Pengertian HTTPS Adalah – Fungsi, Manfaat, Cara Kerja, Kelebihan, Kekurangan

HTTPS adalah protokol komunikasi yang digunakan untuk keamanan situs web

HTTP dan HTPPS mungkin sering kali Anda temui saat menggunakan internet. Keduanya merupakan sebuah protokol keamanan internet yang biasanya digunakan untuk meningkatkan keamanan pada akun website atau blog Anda. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa kedua protokol keamanan tersebut memiliki perbedaan yaitu HTTP tidak menggunakan SSL, sedangkan HTTPS menggunakan SSL. SSL sendiri merupakan sebuah teknologi keamanan standar untuk mendirikan sebuah link yang terenkripsi antara server dan pengguna.

Oleh karena itu, apabila website Anda menggunakan HTTPS maka informasi atau data yang ada di dalamnya tidak dapat dibaca oleh siapa pun kecuali server yang memang dituju untuk mengirimkan informasi tersebut. Sehingga tingkat keamanan data yang ada di dalamnya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan HTTP. Tidak hanya itu saja, HTTPS juga memiliki berbagai macam fungsi dan kelebihan lainnya. Mau tahu fungsi dan manfaat lain dari HTTPS, simak pembahasan mengenai HTTPS secara detail dan lengkap berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Spam Adalah

Pengertian HTTPS Adalah

Pengertian HTTPS Adalah
Sumber Gambar : Elevated

HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure, yaitu sebuah protokol komunikasi di internet yang paling efisien dan aman. HTTPS juga dapat melindungi integritas dan kerahasiaan antara situs web dan komputer Anda. Sehingga data yang dikirimkan dari website kepada pengunjung dapat terjamin keamanannya dan tidak mungkin disadap oleh pihak ketiga. Selain itu, dengan adanya protokol HTTPS dapat mempersulit orang lain untuk membajak data atau konten dokumen yang dikirimkan situs web Anda kepada pengunjung.

Fungsi HTTPS

  • Protokol HTTPS memberikan lapisan pelindung keamanan data saat berjalan dari server website ke komputer / ponsel Anda.
  • Memberi dampak yang positif untuk SEO.
  • Meningkatkan keamanan blog atau website Anda, sehingga data yang ada di dalamnya akan sulit untuk diretas.
  • Meminimalisir terjadinya pembobolan pada akun media sosial.
  • Integritas suatu data atau informasi dapat terjaga.

Manfaat HTTPS

  • Meningkatkan trafik website.
  • Keamanan komunikasi antara pengguna dan pemilik website lebih terjamin.
  • Membantu peringkat SEO pada mesin pencari.
  • Membangun kepercayaan pengunjung website Anda.

Lihat Juga : Pengertian Domain Adalah

Cara Kerja HTTPS

Cara Kerja HTTPS
Sumber Gambar : TutorialsTeacher

Ketika Anda masuk ke akun media sosial Anda, maka secara otomatis Anda harus memasukkan kata sandi yang Anda buat untuk masuk ke akun media sosial tersebut. Setelah memasukkan kata sandi, kemudian tekan Enter dan situs media sosial tersebut akan memeriksa apakah kata sandi yang Anda masukkan benar.

Protokol HTTPS memainkan peran penting pada tahap proses ini. Oleh karena itu, selama proses tersebut, data-data Anda secara otomatis diubah oleh situs website menjadi kumpulan kode acak yang tidak dapat dibaca manusia. Kemudian, ketika sampai di komputer Anda, kode tersebut secara otomatis akan menjadi data seperti biasa dan berhasil dibaca. Hal tersebut yang dimaksud dengan pengamanan data sementara.

Lalu apakah data tersebut masih bisa dicuri? Jawabannya adalah kemungkinan memang dapat dicuri selama dalam tahap “Proses”. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena data tersebut tidak dapat dibaca oleh manusia. Bahkan jika harus diterjemahkan, hasil terjemahan tersebut belum tentu benar dan memakan waktu yang lama.

Lihat Juga : Pengertian LAN Adalah

Prosedur Keamanan Data HTTPS

Prosedur Keamanan Data HTTPS
Sumber Gambar : Seobility

Berikut ini merupakan beberapa prosedur yang digunakan oleh HTTPS untuk dapat menjaga keamanan data yang dapat Anda ketahui.

Integritas Informasi Data

Tahap ini membantu memberikan informasi secara aman dari server ke komputer / ponsel Anda. Saat Anda memasukkan data di situs web, aktivitas Anda tidak dapat dideteksi, diubah, atau bahkan dirusak oleh peretas. Hal tersebut karena adanya proses validasi Message Authentication Code (MAC) terlebih dahulu yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima pesan saja. Contohnya ketika Anda memasukkan kata sandi rahasia untuk akun media sosial Anda.

Enkripsi

Enkripsi ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan saat bertukar data. Data server yang diakses oleh pengguna melalui web browser tidak akan bisa dipahami oleh pengguna lain. Hal ini karena proses enkripsi tersebut membuat data akan sulit dipahami dan membutuhkan kode khusus untuk dapat membaca data tersebut secara benar. Sehingga para pencuri data (peretas) tidak dapat melihat data Anda atau melacak aktivitas pengguna.

Autentikasi Server

Selama tahap autentikasi, server memverifikasi bahwa Anda adalah penerima data yang benar. Jadi, sebelum data mencapai pengguna, server secara otomatis memverifikasi dan membuktikan kepemilikan informasi. Jika informasi tersebut benar milik Anda (valid), informasi tersebut akan dikirim. Namun, jika server menunjukkan bahwa data tersebut bukan milik Anda (dinonaktifkan), informasi tersebut tidak akan dikirimkan kepada Anda (kesalahan).

Lihat Juga : 1 GB berapa KB?

