Mengatasi Kamera lainnya Rusak Tidak Dapat Beralih di VIVO

VIVO menjadi salah satu produsen smartphone yang cukup memiliki banyak peminat di Indonesia setelah OPPO. Yap, walau sebenarnya mereka adalah saudara kandung yang merupakan anak perusahaan BBK Electronic. Hingga kini VIVO telah hadirkan banyak varian, mulai dari V series, Y series, S series, hingga Z series.

Baru baru ini, VIVO juga hadirkan produk terbarunya yakni VIVO V17 Pro yang unggul dari segi Wide-Angle nya dengan pop-up beresolusi 32 MP untuk bagian depan. Adapun untuk kamera belakang hadirkan resolusi 48 MP yang pastinya maksimal dalam mengambil gambar dari segala sisi.

Bicara mengenai smartphone VIVO, kali ini penulis akan sedikit berbagi mengenai penyebab dan solusi mengatasi kamera VIVO tidak dapat beralih. Hal ini memang benar terjadi, terutama pada Y series seperti Y93, Y91, dan lainnya. Kebanyakan di alami oleh pengguna smartphone versi lama.

Lebih jelasnya, simak ulasan dan solusinya berikut ini.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi Telah Berhenti di VIVO

Mengatasi Kamera VIVO Tidak Dapat Beralih

Kamera smartphone kini menjadi sangat penting, dimana fungsinya digunakan untuk mengabadikan momen setiap saat dan setiap waktu. Masalah pada kamera VIVO tentu membuat sebagian pengguna merasa kebingungan, dan pasti bertanya – tanya, apa penyebab dan bagaimana solusinya.

Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, masalah kamera depan yang tidak dapat beralih bisa karena file cache, aplikasi kamera bermasalah, akses rooting, Costum ROM, terbentur, terkena air, dan hal – hal tak terduga lainnya.

Dan untuk mengatasinya, berikut beberapa solusi sederhana yang bisa anda coba lakukan.

1. Membersihkan Cache Kamera

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni membersihkan file sampah di HP VIVO anda. Dengan melakukan hal ini, diharapkan aplikasi kamera dapat normal kembali. Karena bagaimanapun, penumpukan file sampah pada memori biasanya membuat aplikasi berjalan tidak maksimal.

Jika perlu, anda bisa gunakan i Manager untuk membersihkan cache secara lebih maksimal.

Hapus Cache Kamera VIVO
  • Buka Pengaturan » Pengaturan Lainnya » Aplikasi » Terpasang » Pilih Kamera » Penyimpanan » Kemudian tap Bersihkan Cache.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Pembersih RAM Android & iOS Terbaik

2. Menghapus Data Aplikasi Kamera

Opsi selanjutnya, coba hapus data aplikasi kamera. Data yang terhapus nantinya berupa basis data aplikasi, cache, cookies, history, serta data – data sementara lainnya. Cara ini akan membuat pengaturan aplikasi kamera kembali pada posisi default.

Untuk melakukannya, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Kamera VIVO
  • Buka Pengaturan » Pengaturan Lainnya » Aplikasi » Terpasang » Pilih Kamera » Penyimpanan » Kemudian tap Hapus Data dan tap Bersihkan.

Lihat Juga : Cara Menghapus Data Aplikasi di HP VIVO

3. Update Funtouch OS VIVO

Jika dengan hapus data tidak membuat kamera normal kembali, cobalah untuk update sistem UI atau Funtouch OS dari HP VIVO anda. Dengan melakukan hal ini, harapannya, bugs pada kamera hilang dan sistem lebih stabil saat dijalankan.

Manfaatkan WiFi gratisan ditempat anda untuk melakukan update OS.

Update Funtouch OS VIVO
  • Buka Pengaturan » Pembaruan Sistem » selanjutnya ikuti petunjuk melakukan update sampai update selesai dilakukan.

4. Gunakan Aplikasi Kamera Lainnya..

Opsi lain yang bisa anda lakukan, coba gunakan aplikasi kamera lainnya, entah itu Google Camera, ProCam, atau yang lainnya. Pada dasarnya, ada banyak keluhan yang dialami oleh para pengguna VIVO, dan menurut saya ini terjadi pada sistem VIVO, bukan kerusakan pada kamera VIVO.

