10 Software Cleaner PC & Mac Terbaik

Tidak hanya di kehidupan sehari-hari, sampah di komputer juga merupakan benda yang mengganggu, yang jika dibiarkan akan menjadi bencana yang cukup merugikan Anda.

Dengan menggunakan prinsip yang sama dengan kehidupan sehari-hari, maka Anda harus membersihkan sampah di komputer Anda secara teratur. Hal ini dilakukan akan komputer atau laptop Anda tetap berjalan dengan lancar dan optimal.

Cara membersihkannya sendiri cukup gampang, Anda hanya perlu menemukan sampah itu, lalu menghapus keberadaannya. Yang jadi pertanyaan? Bagaimana cara kita menemukan file sampah dari banyaknya folder yang ada di komputer, jika diperiksa satu persatu akan memakan waktu yang sangat lama. Lagian, bagaimana kita tahu kalau file itu file sampah atau bukan.

Nah, untuk mengatasi masalah seperti itu. Dikembangkanlah software cleaner, software ini merupakan software yang bertugas menemukan file sampah yang ada di komputer Anda melalui scan di setiap drive Anda, lalu menghapusnya sesuai perintah Anda.

 Lihat Juga : 14 Software Recovery Data PC Terbaik

Aplikasi Pembersih PC & Mac Terbaik

Diluar sana terdapat berbagai macam software Cleaner, masing-masing mempunyai nilai kelebihannya tersendiri. Dengan penambahan berbagai dukungan fitur lainnya, mereka berusaha untuk menjadi software cleaner terbaik untuk komputer anda.

Berikut rekomendasi software cleaner yang dapat anda jadikan pilihan….

1. CCleaner

CCleaner Windows

Yang pertama adalah CCleaner. Mungkin nama ini sudah tidak asing ditelinga Anda, software yang satu ini memang sudah sangat populer di kalangan pengguna komputer dan laptop, jadi wajar saja kalau Anda sudah pernah mendengarnya.

Lalu apa yang membuat CCleaner ini begitu spesial? Yang pertama adalah fitur yang terbilang lengkap, bahkan di versi gratisnya. CCleaner dapat membersihkan berbagai file sampah yang ada di hard disk Anda, mulai dari cache, temporary file, thumbnail, registry entry, sampai browser tracker.

Selain itu, CCleaner juga memiliki fitur seperti duplicate finder yang akan sangat membantu mengoptimalkan penggunaan ruang Anda.

Yang kedua adalah, ukurannya yang ringan dan tidak memakan banyak RAM. Sebagai sebuah software Cleaner, ringan dan tidak memakan banyak RAM adalah prioritas utama, tidak lucu jika software Cleaner lah yang menyebabkan komputer atau laptop Anda berjalan dengan lambat.

[Windows] [MacOS] [Linux]

2. Razer Cortex

Razer Cortex

Meskipun merupakan software yang dikembangkan oleh Razer, software ini tetap dapat dijalankan di perangkat lain. Razer Cortex merupakan software yang ditawarkan Razer sebagai software Cleaner sekaligus software Booster.

Salah satu yang membuat Razer Cortex ini spesial adalah fitur Game Boosternya yang akan membuat komputer Anda tetap berjalan seoptimal mungkin saat memainkan game.

Tidak hanya itu, Razer Cortex ini juga memiliki game library yang menambah kesan gamingnya, Anda juga dapat melihat dashboard gaming Anda disini.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 11 Aplikasi Download Manager PC Terbaik

3. BleachBit

BleachBit

Software berikut merupakan software yang sudah ada sejak 11 tahun yang lalu. BleachBit merupakan salah satu software Cleaner yang cukup Penulis rekomendasikan untuk Anda coba.

Dengan menggunakan BleachBit ini Anda akan bisa membersihkan file-file sampah yang ada di komputer atau laptop Anda dengan mudah dan cepat. Mulai dari cache, cookie, temporary registry, dan file-file sampah lainnya.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih bagian yang ingin Anda pindai dan Anda hapus. Centang pilihan Anda, dan BleachBit akan langsung membersihkannya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

4. Total PC Cleaner

Total PC Cleaner

Software berikutnya ini merupakan software yang bisa Anda dapatkan di Microsoft Store secara gratis. Total PC Cleaner, adalah software Cleaner lainnya yang bisa Anda gunakan untuk menjaga keoptimalan komputer atau laptop Anda.

Memiliki tampilan yang sederhana dan simple, namun memiliki kesan intuitif yang kuat. Hanya dengan beberapa perintah Anda sudah bisa mengosongkan kapasitas ruang Anda.

Total PC Cleaner ini dapat membersihkan komputer atau laptop Anda dari berbagai macam junk file, mulai dari system cache, application cache, mail cache, browser cache, dan file sampah lainnya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

5. Avast CleanUp

Avast Clean Up

Jika mendengar kata Avast, mungkin yang terlintas dibenak Anda adalah software Antivirus. Namun software yang satu ini bukanlah software AntiVirus, Avast CleanUp merupakan software besutan Avast yang dikembangkan untuk membantu Anda menjaga keoptimalan komputer atau laptop Anda.

Dengan menggunakan Avast CleanUp Anda akan bisa membersihkan berbagai junk file yang terdapat di drive Anda. Software ini juga bisa mendeteksi software atau file yang tidak bermanfaat untuk dibersihkan.

Hanya saja, untuk menggunakan software ini Anda harus membayar terlebih dahulu. Avast CleanUp tidak tersedia dalam mode trial maupun versi gratis, hanya ada versi preview yang menunjukkan tampilan dan sedikit cara kerja Avast CleanUp.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

6. AVG TuneUp

AVG PC TuneUp

Datang dari pengembang yang sama dengan software Anti Virus yang cukup popular. AVG TuneUp merupakan salah satu software Cleaner yang cukup Penulis rekomendasikan untuk Anda coba. Software yangsatu ini merupakan software yang dikembangkan oleh pengembag AVG Anti Virus, yakni AVG Technologis.

Dengan menggunakan AVG TuneUp ini Anda akan bisa menjaga keoptimalan komputer atau laptop Anda dari berbagai macam junk file. Selain dari fungsi utamanya sebagai pembersih, AVG TuneUp juga dapat digunakan sebagai penghemat battery, dan menutup celah keamanan.

AVG TuneUp juga dapat menonaktifkan software-software yang tidak diperlukan secara otomatis dengan fitur sleep mode-nya. Software tadi akan diaktifkan Kembali saat Anda membutuhkannya, cara ini dinilai dapat menambah jangka hidup dari battery.

[Windows] [MacOS] [Linux]

7. Advanced System Care

Advanced System Care

Masih dengan rekomendasi software Cleaner, di urutan ketujuh ini Penulis menyarankan Anda untuk mencoba Advanced System Care.

Software ini merupakan software yang dikembangkan dan ditawarkan oleh IObit. Sama halnya dengan software Cleaner lain, di Advanced System Care Anda juga akan mendapatkan berbagai layanan yang akan membantu Anda untuk mengoptimalkan kinerja komputer atau laptop Anda.

Mulai dari membersihkan penyimpanan dari junk file, hingga mengoptimalkan penggunaan RAM, semua bisa Anda lakukan dengan Advanced System Care ini.

[Windows] [MacOS] [Linux]

8. WinOptimizer

WinOptimizer

WinOptimizer merupakan software Cleaner besutan Ashampoo, yang ditujukan kepada pengguna Windows.Seperti namanya, WinOptimizer ini bertujuan untuk mempertahankan kinerja Windows agar tetap optimal.

Dengan hanya satu ketukan Anda sudah bisa mengoptimalkan Windows Anda dari berbagai masalah, seperti junk file, system issues, tidak hanya mengoptimalkan dengan satu ketukan tadi Anda juga akan mem-boostperforma windows Anda.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 13 Aplikasi PDF Reader PC & Mac Terbaik

9. Wise Disk Cleaner

Wise Disk Cleaner

Wise Disk Cleaner merupakan software Cleaner lain yang cukup penulis rekomendasikan untuk Anda coba. Dengan menggunakan software ini, Anda akan mampu membersihkan berbagai junk file yang terdapat pada penyimpanan Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyetel jadwal untuk pembersihan, sehingga Anda tidak perlu lagi menggunakan software ini dengan manual karena Wise Disk Cleaner berjalan secara otomatis sesuai dengan jadwalnya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

10. Wise Care 365

Wise Care 365

Software terakhir yang penulis rekomendasikan adalah Wise Care 365, software ini merupakan saudara dari software sebelumnya, Wise Disk Cleaner. Dengan menggunakan Wise Care 365 ini, Anda akan mampu membersihkan penyimpanan Anda dari junk file-junk file yang mengganggu.

Anda juga dapat melakukan sistem boosting untuk meningkatkan kinerja komputer atau laptop Anda. Tidak hanya itu, Wise Care 365 juga memiliki fitur keamanan seperti Privacy Protection.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.