15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang

Memiliki laptop di era digital saat ini memang bukanlah suatu hal yang mengherankan, adanya perangkat ini memberikan banyak sekali manfaat bagi penggunanya. Meskipun tingkat efisiensi laptop lebih tinggi dibandingkan dengan komputer, akan tetapi risiko terkena error pun juga jauh lebih besar. Salah satu kendala yang biasanya dialami oleh pengguna laptop adalah hang / freeze saat baru dinyalakan.

Kendala hang / freeze merupakan suatu kondisi di mana perangkat PC / laptop mengalami pembekuan layar dan tidak bisa dioperasikan sama sekali. Laptop yang mengalami hang saat dinyalakan, bukanlah sebuah error yang terjadi tanpa sebab. Mengingat ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja sistem sehingga menimbulkan kendala hang. Melalui artikel ini, Anda akan menemukan informasi penyebab dan cara memperbaiki laptop hang saat baru dinyalakan!

Lihat Juga : 9 Cara Menonaktifkan Windows Security di Windows 10, 8, 7

Penyebab laptop hang saat baru dinyalakan

Beli Laptop ASUS Gaming Shopee
ASUS TUF GAMING

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kinerja laptop menjadi lambat, sehingga dapat menyebabkan hang saat baru dinyalakan. Mungkin karena spesifikasi laptopnya atau bisa jadi kerusakan pada salah file inti sistem. Untuk mengetahui informasi lebih detail, simak beberapa poin penyebab berikut ini.

  • Spesifikasi laptop rendah – Alasan mengapa laptop hang saat baru dinyalakan bisa disebabkan karena rendahnya spesifikasi laptop yang Anda miliki. Terlebih jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 10 dengan RAM 2GB, ini akan membuat sistem Anda berjalan lebih lambat.
  • Terlalu banyak program startup – Tidak hanya itu, ada kemungkinan laptop yang mengalami hang ini diakibatkan karena terlalu banyak program startup yang berjalan di latar belakang. Tentu, ini akan memperlambat proses booting Windows.
  • File sistem bermasalah – Kerusakan pada salah satu file sistem juga bisa menjadi sumber utama masalah ini terjadi. Untuk memperbaikinya, Anda bisa menjalankan perintah SFC / DISM dan jika diperlukan install ulang sistem operasi.
  • Terdapat virus / malware – Virus atau malware dapat menimbulkan kerusakan yang parah pada laptop. Ini dikarenakan virus memiliki kemampuan untuk mengubah hingga menghapus file sistem.
  • dll.

Lihat Juga : 5 Cara Menghilangkan Recent Files di Windows 10, 8, 7

Cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba dan lakukan untuk memperbaiki laptop hang saat baru dinyalakan. Misalnya dengan restart paksa laptop, meningkatkan performa Windows, menjalankan Windows Update hingga pemindaian dengan antivirus. Sebelum itu, perhatikan kondisi error dan respons sistem berikut ini.

  • Hang / freeze sesaat – Sebuah kondisi di mana laptop terjadi hang selama 2-3 menit karena alasan tertentu; misalnya sedang me-load service, program latar belakang, dan sebagainya.
  • Hang terus menerus – Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, Anda tidak bisa mengoperasikan apa pun saat laptop baru dinyalakan; meskipun itu hanya menggerakkan mouse atau mengetik.

Setelah Anda melihat dua kategori permasalahan yang terjadi, ini bisa mempermudah Anda dalam memperbaiki kendala error. Karena opsi perbaikan yang dilakukan berbeda-beda tergantung jenis error yang terjadi. Jika Anda mengalami hang terus menerus, Anda bisa langsung ke sub kategori “tips perbaikan tingkat lanjut”. Sedangkan jika laptop Anda hanya mengalami hang sesaat, silakan ikuti beberapa tips perbaikan berikut ini.

