Spesifikasi Genshin Impact di PC, HP, dan Konsol

Genshin Impact merupakan salah satu games dengan genre petualangan open-world.

Genshin Impact sebuah game bergenre petualangan open-world dan aksi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi bernama Mihoyo. Game ini kerap sekali diperbincangkan sebagai sebuah fenomena baru dalam jagat game smartphone. Bagaimana tidak? Genshin Impact sejauh ini mampu menyuguhkan dunia terbuka yang Nampak hidup dan menarik untuk dijelajahi.

Selain itu game ini juga menawarkan desain karakter yang sangat erat dengan pop culture anime dengan genre fantasi, kombat sistem yang didesain juga sangat ramah terhadap pemain baru sehingga mereka mampu beradaptasi secara bertahap seiring berjalannya permainan. Dan yang paling menarik dari semua itu ialah storyline yang dirancang oleh sang developer, yang mana pemain dibuat larut terhadap alur cerita yang awalnya terasa epik namun jatuh begitu gelap setelahnya.

Lihat Juga : 6 Fungsi VGA pada Komputer

Mengenal game Genshin Impact

Game Genshin Impact
Sumber Gambar : genshin.mihoyo.com

Genshin Impact sendiri bercerita tentang dua traveler bersaudara yaitu Aether (laki-laki) dan Lumine (wanita). Di tengah petualangannya, kedua karakter ini dicegat oleh Dewi misterius dan mereka dipaksa untuk menghadapi sang Dewi ini. Nantinya ketika pertarungan berlangsung, player diminta untuk memilih salah satu karakter di antara Aether atau Lumine. Singkat cerita, Dewi misterius tadi memisahkan kedua bersaudara ini menuju dunia bernama Teyvat, di sini kita sebagai player memiliki tujuan untuk mencari saudaranya yang dipisahkan tadi. Dari sinilah awal mula petualangan Traveler dimulai. Karena Genshin Impact berbasis online, maka akan ada update terbaru setiap beberapa bulan, mulai dari cerita, karakter, persenjataan bahkan event-event menarik lainnya.

Tak heran Genshin Impact sangat diminati oleh banyak kalangan, terutama para penikmat pop culture seperti Anime. Namun sebelum Anda mulai menginstall Genshin Impact, mari kita intip terlebih dahulu mengenai kebutuhan spesifikasi hardware yang akan dipakai. Pasalnya game ini tergolong kelas berat dan memakan banyak ruang penyimpanan, sehingga tidak semua perangkat mampu menjalankan Genshin Impact dengan pada FPS yang stabil. Tanpa basa-basi lagi mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Lihat Juga : 9 Cara Merekam Layar HP Samsung

Spesifikasi Genshin Impact untuk smartphone

Tidak sedikit pengguna smartphone di Indonesia, bahkan Genshin Impact sendiri secara mayoritas para pemainnya menggunakan ponsel sebagai perangkat untuk memainkan game nya. Alasannya sendiri cukup beragam, namun dari teman-teman di sekitar saya beralasan bahwasanya memainkan game dari ponsel itu cukup fleksibel dan dapat dilakukan di mana saja bahkan di waktu-waktu senggang. Tapi pertanyaannya adalah, apakah Genshin Impact dapat dimainkan pada semua jenis perangkat smartphone?

Tentunya ada beberapa spesifikasi yang harus dipenuhi agar para pemain dapat memainkan game ini dengan lebih stabil tanpa drop FPS. Selain itu Google Play Store juga akan turut mengeliminasi ponsel yang tidak memiliki spesifikasi memadai dalam memainkan Genshin Impact, yaitu dengan tidak menyediakan layanan instalasi game tersebut pada smartphone pengguna. Berikut ini spesifikasi yang direkomendasikan untuk bermain Genshin Impact:  

Info perangkatSpesifikasi rekomendasi
CPUQualcomm Snapdragon 845, Kirin 810 setara atau lebih tinggi
Memori RAM4 GB
Sistem OperasiAndroid 8.1 atau lebih tinggi
Penyimpanan Kosong8 GB

