7 Cara Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik

Xiaomi merupakan salah satu brand smartphone paling populer saat ini. Pada tahun 2021, Xiaomi berhasil menyalip Apple sebagai brand smartphone terbesar kedua di dunia. Xiaomi sendiri terus berambisi untuk menjadi brand nomor satu dunia mengalahkan Samsung. Dalam faktanya, Xiaomi memang sangat agresif dalam menghadirkan ponsel buatannya, mulai dari level mid-range sampai level flagship. Tidak hanya dari segi harganya yang sangat murah, tetapi dari segi spesifikasi dan durabilitas juga semakin baik.

Dilihat dari teknologi dan gebrakan inovasinya dari tahun ke tahun, Xiaomi memang tidak main-main. Beberapa waktu yang lalu, Xiaomi juga telah merilis Mi Mix 4 dengan CUP (Camera Under Panel) pertamanya. Selain itu, Xiaomi juga merilis robot anjing “CyberDog” yang mirip seperti Spot dari Boston Dynamics. Ini menjadi bukti bahwa brand China seperti Xiaomi akan siap menghadirkan beragam inovasi baru, sekelas Apple, Samsung, dan Google.

Meskipun demikian, bukan berarti Xiaomi tidak memiliki kekurangan, sebagian pengguna Xiaomi juga terkadang mengalami masalah ketika menggunakan ponsel, seperti aplikasi tidak bisa dibuka, munculnya pesan error saat membuka aplikasi, lupa pin / kata sandi, fastboot, dan juga bootloop. Masalah ini lebih sering terjadi pada seri low-end dan mid-range, namun tidak menutup kemungkinan seri flagship juga mengalami hal yang sama. Opsi reset biasanya menjadi pilihan terakhir ketika cara-cara sederhana tidak membantu sama sekali. Jika Anda ingin melakukan reset, Anda bisa simak penjelasan dan cara melakukannya berikut ini.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti di HP Xiaomi

Apa itu Factory Reset / Hard Reset / Wipe Data?

Sebagian dari pengguna Xiaomi mungkin masih merasa awam dengan istilah reset di HP Xiaomi, seperti Factory Reset, Hard Reset, dan juga Wipe Data. Sebelum masuk ke panduan, akan lebih baik jika saya jelaskan terlebih dahulu perbedaan dari ketiga istilah tersebut. Pada intinya, ketiga istilah tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni ‘mengembalikan sistem Android ke setelan pabrik / awal’. Hanya saja, ketiganya ditempatkan pada bagian yang berbeda. Factory Reset ditempatkan pada menu Pengaturan, sedangkan Wipe Data / Hard Reset ditempatkan pada menu Recovery Mode (Mi Recovery).

IstilahKeterangan
Factory ResetFactory Reset ditempatkan pada menu Pengaturan atau Settings dalam antarmuka OS Android (MIUI).
Hard ResetHard Reset ditempatkan pada menu Recovery Mode (Mi Recovery). Hard Reset lebih sering dijadikan opsi pilihan ketika pengguna tidak memungkinkan untuk masuk ke antarmuka ponsel.
Wipe DataWipe Data merupakan istilah lain dari Hard Reset, yang juga ditempatkan pada menu Recovery Mode (Mi Recovery). Secara default, Mi Recovery lebih memilih menggunakan istilah Wipe Data ketimbang Hard Reset.

Secara umum, opsi reset tersedia pada hampir semua sistem operasi, baik mobile maupun desktop, seperti Android, iOS, Windows, Mac, dan juga Linux. Opsi reset lebih sering dijadikan pilihan ketika pengguna mengalami masalah pada ponsel yang dimilikinya. Dalam perkembangannya, ponsel Xiaomi yang juga berbasis OS Android tidak hanya menyematkan pilihan untuk mengembalikan ponsel ke setelan pabrik saja, tetapi lebih dari itu terdapat beragam opsi reset yang bisa dijadikan pilihan.