Catatan : Di sini saya menggunakan sistem operasi Windows 10 sebagai media gambar dan penjelasannya. Jika Anda pengguna Windows 7/8, silakan Anda menyesuaikan dengan metode yang akan dilakukan. 

1. Matikan perangkat secara paksa

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan sebenarnya hanyalah menunggu sekitar 5-7 menit hingga laptop berjalan dengan normal kembali. Mungkin saja ini dikarenakan sistem membutuhkan waktu untuk me-load sejumlah service atau bisa jadi program startup yang sedang berjalan. Namun jika dalam tenggat waktu tersebut laptop masih saja mengalami hang, silakan Anda coba restart secara paksa. Dalam melakukannya, Anda bisa mengikuti instruksi di bawah ini.

  1. Pertama, matikan laptop dengan menekan tombol Power selama 4-10 detik.
  2. Jika sudah, silakan Anda cabut baterai laptop » lalu lepas RAM dan bersihkan kuningan dengan penghapus.
  3. Tunggu beberapa saat.
  4. Setelah itu pasang kembali baterai laptop dan juga RAM » nyalakan ulang.
  5. Selesai.

Harapannya dengan melakukan restart, semua proses yang berjalan akan di reset ulang secara otomatis dan laptop bisa kembali optimal. Namun jika dengan opsi sederhana ini masih tidak memberikan hasil, Anda bisa lanjut ke metode selanjutnya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Windows Error Recovery di Windows 7

2. Tingkatkan performa Windows

Performa Windows yang rendah juga bisa menjadi alasan utama mengapa laptop menjadi hang saat dinyalakan. Biasanya ini disebabkan oleh faktor spesifikasi yang kurang mumpuni dalam menjalankan sistem operasi, terutama pada Windows 10 dan juga Windows 11. Lalu bagaimana upaya untuk meningkatkan performa Windows supaya optimal digunakan pada laptop rendah? Lakukan beberapa perintah berikut ini.

Menonaktifkan visual efek

Visual Efek Windows 10
2. Disable visual efek. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, klik Start menu pada Windows 10 Anda.
  2. Selanjutnya ketik advanced system pada Windows Search » klik View advanced system settings dari hasil pencarian.
  3. Jika sudah, klik Settings.. di bagian Performance.
  4. Setelah dialog baru muncul, klik opsi Adjust for Best performance » klik Apply » OK.
  5. Selesai.

Selain mematikan beberapa visual efek pada Windows, Anda juga dapat menghilangkan fitur transparan pada Windows 10. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan performa Windows 10, terutama untuk mempercepat booting Windows.

Disable fitur transparan

Disable Fitur Transparan Windows
2. Mematikan fitur transparan Windows. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, klik Start menu pada Windows 10 Anda.
  2. Selanjutnya klik ikon Settings » pilih opsi Personalization.
  3. Jika sudah, klik menu Colors » lalu ubah opsi Transparency effect, menjadi Off.
  4. Selesai.

Kurangi program startup

1 Matikan Program Startup Windows
2. Matikan program startup Windows dari Settings. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, akses menu Settings pada Taskbar.
  2. Jika sudah, pilih opsi Apps » klik Startup.
  3. Kemudian Anda akan melihat daftar program yang berjalan di startup.
  4. Pilih program yang ingin Anda matikan, geser toggle dari On ke Off untuk mematikannya.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Windows Cannot Connect to the Printer

3. Jalankan Windows Update

Update Windows 10
3. Jalankan update Windows 10. WAHYU SETIA BINTARA

Berikutnya adalah menjalankan Windows Update. Ini dilakukan karena ada kemungkinan jika laptop hang ini diakibatkan oleh kegagalan saat update. Harapannya, dengan memperbarui ulang Anda tidak hanya mendapatkan fitur atau layanan terbaru, tetapi juga mendapatkan perbaikan atas bugs dari versi sebelumnya dan juga peningkatan performa Windows. Di bawah ini cara melihat ketersediaan update Windows pada laptop.

