Pengertian Microsoft Access | Sejarah, Fungsi, Manfaat, Fitur

Kita tahu bahwasannya beberapa Aplikasi yang dirilis oleh Microsoft telah dikenal oleh banyak masyarakat di dunia. Atau bahkan aplikasi tersebut telah menjadi rutinitas keseharian anda, baik untuk pendidikan maupun untuk bekerja. Terdapat banyak aplikasi dari Microsoft selain Microsoft Word, Excel dan PowerPoint yang menarik untuk digunakan. Salah satu diantaranya adalah Microsoft Access. Sebenarnya apa itu Microsoft Access? Apa pengertian dan manfaatnya? Dan seperti apa fungsi utama dari Microsoft Access?

Memang dibandingkan dengan Word, Excel, dan PPT, kepopuleran Microsoft Access ini sangat minim. Meski demikan, Microsoft Access ini cukup dikenal dalam bidang bisnis, perkantoran, dan programmer. Produk tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebut saja Microsoft Word digunakan untuk keperluan berbagai dokumen. Ataupun Microsoft PowerPoint yang berfungsi sebagai alat untuk presentasi supaya lebih menarik.

Melihat hal tersebut, tentunya fungsi dari Microsoft Access akan berbeda. Untuk penjelasan lebih detailnya mengenai pengertian, sejarah, fungsi dan manfaat Microsoft Access ini. Dapat anda lihat pada ulasan berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Operasi | Sejarah, Fungsi, Jenis

Mengenal apa itu Microsoft Access?

Apa itu Microsoft Access
Image Source : apponfly.com
PengembangMicrosoft Corporation
Rilis PerdanaNovember 1992
Sistem OperasiMicrosoft Windows
JenisDBMS
Situs Weboffice.microsoft.com/access

Microsoft Office Access atau biasa disebut dengan Microsoft Access, merupakan sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Selain Microsoft Word, Excel, dan PowerPoint, Microsoft Access ini juga termasuk anggota dari beberapa aplikasi di Microsoft Office.

Basis data atau database sendiri merupakan sebuah kumpulan data yang terorganisir, sehingga dapat menghasilkan sebuah informasi. Tentu saja untuk menghasilkan sebuah informasi yang menarik, akan diperlukannya sebuah data untuk dijadikan sebagai masukkannya. Selain itu aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine. Microsoft Access ini menggunakan tampilan grafis yang intuitif yang mana dapat memudahkan pengguna dalam mengoperasikan.

Microsoft Access dapat menggunakan dapat yang disimpan dalam sebuah Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua jenis kontainer basis data tang mendukung standar ODBC. Dengan demikian, adanya Microsoft Access ini programmer dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan aplikasi yang kompleks. Dan juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi sederhana saja.

Lihat Juga : Pengertian Instagram | Sejarah, Fungsi, Manfaat

Sejarah Microsoft Access

Sejarah Microsoft Access
Image Source : ed2go.com

Pada bulan November 1992, Microsoft telah merilis Microsoft Access 1.0. Dan 1 tahun kemudian, Microsoft merilis versi 2.0. Tentunya untuk menjalankan Microsoft Access 2.0 ini, terdapat spesifikasi minimum yang telah ditetapkan oleh Microsoft. Untuk lebih detailnya dapat anda lihat pada poin-poin berikut ini;

  • Komputer dengan sistem operasi Microsoft Windows 3.0.
  • RAM berkapasitas 4 MB (6 MB disarankan).
  • Ruang kosong harddisk yang dibutuhkan 8 MB (14 MB disarankan).

Perangkat lunak tersebut dapat bekerja dengan sangat baik pada sebuah basis data dengan banyak record. Namun dalam beberapa kasus tertentu, data dapat mengalami kerusakan. Tentu saja hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Salah satu diantaranya adalah disebabkan oleh driver perangkat yang kuno atau konfigurasi yang tidak benar.

“Cirrus” merupakan sebuah nama kode yang digunakan oleh Access pertama kali. Nama tersebut dikembangkan sebelum Microsoft mengembangkan Microsoft Visual Basic. Sementara itu, mesin pembuat form antarmuka yang digunakannya adalah bernama “Ruby”.

Terlepas itu, Bill Gates melihat prototype tersebut dan memutuskan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dikembangkan secara bersamaan. Tentunya sebagai sebuah aplikasi terpisah, namun dapat diperluas. Nama dari proyek tersebut adalah Thunder.