Opsi Factory Reset tersedia dengan beragam pilihan; apakah ingin menghapus data dan aplikasi terinstall pada memori internal atau mempertahankan data, dan hanya ingin reset pengaturan ponsel. Beragam opsi reset telah disediakan demi keamanan dan kemudahan pengguna agar tidak terlalu berisiko ke banyak hal. Sementara untuk Hard Reset / Wipe Data sendiri lebih ditekankan untuk menghapus semua data pada ponsel, termasuk aplikasi terinstall. Semua bisa dilakukan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna.

Selain digunakan untuk mengatasi masalah pada ponsel, Factory Reset dilakukan untuk meningkatkan performa, membersihkan cache, virus, dan juga malware. Performa ponsel akan terasa lebih baik setelah Anda melakukan reset. Tapi sebelum melakukan reset, Anda juga perlu memahami resikonya, simak penjelasannya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Xiaomi

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan reset HP Xiaomi

Sebelum melakukan reset, Anda perlu memperhatikan beberapa poin penting dalam melakukan reset, berikut di antaranya;

  • Cadangkan semua data yang tersimpan di memori internal Xiaomi Anda, mulai dari kontak, video, audio, foto, musik, dokumen, dan lain sebagainya. Anda bisa manfaatkan penyimpanan online seperti Google Drive, Dropbox, dan sejenisnya untuk mencadangkan file.
  • Jika diperlukan, backup riwayat chat Anda yang ada di WhatsApp dan aplikasi chat lainnya, Anda bisa sinkronisasikan aplikasi ke Google Drive untuk backup riwayat chat.
  • Tidak semua masalah error harus diperbaiki dengan reset HP. Jika masih memungkinkan, gunakan cara-cara sederhana seperti membersihkan data, membersihkan cache, dan juga me-restart ponsel. Jika Anda mengalami masalah error pada aplikasi Xiaomi, Anda bisa simak penjelasan dan solusinya di sini.
  • Tidak ada jaminan reset HP dalam mengatasi masalah yang sedang terjadi. Jika Anda mengalami masalah serius seperti bootloop, fastboot, mati total, dan sebagainya, tidak ada jaminan bahwa reset melalui Mi Recovery dapat mengatasi masalah tersebut. Ada kemungkinan bahwa masalah disebabkan kerusakan pada hardware.

Setelah memahami beberapa poin di atas dan Anda merasa yakin untuk melakukan reset HP Xiaomi, Anda bisa simak panduannya berikut ini.

Cara Reset HP Xiaomi

Seperti yang saya jelaskan di atas, melakukan reset HP Xiaomi dapat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui menu Pengaturan dan juga melalui menu Recovery Mode (Mi Recovery). Apabila HP Xiaomi Anda masih memungkinkan untuk masuk ke menu Pengaturan, maka Anda bisa memilih Factory Reset, namun apabila HP Xiaomi Anda tidak memungkinkan untuk masuk ke menu Pengaturan, Anda bisa mencoba melalui menu Recovery Mode.

Factory Reset dari menu Pengaturan

Factory Reset Xiaomi
Factory Reset HP Xiaomi. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, buka menu Setelan di HP Xiaomi yang Anda miliki.
  2. Kemudian gulir ke bawah untuk menemukan dan memilih menu Setelan Tambahan » Buat Cadangan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembalikan Ke Setelan Pabrik » Setel Ulang Telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Jika diperlukan, Anda juga harus konfirmasi dengan kata sandi akun Mi.
  6. Tunggu sampai proses Factory Reset berhasil dilakukan.
  7. Jika sudah, maka Smartphone Xiaomi Anda secara otomatis melakukan reboot.
  8. Selesai.