  1. Pertama, klik Start menu » Settings » Update & Security » Windows Update.
  2. Klik Check for updates untuk melihat ketersediaan Windows versi terbaru.
  3. Jika ada, silakan lakukan update sampai selesai.
  4. Selesai.

Sebelum Anda melakukan update ulang, pastikan kembali kapasitas penyimpanan mencukupi dan koneksi internet benar-benar stabil agar proses instalasi berjalan tanpa kendala apa pun.

4. Scan dengan antivirus

Scan komputer
4. Lakukan scanning dengan Windows Defender. WAHYU SETIA BINTARA

Selanjutnya Anda bisa coba untuk menjalankan pemindaian antivirus. Hal ini dilakukan karena bisa jadi kendala ini diakibatkan oleh adanya virus atau malware yang tanpa sadar Anda tidak mengetahuinya. Dalam panduan kali ini, saya menggunakan Windows Defender untuk scanning secara menyeluruh pada sistem dan aplikasi terinstall.

  1. Pertama, buka menu Settings » Update & Security » Windows Security.
  2. Kemudian klik Open Windows Security » Virus & threat protection.
  3. Klik Quick Scan untuk melakukan proses scanning.
  4. Tunggu sampai proses scanning selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Selain Windows Defender, Anda juga bisa menggunakan aplikasi antivirus pihak ketiga. Saat ini ada banyak sekali aplikasi antivirus yang dapat membersihkan virus lebih baik ketimbang aplikasi antivirus bawaan. Selain itu, pastikan Anda selalu berhati-hati saat melakukan transfer data, baik melalui internet maupun storage eksternal.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7

5. Periksa kesehatan RAM dan hard disk

RAM dan hard disk adalah komponen yang berperan penting pada laptop. Jika kedua komponen bermasalah, maka tidak menutup kemungkinan akan muncul kendala error secara tiba-tiba; seperti blue screen, not responding, hingga laptop hang / lemot. Berikut dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek kesehatan pada RAM dan hard disk.

Gunakan Windows Memory Diagnostic

Windows Memory Diagnostic
5. Menggunakan Window Memory Diagnostic. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, klik Start menu » ketik memory di kolom pencarian Windows.
  2. Selanjutnya klik Windows Memory Diagnostic dari hasil pencarian.
  3. Jika sudah, dialog baru akan muncul » silakan klik Restart now and check for problem.
  4. Setelah itu, perangkat Anda otomatis akan me-restart » lalu sistem akan menjalankan pemeriksaan selama 10-15 menit.
  5. Jika Anda merasa curiga ada kesalahan pada memory, Anda bisa melakukan pemeriksaan ulang.
  6. Selesai.

Untuk melihat hasil diagnosa yang Anda lakukan sebelumnya, dapat Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, tekan Windows + X » pilih Event Viewer » klik Yes untuk konfirmasi.
  2. Jika sudah, jendela baru akan tampil » lalu di bagian panel sebelah kiri, klik Windows Logs » System.
  3. Selanjutnya lihat panel “Actions” sebelah kanan, klik menu Find » ketik MemoryDiagnostic » klik Find Next.
  4. Jika ditemukan, maka akan muncul dalam daftar di bagian panel “System”.
  5. Klik dua kali pada menu, untuk melihat hasil dari menjalankan Windows Memory Diagnostic sebelumnya.
  6. Selesai.

Jika dengan membaca cara di atas masih terasa membingungkan, silakan Anda tonton video tutorial berikut ini:

Jalankan perintah CHKDSK

Menjalankan CHKDSK Windows
5. Menjalankan perintah CHKDSK Windows. WAHYU SETIA BINTARA
chkdsk d: /r /f
  1. Pertama, buka Command Prompt seperti sebelumnya.
  2. Pada jendela CMD, ketik CHKDSK d: /r /f » tekan Enter.
  3. Tunggu proses selama beberapa saat.
  4. Setelah itu, silakan restart perangkat Anda untuk melihat perubahan.
  5. Selesai.

