7+ Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Bermasalah, Tidak Dapat Terhubung

0

Dianisa.comXiaomi merupakan salah satu vendor teknologi kenamaan yang berpusat di Beijing, Tiongkok. Terkenal dengan produknya yang beragam dan murah menjadikan Xiaomi sebagai produsen smartphone no 4 di seluruh dunia. Tahu sendiri, tahun 2019 Xiaomi berhasil naik dengan penjualan produk sub brand-nya Redmi NOTE 7 dengan angka mencapai 10 juta unit.

Sedikit membahas mengenenai Redmi NOTE 7 yang hadir dengan kamera beresolusi 48MP + 5MP untuk kamera belakang yang pastinya serasa maksimal dalam mengambil gambar, baik dalam keadaan gelap maupun terang. Sementara untuk kamera depan hadir dengan resolusi 13MP dengan dukungan AI yang alhasil semua foto selfie bakal terlihat cantik dan memukau.

Dari segi perkembangan teknologi dan sistem android, smartphone Android saat ini, khususnya Xiaomi ataupun Redmi hadir dengan stabilitas sistem yang sangat baik, entah itu UI ataupun kinerja hardware-nya. Adapun masalah pada kamera biasanya karena lag saat memori RAM dan utama penuh.

Atau adanya masalah pada sisi hardware dari modul kamera itu sendiri, lebih jelas mengenai hal ini, simak ulasannya berikut ini.

Tips Xiaomi

Masalah HP Xiaomi

Masalah Kamera Android

Mengatasi Kamera Xiaomi Tidak Terhubung

Masalah pada perangkat Android memang dapat terjadi kapan saja, dan sebagai pengguna yang awam akan dunia teknologi smartphone tentu akan kebingungan dalam menghadapi masalah yang ada. Munculnya pesan error ‘can’t connect to camera’ atau mungkin pesan error lain disebabkan karena banyak hal, seperti adanya bugs pada aplikasi kamera dan sistem, penumpukan file cache, atau modul kamera yang bermasalah.

Mengenai pembahasan masalah kamera error kali ini, penulis berusaha menghadirkan solusi sederhana yang mudah untuk dilakukan oleh para pengguna Xiaomi dan diharapkan masalah dapat terselesaikan.

Berikut beberapa solusi yang dapat kamu coba lakukan.

#1. Tutup & Buka Kembali Kamera

Metode pertama, cobalah untuk menutup dan membuka kembali aplikasi kamera. Ketika aplikasi tidak dapat terbuka, muncul pesan failed atau tidak terhubung, cobalah untuk menutupnya melalui recent apps. Tidak hanya pada satu aplikasi, coba tutup semua aplikasi yang terbuka.

Opsi ini masih bersifat sederhana, jikapun tidak berhasil cobalah metode berikutnya.

#2. Restart Smartphone

Coba restart smartphone siapa tahu dengan ini kamera dapat normal kembali. Pada beberapa kasus, metode ini berhasil mengatasi masalah kamera error atau tidak terhubung. Biasanya penyebabnya karena hal sederhana, yakni memori utama dan RAM yang penuh.

Jika masih tidak berhasil, cobalah metode selanjutnya.

#3. Kembalikan Kamera Ke Setelan Bawaan

Hal lain yang perlu diperhatikan, mungkin ada kesalahan dalam menyetelan kamera atau ada bugs tertentu yang membuat kamera tidak bisa dibuka atau mengambil gambar. Coba kembalikan posisi kamera pada setelan default yang artinya masih fresh tanpa ada perubahan sama sekali.

Untuk melakukannya, cobalah untuk mengikuti langkah – langkahnya berikut ini. Setiap smartphone memiliki fitur pengaturan yang berbeda – beda, kamu bisa menyesuaikan.

Kembali Ke Setelan Awal Kamera

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Sistem » Pilih “Kamera” » Selanjutnya Pilih “Pulihkan Setelan Bawaan” » kemudian tap “Oke”.

#4. Cek Bagian Permission

Coba lakukan pengecekan juga pada bagian perizinan aplikasi kamera, siapa tahu tidak berada pada posisi aktif atau enable. Bagian ini tentu sangat penting untuk dilihat, ketika perizinan pada modul kamera tidak enable maka sampai kapanpun kamera tidak akan bisa digunakan.

Opsi ini ada pada fitur pengaturan perizinan, lebih jelasnya bisa cek metodenya berikut ini.

Cek Perizinan Kamera Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Perizinan » Perizinan » Kamera » kemudian pastikan perizinan pada aplikasi berada pada posisi enable (bertanda hijau).

#5. Hapus Data Aplikasi Kamera

Apabila dengan beberapa metode diatas tidak dapat mengatasi masalah yang ada, cobalah untuk menghapus data aplikasi kamera. Banyak pengguna android yang mendapati masalah pada aplikasi dapat teratasi dengan metode ini. Biasanya, ketika masalahnya terjadi karena file yang corrupt atau hanya bugs pada aplikasi opsi ini bisa menjadi yang terbaik.

Ini akan membuat kamera kembali pada posisi default dan semua data yang bersifat sementara akan terhapus seperti basis data, cache, serta file temporary lainnya. Dan berikut langkah – langkahnya …

Hapus Data Kamera Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Kamera” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

#6. Factory Reset Xiaomi

Mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrikan sebenarnya bukanlah menjadi solusi terbaik, karena bagaimanapun semua data akan terhapus dan pengaturan sistem akan kembali pada posisi default. Pengguna harus setting dari awal dan pastinya dapat merepotkan, harus install aplikasi – aplikasi dan game yang inginkan.

Namun jika sudah tidak ada pilihan lain dan kemungkinan masalah ada pada sistem, cobalah untuk reset ke setelan pabrikan. Backup semua data yang kamu miliki ke memori eksternal atau komputer Desktop.

Factory Reset HP Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Setelan Tambahan » Pilih “Cadangkan & Setel Ulang” » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Kemudian tap “Setel Ulang Telepon”.

#7. Lakukan Flashing …

Terakhir apabila masih bermasalah, mau tidak mau harus dilakukan Flashing. Namun disini kamu sebagai pengguna tidak harus melakukannya, karena tahap Factory Reset sudah kamu lakukan dan bisa jadi juga modul kamera yang bermasalah. Dan untuk pengecekan lebih lanjut harus dibawa ke service center atau counter HP dengan service yang berpengalaman.

Adapun jika sebelumnya kamu pernah melakukan Costum ROM dan akhirnya membuat kamera bermasalah, maka cobalah untuk mengembalikan sistem ke versi asalnya secara default, semoga nanti tidak terjadi masalah.

Siapkan semua bahan yang dibutuhkan, baik itu Firmware atau ROM-nya, tools seperti USB, software flashing, dan lain sebagainya. Coba searching atau cari metodenya di YouTube.

Kesimpulan,

Masalah pada perangkat Xiaomi ataupun Redmi (sub-brand), khususnya pada sektor kamera, mungkin memang susah – susah gampang untuk diatasi. Beberapa metode diatas bersifat sederhana, dan apabila masalahnya sudah pada modul kamera harus dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh service yang lebih berpengalaman.

Metode yang penulis berikan dapat dicoba pada semua tipe Xiaomi, tinggal menyesuaikan saja apabila ada sedikit perbedaan. Bagikan artikel ini jika dirasa berguna dan bermanfaat. Dan apabila dari kamu punya pertanyaan atau tips lebih seputar kamera Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here