Sambil menunggu update sistem terbaru VIVO, coba testing dengan aplikasi lain, siapa tahu normal dan kamera bisa digunakan, baik kamera belakang atau kamera depan.

5. Flashing Ulang ….

Selain opsi update OS, flashing ulang juga dapat menjadi pilihan dimana sistem HP VIVO anda benar – benar dikembalikan secara default dan semua file – file penting yang anda simpan perlu dilakukan backup.

Penting juga untuk anda yang apabila sebelumnya melakukan Costum ROM atau rooting yang akhirnya membuat kamera bermasalah, maka sebaiknya kembalikan ke sistem default. Coba searching mengenai metode flashing di Google atau YouTube.

6. Bongkar Smartphone

Jika sebelumnya smartphone pernah terkena air, terjatuh, terbentur, atau mungkin terkena benda keras bisa jadi itu penyebab kamera depan bermasalah. Atau mungkin juga saat charging dengan arus yang tidak sesuai mengakibatkan kamera rusak.

Mau tidak mau, smartphone anda perlu dilakukan pembongkaran. Serahkan ke tukang service atau service center VIVO agar ditangani oleh ahlinya. Dan harapannya tentu, kamera depan smartphone anda dapat normal kembali.

Penutup,

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa saya bagikan terkait masalah kamera HP VIVO. Setiap pengguna pasti memiliki masalah yang berbeda – beda, dan solusinya pun juga berbeda-beda. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Masalah Kamera Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 117 Comment

  1. nada berkata:

    kamera belakangnya saya ada tulisannya “kamera lainnya rusak tidak dapat beralih” sudah saya coba cara cara tersebut tapi tetap tidak bisa. sebaiknya bagaimana ya?

  2. Tiara berkata:

    Padahal kemarin baru diupdate sistem eh kameranya malah gk bisa

  3. Febbyan berkata:

    Pinya ku malah kamera belakang nih

  4. Ari Suhendri berkata:

    Kalau Flasing Brapaan Yah Di Konter?

  5. SmartPeople ID berkata:

    cara yang ampuh gimana lagi nih min?
    saya idh coba semua cara tapi memang tetep ngk bisa,,,,

  6. Windy berkata:

    Gan tlg bantu info, aku ada update system di vivo v9 ku trus tiba2 stlh update jaringan kartu semua ilang. Udah reset dan flash jg di service center, jaringan udah balik tapi blm stabil bener malah kamera ilang. Pas buka kamera nya cuma muncul layar item trus gak lama ada popup camera not responding, close or wait.. Itu gimana ya? Masa mesti ganti mesin? Saya udah tanya harganya stengah Harga hp ku..

  7. Rizalokta berkata:

    Kamera gua kok gak bisa buat kamera belakang yaa terus senter gua juga kagak bisa kenapa itu yaa itu rusak atau eror? Tapi kamera belakang di whatsapp bisa

  8. Mulyadi berkata:

    Knpa kamera belakng tidak bisa di alih kn.?

  9. Dewi Aryuni berkata:

    Kamera vivo tidak berfungsi

  10. Suhendro berkata:

    Mas kamera dak bisa di alihkan apa solusinya

  11. Aswin berkata:

    Bg kamera belakang hp gue ko gak bisa ya,,, flash nya gak bisa jg,,, knapa ya

  12. Nur Ilmiyah Ratih berkata:

    Sma kamera blkng dgn flashlightnya nggak berfungsi kok gitu sihh

  13. Nur Ilmiyah Ratih berkata:

    Kamera belakang dan senternya kok nggak berfungsi sihh kaget lhoo tdi pagi bangun tidur udah kayak gini padahal nggak pernah d apa2in

  14. Setiawibowo berkata:

    Kamera gua kok gak bisa buat kamera belakang yaa terus senter gua juga kagak bisa kenapa itu yaa itu rusak atau eror? Tapi kamera belakang di whatsapp bisa

  15. Mukhlas berkata:

    Kasus saya sama seperti RIZALOKTA.
    caranya gimana ya

  16. Pipin adwi berkata:

    Kamera depan vivo v15 saya ko ngga bisa keluar yah

  17. Angeline lie berkata:

    Kamera depan saya gabisa muncul di hp vivo v15 pro
    Gmna yaa?