Hard Reset dari menu Mi Recovery

Wipe Data HP Xiaomi dari menu Mi Recovery. YouTube | HardReset.info
  1. Sebelum melakukan Hard Reset, pastikan daya baterai mencukupi agar nantinya proses Hard Reset tidak berhenti di tengah jalan. Minimal sediakan 50% untuk lebih amannya.
  2. Dan untuk masuk menu Recovery Mode Xiaomi, Anda bisa tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo Xiaomi / Redmi lalu lepaskan.
  3. Dan secara otomatis, Anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode Xiaomi.
  4. Jika terdapat pilihan bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  5. Untuk melakukan Hard Reset, Anda bisa pilih Wipe Data. Kemudian lanjutkan dengan memilih Wipe All Data. Jika muncul pesan konfirmasi, Anda bisa pilih YES (Gunakan tombol Power untuk memilih dan tombol Volume Up/ Down untuk Navigasi).
  6. Tunggu saja sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai dan berhasil 100%.
  7. Jika sudah, Anda bisa mencoba untuk Reboot atau Restart smartphone Xiaomi Anda.
  8. Ikuti petunjuk login email dan kata sandi sampai nantinya Anda bisa menggunakan smartphone Xiaomi Anda kembali.
  9. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Wipe Data menggunakan Google Find My Device

Hapus Data Pada Ponsel Android Yang hilang
Hapus data perangkat dengan Google Find My Device. RUDI DIAN ARIFIN
Google Find My Device
Google Find My Device
Developer: Google LLC
Price: Free

Alternatif lain, Anda bisa memanfaatkan Google Find My Device yang terhubung pada ponsel Xiaomi Anda untuk melakukan reset. Cara ini juga akan mengembalikan ponsel ke setelan awal serta menghapus semua data yang tersimpan di memori internal dan eksternal, termasuk semua akun yang terhubung pada perangkat. Ini bisa dijadikan pilihan apabila ponsel Anda di ambil orang / hilang di jalan. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka halaman Find My Device melalui browser komputer / HP lain.
  2. Login menggunakan akun Google yang terhubung pada ponsel Xiaomi Anda.
  3. Klik Hapus Perangkat dan konfirmasi dengan Hapus Perangkat untuk melakukannya.
  4. Kemudian Anda akan diminta kembali untuk memasukkan email dan kata sandi akun Google Anda.
  5. Setelah verifikasi selesai, Google akan menghapus data pada perangkat dan mengembalikan OS Android ke setelan awal.
  6. Selesai.

*Catatan: Hapus Perangkat (Wipe Data) akan dilakukan ketika ponsel terhubung ke jaringan internet.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP Xiaomi Sering Hang, Macet, LAG

Penutup,

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam melakukan reset HP Xiaomi. Setiap seri dan tipe HP Xiaomi memiliki antarmuka dan penempatan menu / fitur yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu sedikit menyesuaikan. Sebelum reset, pastikan telah melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki.

Metode di atas dapat Anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial Hard Reset/ Factory Reset di atas, maka Anda tinggal menyesuaikannya saja.

Apakah reset HP Xiaomi membutuhkan konfirmasi pola / kata sandi?

Tergantung, jika Anda menerapkan pola / PIN pada ponsel, maka Anda akan membutuhkan konfirmasi pola / kata sandi. Sebaliknya, jika Anda tidak menerapkan kata sandi pada ponsel, maka Anda tidak akan diminta untuk memasukkan kata sandi.

Apakah Hard Reset dapat mengatasi lupa pola / PIN?

Untuk HP Xiaomi bisa, tetapi saat masuk antarmuka ponsel, Anda akan tetap diminta untuk login akun Google yang terhubung pada ponsel. Atau kemungkinan lain, Anda tetap bisa menghapus pola namun kehilangan semua data pada ponsel. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak panduan dan solusi mengatasinya di sini.

Apakah Hard Reset dapat mengatasi bootloop?

Bisa tapi tidak semua, tergantung faktor penyebab bootloop. Apabila bootloop disebabkan oleh kerusakan sistem, Wipe Data atau Flashing mungkin masih bisa membantu. Tetapi jika bootloop disebabkan karena kerusakan komponen eMMC, maka Hard Reset tidak akan membantu.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.