Pengertian HTTP Adalah : Pengertian, Manfaat, Fungsi, Beserta Cara Kerjanya

HTTP merupakan protokol jaringan yang mengatur proses transfer data antar komputer yang terjadi di dalam internet.

Ketika berselancar di internet, baik untuk mencari informasi, hiburan, atau seputar berita, pasti akan selalu berkaitan dengan domain. Dan tentunya, Anda tidak akan asing dengan HTTP atau HTTPS, bukan? HTTP merupakan protokol yang mendasari dari WWW atau World Wide Web. Protokol ini adalah pondasi dari interaksi antara elemen yang ada di web, seperti browser web, server web, dan aplikasi web. HTTP berperan penting dalam mengatur dan menginformasikan antara klien dan server terkait data, hal ini merupakan dasar dari komunikasi di internet.

Seiring dengan adanya perkembangan teknologi, HTTP telah mengalami beberapa versi yaitu HTTP/1.0, HTTP/1.1, dan yang paling baru adalah HTTP/2. Hadirnya perkembangan tersebut meningkatkan dalam efisiensi dan kinerja, memungkinkan transfer data yang lebih cepat dan aman di seluruh web. Adanya penerapan teknologi baru, seperti HTTPS, telah meningkatkan keamanan komunikasi melalui protokol HTTP. Dan tentunya, akan menjadikan sebagai layanan web yang aman bagi pengguna internet.

Situs wes di internet menggunakan domain sebagai cara untuk mengidentifikasi alamat unik untuk pengguna. Domain merupakan sebutan yang lebih mudah diingat daripada alamat IP, contoh dari domain yaitu www.contoh.com dan sebagainya. Nah, bagi Anda yang masih bingung tentang HTTP dan HTTPS, simak informasi berikut dari pengertian, perbedaan, manfaat, dan fungsinya.

Ringkasan

  • Hypertext Transfer Protocol atau yang disingkat sebagai HTTP adalah protokol lapisan aplikasi dalam model rangkaian protokol internet untuk sistem informasi hypermedia terdistribusi dan kolaboratif.
  • HTTP merupakan bagian integral dari world wide web dan banyak dimanfaatkan untuk mengakses dan berkomunikasi dengan berbagai sumber daya.
  • Contoh versi terbaru dari HTTP yaitu HTTP/3, yang menggunakan QUIC + UDP, bukan koneksi TCP/IP.
  • HTTP berfungsi untuk mengatur format dan bagaimana cara data ditransmisikan, mengatur web server dan browser dapat diproses berbagai cara mcam perintah yang masuk, dan lainnya.
  • cara kerja dari HTTP yaitu klien akan lebih dulu melakukan sebuah permintaan terhadap server, kemudian server tersebut akan memberikan sebuah respon berupa file HTML maupun data lainnya yang diminta oleh klien.

Lihat Juga : Download Nada Dering WhatsApp

Pengertian HTTP

Pengertian HTTP
Sumber Gambar : idcloudhost.com

Hypertext Transfer Protocol atau yang disingkat sebagai HTTP adalah protokol lapisan aplikasi dalam model rangkaian protokol internet untuk sistem informasi hypermedia terdistribusi dan kolaboratif. Dikutip dari beberapa artikel, singkatnya protokol ini menyediakan serangkaian perintah dalam komunikasi antar jaringan, contohnya antara server web dengan komputer lain. Menurut jagoanhosting.com, HTTP bertanggung jawab untuk mengelola proses transmisi dan bagaimana format data dikirim. HTTP merupakan bagian integral dari world wide web dan banyak dimanfaatkan untuk mengakses dan berkomunikasi dengan berbagai sumber daya.

Berdasarkan niagahoster.co.id, HTTP merupakan protokol tanpa kewarganegaraan, artinya bahwa setiap permintaan dan respons tidak menggantungkan terhadap permintaan sebelumnya. Perlu Anda ketahui bahwa menurut wikipedia.com, hal tersebut dirancang untuk memungkinkan elemen jaringan perantara mengaktifkan komunikasi antara klien dan server. Dan HTTP digunakan untuk mentransfer hypertext. Lalu, apa itu hypertext? Yaitu, teks yang di dalamnya berisi tautan ke teks atau sumber lain, seperti gambar atau video. Selain itu, HTTP biasanya dimanfaatkan untuk mengirim jenis data lain, misalnya berupa file.

