10 Cara Cek Tipe HP Samsung

Berikut beberapa metode cek tipe HP Samsung seri lama / jadul, dan seri terbaru!

Dalam kondisi tertentu, terkadang beberapa pengguna ingin sekali mengetahui tipe HP yang digunakannya. Pengecekan ini bisa ditujukan untuk berbagai macam hal, misalnya ingin menjual HP, ingin menginstall ROM baru, sebagai perbandingan dengan tipe HP lain, atau hanya sekedar ingin cek spesifikasi HP. Meski terlihat mengherankan dan membingungkan, namun faktanya masih banyak para pengguna HP Samsung yang justru tidak tahu dengan tipe HP yang digunakannya, mungkin karena lupa atau memang sekedar pakai selama bertahun-tahun dan tidak mengetahuinya.

Hal ini mungkin terjadi pada pengguna yang gaptek, mungkin emak-emak atau anak-anak yang tidak terlalu peduli dengan HP yang digunakannya. Jika Anda sekarang sedang membutuhkan bantuan untuk cek tipe dan spesifikasi HP Samsung yang Anda gunakan, maka kami dengan senang hati akan membantu Anda. Ada beragam cara mudah untuk cek tipe HP, dengan atau tanpa bantuan aplikasi apa pun. Bagaimana caranya? Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak ulasannya berikut ini!

Lihat Juga : 9 Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Cara cek tipe HP Samsung

Samsung sendiri telah menyediakan berbagai macam cara untuk mengetahui tipe dan spesifikasi HP yang Anda gunakan, mulai dari kardusnya, body HP, menu Pengaturan, kode panggilan, IMEI, hingga menginstall aplikasi pihak ketiga. Untuk mengetahuinya, Anda bisa simak beberapa caranya berikut ini.

1. Cek dari kardusnya

Cek tipe HP Samsung dari kardusnya
1. Cek tipe HP Samsung dari kardusnya. YUNITA SETIYANINGSIH

Jika Anda masih menyimpan kardus HP / dus HP / dus book HP Samsung Anda, ini mungkin bisa menjadi cara paling mudah dan paling cepat untuk cek tipe dan spesifikasi HP Samsung. Kardus HP Samsung seri baru umumnya berwarna putih, sementara untuk HP Samsung seri lama atau jadul masih berwarna coklat. Nah, di bagian belakang atau di bagian bawah dari kardus tersebut biasanya telah dilampirkan informasi mengenai tipe dan spesifikasi HP yang sudah Anda beli.

Beberapa informasi yang ditampilkan di antaranya, jenis jaringan, kapasitas memori internal, RAM, resolusi kamera, seri CPU, jenis layar, dan beberapa fitur unggulan lainnya. Untuk HP Samsung biasanya yang ditampilkan adalah nomor serinya, misalnya: SM-A525F/DS, maka tipenya ialah: Samsung Galaxy A52. Jika diperlukan, Anda bisa ketikan saja nomor serinya di pencarian Google, biasanya akan muncul tipe dari HP Samsung yang Anda gunakan.

2. Cek dari body HP

Cek Tipe HP Samsung dari Body Belakang HP
2. Cek tipe HP Samsung dari body belakang HP. Shopee.co.id

Selain dari kardus HP, Anda juga bisa cek tipe HP dari stiker yang ditempelkan pada bagian belakang body smartphone. Cara ini berlaku untuk Anda yang baru saja membeli HP baru, di mana masih ada beberapa aksesoris bawaan seperti stiker dan screen protector yang masih menempel dan belum dilepas. Informasi yang ditampilkan biasanya model dari HP tersebut, ditambah beberapa informasi lain seperti tegangan listrik, frekuensi, SSN, dan lokasi pembuatan.

3. Cek dari menu Pengaturan

Cek tipe HP Samsung dari menu Pengaturan
3. Cek tipe HP Samsung dari menu Pengaturan. RUDI DIAN ARIFIN

Jika Anda sudah tidak menyimpan kardus HP Anda, maka cara lain yang bisa Anda lakukan adalah melalui menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung Anda. Ini juga termasuk cara paling mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan. Untuk menemukan informasi tipe dan spesifikasi HP, Anda bisa temukan dan pilih fitur Tentang ponsel (About phone). Di bagian itu biasanya berisi informasi mengenai nama perangkat, tipe, spesifikasi, status, hingga informasi hukum. Agar lebih mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan di HP Samsung Anda.
  2. Gulir ke bawah, temukan dan pilih Tentang ponsel.
  3. Sekarang, Anda bisa melihat nama dan nomor model dari HP Samsung Anda.
  4. Jika Anda ingin melihat versi OS dan UI, dan bisa ketuk Informasi perangkat lunak.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Setelan Tidak Bisa Dibuka di HP Anda