Apabila bagi Anda spesifikasi tersebut masih terlalu berat untuk Smartphone Anda, Genshin Impact masih dapat dimainkan pada spesifikasi yang lebih minimum. Namun tentunya dengan risiko kualitas grafis serta gameplay menjadi kurang begitu memuaskan, berikut spesifikasi minimumnya:

Info perangkatSpesifikasi minimum
ChipsetArm v8a 64 bit atau lebih tinggi
Memori RAM3 GB
Sistem OperasiAndroid 7.0 atau di atasnya
Penyimpanan Kosong8 GB

Rendah ke menengah

  • Qualcomm Snapdragon 660, 665, 670, 675, 710, 712
  • MediaTek Helio P70, P90, G80, G85

Menegah ke atas

  • Qualcomm Snapdragon 720G, 730G, 732G, 765G, 835
  • HiSilicon Kirin 810, 820, 970
  • Samsung Exynos 9820, 9825, 8895, 980, 880
  • MediaTek Helio G90T, P95
  • MediaTek Dimensity 820, 80

Atas

  • Qualcomm Snapdragon 845, 855, 855+, 865, 865+
  • HiSilicon Kirin 980, 990
  • Samsung Exynos 990
  • MediaTek Dimensity 1000, 1000+

Lihat Juga : 10 Fungsi BIOS pada Komputer

Spesifikasi Genshin Impact untuk PC / laptop

Selain pada smartphone, Genshin Impact juga mendukung platform sistem operasi Windows sebagai media untuk memainkan game ini. Bahkan menurut saya pribadi, game sekelas Genshin Impact memang seharusnya dimainkan pada platform PC. Dengan alasan game tersebut sejak awal rilis memang sudah berat untuk dimainkan, ditambah basisnya yang online membuat Genshin Impact memerlukan Update dan Maintenance setiap bulan nya. Update tersebut selain digunakan untuk menambah karakter, equipment, serta event terbaru, tentunya juga dimanfaatkan sang developer untuk meningkatkan kualitas game serta memperbaiki bug yang ada, agar permainan menjadi lebih optimal dan lancar seiring berjalannya waktu. Bagi Anda yang tertarik memainkan Genshin Impact pada PC, berikut ini spesifikasi yang direkomendasikannya:

Info perangkatSpesifikasi rekomendasi
Sistem OperasiWindows 7 SP1 64 bit, Windows 8.1 64 bit, or Windows 10 64 bit.
ProcessorIntel Core i7 equivalent (AMD Ryzen 7) setara atau lebih tinggi.
Memori RAM16 GB
GraphicsNVIDIA GeForce GTX 1060 6GB setara atau di atasnya
DirectX11
Penyimpanan30 GB

Spesifikasi di atas merupakan kebutuhan hardware yang direkomendasikan oleh sang developer agar Anda dapat memainkan Genshin Impact dengan lancar tanpa kendala. Namun tentunya apabila spesifikasi di atas terlalu tinggi untuk dicapai, Anda masih dapat memainkan Genshin Impact pada spesifikasi yang lebih rendah. Itu pun jika Anda tidak masalah dengan beberapa penurunan performa karena tidak sesuai spesifikasi yang disarankan oleh developer. Berikut spesifikasi minimum untuk Genshin Impact:

Info perangkatSpesifikasi minimum
Sistem OperasiWindows 7 SP1 64 bit, Windows 8.1 64 bit, or Windows 10 64 bit
ProcessorIntel Core i5 equivalent (AMD Ryzen 5) setara atau lebih tinggi.
Memori RAM8 GB
GraphicsNVIDIA GeForce GT 1030 setara atau di atasnya.
DirectX11
Penyimpanan30 GB

Lihat Juga : 7 Perbedaan CPU dan GPU pada Komputer

Apakah Genshin Impact dapat dimainkan pada iPhone?