  18. Arida Mawadah berkata:

    Mau nanya gimana caranya biar kamera belakang sama flash bisa jalan lagi? Disini di kamera ada tulisan “kamera lainnya rusak, tidak dapat beralih” itu kenapa ya? Gimana solusinya? Terimakasih

  19. Rio berkata:

    Kamera belakang dan senter saya tidak bisa hidup bagaiamana cara memperbaikinya…?

  20. Komarudin berkata:

    Kamera vivo y91c sya kamera belakang ya Tidak bisa beralih

  21. Muh ihsan berkata:

    Bagaimanasih mengatasi kamera belakang hp vivo y91 yg rusak dan tdk dapat beralih

  22. Setia berkata:

    Kamera belakang saya tidak dapat beralih sama senternya gk bisa dinyalakan solusinya gimana udh 1 bulan lebih

  23. Bebry agustiono berkata:

    Berapa biaya servis kamera belakang hp vivo y91 yang rusak

  24. Riky Suprayogi berkata:

    Kenapa kamera saya tidak bisa dibalikin ke kamera belakang, muncul tulisan “Kamera lainya rusak, tidak dapat beralih”

  25. Yusup berkata:

    Tetap aja saya coba 3 cara itu tp gx berhasil…masa iya harus di bongkar

  26. Caca berkata:

    Kamera depan saya tidak berfungsi, udah pake cara yg di atas tapi sama aja

  27. Barusman berkata:

    Rupanya memang penyakit vivo y 93 dll sama, bermasalah sm kamera belakang. Sy sm istri hp nya sama rusak semua. Perlu lem biru rupanya

  28. ita sari berkata:

    kamera belakang vivo Y91 saya tidak dapat beralih/rusak pdhal saya sudah mencoba berbagaicara diytb dan goole. hp saya juga tidak pernah jatuh. bagaimana solusinya

  29. Lol berkata:

    Sementara instal gcam di google, sesuaikan dengan merek hp lu, kita tunggu update systeam UI dari pihak pengembang vivo,

  30. Dwiki cndra berkata:

    Sana Punya saya Vivo y91 Kamera depan nya Eror

  31. Angga hamarta berkata:

    Kalau tidak bisa juga, harga benerinya berapa duit ya

  32. Suparko berkata:

    Sama kamera depan saya jg gk bisa beralih ke kamera belakang knp y dulu saya update bisa sekrg bermasalah lgi kameranya

  33. Aslia berkata:

    Camera ku ng bisa beralih hp vivo y19

  34. Nia berkata:

    Kamera saya tdk bisa beralih ke kamera belakang dan blitz pun tdk bisa nyala. Sudah d hapus chache,data,dsb dan dupdate sistem UI ttp aja gbisa

  35. Rian berkata:

    Kalo tdk bisa Hrg benerin berapa duit

  36. Ryan Hanafi berkata:

    Mau nanya.. Kalau hapus data kamera ,kira2 semua foto gallery dari file kamera atau file donwload apa segala macam terhapus juga gak ya?

  37. nyimassri berkata:

    mengapa kamera belakang saya tiba tiba tdk bisa di gunakan tapi kamera depan nya bisa klo di pindahin ke kamera belakang suka ada tulisan kamera rusak

  38. Liaa berkata:

    Kamera blakang nya ngga bisa di gunakan

  39. Wardha berkata:

    Saya sudah update Funtouch OS nya bersihkan cache juga udah kenapa kamera belakangnya masih belum bisa ya?

  40. Alya berkata:

    Kak kenapa kamera depan saya vivo v15 tidak dpat berfungsi tulisannya gagal dan sudah beberapa kali hpus data masih saja
    Tolong kak jawab ya

  41. Christina berkata:

    Kamera belakang tdk bisa digunaakn dan pada kemerax terdapat retakan kecil..apakh itu penyebabx?