Jenis – jenis situs web yang memerlukan HTTPS

Jenis - jenis situs web yang memerlukan HTTPS
Sumber Gambar : Sessions College

Jika Anda memiliki blog pribadi, mungkin penggunaan HTTPS tidak wajib harus Anda gunakan, namun berbeda dengan beberapa situs web berikut ini yang memerlukan HTTPS agar keamanannya dapat terjaga. Beberapa situs web tersebut antara lain yaitu:

Situs web perusahaan

Website perusahaan biasanya memiliki banyak informasi otoritatif yang berkaitan dengan kelangsungan perusahaan. Selain itu, situs web perusahaan juga biasanya menyimpan banyak data perusahaan, dll. Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan protokol HTTPS di situs perusahaan yang Anda miliki.

Situs web pemerintah

Seperti situs bisnis, situs pemerintah juga harus menggunakan HTTPS. Karena mengandung banyak data dan informasi yang perlu dilindungi.

Toko online

Untuk masuk ke toko online itu sendiri, Anda harus login terlebih dahulu kemudian memasukkan informasi kartu kredit untuk dapat membeli produk dari toko online tersebut. Oleh karena itu Anda harus menggunakan protokol HTTPS untuk mencegah adanya pencurian data.

Media sosial

Sebuah aku media sosial memang sangat penting untuk menggunakan HTTPS agar keamanan data dan informasi pengguna di dalamnya dapat terjaga. Sehingga akun media sosial tersebut tidak mudah untuk diretas dan digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang dapat menimbulkan berbagai kerugian bagi pemilik akun media sosial.

Aplikasi dompet digital / E-Banking

Pada saat ini transaksi secara online juga dapat dilakukan dengan mudah melalui beberapa aplikasi dompet digital yang tersedia. Oleh karena itu tingkat keamanan data dan informasi di dalam aplikasi tersebut juga sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi pencurian data atau pembobolan saldo rekening yang dimiliki oleh pengguna.

Lihat Juga : Pengertian E-Money Adalah

Kelebihan dan Kekurangan HTTPS

Kelebihan dan Kekurangan HTTPS
Sumber Gambar : Security Boulevard

Berikut sejumlah kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan protokol HTTPS untuk blog maupun situs web yang Anda miliki.

Kelebihan HTTPS

  • HTTPS dapat memberikan pengalaman yang lebih baik kepada para pengguna mengenai validitas informasi yang dibaca.
  • HTTPS juga menunjukkan integritas sebuah situs web.
  • Keamanan data dan informasi di dalamnya lebih terjamin.
  • Mempermudah para pengguna untuk melakukan transaksi secara aman melalui dompet digital atau E-Bangking.
  • Dapat membangun kepercayaan pengguna dengan adanya teknologi SSL yang dimiliki.
  • Website yang Anda miliki akan lebih mudah untuk diakses oleh pengunjung.

Kekurangan HTTPS

  • Data terenkripsi sementara atau hanya pada saat proses transmisi saja.
  • Penggunaan HTTPS juga dapat menyebabkan terjadinya overhead jaringan dan komputasi.
  • Data yang tersimpan tidak dapat dilindungi sebagai cache.

Lihat Juga : Pengertian CMOS Adalah

Perbedaan HTTP dan HTTPS

Mungkin banyak dari pengguna internet atau media sosial melihat perbedaan HTTP dan HTTPS terletak pada huruf “S” yang berarti secure. Hal tersebut juga dapat dibenarkan karena adanya penambahan huruf tersebut membuat HTTPS memiliki makna bahwa protokol ini berbeda dengan HTTP karena memiliki sistem yang lebih aman. Selain itu pada sebuah website yang menggunakan HTTPS memiliki fungsi standart untuk direct ketikan Anda menuliskan HTTP:// maka akan beralih menjadi HTTPS://. Kemudian perbedaan selanjutnya juga terletak pada port yang dimiliki, HTTP biasanya menggunakan port 80. Sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

Lihat Juga: Pengertian Input dan Output

Penutup

Berikut merupakan informasi mengenai HTTPS yang dapat Anda ketahui. Mungkin jika Anda memiliki situs web yang masih menggunakan HTTP, Anda bisa mencoba beralih menggunakan HTTPS agar situs web Anda lebih aman dan banyak dikunjungi oleh pengguna.

Bagaimana cara menggunakan HTTPS pada situs website?

Untuk menggunakan HTTPS pada situs web sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu generate sertifikat SSL dan mengaktifkannya untuk situs web Anda.

Mengapa banyak pengguna HTTPS pada saat ini?

Hal ini karena pada tahun 2018 Google mengumumkan bahwa browser Chrome akan menandai beberapa website yang menggunakan protokol HTTP sebagai situs yang “tidak aman”. Oleh karena itu, pemilik situs web tergerak untuk menerapkan HTTPS untuk mengamankan website mereka.

Apa saja jenis kunci keamanan yang digunakan oleh HTTPS?

Keamanan pada HTTPS menggunakan dua jenis kunci yaitu Private Key yang dapat dikendalikan oleh pemilik situs website. Dan Public Key yang tersedia untuk semua orang yang ingin berinteraksi secara aman dengan server.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Instagram Font Generator : C̳o̳p̳y̳ ̳P̳a̳s̳t̳e̳ Teks Untuk Bio dan Caption

    Buat font keren dan unik untuk bio dan caption IG dengan tool Instagram Font Generator
  2. 10 Cara Membuka Gambar WebP di PC, Laptop, HP

    Berikut cara mudah membuka gambar WebP di PC, laptop, dan HP yang dapat Anda coba ikuti!
  3. Download Komikcast Apk Terbaru 2022, Baca Komik Gratis Tanpa Iklan

    Berikut link download Komikcast Apk terbaru 2022