7 Cara Hard Reset HP Huawei

Huawei merupakan salah satu produsen smartphone dan telekomunikasi jaringan terbesar di China dan dunia. Selain Samsung…

Huawei merupakan salah satu produsen smartphone dan telekomunikasi jaringan terbesar di China dan dunia. Selain Samsung dan Apple, Huawei juga dikenal sebagai produsen smartphone yang banyak menghadirkan gebrakan inovasi. Kemunculan Huawei P30 Pro pada tahun 2019 dengan teknologi kamera terbaik membuat fotografi dan videografi terasa sangat optimal. Berkat teknologi Leica, kamera Huawei memiliki fitur Optical Zoom hingga Panorama yang sangat baik.

Sayangnya, ponsel Huawei tidak tersedia layanan Google seperti YouTube, Google Drive, Google Chrome, Google Play Store, lainnya. Hanya OS Android yang bisa digunakan karena Android adalah sistem operasi gratis dan open source. Selebihnya, Huawei sama sekali tidak mendapatkan layanan Google. Hal tersebut terjadi lantaran regulasi pemerintah Amerika yang melarang Google untuk menyediakan layanannya pada ponsel Huawei. Meskipun demikian, Huawei tetap bertahan dengan pembatasan tersebut. Huawei melakukan perubahan dan penambahan aplikasi demi memudahkan pengguna, tanpa harus bergantung pada layanan Google.

Sebagai produsen smartphone dan jaringan telekomunikasi, Huawei selalu menghadirkan spesifikasi dan build quality yang sangat baik. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan HP Huawei terjadi masalah pada sistem dan aplikasi terinstall. Terkadang pengguna mengalami masalah HP Huawei seperti bootloop, restart sendiri, sampai lupa pola kunci atau kata sandi layar. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan reset ponsel Huawei ke setelan awal.

Lihat Juga : Cara Factory Reset & Hard Reset OnePlus

Tutorial Hard Reset HP Huawei

Dalam melakukan reset HP Huawei, Anda perlu pastikan bahwa Anda siap menerima risiko penghapusan data dan aplikasi. Dengan melakukan reset, maka semua data sistem dan aplikasi akan dikembali ke posisi awal. Semua file berkas dan media yang tersimpan di memori internal juga akan dihapus secara permanen. Untuk itu, sebelum melakukan reset, pastikan telah melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Pindahkan data-data penting yang ada di memori internal ke memori eksternal atau komputer. Simak dan ikuti petunjuk reset HP Huawei berikut ini.

Factory Reset via menu Pengaturan

Factory Reset Huawei
Factory Reset HP Huawei. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, pastikan HP Huawei Anda dalam keadaan menyala / On.
  2. Buka menu Pengaturan pada ponsel Huawei Anda.
  3. Pilih Sistem » Atur Ulang » Kembali ke setelan pabrik.
  4. Pada bagian Hapus penyimpanan Internal, Anda bisa pilih apakah ingin menghapus data pada memori internal atau tidak. Centang bagian tersebut jika Anda ingin menghapusnya.
  5. Lanjutkan dengan memilih SETEL ULANG TELEPON.
  6. Kemudian masukkan pola kunci atau kata sandi layar Anda.
  7. Konfirmasi akses reset dengan Yes atau OK.
  8. Tunggu sampai proses reset HP Huawei berhasil dilakukan.
  9. Jika sudah, Anda akan dihadapkan tampilan awal HP Huawei sama seperti baru pertama kali beli.
  10. Selesai.

Lihat Juga : 3 Cara Factory Reset & Hard Reset Realme

Hard Reset via Recovery Mode

  1. Pertama, pastikan HP Huawei Anda dalam keadaan mati / Off.
  2. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan sampai nantinya HP terasa bergetar dan muncul logo Huawei kemudian lepaskan.
  3. Setelah masuk pada mode Recovery Mode (EMUI) Huawei, pilih Wipe Data/ Factory Reset.
  4. Kemudian konfirmasi akses reset dengan menuliskan “yes”, lalu tekan Wipe Data/ Factory Reset.
  5. Setelah itu, proses reset akan dijalankan. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Jika sudah, Anda bisa pilih Reboot system now untuk kembali ke tampilan awal HP Huawei sama seperti baru pertama kali beli.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Lupa Pola Kunci HP Android

Penutup,

Factory Reset atau Hard Reset dapat menjadi solusi alternatif apabila terjadi masalah pada sistem dan aplikasi, seperti bootloop, restart sendiri, macet, dan LAG. Masalah lupa pola kunci Huawei juga dapat diatasi dengan reset melalui Recovery Mode (EMUI). Tapi sekali lagi, sebelum melakukan reset pastikan telah melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Saya selaku pembuat tutorial tidak bertanggung jawab atas kehilangan data setelah proses reset.

Apakah reset HP Huawei dapat mengatasi lupa pola kunci?

Tentu saja, Anda bisa mengatasi lupa pola kunci dengan melakukan Hard Reset melalui menu Recovery Mode Huawei.

Apakah reset HP Huawei dapat mengatasi bootloop?

Tergantung, beberapa ponsel Huawei yang mengalami bootloop memang dapat diatasi dengan Hard Reset. Tetapi jika kerusakan terjadi pada komponen perangkat keras, maka Hard Reset tidak bisa membantu sama sekali.

Apakah reset HP Huawei membutuhkan konfirmasi pola kunci?

Untuk Factory Reset memang membutuhkan konfirmasi pola kunci, tetapi untuk Hard Reset sendiri hanya membutuhkan konfirmasi “yes” alias tanpa pola kunci.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Microsoft rilis pembaruan Patch Tuesday pertama untuk Windows 11

    Windows 11 (original release) dapatkan pembaruan pertamanya
  2. 13 Cara Mengatasi Shortcut Aplikasi Berwarna Putih (blank)

    Cobalah untuk menghapus file IconCache.db atau reinstall aplikasi untuk mengatasi shortcut aplikasi yang berwarna putih
  3. Apa itu Esports?

    Esports merupakan bentuk dari sebuah kompetisi games yang terorganisir.