9 Cara Reset HP Samsung Galaxy A51, A51s

Anda bisa melakukan reset HP Samsung Galaxy A51, A51s melalui menu Pengaturan dan menu Recovery Mode

Samsung Galaxy A51 adalah varian HP Samsung kelas mid-range yang diperkenalkan sejak 16 Desember 2019 yang lalu. Saat pertama kali rilis, Samsung Galaxy A51 dijual dengan harga Rp. 5 jutaan, tapi sekarang HP ini dijual dengan harga Rp. 3 jutaan saja. Smartphone ini hadir dalam dua varian memori, yaitu 6GB RAM / 128GB ROM dan 8GB RAM / 128GB ROM. Kapasitas baterai dari ponsel ini adalah 4000mAh yang didukung dengan fitur fast-charging 15W.

Sektor dapur pacu dari ponsel ini ditenagai oleh chipset Exynos 9611 (10nm). Dari tes performa yang dilakukan, ponsel ini mendapatkan skor AnTuTu 179765. Sementara pendahulunya Galaxy A50 mendapatkan skor AnTuTu 154761. Skor tersebut membuktikan bahwa Galaxy A51 sedikit lebih unggul berkat chipset yang diusungnya. Untuk fiturnya sendiri, ponsel ini telah dibekali dengan NFC, pemindai sidik jari On-Screen, teknologi keamanan terbaik; Samsung Knox, dan lain sebagainya.

Meski hadir dengan spesifikasi mumpuni dan terbaik dikelasnya, bukan berarti bahwa ponsel ini bebas dari masalah sistem dan aplikasi. Banyak dari pengguna yang mengeluh mengenai fitur dan aplikasi yang bermasalah, seperti fingerprint dan face-unlock yang tidak berfungsi dengan baik, lag saat membuka aplikasi, lemot saat digunakan untuk browsing, bootloop, dan beragam masalah error lainnya. Kondisi ini tentu membuat pengguna frustrasi dan kecewa. Dan untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu opsi yang dapat dilakukan adalah dengan reset HP Samsung ke setelan awal.

Lihat Juga : 7 Cara Menampilkan Notifikasi di Layar Kunci HP Samsung

Tips sebelum reset HP Samsung

Sebelum memutuskan untuk melakukan reset HP Samsung Anda, berikut beberapa tips dan poin penting yang perlu Anda pahami:

  • Cadangkan semua data yang tersimpan di memori internal HP Samsung Anda, seperti kontak, foto, video, audio, dokumen, musik, dan lain sebagainya. Anda bisa pindahkan semua data tersebut ke memori eksternal, PC / Laptop, atau bisa juga ke penyimpanan awan; seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, dan sebagainya. Pada HP Samsung, Anda bisa gunakan aplikasi Smart Switch untuk memindahkan data ke kartu SD atau penyimpanan USB.
  • Jika Anda tidak ingin kehilangan riwayat chat, backup juga riwayat chat yang Anda miliki, khususnya pada aplikasi chat yang sering Anda gunakan; seperti WhatsApp, Telegram, LINE, dan lainnya. Anda bisa sinkronisasikan riwayat chat tersebut ke Google Drive.
  • Tidak semua masalah error harus di atasi dengan reset. Jika masih memungkinkan, cobalah cara-cara yang lebih aman dan mudah dilakukan, seperti membersihkan cache, menghapus data aplikasi, install ulang aplikasi, atau bisa juga memuat ulang perangkat. Tetapi jika cara-cara tersebut masih tidak membantu, reset mungkin menjadi jalan terakhir yang bisa Anda lakukan.
  • Tidak ada jaminan bahwa setelah Anda melakukan reset, semua masalah pada ponsel dapat teratasi dengan baik. Jika Anda mengalami masalah yang cukup serius; seperti bootloop atau restart sendiri, terkadang reset juga tidak membantu. Ada kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen perangkat.

Setelah memahami beberapa poin di atas, dan Anda merasa siap melakukan reset HP Samsung, simak panduannya berikut ini.

Lihat Juga : 15 Cara Membersihkan Cache di HP Samsung

Cara reset Samsung Galaxy A51, A51s

Untuk melakukan reset HP Samsung Galaxy A51, A51s, Ada dua metode yang bisa Anda lakukan; melalui menu Pengaturan dan melalui menu Recovery Mode / Android System Recovery. Apalagi kondisi HP Samsung Anda masih memungkinkan untuk masuk ke antarmuka ponsel, maka saya sarankan untuk reset melalui menu Pengaturan. Tetapi jika tidak memungkinkan, Anda bisa mencoba melalui Recovery Mode. Langsung saja, simak dan ikuti tutorialnya berikut ini.