Catatan : d: merupakan penamaan partisi Local disk perangkat (Anda bisa menggunakan disk lain yang ingin dicek). Jika Anda ingin mengetahui fungsi dari perintah di atas, simak penjelasannya di bawah ini.

PerintahDeskripsi
/rMenemukan bad sector dan mencoba memulihkan informasi apa pun yang dapat dibaca darinya
/fMemperbaiki setiap kesalahan yang ditemukan pada disk

6. Upgrade hardware laptop

Setelah Anda memeriksa bahwa kondisi RAM dan hard disk masih terlihat bagus, maka ada kemungkinan laptop Anda tidak mendukung untuk menjalankan sistem operasi tersebut. Satu satunya upaya yang bisa Anda lakukan ketika mengalami kondisi seperti ini adalah meng-upgrade hardware laptop, utamanya pada RAM dan juga hard disk.

Dengan meningkatkan RAM hingga 8GB dan mengganti Storage HDD menjadi SDD, maka Windows Anda akan bekerja lebih optimal serta memiliki respons yang lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Kombinasi antara RAM 8GB dan SSD sudah cukup optimal untuk bekerja dan melakukan berbagai aktivitas di depan komputer seperti menulis, desain, browsing, hingga membuat program (coding).

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Minimize di Windows 11, 10, 8, 7


Tips perbaikan tingkat lanjut

Setiap pengguna tentu saja mengalami kendala hang yang berbeda-beda saat laptop baru dinyalakan. Jika laptop Anda mengalami hang secara permanen atau tidak kunjung normal, maka opsi perbaikan yang Anda lakukan berbeda dengan sebelumnya. Untuk masalah ini, Anda bisa mulai dengan menjalankan System restore, melakukan perbaikan sistem dengan Startup Repair, hingga install ulang sistem operasi. Sebelum Anda melakukannya, ikuti instruksi berikut ini untuk mengakses halaman “Advanced options”.

  1. Pertama, siapkan Flashdisk yang sudah ter-bootable atau CD instalasi Windows.
  2. Jika sudah, pada halaman “Windows Setup» pilih Bahasa » klik Next » lalu pilih Opsi Repair your computer.
  3. Berikutnya klik Troubleshoot » pilih Advanced options.

1. Gunakan System Restore

Opsi perbaikan pertama, Anda bisa memanfaatkan fitur System Restore untuk mengembalikan kondisi sistem sebelum mengalami kendala error yang terjadi. Ini biasanya digunakan oleh pengguna Windows ketika terjadi kerusakan pada sistem, baik karena faktor internal ataupun eksternal. Sebelum itu, pastikan kembali bahwa laptop Windows Anda telah memiliki restore poin jika ingin menjalankan fitur ini. Namun jika tidak, abaikan metode ini dan lanjut ke metode berikutnya.

  1. Pertama, tepat di halaman Advanced options seperti langkah di atas » pilih opsi System Restore.
  2. Tunggu beberapa saat hingga sistem memuat semua restore poin pada perangkat.
  3. Jika sudah, klik Restore Point yang ingin digunakan » klik Next.
  4. Setelah itu, ikuti instruksi yang diberikan » lakukan restart.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Start Menu Tidak Bisa di Klik Windows 10, 8, 7

2. Gunakan Startup Repair Windows

Selanjutnya, Anda juga bisa menjalankan Startup Repair untuk memperbaiki masalah, karena ada kemungkinan jika masalah ini disebabkan oleh sejumlah kerusakan pada sistem Windows, sehingga menimbulkan laptop hang saat baru dinyalakan. Dengan menjalankannya, fitur ini akan mencari file yang rusak dan memperbaikinya secara otomatis.