4. Cek dengan kode rahasia

Cek tipe HP Samsung dengan kode dial
4. Cek tipe HP Samsung dengan kode rahasia. RUDI DIAN ARIFIN

Selain melalui menu Pengaturan, Anda juga bisa menggunakan kode rahasia Samsung untuk mengakses beberapa informasi terkait perangkat yang Anda gunakan seperti nama perangkat, tipe, model, spesifikasi, IMEI, sampai bahkan untuk reset HP. Untuk mengaksesnya, Anda bisa menggunakan Dial up atau Telepon dari HP Samsung Anda. Bagaimana caranya? Simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Dial up atau Telepon di HP Samsung Anda.
  2. Kemudian ketikan *#1234#.
  3. Secara otomatis perangkat akan menampilkan nomor model dan beberapa informasi lain dari HP Samsung yang Anda gunakan, yang memuat AP (Application Processor), CP (Core Processor), dan CSC (Customer Software Customization).

Setelah mendapatkan nomor model dari HP Samsung, Anda bisa buka browser untuk mencari tipe dan spesifikasi HP Anda.

Ketikan nomor model HP Samsung
4. Ketik nomor model dari HP Samsung Anda. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka browser pada perangkat yang Anda gunakan saat ini.
  2. Ketikan nomor model HP Samsung Anda, misalnya: SM-A525F/DS.
  3. Sekarang, Anda bisa melihat tipe dan spesifikasi dari HP Samsung yang Anda gunakan.
  4. Selesai.

5. Cek dengan IMEI

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan IMEI untuk mengecek tipe dan spesifikasi HP yang Anda gunakan. IMEI sendiri merupakan nomor identitas unik yang tersedia pada semua perangkat mobile. Anda bisa menggunakan IMEI untuk mengecek tipe, nama perangkat, status ponsel, spesifikasi, hingga lokasi perangkat. Untuk mengetahui tipe HP dengan IMEI, Anda bisa mengakses situs: imei.info untuk mengecek informasi mengenai perangkat yang Anda gunakan.

Cek IMEI HP

Cek IMEI HP Samsung
5. Cek IMEI HP Samsung. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, silakan cek terlebih dahulu nomor IMEI dari HP Samsung yang Anda gunakan. Anda bisa lihat dari kardus HP, menu Pengaturan, atau melalui kode dial *#06#.
  2. Untuk mendapatkan nomor IMEI dengan cepat, Anda bisa membuka Dial up atau Telepon lalu ketikan kode dial *#06#.
  3. Sekarang, nomor IMEI dari HP Samsung Anda telah ditampilkan.

Akses situs imei.info

Cek tipe HP Samsung dengan IMEI
5. Akses situs imei.info. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Setelah nomor IMEI Anda dapatkan, silakan akses situs: imei.info untuk mengecek beberapa informasi dari perangkat yang Anda gunakan.
  2. Silakan masukkan kode IMEI ke kolom yang tersedia.
  3. Jika diperlukan, silakan verifikasi identitas Anda sebagai manusia dengan klik Checkbox.
  4. Jika sudah, silakan klik Check.
  5. Tunggu beberapa saat, maka nanti akan muncul tipe dari HP Samsung yang Anda gunakan.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Cek IMEI HP Anda

6. Cek dengan bantuan aplikasi pihak ketiga

Selain menggunakan beberapa fitur bawaan perangkat, Anda juga bisa menginstall aplikasi pihak ketiga untuk mengecek tipe dan spesifikasi HP Samsung secara lebih detail. Beberapa aplikasi yang kami rekomendasikan di antaranya: Device Info HW, CPU-Z, AIDA64, dan juga DevCheck Hardware and System. Kemampuan dari aplikasi-aplikasi tersebut dapat mendeteksi tipe, model, nama perangkat, ukuran layar, resolusi layar, unit pemrosesan pusat, RAM, ROM, chipset, dan lain sebagainya.

Anda bisa mendapatkan beberapa aplikasi tersebut secara gratis langsung dari Google Play Store di HP Samsung Anda.

