Cara Menyimpan File Word ke PDF dengan Office Word

Office Word merupakan salah satu software pengelolah dokumen dari produk Office Microsoft. Software ini sangat populer untuk para pengguna sistem operasi Windows, dimana ketika pengguna membeli sebuah laptop atau desktop biasanya sudah terinstal Microsoft Office yang di dalamnya ada Office Word.

Hingga kini, Office Word menjadi alternatif terbaik dalam pembuatan dokumen, termasuk pada pegawai kantoran yang biasanya sering disuruh untuk membuat dan mengedit dokumen. Mahasiswa yang setiap hari dapat tugas laporan dari dosen. Anak SMA dan SMK yang sering pula dapat tugas pembuatan makalah dari gurunya.

Bahkan saya-pun sebagai penulis juga sangat membutuhkan Word sebagai dukungan dalam pembuatan artikel, makalah, tugas, dan lain sebagainya.

Bicara mengenai Word, kali ini saya akan membantu anda dalam menyimpan file Word ke bentuk PDF di Office Word. Seperti yang kita ketahui, file PDF merupakan file yang kompatible pada semua OS, baik Windows, Mac, Linux, Android, iOS, dan lainnya.

Hingga kini, PDF menjadi alternatif terbaik dalam menyajikan suatu bacaan kepada banyak orang. Termasuk karya ilmiah atau jurnal, yang kebanyakan di simpan dalam bentuk PDF.

Sedikit informasi juga, untuk menyimpan file Word ke PDF, pastikan anda menggunakan Office Word versi 2010 ketas.

Adapun jika anda menggunakan versi dibawahnya, 2007 misalnya, maka perlu menambahkan ekstensi atau add-in tambahan agar bisa dilakukan. Lebih jelasnya, simak beberapa opsi metodenya berikut ini.

Lihat Juga : 9+ Aplikasi PDF Reader Android Terbaik

Menyimpan File Word ke PDF di Office Word 2019

Untuk metode yang pertama, saya mencoba melakukannya pada Office Word 2019, adapun jika anda menggunakan versi dibawahnya (dengan catatan 2010 ke atas), maka tetap bisa mengikuti.

Berikut langkah – langkahnya …

  • Pertama, buka dokumen .doc atau .docx yang ingin anda jadikan PDF atau pastikan anda sudah berada dilembar kerja Office Word dimana anda membuat dan mengedit dokumen.
  • Pilih menu File » kemudian pilih opsi Save as.
Menyimpan File Word ke PDF Office 2019
  • Selanjutnya, pilih Browse » lalu pilih tempat / lokasi drive folder penyimpanan file.
  • Kemudian dibagian save as type, pilih PDF (*.pdf), lalu klik Save.
  • Selesai.

Menyimpan File Word ke PDF di Office Word 2010

Selain Office Word 2019, dibawah ini ada metode menyimpan file Word ke PDF di Office 2010. Pada intinya sama, hanya saja tampilan aplikasi sedikit berbeda. Berikut langkah – langkahnya …

  • Sama seperti sebelumnya, buka file Word yang anda miliki .doc ataupun .docx menggunakan Office 2010. Atau jika anda sudah berada di Office 2010 tinggal ikuti petunjuk dibawah ini.
  • Pilih File » Save as.
Mengubah File Word Jadi PDF Office 2010
  • Kemudian pada bagian Save as type, pilih PDF (*.pdf), lalu tulis nama file yang anda inginkan.
  • Klik Save untuk menyimpan file.
  • Selesai.

Lihat Juga : Membuka File Word, Excel, Power Point, dan PDF di HP Android

Menyimpan File Word ke PDF di Office 2007

Jika ada dari anda yang masih menggunakan Office Word 2007, anda perlu menginstall add-in tambahan yang disediakan oleh Microsoft. Kenapa harus ditambahkan add-in? karena secara default, fitur save as type [PDF] di Office 2007 memang belum tersedia.

Dan jika anda mengikuti opsi pertama, dibagian Save as, pasti tidak tersedia opsi PDF atau XPS. Untuk lebih jelasnya, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Sebelumnya, anda perlu mengunduh plugin atau Add-in untuk Office 2007. Klik link berikut untuk mengunduh : [Add-in save as PDF or XPS]
  • Setelah terpasang, silahkan buka dokumen yang ingin dijadikan PDF menggunakan Office 2007 anda.
Mengubah File Word Jadi PDF Office 2007
  • Dan untuk menyimpan, klik icon Office yang ada di pojok kiri atas, pilih Save as » PDF or XPS.
  • Kemudian anda tinggal klik Save untuk menyimpan file.
  • Selesai.

*NOTE : Add-in diatas berlaku tidak hanya pada Office Word saja, tetapi juga pada produk Office lain seperti Powerpoint, Excel, Access, Outlook, dan lainnya.

Penutup,

Dan itulah beberapa metode sederhana yang bisa saya bagikan terkait cara mengubah file Word menjadi PDF di Office. Untuk pengguna Office terbaru saat ini, saya rasa tidak perlu pusing – pusing dalam menyimpan file menjadi PDF, tidak seperti Office 2007 yang harus install Add-in tambahan.

Bagikan artikel ini kepada banyak orang supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada yang ingin menambahkan tips lain, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)