12 Kelebihan dan Kekurangan iOS

iOS merupakan sistem operasi buatan perusahaan teknologi Apple Inc. Sistem operasi ini disematkan dalam produk-produk Apple seperti iPhone dan iPad. Kebanyakan pengguna ponsel mengetahui lebih banyak sistem operasi Android, dan lebih sedikit yang mengenal sistem operasi iOS. Karena OS Android menjadi platform smartphone yang paling sering digunakan oleh pengguna ponsel maupun produsen seluler di dunia. Sedangkan iOS hanya digunakan di perangkat Apple.

Saat ini Apple kembali merilis teknologi terbaru untuk iPhone, yaitu iOS 14.4.1. Kabarnya Apple memperbarui iOS dengan sejumlah perbaikan / bugs yang ada di browser Webkit, yang dapat merusak tampilan web dari situs yang berbahaya. Seiring berjalannya waktu, pengguna iPhone terus bertambah, hal ini karena kualitas dan spesifikasi pada perangkat tersebut sangat unik dan berbeda dengan perangkat lainnya. Sejak April 2017 lalu, iPhone telah digunakan sebanyak 728 juta pengguna di seluruh dunia. Termasuk China menjadi pengguna iPhone terbanyak, diikuti oleh Amerika Serikat, dan kemudian negara-negara maju lainnya.

Melalui artikel ini, akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan iOS. Apakah Anda mengetahui apa kelebihan dan kekurangan iOS? Jika belum topik berikut ini akan sangat menarik untuk Anda simak.

Lihat Juga : Pengertian MacOS beserta Sejarah Lengkapnya

Apa itu iOS?

Kelebihan dan Kekurangan iOS
Sumber Gambar : Gizmologi

iOS atau dikenal dengan iPhone OS adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Apple Inc. iOS diluncurkan pada tahun 2007 untuk perangkat iPhone, yang kemudian diperluaslah untuk iPad dan iPod. iOS merupakan sistem operasi yang cukup unik dibandingkan dengan sistem operasi lain. Sementara ini sedang dirilis versi terbaru yaitu iOS 14 untuk para pengguna iPhone.

Untuk perangkat iWatch dan iPad di sebut dengan sistem operasi khusus yang masing-masing adalah watchOS dan iPadOS. Bisa dibilang iOS termasuk sistem operasi kedua yang paling popular setelah Android.

Lihat Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Linux

Kelebihan Sistem Operasi iOS

iOS sebagai sistem operasi populer dan unik memiliki banyak kelebihan. Salah satu di antaranya adalah stabilitas dan performa sistem dan aplikasi sangat baik. Pengguna iPhone dan iPad merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam menjalankan iOS. Jarang sekali sistem operasi iOS mengalami lag dan macet saat digunakan. Berbeda dengan Android yang memiliki banyak varian dengan spesifikasi yang berbeda-beda, sehingga tidak menjamin apakah aplikasi / game stabil saat dimainkan. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai kelebihan iOS, simak ulasannya berikut ini.

1. Antarmuka sederhana dan elegan

iPhone dirancang dan didesain oleh perusahaan Apple sendiri dengan aplikasi maupun fitur yang dapat berfungsi secara fleksibel. Pengguna menganggap ini sebagai salah satu fitur terbaik saat menggunakan iPhone. Perangkat iOS cenderung lebih konsisten daripada perangkat Android Dari segi perubahan antarmuka dan desain di kontrol langsung oleh perusahaan sendiri yaitu Apple.

2. App Store

Regulasi untuk para pengembang aplikasi pada perangkat iOS memiliki kriteria yang jauh lebih sulit ketimbang perusahaan teknologi lainnya. Pada perangkat iOS pengembang diharuskan memenuhi kriteria yang Apple inginkan, di mana pengembang harus membuat aplikasi yang mengutamakan keselamatan dan keamanan pengguna. Dalam pembaruan iOS terbaru saat ini, Apple melakukan perubahan pada tingkat keamanan data dan privasi pengguna agar tidak dimanfaatkan oleh pengembang maupun perusahaan teknologi lainnya.

3. Privasi dan keamanan

Beragam periferal atau peralatan iOS dianggap lebih aman dan cukup stabil. Sistem Operasi ini hampir tidak memberikan akses pelanggaran keamanan, karena iPhone didesain untuk tidak menggunakan situs web atau aplikasi dari pihak ketiga dalam hal instalasi aplikasi lain. Karena itu, hanya sedikit risiko terserang virus pada perangkat yang dapat merusak ataupun mencuri data pengguna.

4. Media penyimpanan mumpuni

Pengguna dapat menggunakan beragam media seperti gambar, gif, animasi, video, dan sejenisnya pada perangkat iOS. Perangkat ini menyediakan penyimpanan file yang cukup besar. Seperti perangkat iPhone 11 Pro dibekali penyimpanan 64GB, 256GB, hingga 512GB yang cukup untuk menyimpan segala jenis file media. Selain itu perangkat iOS dilengkapi dengan layanan iCloud (penyimpanan awan) yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan.