Device Info HW

Device Info HW
6. Device Info HW. RUDI DIAN ARIFIN
Device Info HW
Device Info HW
Developer: Andrey Efremov
Price: Free
  1. Pertama, silakan unduh aplikasi Device Info HW dari Google Play Store di HP Samsung Anda.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi untuk melihat informasi tipe dan spesifikasi HP Samsung secara lengkap dan detail.
  3. Informasi yang ditampilkan sangat beragam, mulai dari merek, nomor, model, nama model, resolusi layar, versi Android, CPU, dll.
  4. Anda juga bisa memilih beberapa menu yang ditampilkan untuk melihat informasi perangkat atau komponen secara lebih spesifik.
  5. Selesai.

CPU-Z

CPU-Z Android
6. CPU-Z. RUDI DIAN ARIFIN
CPU-Z
CPU-Z
Developer: CPUID
Price: Free+
  1. Silakan unduh dan install aplikasi CPU-Z dari Google Play Store di HP Samsung Anda.
  2. Sekarang, buka aplikasi CPU-Z untuk melihat informasi tipe dan spesifikasi dari HP Samsung Anda.
  3. Halaman pertama CPU-Z menampilkan informasi SOC pada perangkat, antara lain: model CPU, Clock Speed, GPU, dan sejenisnya.
  4. Untuk melihat tipe HP, Anda bisa geser ke bagian Device untuk melihat model dan tipe HP.
  5. Anda juga bisa geser ke kanan lagi untuk mengetahui beberapa informasi lain dari HP Samsung yang Anda gunakan.
  6. Selesai.

AIDA64

AIDA64
6. AIDA 69. RUDI DIAN ARIFIN
AIDA64
AIDA64
Developer: FinalWire Ltd
Price: Free+
  1. Pertama, silakan install aplikasi AIDA64 terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi AIDA64 untuk melihat informasi tipe dan spesifikasi detail dari HP Samsung Anda.
  3. Selanjutnya, Anda bisa ketuk Sistem untuk memuat tipe dan spesifikasi HP, di antaranya: model perangkat, tipe perangkat, RAM, penyimpanan internal, versi bluetooth, dan seterusnya.
  4. Lebih lanjut, Anda bisa juga bisa melihat beberapa informasi lain dari HP Samsung Anda, seperti CPU, layar, jaringan, baterai, suhu, sensor, file sistem, dan lainnya.
  5. Selesai.

DevCheck Hardware and System

DevCheck Hardware and System
6. DevCheck Hardware and System. RUDI DIAN ARIFIN
DevCheck Hardware and System Info
DevCheck Hardware and System Info
Developer: flar2
Price: Free+
  1. Silakan unduh dan install aplikasi DevCheck terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi untuk melihat informasi tipe dan spesifikasi dari HP Samsung Anda.
  3. Pada halaman dasbor, Anda bisa langsung melihat tipe perangkat yang Anda gunakan, status CPU, SOC, baterai, jaringan, RAM, dan penyimpanan.
  4. Selanjutnya, Anda bisa geser ke kanan untuk melihat beberapa informasi lain, seperti prosesor, GPU, sistem operasi, dan seterusnya.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 23 Daftar Biaya Servis HP Samsung Lengkap

Penutup,

Terdapat berbagai macam cara yang bisa Anda lakukan untuk cek tipe dan spesifikasi HP Samsung. Anda bisa pilih salah satu cara yang menurut Anda cocok dan mudah untuk dilakukan. Semua metode yang kami paparkan di atas dapat Anda lakukan pada semua varian HP Samsung seri terbaru maupun seri lama (jadul), seperti seri J, M, A, S, Z, dan Fold. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apakah aplikasi cek tipe HP di atas aman digunakan?

Tentu saja, Anda bisa menginstall aplikasi cek tipe dan spesifikasi HP dari pihak ketiga seperti yang kami sarankan di atas dengan mudah dan aman. Anda juga tidak perlu khawatir dengan virus dan malware saat menginstall aplikasi.

Bagaimana cara cepat cek tipe HP Samsung?

Cara cepat untuk cek tipe HP Samsung adalah dengan masuk ke menu Pengaturan. Gulir ke bawah, lalu temukan dan pilih fitur Tentang ponsel (About phone). Pada halaman tersebut, Anda bisa mengecek informasi tipe, nama perangkat, spesifikasi, status hukum, dll.

Bagaimana cara mengetahui HP keluaran tahun berapa?

Anda bisa mengetahui HP keluaran tahun berapa dari kardus HP, biasanya di bagian belakang atau bawah kardus HP terdapat informasi tanggal, bulan, dan tahun produksi. Atau bisa juga dengan Googling dengan mengetikan tipe HP Samsung Anda, biasanya ada beberapa situs yang menampilkan informasi tanggal rilis HP, contohnya seperti gsmareana.com, phonearena.com, sammobile.com, dan beberapa situs gadget lainnya.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…