndavindy berkata:

    Saya mau nnya kalo misal saya mau login tpi saya lupa email dan kata sandi
    Conek ke fb g bsa krna tdk trambung fb
    Trs lewat no. No saya hilang
    Lewat emaik saya lupa email saya
    Mhon bntuan nya

    • Dian Arifin berkata:

      Wahh kalau semuanya lupa ya ngak bisa diapa apain mbak, solusinya minta bantuan atau kirim pesan ke pihak Instagram. Itupun kalau dijawab . . . lebih baik buat yang baru.

  15. kusnadi berkata:

    kalo akun facebook saya sdh dinon aktifkan trus kalo mau mengganti tautan akun facebook yg baru dengan ig yang lama bgmn ya? sedangkan ig lama sdh terkoneksi dgn akun fb yg sdh dinon aktifkan.

  16. Dhyta berkata:

    Mas gmna caranya ganti pass ig sebelum koneksi ke fbnya dihapus? Kalo koneksi fb ke ig dihapus luan nanti gabisa masuk ig toh, karna biasanya masuk ig melalui pass fb

  17. Ayuuu berkata:

    Bagaimana caranya min kalau akun instagramku tdk terkontaminasi lagi melalui facebook…

  18. Kevin berkata:

    Mas mau tanya … fb ku kan di hack trus ig nya masih nyambung di hp ku .. apakah bisa ngehapus tautan fb lama trus ganti fb baru lewat ig mas

  19. Devi berkata:

    Mas , aku buka di fb di bag profile kok ga ada pilihan applikasi ya ?

  20. Elan berkata:

    Mau tanya gan,kan ig saya sudah terputus dengan fb. Jadi ig saya tidak terkait akun apapun. Kalo login cuma pake username sama password. Apakah akun saya bakal aman

  21. Just an Explorer berkata:

    kak, saat saya ingin memindahkan akun facebook instagram sayya ke facebook lain, saat saya mengikuti diatas, kenapa ya instagram saya pada facebook tidak muncul, dan saat saya ke instagram, akun facebook saya yang lama masih terpaut… bagaimana ya kak?

  22. ariezona berkata:

    Dear kak, saya ingin membagikan foto dari Instagram ke akun FB personal (bukan page) selama ini sudah berjalan, namun ketika saya mau upload kembali tau2 opsinya berubah menjadi Unmanaged page padahal pada pengaturan linked accountnya ke akun Fb personal. mohon pencerahannya ya kak, terimakasih

  23. Julia berkata:

    Gak bisa😭😭😭

  24. thin berkata:

    apakah harus buka fb browser di komputer ? soalnya kalo buka di hp .. pada bagian aplikasi di fb ga ada pilihan lainnya ..

  25. Rifan berkata:

    Kok yg diakses dgn fb saya gak ada apk ig nya cuman ada game aja kak.
    Mohon bantuanya

  26. sofia berkata:

    aku fb aku kan ke hack dan ga bisa aku akses lagi , kalo pengen mengeluarkan akun tertaut lewat ig apa bisa ?
    banyak banget yg bilang bisa tinggal hapus tautan tapi pas aku coba ga ada tanda hapusnya

    mohon bantuannya

  27. Sadiya berkata:

    Udah hapus tautan dr instagram, krn halaman fb sudah dihapus
    Tapi pas mau ditautkan lagi ke ig nya, gabisa.
    Katanya masih terhubung dengan halaman lain.
    Itu gimana ya?