  42. Putri puji astutik berkata:

    Ia.sama kamera belakang saya juga.ad tulisan lamera belakng rusak .kok vivo masalahnya sama ya.klo ndak bisa di atasi pasti banyak yg berpaling

  43. Hendra berkata:

    Saya kecewa dengan vivo y91 kameea blakang byak yg rusak

  44. Devi anjarsari berkata:

    Tanya dong.. Kalau kita menghapus cache kamera dan aplikasi data kamera itu semua foto-foto nya bakalan hilang apa enggak?
    Tolong dijawab ya kakak

  45. Mila Oktaviani Saragih berkata:

    Hp saya sebelum nya tidak ada terkena air atau terbentur, ataupun jatuh. Ketika saya ingin berfoto, tiba² kamera belakangnya tidak dapat digunakan. Itu knapa ya kk.? Tolong solusinya.

  46. Ajeng Pramita Sari berkata:

    Mengapa tidak bisa beralih ke kamera belakang ?

  47. Revina Tarigan berkata:

    hp saya vivo y93, sedikit berbagi pengalaman, sekaligus mau nanya, baru beli 3 bulan kemaren hp saya tidak ada jatuh tapi kamera nya selalu mengulah ( kamera lainnya rusak tidak dapat beralih) setelah itu saya ga langsung perbaiki ke konter ataupun bawa ke pusat servis vivo, kira kira 3 bulan kemudian bisa lagi😂. Selang bbrp bulan rusak lagi, dengan maslah yg sama di kamera. Saya perbaikin uda normal
    Eh baru hari ini kejadian uda rusak lagi😭
    Sebenarnya ini masalah di mana nya si? Kok ngulah melulu,

  48. An Nissa Mariza berkata:

    Saya sudah coba cara di atas tetap gak bisa

  49. Hari berkata:

    Sudah saya clear data chache, pembaruan system’ sudah, coba aplikasi lain juga sudah.tapi hasilnya masih nihil.kamera tidak mau berganti kamera belakang.
    Gimana ya mas?
    Hp saya Vivo Y91

  50. Ardin berkata:

    Jika saya download kamera pihak ketiga
    Kamera belakang dan depan aktif
    Lalu bagaimana langkahnya agar kameranya kembali normal seperti biasa?

  51. Herma berkata:

    Jika dengan step-step diatas tidak berhasil apa yang bisa dilakuakan agar kamera hp normal kembali,karena saya udah lakukan semua langkah demi langkah diatas tapi tidak berhasil sama sekali.

  52. Andrie berkata:

    Kamera belakang error’ tidak bisa di buka, cara di atas sudah di lakukan semua dr poin 1-4, pon 5 dan 6 belum.
    Apakah ada kemungkinan kameranya yg rusak atau ada kemungkinan yg lainnya?
    Karena dr aplikasi sudah dilakukan pembaruan.
    Mohon pencerahannya, terimakasih

  53. Anggipamungkas berkata:

    Kamera belakang engga bisa di buka kanapa yah

  54. Jafar berkata:

    Udah tk coba pake cara semua yg ada di atas ttp gak biasa

  55. putrabubgzu berkata:

    punya gw jg gitu kamera blkang ny,
    tapi skrg udh bener,,tak bonkar sndiri,,
    kaleng² kapasitor kamera di blower trus copot kpasitor no 3,,,udh deh sembuh

  56. Dimas Febrianto berkata:

    saya mengalami hal tersebut dan dibawa ke SC vivo, alhasil harus ganti mainboard karena ada kerusakan di IC kamera. harga mainboard Y93 sekitar 900K

  57. F.s berkata:

    cuk punya gua kalo kamera deafult gak bisa tapi kalo pake aplikasi ke 3 kayak cermin cuk
    udah di flash ampe stell pabrik tetep gak bisa cuk

  58. Anggi Nuhraha berkata:

    Kamera depan vivo tidak dapat beralih,gmna cara perbaikinya,saya sudah melakukan yg ada di atas,namun tetap saja tidak bisa?