HTTP termasuk dalam protokol yang fleksibel dan akan selalu dikembangkan dengan penambahan fitur-fitur terbaru. Contoh versi terbaru dari HTTP yaitu HTTP/3, yang menggunakan QUIC + UDP, bukan koneksi TCP/IP.

Jadi, secara singkat dan lebih jelasnya, HTTP merupakan sebuah protokol yang membantu untuk mengatur proses transmisi dan mengirim format data antar jaringan yang termasuk dalam bagian integral WWW atau World Wide Web.

Lihat Juga : Download Nada Dering Lucu

Pengertian HTTPS

Jenis - jenis situs web yang memerlukan HTTPS
Sumber Gambar : Sessions College

Menurut sumber accesstrade.co.id, HTTPS dan HTTP tidak memiliki perbedaan yang terlalu mencolok. Akan tetapi, HTTPS ini sifatnya lebih aman atau versi paling aman agar tidak terhindar dari virus. Apa itu HTTPS? Singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol Secure yang mana dalam perjalanan dari HTTP Request ke HTTP-Responsenya akan terlindungi oleh SSL/TLS, dan membuat data yang datang atau pergi masih tetap aman dari jangkauan peretas atau malware.

Nah, tahukah Anda apa itu malware? Menurut cloudmatika.co.id, malware memiliki pengertian sebagai perangkat lunak yang bertugas memasuki komputer tanpa perizinan serta dapat menyebabkan kerusakan terhadap sistem, server, dan jaringan komputer. Buruknya, malware ini dapat mencuri data berupa informasi yang telah tersimpan di komputer, serta dapat menjadi pintu masuknya seorang hacker. Untuk meminimalisir agar tidak terjadi pencurian data, maka muncul lah domain HTTPS yang berguna untuk mengamankan data.

Lihat Juga : Download PP Couple Anime

HTTP vs HTTPS,  apakah berbeda?

Kelebihan dan Kekurangan HTTPS
Sumber Gambar : Security Boulevard

Berbicara tentang perbedaan, memang benar bahwa kedua hal ini nyaris tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok. Namun, bagian yang paling menonjol dari kedua alamat domain yaitu menurut accesstrade.co.id, HTTPS mempunyai tingkat keamanan yang jauh lebih canggih dan tinggi. Dan yang paling unik yaitu situs website yang telah menggunakan HTTPS akan terdapat sebuah tanda berupa icon gembok atau juga dengan nama perusahaan di depan domain tersebut.

Apakah Anda pernah menemukan sebuah domain website yang telah menggunakan HTTPS, tetapi tidak terdapat icon gembok? Jika seperti ini, Anda harus waspada, karena bisa dikatakan bahwa situs tersebut masih memakai HTTP yang dimodifikasi, tentu untuk keamanannya masih sangat diragukan. Biasanya, pihak browser pun akan memberikan sebuah notifikasi kepada pengguna terkait website yang ingin digunakan tidak mempunyai keamanan yang tinggi, dan harus dihindari.

Lihat Juga : Download PP Couple Panda

Apakah HTTPS sangat penting pada website eCommerce?

Kelebihan Kekurangan HTTP & HTTPS
Sumber Gambar : unsplash.com

Perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat para penjual selalu berinovasi dalam berdagang. Tentu saja, para pihak yang bersangkutan akan lebih ketat dalam mengamankan sebuah data, terlebih di dunia internet. Apalagi saat ini transaksi online selalu digunakan di mana pun dan kapan pun. Oleh karena itu, jika sebuah situs E-Commerce masih ada yang menggunakan HTTP sebagai alat protokol jaringan, maka beberapa pelanggan akan berpikir kembali jika ingin bertransaksi secara online melalui situs yang menggunakan alamat domain HTTP, karena pasti orang-orang akan beranggapan bahwa data-datanya akan hilang dan bisa disalahgunakan.

Jika bertanya apakah HTTPS sangat penting bagi website eCommerce? Jawabannya adalah iya. Karena alamat domain ini sangat disarankan kepada pengelola situs eCommerce untuk memberikan rasa aman terhadap pelanggan, dan hal ini juga bisa digunakan sebagai bahan branding image pada perusahaan. Bahkan, saat ini Google telah menginformasikan bahwa HTTPS telah menjadi tolak ukur utama untuk keamanan dari sebuah website dan layak tidaknya masuk dalam urutan halaman awal pada mesin pencarian.

