15 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Xiaomi

Masalah aplikasi tidak bisa dibuka sudah sangat sering di alami oleh para pengguna ponsel Android. Tidak hanya Xiaomi, pengguna Android merek lain pun juga mengalami masalah yang sama, baik itu Samsung, OPPO, Asus, Realme, Sony, VIVO, dan lainnya. Beberapa pesan error yang sering muncul di antaranya seperti “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”, “Sayangnya, aplikasi terus berhenti”, “Sayangnya, aplikasi tidak menanggapi”, “Unfortunately, app has stopped”, “Sayangnya, com.android.process telah berhenti”, dan lainnya.

Pesan error tersebut dapat terjadi pada aplikasi bawaan maupun aplikasi pihak ketika. Selain itu, masalah aplikasi tidak bisa dibuka terkadang juga tidak memunculkan pesan error, tetapi hanya force close / keluar sendiri, hang, dan macet. Lalu apa yang penyebab masalah tersebut dapat terjadi? Dan apa solusi yang dapat saya lakukan? Untuk menjawabnya, Anda bisa simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Masalah HP Xiaomi & Solusi Mengatasinya

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa dibuka

Penyebab aplikasi yang tidak bisa dibuka bisa bermacam-macam, kemungkinan bisa karena file sampah yang menumpuk terlalu banyak, bugs pada sistem dan aplikasi, aplikasi tidak di update, sistem tidak pernah di update, memori RAM penuh, memori internal penuh, terdapatnya virus / malware, dan lainnya. Untuk memahami lebih jauh mengenai masalah tersebut, Anda bisa simak poin penyebab berikut ini.

  • Bugs pada sistem dan aplikasi – Bugs pada MIUI Xiaomi sangat sering terjadi, hal inilah yang terkadang menyebabkan aplikasi error / bermasalah. Anda bisa melaporkan masalah tersebut melalui fitur layanan dan masukan Xiaomi. Pihak Xiaomi akan menerima laporan Anda untuk di analisa dan dilakukan perbaikan.
  • Memori RAM penuh – Masalah memori RAM penuh lebih sering terjadi pada ponsel Xiaomi dengan kapasitas RAM di bawah 3 GB. Kondisi tersebut diakibatkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang serta aktivitas multitasking yang berlebihan. Saat memori RAM penuh, aplikasi akan berhenti atau force close secara tiba-tiba.
  • Memori internal penuh – Selain memori RAM, memori internal penuh juga dapat menyebabkan masalah pada aplikasi terinstall. Anda perlu memahami bahwa memori internal penuh akan mengakibatkan penurunan performa pada ponsel.
  • Penumpukan file cachePenumpukan file cache berkaitan dengan poin memori internal penuh. Hal ini beralasan karena file cache yang terlalu banyak dapat menyebabkan konflik pada sistem dan aplikasi terinstall. Maka dari itu Anda harus memperbarui file cache dengan membersihkannya secara berkala.
  • Aplikasi tidak kompatibel – Bisa jadi aplikasi yang Anda install memang tidak kompatibel pada ponsel Xiaomi yang Anda gunakan.Misalnya aplikasi kompatibel pada Android 7.0 (Nougat) ke atas, sedangkan ponsel Xiaomi Anda masih menggunakan Android 6.0 (Marshmallow).
  • Aplikasi masih dalam versi beta – Kemungkinan lain aplikasi yang Anda install masih dalam versi beta sehingga masih terdapat banyak masalah atau error. Anda hanya bisa menunggu sampai pihak pengembang melakukan pembaruan sampai tersedia versi yang lebih stabil.  
  • HP telah dilakukan rootingTak dapat dipungkiri bahwa root memiliki banyak keuntungan; pengguna memiliki kebebasan dalam memodifikasi sistem dan aplikasi sesuai keinginan dan kebutuhan. Tetapi root juga sangat berisiko; sistem dan aplikasi terinstall juga rentan terhadap masalah yang ada.
  • Custom ROM yang bermasalah – Tidak semua Custom ROM yang tersedia secara bebas di internet dapat berjalan stabil dan optimal. Pemasangan Custom ROM yang tidak tepat juga dapat menyebabkan aplikasi terinstall sering bermasalah.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Sistem UI Terus Berhenti di HP Xiaomi

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui penyebab aplikasi tidak bisa dibuka di atas, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Mulai dari restart ponsel, update aplikasi, menghapus cache aplikasi, menghapus data aplikasi, hingga install ulang aplikasi. Lebih jelasnya, simak panduan lengkapnya berikut ini.

