Mengatasi Kamera lainnya Rusak Tidak Dapat Beralih di VIVO

VIVO menjadi salah satu produsen smartphone yang cukup memiliki banyak peminat di Indonesia setelah OPPO. Yap, walau sebenarnya mereka adalah saudara kandung yang merupakan anak perusahaan BBK Electronic. Hingga kini VIVO telah hadirkan banyak varian, mulai dari V series, Y series, S series, hingga Z series.

Baru baru ini, VIVO juga hadirkan produk terbarunya yakni VIVO V17 Pro yang unggul dari segi Wide-Angle nya dengan pop-up beresolusi 32 MP untuk bagian depan. Adapun untuk kamera belakang hadirkan resolusi 48 MP yang pastinya maksimal dalam mengambil gambar dari segala sisi.

Bicara mengenai smartphone VIVO, kali ini penulis akan sedikit berbagi mengenai penyebab dan solusi mengatasi kamera VIVO tidak dapat beralih. Hal ini memang benar terjadi, terutama pada Y series seperti Y93, Y91, dan lainnya. Kebanyakan di alami oleh pengguna smartphone versi lama.

Lebih jelasnya, simak ulasan dan solusinya berikut ini.

Artikel Terkait : 13+ Cara Mengatasi Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti di HP VIVO

Mengatasi Kamera VIVO Tidak Dapat Beralih

Kamera smartphone kini menjadi sangat penting, dimana fungsinya digunakan untuk mengabadikan momen setiap saat dan setiap waktu. Masalah pada kamera VIVO tentu membuat sebagian pengguna merasa kebingungan, dan pasti bertanya – tanya, apa penyebab dan bagaimana solusinya.

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, masalah kamera depan yang tidak dapat beralih bisa karena file cache, aplikasi kamera bermasalah, akses rooting, Costum ROM, terbentur, terkena air, dan hal – hal tak terduga lainnya.

Dan untuk mengatasinya, berikut beberapa solusi sederhana yang bisa anda coba lakukan.

#1. Membersihkan Cache Kamera

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni membersihkan file sampah di HP VIVO anda. Dengan melakukan hal ini, diharapkan aplikasi kamera dapat normal kembali. Karena bagaimanapun, penumpukan file sampah pada memori biasanya membuat aplikasi berjalan tidak maksimal.

Jika perlu, anda bisa gunakan i Manager untuk membersihkan cache secara lebih maksimal.

Hapus Cache Kamera VIVO
  • Buka Pengaturan » Pengaturan Lainnya » Aplikasi » Terpasang » Pilih Kamera » Penyimpanan » Kemudian tap Bersihkan Cache.

#2. Menghapus Data Aplikasi Kamera

Opsi selanjutnya, coba hapus data aplikasi kamera. Data yang terhapus nantinya berupa basis data aplikasi, cache, cookies, history, serta data – data sementara lainnya. Cara ini akan membuat pengaturan aplikasi kamera kembali pada posisi default.

Untuk melakukannya, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Kamera VIVO
  • Buka Pengaturan » Pengaturan Lainnya » Aplikasi » Terpasang » Pilih Kamera » Penyimpanan » Kemudian tap Hapus Data dan tap Bersihkan.

Artikel Terkait : Cara Menghapus Data Aplikasi di HP VIVO

#3. Update Funtouch OS VIVO

Jika dengan hapus data tidak membuat kamera normal kembali, cobalah untuk update sistem UI atau Funtouch OS dari HP VIVO anda. Dengan melakukan hal ini, harapannya, bugs pada kamera hilang dan sistem lebih stabil saat dijalankan.

Manfaatkan WiFi gratisan ditempat anda untuk melakukan update OS.

Update Funtouch OS VIVO
  • Buka Pengaturan » Pembaruan Sistem » selanjutnya ikuti petunjuk melakukan update sampai update selesai dilakukan.

#4. Flashing Ulang ….

Selain opsi update OS, flashing ulang juga dapat menjadi pilihan dimana sistem HP VIVO anda benar – benar dikembalikan secara default dan semua file – file penting yang anda simpan perlu dilakukan backup.

Penting juga untuk anda yang apabila sebelumnya melakukan Costum ROM atau rooting yang akhirnya membuat kamera bermasalah, maka sebaiknya kembalikan ke sistem default. Coba searching mengenai metode flashing di Google atau YouTube.

#5. Bongkar Smartphone

Jika sebelumnya smartphone pernah terkena air, terjatuh, terbentur, atau mungkin terkena benda keras bisa jadi itu penyebab kamera depan bermasalah. Atau mungkin juga saat charging dengan arus yang tidak sesuai mengakibatkan kamera rusak.

Mau tidak mau, smartphone anda perlu dilakukan pembongkaran. Serahkan ke tukang service atau service center VIVO agar ditangani oleh ahlinya. Dan harapannya tentu, kamera depan smartphone anda dapat normal kembali.

Penutup,

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa saya bagikan terkait masalah kamera HP VIVO. Setiap pengguna pasti memiliki masalah yang berbeda – beda, dan solusinya pun juga berbeda – beda.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)