9 Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Awal

Anda bisa melakukan reset HP OPPO melalui menu Pengaturan dan ColorOS Recovery dengan mengikuti panduannya berikut…

OPPO merupakan salah satu perusahaan teknologi terkemuka yang bermarkas di Tiongkok, China. Di Indonesia sendiri, OPPO termasuk salah satu produk paling laris dan sukses di pasaran. Di akhir tahun 2021, OPPO berhasil menduduki pangsa pasar smartphone di Indonesia dengan angka 21,48%, disusul Samsung dengan angka 20,69%, Xiaomi 19,99%, VIVO 13,62%, Apple 9,09, dan Realme 7,47%. Sampai saat ini, OPPO telah menghadirkan beragam seri HP di antaranya: OPPO F Series (sekarang sudah berakhir), K Series, N Series, A Series, Reno Series, dan Find X Series. Tentunya setiap seri yang dihadirkan memiliki fitur-fitur unggulan yang berbeda pula.

Sektor kamera menjadi yang paling di unggulkan pada smartphone OPPO, dan hal inilah yang membuat anak muda, terutama perempuan lebih memilih OPPO sebagai smartphone pilihan. Meski demikian, bukan berarti OPPO tidak memiliki kekurangan, sebagian pengguna OPPO juga terkadang mengalami masalah ketika menggunakan ponsel, seperti kamera yang tidak berfungsi, layar hitam, antarmuka OS (ColorOS) yang lag, sinyal 4G yang tidak muncul, bootloop, dan masih banyak lagi.

Masalah ini lebih sering terjadi pada seri low-end dan mid-range, namun tidak menutup kemungkinan seri flagship juga mengalami hal yang sama. Opsi reset biasanya menjadi pilihan terakhir ketika cara-cara sederhana tidak membantu sama sekali. Melalui artikel ini, saya akan berbagi tutorial cara melakukan reset HP OPPO yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah pada ponsel OPPO Anda. Sebelumnya, Anda perlu memahami apa itu reset? Dan apa yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan reset? Untuk itu, simak ulasannya berikut ini!

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Lupa Password HP OPPO

Perbedaan factory reset, hard reset, dan wipe data

Sebagian dari pengguna OPPO yang awam masih merasa bingung dengan perbedaan antara factory reset, hard reset, dan wipe data. Sebelum ke panduan reset HP OPPO, akan saya jelaskan terlebih dahulu perbedaan dari ketiga istilah tersebut. Dalam pengertiannya, factory reset, hard reset, dan wipe data memiliki arti yang sama, yakni ‘mengembalikan Android ke setelan awal / pabrikan. Hanya saja, ketiga istilah tersebut ditempatkan pada menu yang berbeda, factory reset ditempatkan pada menu Pengaturan / Setelan, sedangkan hard reset dan wipe data ditempatkan pada menu Recovery Mode (ColorOS Recovery).

IstilahKeterangan
Factory resetFactory reset merupakan istilah yang disematkan pada antarmuka OS (ColorOS) menu Pengaturan / Setelan HP OPPO. Sekarang, istilah factory reset jarang digunakan, lebih ke nama fitur yang mudah dikenal: ‘Kembali ke pengaturan pabrik’.
Hard resetBerbeda dengan factory reset yang disematkan pada antarmuka OS, hard reset disematkan pada menu Recovery Mode (ColorOS Recovery). Opsi hard reset dapat dijadikan alternatif apabila tidak bisa masuk ke antarmuka OS karena masalah tertentu.
Wipe dataWipe data adalah istilah lain dari hard reset yang juga disematkan pada menu Recovery Mode (ColorOS Recovery).

Google (selaku pengembang OS Android) dan vendor secara bebas menempatkan istilah tersebut sesuai keinginan mereka. Jadi, Anda juga dapat menemukan istilah factory reset pada menu Recovery Mode, tidak hanya pada menu Pengaturan. Karena pada intinya, reset bertujuan untuk ‘mengembalikan setelan ponsel ke posisi awal / pabrikan’. Opsi reset lebih sering dijadikan pilihan ketika pengguna mengalami masalah yang cukup berat, seperti bootloop, aplikasi tidak bisa dibuka, aplikasi yang selalu muncul pesan error, lupa pola kunci / password, lemot, macet, dll.