Lihat Juga : Pengertian Telegram | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Fungsi

Fungsi Microsoft Access

Fungsi Microsoft Access
Image Source : ed2go.com

Jika berbicara mengenai fungsi, mungkin tidak sedikit masyarakat yang ingin mengetahui fungsi aplikasi Microsoft Access. Tentu saja hal tersebut sangatlah wajar, mengingat program ini hanya dikenal pada kalangan pebisnis. Mengapa demikian? Karena Microsoft Access ini lah yang mempermudah kelola data dalam sebuah bisnis atau organisasi.

Pada dasarnya Microsoft Access sama seperti halnya Microsoft Word dan Excel dalam mengolah data. Hanya saja fungsi dari program ini lebih ditekankan pada pelaku bisnis, organisasi, perusahaan, programmer dan sejenisnya. Berikut fungsi Microsoft Access yang perlu anda ketahui.

1. Dalam bidang bisnis

Seperti yang saya jelaskan diatas, bahwasannya Microsoft Access ini dapat digunakan untuk keperluan bisnis anda. Mulai dari bisnis kecil hingga menengah ke atas. Dalam sebuah bisnis tentu saja tidak akan lepas dari kata database. Sebut saja dalam hal sebuah pembuatan laporan, baik laporan keuangan, maupun yang lainnya. Tentu akan jauh lebih praktis, cepat dan lebih baik dengan menggunakan Microsoft Access.

2. Dalam bidang pendidikan

Lain halnya dalam bidang pendidikan, yang menggunakan Microsoft Access ini untuk berbagai keperluan di sekolah. Dalam hal ini seorang admin sekolahan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan program Access. Mengingat program ini juga sering digunakan untuk membuat jadwal siswa/guru ataupun untuk keperluan perpustakaan. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah membuat, mengedit, mengatur dan menghapus data.

3. Dalam bidang perkantoran

Pada fungsi yang ke tiga, mungkin terlihat sama seperti yang pertama. Dalam sebuah perusahaan, tentu memiliki seseorang yang bekerja dengan database bukan. Dan sebagai contohnya adalah sekretaris, administrasi keuangan atau yang lainnya. Memang dalam sebuah perkantoran, hanya beberapa saja yang menggunakan Microsoft Access. Namun tidak menutup kemungkinan adanya program ini, pekerjaan dalam bidang database akan lebih mudah dan praktis.

Lihat Juga : Pengertian Twitter | Sejarah, Fitur, Manfaat

Manfaat Microsoft Access

Manfaat Microsoft Access
Image Source : thoughtco.com

Setelah melihat-lihat beberapa fungsi yang saya informasikan, mungkin anda telah menyadari bahwasannya banyak manfaat yang didapat dengan menggunakan Microsoft Access ini. Terlebih lagi dengan tersedianya berbagai fitur yang menarik dan profesional, akan membantu meningkatkan kinerja seorang karyawan yang bekerja dalam bidang pengolahan data. Berikut beberapa manfaat yang dapat anda rasakan ketika menggunakan Microsoft Access tersebut.

  • Menghemat waktu dan tenaga
  • Mempermudah pelaksanaan suatu pekerjaan yang memberatkan, terutama dalam pengolahan database.

Lihat Juga : Pengertian Facebook | Sejarah, Manfaat, Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Access

Kelebihan Microsoft Access
Image Source : lifewire.com

Didalam sebuah program aplikasi, tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Hal ini pun juga berlaku dalam aplikasi Microsoft Access ini. Diantara kelebihannya adalah mudahnya penggunaan, sangat populer dikalangan sistem database, dukungan multi pengguna dan lain sebagainya. Berikut untuk penjelasan lebih lanjutnya mengenai kelebihan dan kekurangan Microsoft Access ini.

Kelebihan

  1. Mudah digunakan. Aplikasi ini mudah digunakan dan tidak membingungkan, terutama bagi anda yang masih pemula dalam hal penggunaan Microsoft Access. Namun anda juga tidak perlu khawatir, karena Access berisikan Wizards yang akan memandu anda melalui setiap langkahnya.
  2. Sistem database populer. Microsoft Access merupakan salah satu sistem database berbasis desktop paling populer didunia.
  3. Menghemat uang. Dengan menggunakan program ini akan lebih ekonomis, daripada sistem lain yang mungkin lebih besar dan lebih mahal. Terlebih menawarkan fungsi dan penggunaan yang sama.
  4. Mudah diintergrasikan. Microsoft Access dapat berfungsi dengan baik diberbagai program perangkat lunak berbasis Windows.
  5. Kapasitas penyimpanan. Database Microsoft Access dapat menampung data hingga 2 GB.
  6. Import data. Microsoft Access memudahkan anda dalam mengimport data.