Tidak sedikit pula pengguna iPhone yang memiliki hobi untuk bermain game, karena bagaimanapun juga industri ini telah menjadi sebuah industri dengan pendapatan yang lebih mahal daripada lembaga perfilman. Oleh karena itu pengguna iPhone sekalipun pastinya juga ada yang melirik ke dunia game sebagai sarana hiburannya, ditambah perangkat ini digadang-gadang lebih stabil untuk digunakan dalam memainkan game apabila disandingkan dengan spesifikasi setara dari ponsel Android

Karena kemungkinan inilah sang developer yaitu Mihoyo, turut merilis game mereka Genshin Impact pada platform iOS. Tapi perlu diingat pula meskipun perangkat ini dinilai cukup stabil, iOS sendiri sebenarnya dikembangkan dengan target pasar non gamer, oleh karena itu tidak semua perangkat iOS kompatibel dengan Genshin Impact. Sedangkan untuk perangkat iPhone dan iPad yang mendukung game ini adalah sebagai berikut:

  • iPhone 8+
  • iPhone X
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone SE (Generasi kedua)
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPad Air (Generasi ketiga)
  • iPad mini (Generasi kelima)
  • iPad Pro (Generasi kedua) 12.9 inches
  • iPad Pro (Generasi kedua) 10.5 inches
  • iPad Pro (Generasi ketiga) 11 inches
  • iPad Pro (Generasi ketiga) 12.9 inches
  • iPad Pro (Generasi keempat) 11 inches
  • iPad Pro (Generasi keempat) 12.9 inches
  • dan yang paling baru saat ini.

Lihat Juga : 10 Fungsi, Manfaat dan Kegunaan VPN

Genshin Impact untuk konsol

Apabila Anda memiliki rezeki lebih dan ingin menikmati game apa pun secara optimal namun dengan harga yang lebih bersahabat daripada meng-upgrade PC gaming Anda. Platform konsol seperti PS4 dan PS5 sepertinya dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain pada PC dan Smartphone, Genshin Impact juga turut dirilis pada konsol PS4 dan PS5, tentunya apabila dirilis pada platform ini kita sudah tidak perlu lagi membahas mengenai spesifikasi serta kestabilan dari game-nya.

Namun bukan berarti hal tersebut tidak dapat terjadi, nyatanya apabila Anda memainkan Genshin Impact pada PS4 maka ruang penyimpanan setidaknya harus memiliki slot kosong sebesar 30GB. Karena banyak player PS4 telah mengalami banyak penurunan kecepatan FPS di PS4. Sedangkan bagi yang memiliki PS5, Anda adalah golongan yang cukup beruntung. Karena Genshin Impact sendiri dinilai sangat stabil apabila dimainkan pada konsol ini, bahkan kecepatan dan kehalusan permainannya bisa di setarakan dengan spesifikasi PC kelas berat.

Lihat Juga : 13 Fungsi dan Manfaat Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Penutup,

Perlu Anda ingat bahwasanya Genshin Impact merupakan game dengan basis online yang mana terjadi peningkatan fitur serta performa setiap update-nya. Jadi apabila Anda sekarang ini sedang bermain Genshin Impact pada perangkat dengan spesifikasi minimum, saya sarankan untuk segera meng-upgrade perangkat Anda. Karena bukanya tidak mungkin untuk game ini untuk tidak support lagi dengan perangkat Anda di update yang akan datang.

Apakah Genshin Impact tersedia secara gratis?

Sejak awal rilis Genshin Impact tersedia secara gratis bagi semua pengguna, hanya saja game ini memiliki microtransaction di dalamnya. Yang artinya fitur tersebut dibuat oleh sang developer atau publisher yang memungkinkan pemain suatu game untuk membeli item virtual.

Apakah Genshin Impact dapat dimainkan secara offline?

Genshin Impact adalah game yang berbasis online, jadi sampai kapan pun mustahil untuk memainkannya secara offline.

Apakah Genshin Impact tersedia di Xbox?

Sayangnya hingga saat artikel ini dibuat, masih belum ada kabar mengenai game ini untuk tersedia pada konsol Xbox.

Di mana cara mendapatkan Genshin Impact?

Bagi Anda pengguna smartphone android, Anda dapat menginstall Genshin Impact melalui Google Play Store. Untuk iOS, Genshin Impact tersedia di App Store. Untuk pengguna konsol Genshin tersedia pada PlayStation Store. Bagi Anda pengguna PC, Genshin tersedia pada laman resminya. Yang mana dapat Anda akses melalui link berikut ini.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…