1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan restart ponsel Xiaomi Anda. Ada pengguna yang hanya dengan restart masalah pada aplikasi dapat teratasi. Hal ini beralasan karena masalah hanya karena RAM penuh atau service sistem yang berjalan kurang optimal. Namun cara ini bersifat tidak pasti, adapun jika masih bermasalah silakan coba metode selanjutnya dengan membersihkan cache sistem dan aplikasi terinstall.

2. Bersihkan cache sistem dan aplikasi

Penumpukan file sampah yang berlebihan membuat aplikasi terkadang mengalami macet, error, lag, tidak bisa dibuka, muncul pesan error, dan lainnya. Nah, solusinya tentu dengan membersihkan file sampah tersebut. Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pembersih untuk melakukan pembersihan memori dan boost RAM. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya secara manual langsung melalui pengaturan / manajemen aplikasi. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti metodenya di bawah ini.

Hapus cache secara manual

Hapus Cache Aplikasi Xiaomi
2. Hapus cache secara manual. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Bersihkan cache » lalu konfirmasi dengan Oke untuk membersihkan cache.
  4. Selesai.

Bersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih

Bersihkan cache Xiaomi
2. Bersihkan cache menggunakan aplikasi pembersih. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka aplikasi Pembersih pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Tunggu sampai proses scanning cache selesai dilakukan.
  3. Kemudian tap Bersihkan untuk memulai proses pembersihan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan berhasil dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Membersihkan Cache Xiaomi

3. Hapus data aplikasi

Hapus Data Aplikasi Xiaomi
3. Hapus data aplikasi. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya Anda bisa mencoba menghentikan dan menghapus data aplikasi. Cara ini biasanya efektif dalam mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka. Menghapus data aplikasi akan membersihkan file cache, cookies, basis data, data login, bookmark, histori penelusuran, dan file sementara lainnya. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Hapus data » Hapus semua data » lalu konfirmasi dengan Oke untuk menghapus data aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Data Aplikasi Xiaomi

4 Lakukan pembaruan aplikasi

Perbarui Aplikasi Xiaomi
4. Update aplikasi Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Cobalah untuk update aplikasi yang sedang bermasalah tersebut. Dengan update, bugs atau kerusakan yang terjadi pada aplikasi akan hilang. Anda juga akan mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi tersebut. Untuk update aplikasi, Anda bisa melakukannya melalui Google Play Store atau market store lain yang ada di ponsel Xiaomi Anda.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Tap ikon tiga garis [menu] yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Lalu pilih aplikasi yang terjadi masalah atau error tersebut.
  4. Jika tersedia perbaruan, Anda bisa ketuk Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Jika yang bermasalah adalah aplikasi bawaan (bloatware) Xiaomi, Anda bisa melakukan pembaruan melalui menu Setelan » pembaruan apl sistem.

Perbarui Apl Sistem Xiaomi
4. Update aplikasi bawaan Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pada menu Setelan Xiaomi » pilih Pembaruan Apl sistem.
  2. Jika tersedia pembaruan, tap Perbarui Semua » konfirmasi dengan Lanjut.
  3. Tunggu sampai proses pembaruan selesai dilakukan.
  4. Selesai.

5. Install ulang aplikasi

Menghapus Aplikasi Xiaomi
5. Hapus aplikasi Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Apabila semua cara di atas tidak berhasil mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka, maka sebaiknya Anda hapus saja aplikasi tersebut lalu install dengan yang baru. Dengan install ulang aplikasi, diharapkan aplikasi normal dan bisa digunakan lagi. Saat setelah menghapus aplikasi, Anda harus membersihkan file sampah dan melakukan reboot. Setelah itu, barulah nantinya Anda install aplikasi langsung dari Google Play Store.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.
  3. Pilih Uninstall » kemudian konfirmasi dengan Oke untuk menghapus aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Aplikasi Xiaomi