  1. Pertama, masuk ke dalam Advanced Options seperti di atas » pilih Startup Repair.
  2. Jika sudah, tunggu proses sistem melakukan pemindaian dan perbaikan beberapa saat.
  3. Setelah itu ikuti instruksi yang diberikan » kemudian restart.
  4. Selesai.

3. Instal ulang Windows

Setelah Anda menjalankan dua opsi perbaikan di atas namun tidak memberikan hasil yang maksimal, maka ada kemungkinan sistem operasi yang Anda gunakan sedang bermasalah / corrupt. Jika demikian, Anda bisa melakukan install ulang Windows untuk memperbaikinya. Karena hanya dengan re-install Windows, segala permasalahan pada sistem operasi akan hilang sepenuhnya. Namun pastikan terlebih dahulu Anda telah mem-backup file penting yang tersimpan pada drive C.

4. Datang ke service center

Jika dengan semua metode di atas tidak memperbaiki masalah laptop hang saat dinyalakan, maka satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan adalah datang ke tempat service laptop sesuai dengan merek laptop yang Anda miliki. Mengingat ada kemungkinan jika masalah ini disebabkan oleh kerusakan pada sejumlah komponen pada laptop; entah itu RAM, hard disk, processor, atau yang lainnya.

Untuk melakukan pemeriksaan ini, Anda membutuhkan tenaga ahli dalam bidang perangkat keras laptop. Karena setiap komponen pada laptop sangat rentan terjadi kerusakan jika tidak diatasi dengan benar dan hati-hati. Untuk itu saya sarankan Anda mengunjungi service laptop terpercaya atau meminta bantuan teman yang memiliki kemampuan dalam memperbaiki masalah pada laptop Anda.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Brightness Windows Tidak Berfungsi

Penutup,

Masalah laptop hang sering kali muncul secara tiba-tiba tanpa tahu apa penyebab pastinya. Untuk menghindari masalah muncul dikemudian hari, lakukan perawatan software dan hardware secara berkala supaya kendala hang tidak terjadi saat laptop dinyalakan. Dari semua tips perbaikan di atas, berikut kesimpulannya:

  • Anda bisa matikan laptop secara paksa lalu nyalakan kembali. Lihat, apakah hang masih terjadi atau tidak.
  • Coba bersihkan file sementara pada OS Windows Anda, seperti cache, cookies, history, dan sebagainya. Anda bisa menginstall aplikasi pembersih pihak ketiga untuk melakukannya.
  • Hapus aplikasi / program yang sekiranya tidak dibutuhkan, ini dilakukan untuk mengurangi beban pada laptop Anda.
  • Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan startup untuk mempercepat proses booting Windows.
  • Jalankan Windows Update untuk mendapatkan perbaikan dan peningkatan performa.
  • Lakukan pemeriksaan pada RAM dan hard disk laptop Anda.

Dengan mencoba beberapa tips perbaikan di atas, laptop yang suka hang dan macet dapat kembali normal. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa itu hang / freeze?

Sebuah kondisi di mana layar desktop dalam keadaan membeku dan tidak bisa dioperasikan sama sekali.

Mengapa aplikasi tiba-tiba not responding?

Permasalahan ini sering kali diakibatkan karena aktivitas multitasking yang berlebihan. Selain itu, faktor spesifikasi laptop yang kurang mendukung juga bisa menjadi alasan mengapa aplikasi mengalami not responding.

Bagaimana mempercepat booting Windows?

Kurangi program startup yang berjalan pada latar belakang Windows dan upgrade Storage HDD ke SDD untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan data.

Apakah multitasking bisa menyebabkan laptop lemot?

Multitasking yang berlebihan akan membuat RAM dan CPU terbebani.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Memalsukan GPS Android Tanpa Mock Location & Root

    Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur lokasi palsu di perangkat Android
  2. Download XAMPP Terbaru

    Berikut link download XAMPP terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit
  3. Download CPU-Z Terbaru

    Berikut link download CPU-Z terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit