7 Cara Hard Reset HP LG

LG merupakan perusahaan elektronik yang berkantor pusat di LG Twin Towers di Yoido, Seoul, Korea Selatan. LG Electronics merupakan salah satu perusahaan kedua terbesar di Korea Selatan yang berfokus dalam pengembangan dan produksi perangkat elektronik dan berbagai produk IT masa kini. Dalam perkembangannya, LG lebih banyak memproduksi perangkat elektronik seperti TV Digital, Kulkas, Mesin Cuci, DVD Player, Bluetooth Speaker, dan sejenisnya ketimbang perangkat telekomunikasi seperti smartphone.

LG memang cukup terkenal di kalangan masyarakat di seluruh dunia, tapi sayangnya, lini smartphone LG tidak sepopuler dan semenarik rivalnya seperti Samsung, OPPO, Realme, Xiaomi, dan lainnya. Pada akhirnya, tepat pada tanggal 5 April 2021 yang lalu, LG menutup sektor bisnis smartphone miliknya di seluruh dunia. Keputusan tersebut diambil lantaran bisnis smartphone LG mengalami kerugian yang cukup besar. Namun LG tetap akan menjual smartphone sampai persediaannya habis serta memberikan dukungan software pada jangka waktu tertentu.

Ketika menggunakan ponsel LG, sebagian pengguna terkadang mengalami masalah pada sistem dan aplikasi terinstall. Masalah yang dialami setiap pengguna tentunya berbeda-beda, mulai dari munculnya pesan error, force close saat memuka aplikasi, bootloop, hingga lupa pola kunci / kata sandi layar. Mengembalikan smartphone ke posisi awal / pabrikan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak panduan reset HP LG berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Samsung

Cara Hard Reset HP LG

Untuk melakukan reset, ada dua metode yang bisa dilakukan, melalui menu Pengaturan (Soft Reset / Factory Reset) dan melalui menu Recovery Mode (Wipe Data / Hard Reset). Keduanya memiliki fungi yang sama yakni mengembalikan smartphone ke posisi awal. Sebelum melakukan reset, jika masih memungkinkan saya sarankan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Pindahkan data-data yang ada di memori internal ke memori eksternal (SD Card) atau komputer. Untuk melakukan reset, Anda bisa ikuti petunjuk dan langkah – langkahnya di bawah ini.

Factory Reset melalui menu Pengaturan

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan pada smartphone LG Anda.
  2. Temukan dan pilih menu Backup & Reset » kemudian pilih Factory Data Reset.
  3. Kemudian pilih RESET DEVICE » kemudian konfirmasi proses tersebut dengan memilih OK / YES.
  4. Anda tinggal menunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  5. Setelah itu, smartphone akan restart dan LG akan kembali ke posisi awal seperti baru beli.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Evercoss

Hard Reset melalui Recovery Mode

  1. Langkah pertama, pastikan smartphone LG Anda dalam keadaan mati / off.
  2. Tekan dan tahan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai HP bergetar dan muncul logo LG.
  3. Setelah muncul logo LG, lepaskan tombol Power (tetap tahan tombol Volume Down), tekan sekali lagi tombol Power hingga nantinya muncul keterangan Factory Data Reset. Lepaskan semua tombol yang Anda tekan.
  4. Di layar LG akan muncul keterangan Factory Data Reset dengan memilih YES atau NO. Silakan pilih YES untuk melakukan reset HP LG Anda (gunakan tombol Volume Up dan Down untuk navigasi atas dan bawah, kemudian tombol Power untuk memilih menu).
  5. Setelah itu, muncul halaman konfirmasi apakah Anda yakni untuk melakukan Factory Data Reset LG atau tidak, Anda bisa lanjutkan dengan memilih YES.
  6. Proses reset HP LG akan dijalankan dan Anda bisa menunggu sampai proses tersebut selesai dilakukan.
  7. Jika sudah, Anda akan melihat tampilan LG seperti baru pertama kali beli.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Advan

Penutup,

Dengan melakukan reset, maka smartphone akan dikembalikan ke posisi awal serta semua file berkas dan media akan dihapus secara permanen seperti dokumen, foto, video, audio, dan lainnya. Anda bisa mengikuti panduan di atas pada semua varian dan seri HP LG seperti LG V30 Plus, G7+ThinQ, K9, G6 Plus, dan lainnya. Jika nantinya terdapat perbedaan nama fungsi atau tampilan, maka silakan menyesuaikan.

Bagaimana keluar dari mode Factory Data Reset LG?

Jika Anda tidak ingin melakukan reset dan ingin membatalkannya, Anda bisa memilih NO pada pilihan Factory Data Reset.

Apakah Hard Reset LG dapat mengatasi lupa pola kunci / kata sandi layar?

Tentu saja, Anda bisa mengatasi lupa pola kunci layar LG dengan Hard Reset seperti yang saya jelaskan di atas.

Apakah Hard Reset LG membutuhkan konfirmasi pola kunci layar?

Tidak, Hard Reset LG tidak membutuhkan konfirmasi pola kunci layar.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.