6. Update MIUI Xiaomi

Update MIUI Xiaomi
6. Update MIUI Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya Anda bisa mencoba untuk update sistem Android atau MIUI pada HP Xiaomi yang Anda miliki. Dengan update MIUI semoga saja semua masalah error yang terjadi pada ponsel Xiaomi Anda bisa hilang dan aplikasi yang mengalami error dapat normal kembali. Untuk update MIUI Xiaomi, Anda harus masuk kePengaturan, kemudian carilah bagian Pembaruan sistem untuk update. Pastikan Anda terhubung ke jaringan WiFi agar update berjalan lancar dan maksimal.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Tentang ponsel » Pembaruan sistem.
  3. Jika tersedia versi MIUI atau sistem terbaru, Anda bisa lakukan update.
  4. Tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Jika sudah, Anda bisa restart ponsel Xiaomi Anda.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Peluncur Sistem Telah Berhenti di Xiaomi

7. Unroot Xiaomi

Jika sebelumnya Anda telah melakukan root HP Xiaomi sampai akhirnya sebagian aplikasi bermasalah, maka kemungkinan rooting tidak optimal dan mengakibatkan kerusakan pada sistem dan aplikasi. Anda sebagai pengguna pastinya tahu bahwa akses root memiliki risiko tinggi yang mana sistem Android dapat mengalami kerusakan / gagal fungsi.

Lalu apa yang haru saya lakukan? Tentu Anda harus melakukan unroot ponsel Xiaomi Anda. Apabila unroot juga tidak memperbaiki masalah, maka sebaiknya lakukan Flashing melalui Fastboot Update.

8. Wipe Cache Partition

Tips selanjutnya, cobalah untuk melakukan Wipe Cache Partition melalui menu Recovery Mode (Mi Recovery). Wipe Cache Partition dilakukan untuk membersihkan file cache partisi memori internal. Cara ini diharapkan dapat membuat HP Xiaomi lebih stabil dan optimal saat digunakan. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Sebelum masuk menu Recovery Mode Xiaomi, pastikan daya baterai mencukupi untuk melakukan Wipe Cache Partition.
  2. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo Xiaomi dan lepaskan.
  3. Secara otomatis Anda akan dibawa pada menu Mi Recovery.
  4. Untuk opsi bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  5. Dan untuk melakukan Wipe Cache Partition, Anda tinggal pilih Wipe Cache Partition, kemudian tunggu sampai proses wipe selesai dan berhasil.
  6. Selanjutnya pilih Back to main menu.
  7. Pilih Reboot » Reboot to System.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

9. Reset HP Xiaomi

Selanjutnya Anda bisa mencoba melakukan Factory Reset / Hard Reset Xiaomi. Cara ini dapat Anda jadikan pilihan apabila semua metode sederhana tidak membantu sama sekali. Opsi reset akan membuat pengaturan sistem dan aplikasi akan kembali ke posisi pabrikan. Sebelum melakukan reset, Anda perlu melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki seperti foto, video, audio, dokumen, dan lainnya. Ada dua metode reset yang bisa Anda lakukan, melalui menu Pengaturan dan melalui menu Recovery Mode. Simak kedua metodenya berikut ini.

Factory Reset Xiaomi

Factory Reset Xiaomi
9. Factory Reset HP Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Hard Reset Xiaomi

Selain melalui setelan, Anda bisa melakukan reset melalui Recovery Mode (Mi Recovery), berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama, matikan ponsel Xiaomi Anda terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol Power + Volume up secara bersamaan selama beberapa detik sampai nantinya muncul logo Xiaomi dan lepaskan.
  3. Pada menu Mi Recovery, Anda bisa pilih Wipe Data » Wipe All Data.
  4. Lanjutkan dengan memilih Confirm.
  5. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Selanjutnya pilih Back to main menu.
  7. Pilih Reboot » Reboot to System.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Factory Reset HP Xiaomi

10. Flashing

Apabila semua metode yang saya berikan di atas tidak berhasil mengatasi masalah Anda, maka solusi lain yang bisa Anda lakukan yakni dengan Flashing. Flashing merupakan opsi install ulang sistem Android yang dapat Anda lakukan pada ponsel Xiaomi Anda. Anda bisa melakukan Flashing melalui menu Pengaturan atau menggunakan Mi Flash Toolsdengan bantuan kabel data dan PC Windows.

Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan Firmware atau ROM versi Global sesuai dengan tipe HP Xiaomi yang Anda gunakan. Anda bisa temukan dan download gratis ROM Xiaomi melalui situs resminya di sini. Xiaomi juga telah menyediakan langkah-langkah Flashing melalui Local Update dan Fastboot Update.

Lihat Juga : 4 Cara Mengatasi Setelan Telah Berhenti di Xiaomi

Penutup,

Dengan adanya penjelasan dan tips yang saya berikan di atas, semoga masalah aplikasi tidak bisa dibuka pada ponsel Xiaomi Anda bisa teratasi dengan baik. Semua metode di atas dapat Anda terapkan pada semua tipe HP Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 5A, Xiaomi Mi2A, Redmi Note 4, Note 4x, Note 4 Pro, Redmi Note 5, Redmi Note 6, Redmi Note 7, Redmi Note 8, Redmi Note 9, Redmi Note 10, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Mengapa aplikasi keluar sendiri di HP Xiaomi?

Aplikasi force close atau keluar sendiri dapat disebabkan karena bugs pada aplikasi. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memperbarui aplikasi.

Mengapa aplikasi File Manager tidak bisa dibuka?

File Manager yang tidak bisa dibuka atau muncul pesan error disebabkan karena service sistem yang bermasalah. Cobalah untuk melakukan update MIUI untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengapa aplikasi tidak menanggapi?

Ada banyak faktor yang menyebabkan aplikasi tidak menanggapi, Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di sini.

Demikian ulasan singkat dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin Anda tanyakan, silakan tulis melalui kolom komentar yang ada di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Masalah HP Xiaomi

Tips Xiaomi

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 29 Comment

  1. Marsel berkata:

    Halloween kak kenapa ya game online di hp ku kok gak bisa login padahal jaringan bagus kuoata full tapi kalau bukak aplikasi lain bisa login

  2. Hidayatulloh berkata:

    Kenapa akun ganda buat aplikasi game FF nggak kebuka mulu?apa nggak bisa di gandain?

  3. Ervinafaizz berkata:

    Terimakasih banget ka, sangat membantu, akhirnya bisa make apknya lagi

  4. prayitno berkata:

    cek bpjstku muncul bpjstku telah berhenti xiomi note 4a

  5. nicky berkata:

    Maaf mas,saya mau tanya,aplikasi di hp saya seperti Playstore,Mi Video,Pdf Reader,Webtoon nggk bisa di buka mas,kalau saya klik,eh tau nya ketutup sendiri.bagaimana itu mas.tolong di bantu..

  6. Samsul berkata:

    Semua yg tertera sdh sya lakukan semua tp hasilnya ttp gak bisa.
    Ttp zonk
    Gak bisa buka aplikasi PES

  7. Muslianto berkata:

    Malam Mas , mhn masukannya,,
    saya ada sedikit masalah di xiaomi redmi note 4x tidak bisa login keaplikasi mandiri online, saya sdh daftar Kebank mandiri langsung, awalnya pas selesai daftar di CS bank Mandiri langsunglah coba login aplikasi tapi selalu gagal, nah si CS tsb nyaranin saya cek pulsa HP apakah mencukupi untuk sms premium, krna sy pakai kartu halo buat internetnya menurut mereka mgkn saja pulsa buat sms tidak ada, lalu saya pulang sampai dirumah saya telpon Call Centre Telkomsel menanyakan perihal tsb, jawaban nya mrka blag pulsa buat sms nya ada, soalnya kartu saya masih cukup limit buat sms tsb diluar paket internet dan bonus tlpon serta sms paket bulanan sy, call centre Telkomsel nyaranin saya cek pengaturan hp saya, kali aja pengaturan sms nya yg bermasalah, sy ikutin sarannya tapi tetap gak bisa jg, saya browsing Cari petunjuk semua yg saya dapat disitu saya coba semua hasilnya masih nihil, balik kebank Mandiri lagi pihak bank jg ga tau, telpon call centre xiaomi jg sama gak dpat solusi. Apakah mas bisa kasi masukan tentang maslah saya ini.
    Tapi anehnya saya pakai aplikasi Bank bca aman aman saja.trims