Factory Reset melalui menu Pengaturan

Reset HP Samsung
Factory Reset HP Samsung Galaxy A51, A51s. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Langkah pertama, buka menu Pengaturan di HP Samsung Anda.
  2. Temukan dan pilih menu Manajemen umum » kemudian pilih Reset.
  3. Pada bagian tersebut, terdapat beberapa pilihan reset, mulai dari Reset Pengaturan sampai Reset data pabrik. Untuk menghapus seluruh data dan mengembalikan ponsel ke setelan awal, silakan pilih Reset Data Pabrik.
  4. Lanjutkan dengan memilih Reset.
  5. Tunggu sampai proses reset HP Samsung berhasil dilakukan.
  6. Jika sudah, maka smartphone akan kembali ke posisi awal seperti yang Anda harapkan.
  7. Selesai.

*RESET SAMSUNG

  • Reset Pengaturan – Melakukan reset hanya pada Pengaturan smartphone ke posisi default. Artinya, reset hanya dilakukan pada setelan sistem yang telah dilakukan perubahan seperti nada dering, notifikasi, alarm, dan lainnya.
  • Reset Pengaturan Jaringan – Mengembalikan setelan Wi-Fi, Bluetooth, Hotspot, dan jaringan lainnya ke posisi default.
  • Reset Pengaturan Aksesibilitas – Mengembalikan setelan aksesibilitas ke posisi default, seperti font, keyboard, emoji, dan sejenisnya.
  • Reset Data Pabrik – Mengembalikan smartphone ke posisi awal / pabrikan. Ini akan mengembalikan setelan sistem dan aplikasi ke posisi default serta menghapus semua data yang tersimpan di memori internal.

*NOTE

  • Letak menu Reset tidak selalu pada Manajemen umum. Terdapat perbedaan tampilan antara HP Samsung lama dan baru.

Hard Reset melalui Android System Recovery

Hard Reset HP Samsung Galaxy A51, A51s. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Pertama, pastikan HP Samsung Anda dalam keadaan mati / off.
  2. Tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya masuk ke menu Android Recovery.
  3. Selanjutnya pilih menu Wipe Data / Factory Reset (Gunakan Volume Up untuk navigasi atas dan bawah dan Power untuk memilih menu).
  4. Kemudian konfirmasi reset dengan memilih Yes.
  5. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Pilih Reboot system now untuk memuat ulang smartphone.
  7. Selesai.

*METODE LAIN

  • Untuk HP Samsung seri lama (yang masih terdapat tombol Home), cara masuk Android Recovery harus menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Up + Home.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Merekam Layar di HP Samsung

Penutup,

Factory reset / hard reset dapat Anda jadikan pilihan ketika masalah tidak dapat diatasi dengan cara manual. Terutama masalah yang berkaitan dengan sistem seperti bootloop, restart sendiri, hang, lupa pola, PIN, kata sandi, dan sejenisnya. Dengan melakukan reset, saya berharap apa pun masalah yang terjadi pada Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A51s dapat teratasi dengan baik. 

Namun apabila opsi reset tidak memperbaiki masalah yang ada, cobalah untuk melakukan flashing ulang sistem Android. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Bagaimana cara restart Samsung Galaxy A51 dan A51s?

Apabila HP Samsung Anda dalam keadaan terkunci, Anda bisa tekan tombol Power + Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya HP Samsung off / mati.

Bagaimana cara keluar dari menu Recovery Mode Samsung Galaxy A51?

Anda bisa memilih fitur Reboot system now untuk keluar dari menu Recovery mode dan memuat ulang HP Samsung Anda.

Apakah hard reset / wipe data dapat mengatasi masalah lupa pola Samsung Galaxy A51?

Tentu saja, hard reset dapat mengatasi masalah lupa pola Samsung Galaxy A51.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Masalah HP Samsung

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download KomikIndo Apk Terbaru 2022, Baca Komik Sub Indo, Gratis, Lengkap!

    Berikut link download KomikIndo apk versi lama dan terbaru 2022
  2. Download WhatsApp Plus (WA Plus) Apk v11.20 Terbaru 2022

    Berikut link download WhatsApp Plus apk terbaru 2022
  3. WhatsApp Aero v9.45 (WA Aero) Apk Download Terbaru 2022, Anti-Banned!

    Berikut link download WhatsApp Aero terbaru 2022, gratis dan anti-banned!