11+ Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Xiaomi

21
41896

Dianisa.com – Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa Dibuka di HP Xiaomi. Aplikasi android yang tidak bisa dibuka mungkin sudah sangat sering di alami oleh para pengguna smartphone Android.

Tidak hanya Xiaomi, tetapi pengguna Android merek lain pun juga mengalami masalah yang sama, baik itu pada SAMSUNG, OPPO, Lenovo, ASUS ZenFone, HTC, LG, Motorola, SONY, Coolpad, VIVO, dan lainnya.

Beberapa pesan error yang sering muncul pada perangkat Android diantaranya seperti Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti, Sayangnya, Aplikasi Tidak Menanggapi, “Sayangnya, Aplikasi Terus Berhenti”, “Sayangnya, Aplikasi Terhenti”, “Unfortunately, App Has Stopped”, “Unfortunately Force Close”, “Not Enough Memory”, “Not Responding”, “Sayangnya, com.android.process Telah Berhenti”, dan lainnya.

Masalah Pada Aplikasi Lain

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa dibuka Xiaomi

mengenai aplikasi yang tidak bisa dibuka bisa bermacam – macam, kemungkinan bisa karena file sampah yang menumpuk terlalu banyak, aplikasi tidak di update, Memori RAM Penuh, Sistem Tidak Pernah Di Update, terdapatnya Virus pada Android, dan penyebab – penyebab lainnya.

Adapun untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda coba lakukan. Dan berikut metodenya …

1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan Restart Smartphone. Ada beberapa pengguna yang hanya cukup dengan restart masalah pada aplikasi dapat normal kembali.

Hal ini terjadi karena masalah hanya pada RAM yang kecil, sehingga dengan restart semuanya dapat normal kembali. Namun hal ini bersifat tidak pasti, adapun jika masih bermasalah silahkan anda coba metode berikutnya.

2. Bersihkan Cache Aplikasi

Penumpukan file sampah yang berlebihan membuat aplikasi terkadang terjadi Macet, Error, Berat, LAG, Tidak Bisa Dibuka, muncul pesan error, dan lainnya.

Nah, solusinya tentu dengan membersihkan file sampah tersebut. Anda bisa mencoba menggunakan Aplikasi Cleaner untuk melakukan pembersihan memori dan boost RAM.

Selain itu, anda juga bisa melakukannya secara manual langsung melalui Pengaturan / Manajemen aplikasi.

Hapus Cache Xiaomi

  • Buka Menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Kemudian cari dan pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya, anda pilih “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

3. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Untuk solusi yang ke-tiga, anda bisa mencoba untuk Menghentikan Dan Menghapus Data Aplikasi di HP Xiaomi yang anda miliki. Dengan menghapus data aplikasi, biasanya akan membuat aplikasi Android kembali normal lagi.

Adapun menghapus data aplikasi akan menghilangkan file sampah pada aplikasi, basis data, data login, bookmark, history, dan lainnya.

Hapus Data Aplikasi di Xiaomi

  • Buka Menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Kemudian cari dan pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya, anda pilih “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

4. Update Aplikasi

Dan untuk yang ke-empat, anda bisa mencoba untuk Update Aplikasi Android. Dengan Udpate, biasanya bugs atau kerusakan yang terjadi pada aplikasi akan hilang. Atau pengguna juga akan mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi tersebut.

Untuk update aplikasi Android, tentunya anda harus bisa terhubung langsung dengan Google Play Store. Buka Aplikasi Google Play Store, kemudian cari aplikasi anda yang bermasalah lalu anda bisa mencoba untuk mulai update aplikasi yang error tersebut.

5. Install Ulang Aplikasi

Apabila semua cara diatas tidak berhasil Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Dibuka, maka sebaiknya anda hapus saja aplikasi tersebut dan cobalah untuk install ulang.

Dengan Install ulang pastinya aplikasi anda bisa normal dan serasa seperti baru lagi. Sesudah hapus aplikasi, anda harus membersihkan file sampah dan melakukan reboot.

Dan setelah itu, barulah nantinya anda mencoba untuk install ulang aplikasi.

Uninstall Aplikasi di Xiaomi

  • Buka Menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Kemudian cari dan pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya, anda pilih “Copot Pemasangan”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

6. Update MIUI Xiaomi

Dan untuk yang ke-enam, anda bisa mencoba untuk Update Sistem Android atau MIUI pada HP Xiaomi yang anda miliki. Dengan melakukan hal ini, semoga saja, semua permasalah yang terjadi pada perangkat Xiaomi anda bisa hilang dan semua aplikasi yang mengalami error bisa normal kembali.