Lihat Juga : Pengertian Email

Apa fungsi dari HTTP?

Fungsi HTTP
Sumber Gambar : digitaltrends.com

Setelah membahas tentang pengertian HTTP, HTTPS, dan pentingnya HTTPS bagi website. Selanjutnya akan membahas secara tuntas tentang fungsi dari HTTP yang dikutip dari niagahoster.co.id, apa saja?

  • HTTP berfungsi untuk mengatur format dan bagaimana cara data ditransmisikan.
  • HTTP berfungsi untuk mengatur web server dan browser dapat diproses berbagai cara mcam perintah yang masuk. Contohnya: saat Anda memasukkan URL ke dalam browser, seperti “http//apaitusuratmenyurat?”.
    Nah, hasil URL atau domain tersebut akan menampilkan data halaman website yang sesuai dengan alamat domain dan muncul melalui web browser.
  • Mengamankan data dari pencurian.
  • Meminimalisir agar hacker tidak dapat membobol informasi dan data penting.
  • Mengatur bagaimana data diproses.

Fungsi utama dari HTTP dikutip dari jagoanhosting.com yaitu, sebagai berikut ini:

1. Mengirim permintaan

HTTP memungkinkan web browser untuk mengirimkan permintaan ke server web, yang berpa URL atau Uniform Resource Locator yang menunjukkan alamat dari sumber yang diinginkan, misalnya halaman web, gambar, atau file lainnya.

2. Mengelola respon

Nah, setelah menerima permintaan. Apa langkah selanjutnya? Server web tersebut akan mengirimkan sebuah respon kembali ke klien melalui HTTP. Respon ini berisi informasi yang diminta oleh klien, seperti halaman web, status kode, header dan konten.

3. Menentukan aksi

Metode yang digunakan oleh HTTP untuk menentukan jenis aksi yang ingin dilakukan terhadap sumber daya yang ditargetkan. Contoh metode HTTP yang paling umum yaitu: GET, POST, PUT, DELETE, dan OPTIONS. Setiap metode mempunyai fungsi yang berbeda-beda, seperti metode GET untuk mengambil sumber daya, dan metode POST untuk mengirimkan data ke server.

4. Mengelola State

HTTP dirancang sebagai protokol stateless, artinya setiap permintaan dari klien dianggap independen dan tidak bergantung pada permintaan sebelumnya. Nah, untuk melacak status klien sangat cocok menggunakan teknik cookies atau sesi server yang sering digunakan.

5. Penanganan kesalahan

Kode khusus yang digunakan oleh HTTP dalam mengindikasikan apakah permintaan tersebut berhasil atau gagal yaitu 2xx untuk sukses, 3xx untuk pengalihan, 4xx untuk kesalahan klien, dan 5xx untuk kesalahan server. Adanya penggunaan kode status, klien dapat mengetahui hasil permintaannya dan mengambil tindakan yang sesuai.

Lihat Juga : Pengertian Firmware

HTTP dan cara kerjanya

Cara Kerja HTTP
Sumber Gambar : ipvanish.com

Nah, berikut ini adalah pembahasan tentang bagaimana cara kerja dari HTTP yang dikutip dari beberapa sumber, simak informasi di bawah ini:

  • HTTP klien mengirimkan sebuah permintaan informasi ke web server.
  • HTTP server memproses permintaan klien, sedangkan HTTP klien menunggu proses tersebut selesai.
  • HTTP server memberikan sebuah informasi yang telah diminta. Nantinya, web server akan melupakan apapun koneksi yang telah terjadi sebelumnya.

Secara ringkas, cara kerja dari HTTP yaitu klien akan lebih dulu melakukan sebuah permintaan terhadap server, kemudian server tersebut akan memberikan sebuah respon berupa file HTML maupun data lainnya yang diminta oleh klien.

Lihat Juga : Pengertian Freeware

Apa manfaat dari HTTP?

Manfaat HTTP
Sumber Gambar : jagoanhosting.com

Selanjutnya, perlu Anda ketahui tentang beberapa manfaat dari HTTP yang dikutip dari gramedia.com, di antaranya sebagai berikut:

1. Web browser dan pengguna

Manfaat pertama dari HTTP yaitu lebih dipercaya oleh para pengguna dan web browser. Website yang menggunakan HTTPS sama halnya seperti restoran yang akan menampilkan logo “Halah” dan “BPOM”, dan lihat apa yang terjadi? Tentu para pelanggan akan lebih percaya bahwa makanan tersebut terlindungi dan terjamin kehalalannya.