    • Dian Arifin berkata:

      Itu yang bermasalah bukan HP nya ataupun kartu mas, melainkan aplikasi Mandiri Online tersebut, seharusnya dari pihak bank yang membantu. kalau kasus saya sendiri pakai BNI SMS Banking juga ngak bisa, dan itu aplikasinya yang memang bermasalah. Mungkin kedepannya akan ada perbaikan terkait SMS Banking via Aplikasi.

  8. rachmat.gunawan berkata:

    Aplikasi browser,kontak,pesan,ga bisa dibuka,sarannya gimana ya,cara yg diatas udah dilakuin,tp masoh ttp aja.
    Trus klo tiap di restar slalu aja minta sinkron riwayat panggilan

  9. Tuteh berkata:

    Saya pengguna Xiaomi dan artikel ini membantu sangat hehehe. Cuma kadang masih ragu update MIUInya. Makasih, kakak 🙂

  10. Niken Ardiyanti Kartika Putri berkata:

    Maaf mas gini saya mau tanyak gimana cara membenarkan handphone xiaomi 5
    Yang awalnya lupa kata sandi terusdi reset sama kakak saya dan tiba tiba muncul gambar gembok yang bertuliskan Perangkat Terkunci
    Tolong Mas Bantu respon yah

  11. Asam berkata:

    Sebenernya ngga perlu di flashing ulang, cukup ke pengaturan -> cari aplikasi yang ngga bisa dibuka -> cari “perizinan” lalu enable (geser kekanan) monggo dicoba moga bisa membantu

  12. Risma berkata:

    Maksud tidak bisa diizinkan nya gini mas kan d sana ada icon bisa d geser kiri kanan… Tapi aplikasi baru itu tidak bisa d geser k kanan, jadi tidak dapat perizinan. Aplikasinya jadi g bisa d buka. Itu gmna mas

    • Dian Arifin berkata:

      Gini, tolong buka aplikasi keamanan / Security, kemudian lakukan perizinan pada semua aplikasi agar bisa mengakses semua fitur yang ada.

  13. mimy berkata:

    saya tidak bisa fb dari hape xiaomi saya,tapi saya bisa buka fb di hape lain….tolong penjelasannya terima kasih

  14. Abdurahman berkata:

    Tolong saran gan aplikasi uc browser dan opera mini gak bisa di buka dengan kouta internet hanya bisa di wifi saja.. Hp saya xiomi redmi note 4.thx

  15. Yudha franstya berkata:

    Maaf gan gmana caranya setiap buka aplikasi baru harus buka setelan perizinan, tetapi tidak bisa diizinkan
    Hp xiaomi redmi 4a
    Tolong solusinya

    • Dian Arifin berkata:

      Iya emng kalau aplikasi baru harus melakukan perizinan mas. Tidak bisa diizinkan maksudnya bagaimana ya? tolong diperjelas…

  16. Jojo berkata:

    Mas Dian,
    Saya pake xiomi redmi note 3 hanya saja Ada beberapa aplikasi bawain MIUI Saya disable,setelah itu contoh seperti di gallery video nya gak bisa di buka,pertanyaan nya selain aplikasi bawain MIUI adakah aplikasi lain yg bisa buka video tersebut? terimakasih

    • Dian Arifin berkata:

      Alangkah lebih baiknya, jika disable bisa di enable. tapi kalau tidak bisa, lakukan flashing aja. Untuk aplikasi Video Player banyak tersedia di Google Play Store, tinggal ketik-an saja.

  17. hilmi berkata:

    semua cara dah dipakai masih ngga bisa gan setelah di install factory.. selalu muncul notovikasi berhenti abis itu keluar sndri

    • Dian Arifin berkata:

      Kalau udah factory reset melalui menu Recovery Mode tetap ngak bisa, maka solusinya flashing mas, download firmware. cari petunjuk atau langkah-langkah flashing sesuai dengan merek atau tipe perangkat yang mas gunakan.