Untuk update MIUI pada Xiaomi, anda harus masuk ke Pengaturan, kemudian carilah bagian MIUI untuk update. Pastikan juga anda terhubung ke Jaringan WiFi agar update bisa berjalan lancar dan maksimal.

Update MIUI Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » tap “Perbarui” » ikuti langkah selanjutnya…..

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

7. Unroot Smartphone

Apabila sebelumnya anda telah melakukan Root dan akhirnya membuat sebagian aplikasi bermasalah maka kemungkinan rooting tidak optimal dan mengakibatkan bugs pada sebagian aplikasi.

Tidak ada yang salah dengan proses rooting, namun tentunya ada dampak yang memang terkadang terjadi masalah pada sistem yang akhirnya sistem tidak berjalan optimal seperti yang diharapkan.

Solusinya, tentu anda harus melakukan unroot sekarang juga.

8. Wipe Cache Partition

Nah, untuk yang ke-delapan, anda bisa mencoba untuk melakukan Wipe Cache Partition melalui Menu Recovery Mode atau Mi Recovery Xiaomi. Dengan melakukan Wipe Cache Partition biasanya akan membuat semua file sampah pada aplikasi dan sistem android akan bersih secara total.

Hal semacam ini tentunya akan membuat HP Xiaomi anda bisa normal kembali. Bugs dan kerusakan bisa teratasi dengan baik.

  1. Sebelum masuk menu Recovery Mode Xiaomi, pastikan daya baterai mencupi untuk melakukan Wipe Cache Partition.
  2. Dan untuk masuk menu Recovery Mode Xiaomi, anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo MI. Dan secara otomatis anda akan dibawa pada menu Recovery Mode
  3. Untuk opsi bahasa, anda bisa pilih “Bahasa Inggris”.
  4. Dan untuk melakukan Wipe Cache Partition, anda tinggal pilih “Wipe Cache Partition”, kemudian tunggu sampai proses Wipe selesai dan berhasil. Jika sudah, anda coba lakukan restart atau reboot untuk mengakhiri semua langkah yang anda lakukan.
  5. Selesai.

9. Factory Reset Xiaomi

Dan untuk yang ke-sembilan, anda bisa mencoba untuk melakukan Factory Reset Xiaomi. Sebaiknya anda harus memikirkan sekali lagi untuk mencoba metode yang satu ini.

Semua pengaturan akan kembali ke posisi pabrikan yang artinya, anda perlu melakukan backup pada semua data penting yang anda miliki, baik foto, video, audio, dokumen, dan lainnya.

Factory Reset HP Xiaomi

  • Buka Menu Setelan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Setelan Pabrik » Setel Ulang Telepon » Dan untuk konfirmasi, anda tinggal pilih “Hapus”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

10. Hard Reset Xiaomi

Selain Factory Reset, anda juga bisa mencoba untuk melakukan Hard Reset Melalui Mi Recovery Xiaomi. Lebih jelasnya, silahkan anda simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Untuk masuk menu Recovery Mode Xiaomi, anda bisa tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo MI. Dan secara otomatis, anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode Xiaomi (MI Recovery).
  2. Untuk opsi bahasa, anda bisa pilih “Bahasa Inggris” agar nantinya bisa lebih mudah dalam melakukan Hard Reset.
  3. Dan untuk melakukan Hard Reset pada perangkat Xiaomi, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Kemudian lanjutkan dengan memilih “Wipe All Data”. Jika muncul pesan konfirmasi, anda bisa pilih “YES”. (Gunakan tombol Power untuk memilih dan tombol Volume Up/ Down untuk Navigasi).
  4. Tunggu saja sampai proses Hard Reset / Wipe Data selesai dan berhasil 100%. Jika sudah, anda bisa mencoba untuk melakukan Reboot atau Restart pada smartphone Xiaomi anda. Ikuti petunjuk login email dan kata sandi sampai nantinya anda bisa menggunakan smartphone Xiaomi anda kembali.
  5. Selesai.

11. Flashing …

Apabila semua metode yang saya berikan diatas tidak berhasil mengatasi masalah anda, maka solusi lain yang bisa anda lakukan yakni dengan Flashing.

Flashing merupakan opsi install ulang sistem dapat anda lakukan pada perangkat Xiaomi anda. Dan untuk melakukannya, anda bisa melalui menu Pengaturan di HP Xiaomi atau menggunakan Mi Flash Tools dengan bantuan Kabel Data dan PC Windows.

Selain itu, anda juga perlu mempersipkan sistem Android sesuai dengan tipe android anda, atau istilah lain Firmware. Anda bisa Googling untuk mencari tahu terkait metode tersebut.