Kekurangan

  1. Kapasitas penyimpanan terbatas. jika penyimpanan melebihi 2 GB, maka akan menemui hambatan/permasalahan yang ada. Untuk itu penggunaan Microsoft Access ini cocok untuk bisnis kecil sampai menengah, serta tidak disarankan untuk bisnis menengah ke atas.
  2. Multi pengguna yang terbatas. Batas teknis pengguna adalah 255 secara bersamaan, namun untuk batas nyatanya adalah 10 hingga 80 (tergantung jenis aplikasinya)
  3. Aplikasi berbayar. untuk dapat menggunakan aplikasi ini, tentu saja anda harus membelinya terlebih dahulu karena program ini satu paket dengan Microsoft Office.

Lihat Juga : 3 Cara Menambahkan Hyperlink di Word

Fitur Utama Microsoft Access

Fitur Utama Microsoft Access
Image Source : ed2go.com

Mungkin tidak sedikit orang penasaran, mengapa Microsoft Access sering digunakan untuk mengolah basis data. Dalam hal ini tentu tidak lepas dari fitur yang disediakan. Microsoft sendiri telah menyediakan fitur utama yang dapat anda manfaatkan. Diantaranya adalah query, form, report, macro dan sejenisnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak pada tabel berikut ini.

FiturKeterangan
QueryFitur yang dapat melakukan manipulasi database, mulai dari mengubah, menampilkan, menghapus, menganalisa data serta lainnya.
FormDigunakan untuk memeriksa, membuat, ataupun memperbarui data.
ReportDigunakan untuk menampilkan atau mencetak data yang telah dibuat.
MacroBerfungsi untuk menyimpan seluruh perintah secara otomatis yang berkaitan dengan database yang telah dibuat.
ModuleTempat untuk melaksanakan pemrograman terhadap beberapa aspek yang ada di Microsoft Access.

Lihat Juga : Convert File Word ke PDF dengan Foxit Reader

Kesimpulan,

Microsoft Access merupakan merupakan sebuah aplikasi database yang berfungsi untuk merancang, membuat dan mengolah beragam jenis data. Dalam hal ini Microsoft Access cukup populer dikalangan pebisnis, perusahaan dan juga programmer. Dengan program ini, kita mendapatkan bermacam-macam manfaat. Diantaranya adalah memberi keuntungan dalam segi pembuatan data laporan. Misalnya menampung data karyawan, data keuangan, data pelanggan, dan masih banyak lagi.

Apakah Office 365 menyertakan Microsoft Access?

Tentu saja Yaa, Microsoft Access kini disertakan sebagai bagian Microsoft 365 Family atau Personal, Microsoft 365 Apps for Business dan langganan Microsoft 365 Business Standard.

Apakah sulit belajar Microsoft Access?

Tidak, karena secara umum Microsoft Access mudah dipahami, ramah pengguna dan dapat digunakan langsung oleh pemula.

Apakah Microsoft Access merupakan database yang baik?

Yaa, Microsoft Access merupakan aplikasi database lengkap yang sangat bagus dan dapat diterima, serta mudah selama anda tidak membutuhkan kumpulan data yang besar.

Apa perbedaan antara Excel dengan Access?

Excel digunakan untuk melakukan penghitungan dan merepresentasikan data secara visual. Sedangkan Access merupakan sistem yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola data dengan mudah.

Mengapa Microsoft Access begitu populer?

Karena Microsoft Access dapat membuat berbegai fungsionalitas perangkat lunak dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat daripada platform pengembangan lainnya.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya paparkan mengenai pengertian, sejarah, fungsi dan manfaat dari Microsoft Access. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi semuanya yang membutuhkan. Bagikan artikel ini ke sosial media anda supaya lebih berguna. Apabila anda ingin menanyakan sesuatu mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima Kasih!!

CATATAN: Informasi diatas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.