5. Kualitas foto bukan main

Perangkat iPhone memanjakan penggunanya dengan fasilitas kamera yang berkualitas tinggi, bahkan tidak ada yang dapat mengalahkan ponsel ini. Megapiksel yang dimiliki iPhone cukup fantastis untuk mengambil gambar ke perangkat. Secara umum, ponsel lain menyajikan warna gambar yang agak menjenuhkan, namun iPhone dapat menyajikan gambar dengan hasil realistis atau nyata.

6. Mendukung multi-bahasa dan multitasking

Pengguna iOS pada perangkat iPhone dimungkinkan untuk memilih banyak opsi bahasa, dukungan ini sekitar 21 bahasa termasuk, Cina, Spanyol, Indonesia, Portugis, dan lainnya. Kelebihan lain yang dimiliki iOS adalah Multitasking, adanya unggulan ini membuat pengguna dapat mengerjakan beberapa tugas sekaligus tanpa adanya crash aplikasi atau kesalahan.

Lihat Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

Kekurangan Sistem Operasi iOS

Meskipun memiliki banyak kelebihan, bukan berarti iOS tidak memiliki kekurangan. Salah satu kekurangan yang banyak pengguna tahu adalah harganya yang sangat mahal. Ekslusivitas yang ditawarkan Apple membuat pengguna harus merogoh kocek lebih dalam untuk bisa membeli iPhone / iPad. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kekurangan iOS, Anda bisa simak beberapa poin berikut ini.

1. Layar dan ikon identik sama

Pada layar beranda, iPhone memiliki ikon yang identik yang memiliki desain yang sama dengan versi sebelumnya. Walaupun terjadi pembaruan iOS ke versi lain, layar utama atau beranda akan terlihat serupa sehingga pengguna akan disuguhkan dengan ikon yang sama pula.

2. Sangat mahal

Pengguna yang hendak membeli iPhone perlu mempertimbangkan harga, karena perangkat ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Jika dibandingkan dengan ponsel Android dengan harga yang sama, maka akan mendapatkan spesifikasi hardware yang jauh lebih baik. Eksklusifitas menjadi alasan mengapa perangkat iOS dijual dengan harga tinggi.

3. Tidak tersedia slot memori eksternal

iPhone dan iPad tidak memfasilitasi perangkatnya dengan slot kartu SD. Memori penyimpanan pada perangkat iPhone sudah terbekali pada perangkat yang dibeli. Pengguna akan memilih kapasitas memori yang tinggi saat membeli perangkat iPhone, namun setelahnya memori pada perangkat tidak dapat diperluas atau ditambah.

4. Sumber tertutup

iOS merupakan sistem operasi yang tidak open source. Pengguna tidak dapat menyesuaikan dan menggunakan iOS di perangkat selain perangkat Apple. Jika dibandingkan, Android merupakan sistem operasi yang memiliki sumber terbuka dan mudah disesuaikan oleh perusahaan seluler mana pun seperti Samsung, OPPO, VIVO, Huawei, Xiaomi, Realme, dan lainnya.

5. Kapasitas baterai terbatas

Kebanyakan kapasitas baterai pada iPhone sangat terbatas, dan secara umum pengguna perangkat ini tidak mudah menemukan pengisi daya umum untuk Apple. Pengisi daya perangkat iPhone hanya disediakan untuk iPhone, berbeda dengan perangkat ponsel lain yang memberikan kemudahan pengguna untuk menggunakan pengisi daya umum. Apalagi jika pengguna menggunakan jaringan 3G/4G serta media sosial seperti Instagram dan Pinterest, baterai akan habis dengan cepat.

6. Ukuran aplikasi relatif besar

Aplikasi pada perangkat iOS memiliki ukuran file yang tinggi dan konsumsi ruang yang tinggi pula. Sebagian besar aplikasi seperti Game, memiliki ukuran unduhan dalam jumlah GB (Gigabyte). Jika Anda menyukai beragam aplikasi ataupun game, disarankan untuk membeli perangkat dengan kapasitas memori yang tinggi sekaligus agar Anda tidak terbatasi saat ingin menginstall aplikasi maupun game baru.

Lihat Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Chrome OS

Kesimpulan,

iOS merupakan sistem operasi iPhone dan iPad yang dikembangkan oleh Apple Inc. Menurut riset pengguna, pangsa pasar perangkat iPhone menjadi sistem operasi seluler kedua yang paling banyak digunakan setelah Android. iOS juga selalu menjadi ponsel unggulan dengan sistem operasi yang berspesifikasi tinggi. Kebanyakan negara-negara maju menjadi pengguna besar dari perangkat milik Apple Inc. tersebut. Walaupun harga perangkat iPhone dibanderol sangat mahal, namun pengguna merasa nyaman dan mudah menggunakan ponsel yang berkualitas ini.

Itulah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan sistem operasi iOS, semoga dapat berguna dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau perlu ditambahkan silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.