Kesimpulan,

Dengan adanya metode – metode diatas, semoga permasalah yang terjadi pada Aplikasi di HP Xiaomi bisa teratasi dengan baik.

Semua metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi NOTE 5A, Redmi NOTE 5 Pro, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada yang ingin anda tanyakan seputaran HP Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

21 KOMENTAR

    • Kalau udah factory reset melalui menu Recovery Mode tetap ngak bisa, maka solusinya flashing mas, download firmware. cari petunjuk atau langkah-langkah flashing sesuai dengan merek atau tipe perangkat yang mas gunakan.

  1. Mas Dian,
    Saya pake xiomi redmi note 3 hanya saja Ada beberapa aplikasi bawain MIUI Saya disable,setelah itu contoh seperti di gallery video nya gak bisa di buka,pertanyaan nya selain aplikasi bawain MIUI adakah aplikasi lain yg bisa buka video tersebut? terimakasih

    • Alangkah lebih baiknya, jika disable bisa di enable. tapi kalau tidak bisa, lakukan flashing aja. Untuk aplikasi Video Player banyak tersedia di Google Play Store, tinggal ketik-an saja.

  2. Maaf gan gmana caranya setiap buka aplikasi baru harus buka setelan perizinan, tetapi tidak bisa diizinkan
    Hp xiaomi redmi 4a
    Tolong solusinya

    • Iya emng kalau aplikasi baru harus melakukan perizinan mas. Tidak bisa diizinkan maksudnya bagaimana ya? tolong diperjelas…

  3. Tolong saran gan aplikasi uc browser dan opera mini gak bisa di buka dengan kouta internet hanya bisa di wifi saja.. Hp saya xiomi redmi note 4.thx

  4. Maksud tidak bisa diizinkan nya gini mas kan d sana ada icon bisa d geser kiri kanan… Tapi aplikasi baru itu tidak bisa d geser k kanan, jadi tidak dapat perizinan. Aplikasinya jadi g bisa d buka. Itu gmna mas

    • Gini, tolong buka aplikasi keamanan / Security, kemudian lakukan perizinan pada semua aplikasi agar bisa mengakses semua fitur yang ada.

  5. Sebenernya ngga perlu di flashing ulang, cukup ke pengaturan -> cari aplikasi yang ngga bisa dibuka -> cari “perizinan” lalu enable (geser kekanan) monggo dicoba moga bisa membantu

  6. Maaf mas gini saya mau tanyak gimana cara membenarkan handphone xiaomi 5
    Yang awalnya lupa kata sandi terusdi reset sama kakak saya dan tiba tiba muncul gambar gembok yang bertuliskan Perangkat Terkunci
    Tolong Mas Bantu respon yah

  7. Aplikasi browser,kontak,pesan,ga bisa dibuka,sarannya gimana ya,cara yg diatas udah dilakuin,tp masoh ttp aja.
    Trus klo tiap di restar slalu aja minta sinkron riwayat panggilan

  8. Malam Mas , mhn masukannya,,
    saya ada sedikit masalah di xiaomi redmi note 4x tidak bisa login keaplikasi mandiri online, saya sdh daftar Kebank mandiri langsung, awalnya pas selesai daftar di CS bank Mandiri langsunglah coba login aplikasi tapi selalu gagal, nah si CS tsb nyaranin saya cek pulsa HP apakah mencukupi untuk sms premium, krna sy pakai kartu halo buat internetnya menurut mereka mgkn saja pulsa buat sms tidak ada, lalu saya pulang sampai dirumah saya telpon Call Centre Telkomsel menanyakan perihal tsb, jawaban nya mrka blag pulsa buat sms nya ada, soalnya kartu saya masih cukup limit buat sms tsb diluar paket internet dan bonus tlpon serta sms paket bulanan sy, call centre Telkomsel nyaranin saya cek pengaturan hp saya, kali aja pengaturan sms nya yg bermasalah, sy ikutin sarannya tapi tetap gak bisa jg, saya browsing Cari petunjuk semua yg saya dapat disitu saya coba semua hasilnya masih nihil, balik kebank Mandiri lagi pihak bank jg ga tau, telpon call centre xiaomi jg sama gak dpat solusi. Apakah mas bisa kasi masukan tentang maslah saya ini.
    Tapi anehnya saya pakai aplikasi Bank bca aman aman saja.trims

    • Itu yang bermasalah bukan HP nya ataupun kartu mas, melainkan aplikasi Mandiri Online tersebut, seharusnya dari pihak bank yang membantu. kalau kasus saya sendiri pakai BNI SMS Banking juga ngak bisa, dan itu aplikasinya yang memang bermasalah. Mungkin kedepannya akan ada perbaikan terkait SMS Banking via Aplikasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here