Dalam perkembangannya, opsi reset hadir dengan pilihan yang lebih beragam; dengan tetap mempertahankan data-data yang tersimpan di memori internal. Beberapa opsi reset yang disediakan di antaranya: reset jaringan (Bluetooth, Wi-Fi, dan data seluler), reset Pengaturan, reset Pengaturan aksesibilitas, dan reset data pabrik. Pengguna dapat memilih opsi reset sesuai kebutuhannya. Jika pengguna ingin melakukan reset pada menu Pengaturan, maka pilih reset Pengaturan.

Sementara hard reset lebih ditekankan pada masalah sistem seperti bootloop, macet total, booting hanya sampai logo ponsel, lupa password, dan lain sebagainya. Jika ponsel OPPO Anda tidak bisa masuk antarmuka OS, hard reset / wipe data melalui menu Recovery Mode bisa Anda jadikan pilihan. Sebelum memutuskan untuk melakukan reset HP OPPO, simak beberapa tips berikut ini;

Tips sebelum reset

Sebelum melakukan reset, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting dalam melakukan reset, berikut di antaranya;

  • Cadangkan semua file yang tersimpan di memori internal HP OPPO Anda, seperti foto, video, audio, dokumen, apk, dan sebagainya. Pindahkan data-data tersebut ke memori eksternal atau bisa juga ke penyimpanan online, seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, dll.
  • Cadangkan juga riwayat pesan yang Anda miliki, terutama pada aplikasi chat yang Anda gunakan, seperti WhatsApp, LINE, Telegram, dan lainnya. Anda bisa sinkronisasikan aplikasi WhatsApp ke Google Drive untuk mencadangkan pesan.
  • Opsi reset bukan satu-satunya pilihan. Jika masih memungkinkan, cobalah cara-cara sederhana yang lebih aman dan lebih mudah untuk Anda lakukan, seperti membersihkan cache, menghapus data aplikasi, atau memuat ulang ponsel. Tapi jika dengan cara sederhana masih tidak membantu, silakan untuk memilih jalan reset.
  • Tidak ada jaminan bahwa reset HP dapat mengatasi masalah pada ponsel OPPO Anda. Beberapa masalah seperti bootloop, lupa pola, fastboot, dan mati total terkadang tidak bisa di atasi dengan opsi reset. Mungkin saja masalah tersebut terjadi karena kerusakan pada komponen perangkat.

Setelah memahami beberapa poin di atas dan Anda merasa yakin untuk melakukan reset HP OPPO, Anda bisa simak panduannya berikut ini.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO

Cara Reset HP OPPO

Seperti yang saya jelaskan di atas, melakukan reset HP OPPO dapat Anda lakukan dengan dua metode; melalui menu Pengaturan dan melalui menu Recovery Mode (ColorOS Recovery). Jika HP OPPO Anda masih memungkinkan untuk masuk ke antarmuka OS, Anda bisa memilih factory reset. Namun jika HP OPPO Anda tidak bisa masuk ke antarmuka OS karena suatu masalah, Anda bisa memilih hard reset. Langsung saja, simak dan ikuti panduannya berikut ini!

Factory Reset melalui menu Pengaturan

Reset HP OPPO
Factory Reset HP OPPO. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka menu Pengaturan pada smartphone OPPO Anda.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan » Buat cadangan dan reset.
  3. Pilih Kembalikan ke pengaturan pabrik » Hapus semua isi & pengaturan.
  4. Konfirmasi reset smartphone OPPO dengan pola kunci / PIN.
  5. Selesai.

Hard Reset melalui menu Recovery Mode

Hard Reset HP OPPO melalui menu Recovery Mode. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, pastikan daya baterai smartphone OPPO Anda mencukupi untuk melakukan hard reset. Minimal, sediakan kapasitas baterai 50% agar proses reset bisa berjalan lancar dan maksimal.
  2. Masuk menu ColorOS Recovery dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya Anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode OPPO.
  3. Jika ada opsi bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  4. Dan untuk melakukan hard reset HP OPPO, Anda bisa pilih Wipe Data/ Factory Reset. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih Format Data » OK.
  5. Jika dibutuhkan, Anda bisa memasukkan pola kunci / PIN.
  6. Tunggu sampai proses hard reset selesai dan berhasil. Jika sudah, Anda bisa melakukan Reboot atau restart smartphone OPPO Anda.
  7. Ikuti petunjuk daftar / login Gmail agar Anda bisa menggunakan smartphone Anda kembali.
  8. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP OPPO