HTTPS adalah protokol yang menggunakan sertifikat SSL atau TLS dalam mengenkripsi interaksi, sehingga meminimalisir adanya pencurian data. SSL atau Secure Socket Layer maupun TLS akan memberikan informasi kepada pengguna bahwa telah terhubung dan data tersebut terlindungi di server website yang sedang di buka.

2. Keamanan lebih terjamin

HTTPS adalah sebuah protokol yang memakai data kemudian dienkripsi saat transit dari dan ke server asal. Nah, protokol inilah yang membantu untuk menjaga komunikasi online agar tetap aman dan terkendali. Sehingga hacker tidak akan bisa untuk membobol atau mencuri data yang tengah dikirim.

3. Autentikasi website

Apa itu autentikasi? Yaitu proses untuk memverifikasi bahwa adanya validitas seseorang maupun mesin dalam proses komunikasi antara pengguna dengan website. Dalam HTTP, tidak ada proses verifikasi identitas karena proses dari HTTP tersebut didasarkan pada prinsip kepercayaan.

Meskipun berlandaskan pada prinsip kepercayaan, bukan berarti HTTP tidak serta merta membuat keputusan mempercayai semua web server secara tersirat. Masa sekarang, di dunia maya atau internet, proses autentikasi HTTPS sangat penting.

Lihat Juga : Pengertian Enkripsi

Penutup

Hypertext Transfer Protocol atau yang disingkat sebagai HTTP adalah protokol lapisan aplikasi dalam model rangkaian protokol internet untuk sistem informasi hypermedia terdistribusi dan kolaboratif. Perkembangan teknologi yang semakin maju, membuat para penjual selalu berinovasi dalam berdagang. Tentu saja, para pihak yang bersangkutan akan lebih ketat dalam mengamankan sebuah data, terlebih di dunia internet. Untuk itu, penting mengetahui lebih jelas dan mendalam mengenai alamat domain, fungsi, dan manfaatnya. Bagi Anda yang ingin membangun sebuah website atau blogger, perlu mempelajari lebih dulu mengenai domain, untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, seperti pencurian data dan informasi.

Apa itu Malware?

Malware merupakan perangkat lunak yang bertugas memasuki komputer tanpa perizinan serta dapat menyebabkan kerusakan terhadap sistem, server, dan jaringan komputer.

Apa itu HTTP?

Hypertext Transfer Protocol atau yang disingkat sebagai HTTP adalah protokol lapisan aplikasi dalam model rangkaian protokol internet untuk sistem informasi hypermedia terdistribusi dan kolaboratif.

Apa itu Hypertext?

Hypertext merupakan teks yang di dalamnya berisi tautan ke teks atau sumber lain, seperti gambar atau video.

Bagaimana cara kerja HTTP?

Cara kerja HTTP yaitu HTTP klien mengirimkan sebuah permintaan informasi ke web server, HTTP server memproses permintaan klien, sedangkan HTTP klien menunggu proses tersebut selesai, dan HTTP server memberikan sebuah informasi yang telah diminta. Nantinya, web server akan melupakan apapun koneksi yang telah terjadi sebelumnya.


Penulis : Elly Abriyanti Widyaningrum | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Pengertian Teknologi

Pengertian Hardware

Elly Abriyanti Widyaningrum

Elly Abriyanti Widyaningrum adalah penulis artikel di dianisa.com yang berfokus pada topik umum, seperti lifestyle, pendidikan, dan lainnya. Selain menjadi penulis lepas, ia juga seorang tutor privat, content planner dan executive administrasi di Distributor Utama SR12 Skincare.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 100 Livery BUSSID Bris Trans Tuan Muda, Casper, Valentino, Paling Jernih!

    Berikut kami bagikan kumpulan Livery BUSSID Bris Tuan Muda, varian XHD, super jernih, yang bisa yang…
  2. 15 Aplikasi Edit Foto Laptop, PC, Mac Terbaik

    Tidak peduli apakah Anda adalah Photographer pemula atau professional, proses editing memang menjadi proses yang sangat…
  3. 1285 Nama PUBG Keren, Aesthetic, Simbol, Anime, Cewek, Cowok, Jarang Dipakai!

    Simak daftar nama PUBG Mobile yang keren, aesthetic, lucu, dari A – Z untuk cewek dan…