7 Cara Hard Reset HP Evercoss

Evercoss (sebelumnya bernama Cross Mobile) merupakan perusahaan elektronik asal Indonesia yang didirikan pada tahun 2008 di Jakarta. Produk utama yang dihasilkan adalah smartphone dan tablet Android. Evercoss memang dulunya terkenal sebagai ponsel Cina, mungkin ada benarnya. Kenyataannya produk Evercoss memang merek Indonesia tetapi tidak sepenuhnya asli Indonesia. Dalam perkembangannya, Evercoss terus memproduksi dan menjual smartphone dan tablet Android kelas entry-level atau low-end dengan harga ratusan ribu sampai 1 jutaan ke atas.

Evercoss Xtream 2 Prime adalah salah satu ponsel harga murah yang rilis sekitar tahun 2019-an yang lalu. Membawa sejumlah spesifikasi kelas entry-level, RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB, Xtream 2 Prime dibanderol dengan harga sekitar 700 ribuan. Jika dibandingkan dengan smartphone populer seperti OPPO, Realme, Xiaomi, VIVO, dkk, Evercoss memang belum ada apa-apanya. Tetapi untuk masalah desain, Evercoss juga tidak mau kalah. Meski dibanderol dengan harga terjangkau, Xtream 2 Prime memiliki bezel-less yang sangat tipis dan kekinian.

Sayangnya, untuk masalah performa, dukungan aplikasi dan game memang tidak bisa di andalkan. Ada banyak hal yang membatasi pengguna untuk menginstall banyak aplikasi dan game. Tidak hanya karena kapasitas RAM-nya yang kecil, penyimpanan internal yang hanya 16GB tidak mampu menampung banyak aplikasi. Jika dipaksakan, ujungnya hanya membuat memori internal penuh hingga akhirnya smartphone terasa lemot saat digunakan.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Advan

Cara Hard Reset HP Evercoss

Untuk masalah aplikasi error dan macet mungkin masih bisa diatasi dengan cara sederhana. Tetapi untuk masalah yang berkaitan dengan sistem Android yang error, bootloop, LAG, sampai lupa pola kunci maka solusinya yang bisa dilakukan adalah dengan reset smartphone ke setelan awal. Untuk melakukan reset, ada dua metode yang bisa dilakukan, melalui menu Pengaturan dan melalui menu Android Recovery. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukannya, simak dan ikuti langkah – langkahnya di bawah ini.

Factory Reset melalui menu Pengaturan

  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan pada smartphone atau tablet Evercoss Anda.
  2. Temukan dan pilih menu Backup & Reset » kemudian pilih Factory Data Reset.
  3. Ikuti petunjuk reset HP Advan sampai proses reset berhasil dijalankan.
  4. Setelah itu, smartphone akan restart dan Evercoss akan kembali ke posisi awal seperti baru beli.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP Infinix

Hard Reset melalui menu Android Recovery

  1. Pertama, pastikan smartphone atau tablet Evercoss Anda dalam keadaan mati / off.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo Evercoss lalu lepaskan tombol Power.
  3. Tunggu beberapa saat maka Anda akan di bawa ke menu Recovery Mode (Android Recovery).
  4. Setelah itu, pilih menu Wipe Data / Factory Reset untuk melakukan Hard Reset HP Evercoss Anda (Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk navigasi atas dan bawah, lalu tombol Power untuk memilih menu).
  5. Setelah itu, konfirmasi dengan memilih Yes. Tunggu sampai proses Wipe Data selesai dilakukan.
  6. Jika sudah, pilih Reboot system now untuk memuat ulang smartphone Evercoss Anda.
  7. Tunggu beberapa saat maka smartphone Evercoss Anda akan kembali ke posisi awal sama seperti baru beli.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 7 Cara Hard Reset HP Samsung

Penutup,

Dengan melakukan Hard Reset, maka sistem dan aplikasi akan dikembalikan ke posisi awal serta data yang tersimpan di memori internal seperti dokumen, foto, video, audio, dan sejenisnya akan terhapus secara permanen. Sebelum melakukan reset, jika masih memungkinkan saya sarankan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Metode di atas dapat Anda lakukan pada semua seri dan tipe HP Evercoss seperti Evercoss Xtream 2 Prime, Xtream 2 Plus, Xtream 2 Pro, M55A, U6B, dan lainnya. Jika nantinya ada sedikit perbedaan tampilan atau nama fungsi, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Apakah Hard Reset HP Evercoss dapat mengatasi masalah lupa pola kunci?

Tentu saja, Anda dapat mengatasi masalah lupa pola kunci / kata sandi layar dengan melakukan Hard Reset melalui menu Android Recovery.

Apakah Hard Reset HP Evercoss dapat mengatasi bootloop / LAG?

Tergantung, bootloop yang terjadi karena masalah pada sistem Android dapat di atasi dengan Hard Reset. Tetapi jika bootloop terjadi karena kerusakan komponen, maka Hard Reset tetap tidak akan membantu.

Apakah Hard Reset HP Evercoss membutuhkan konfirmasi pola kunci / kata sandi layar?

Tidak, Hard Reset Evercoss tidak membutuhkan konfirmasi pola kunci / kata sandi layar.

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.