Wipe data melalui Google Find My Device

Hapus Data Pada Ponsel Android Yang hilang
Wipe data pada perangkat yang hilang. RUDI DIAN ARIFIN
Google Find My Device
Google Find My Device
Developer: Google LLC
Price: Free

Jika Anda berada pada suatu kondisi di mana ponsel OPPO yang Anda miliki hilang, terjatuh, atau mungkin di curi orang, dan ingin menghapus semua data pada perangkat, Anda bisa melakukannya dengan bantuan Google Find My Device. Google Find My Device merupakan sebuah aplikasi milik Google yang dapat Anda gunakan untuk menemukan ponsel yang hilang / terjatuh. Jika ponsel sulit ditemukan dan Anda merasa ikhlas untuk merelakannya, Anda bisa memilih untuk menghapus seluruh konten yang ada pada perangkat melalui aplikasi tersebut. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama, buka halaman Find My Device melalui browser PC / ponsel lain yang Anda miliki.
  2. Login menggunakan akun Google yang terhubung pada HP OPPO Anda.
  3. Klik Hapus perangkat dan konfirmasi dengan Hapus perangkat untuk melakukannya.
  4. Kemudian Anda akan diminta kembali untuk memasukkan email dan kata sandi akun Google Anda.
  5. Setelah verifikasi sesuai, Google akan menghapus data pada perangkat dan mengembalikan OS Android ke setelan awal.
  6. Selesai.

*NOTE

  • Hapus perangkat akan dilakukan saat ponsel terhubung ke jaringan internet.
  • Setelah menghapus perangkat, Anda tidak lagi memiliki kendali atas perangkat tersebut dan tidak dapat mencarinya.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul di HP OPPO

Penutup,

Dengan penjelasan dan beberapa metode di atas, semoga masalah yang terjadi pada ponsel OPPO Anda dapat teratasi dengan baik dan ponsel bisa digunakan dengan normal kembali. Jika terdapat perbedaan tampilan / nama fitur, maka Anda bisa menyesuaikannya. Dan apabila masalah yang Anda hadapi cukup berat, opsi selain reset adalah flashing; menginstall ulang OS Android dengan firmware yang baru. Mungkin Anda bisa googling untuk mencari penjelasan dan metodenya sesuai dengan tipe HP OPPO yang Anda gunakan.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa itu Recovery Mode / ColorOS Recovery?

Recovery Mode adalah fitur bawaan dari OS Android yang digunakan untuk melakukan perbaikan (recovery) saat sistem dan aplikasi mengalami masalah. Pada menu Recovery Mode, terdapat beragam opsi perbaikan, mulai dari wipe data / factory reset, update / recover from SD card, wipe cache partition, view recovery logs, dan masih banyak lagi.

Apakah hard reset HP OPPO membutuhkan konfirmasi password?

Beberapa varian HP OPPO terbaru saat ini membutuhkan konfirmasi password untuk melakukan wipe data. Ini dilakukan demi menjamin keamanan perangkat.

Bagaimana cara mengatasi HP OPPO yang bootloop?

Reset adalah salah satu cara mengatasi HP OPPO yang bootloop. Tapi jika tidak berhasil, cobalah dengan flashing ulang HP OPPO Anda. Selengkapnya, Anda bisa simak pembahasan mengenai HP OPPO yang bootloop pada artikel berikut.

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Teknik Komputer Jaringan – Sejarah, Penerapan, Fungsi, dan Peluang Kerja

    TKJ merupakan salah satu jurusan yang mempelajari informasi tentang komputer dan komponen di dalamnya
  2. 120 Shortcut Adobe Photoshop Lengkap

    Berikut kumpulan tombol shortcut keyboard Adobe Photoshop terbaru dan lengkap saat ini
  3. Download Microsoft Office 2007

    Office 12 merupakan versi Microsoft Office yang di rilis pada 30 Januari 2007