Pengertian Adobe Illustrator | Sejarah, Fungsi, Fitur

Adobe Illustrator merupakan software desain grafis yang menjadi pilihan para desainer grafis dunia. Keberadaan software Illustrator ini sangat membantu pekerjaan di bidang multimedia bagi para pemula hingga profesional. Tidak heran, software keluaran Adobe System ini selalu memberikan predikat unggul pada produk-produk yang diciptakannya. Salah satu di antaranya adalah Adobe Photoshop yang sekian lama ini juga sering digunakan bagi kalangan umum pencipta desain.

Telah diakui, produk-produk perusahaan Adobe memang diciptakan dengan menawarkan fitur-fitur fantastis dan mudah digunakan. Meskipun Adobe Illustrator memiliki fitur yang lebih mumpuni dibanding software grafis lainnya, ternyata masih banyak pengguna yang awam dengan software ini. Nah, untuk itu penulis akan memberikan ulasan lengkap mengenai software Adobe Illustrator.

Cocok sekali bagi pengguna yang masih awam dan ingin memahami lebih detail terkait pengertian, fungsi dan fitur yang Adobe Illustrator berikan. Lebih lengkapnya, bisa dilihat pada ulasan berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian CorelDraw | Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan

Apa itu Adobe Illustrator?

Apa itu Adobe Illustrator
Sumber gambar: Behance
Jenis Image Vector Editor
PengembangAdobe Systems
Bahasa PemrogramanC++
Sistem OperasiMac OS X, Microsoft Windows
LisensiPerorangan
Rilis Perdana19 Maret 1987
Rilis StabilCC 2020 (24.2.3) / Juli 2020
Situs Webadobe.com/products/Illustrator.html

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak grafis berbasis vektor, yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Seiring berjalannya tahun, Adobe Illustrator telah mengalami perkembangan versi, Illustrator CC merupakan versi terkini dari generasi kedua puluh untuk produk Illustrator. Software ini dipergunakan untuk menggambar karya dalam bentuk digital ilustrasi dengan hasil yang maksimal.

Beberapa karya digital yang bisa dihasilkan dari aplikasi ini di antaranya, logo, ikon, desain produk, tipografi, ilustrasi, desain iklan di billboard, desain konten media, dan lainnya. Situs resmi Adobe memberikan penjelasan mengenai olah grafis dari software ini yang mana menghasilkan bentuk vektor.

Vektor sendiri memiliki keunggulan terbaik bagi gambar yang didesain karena tipe gambar yang tidak pecah saat diperbesar. Karena itulah, software Adobe Illustrator sangat digandrungi para kreator digital dalam menjalankan bisnis desain dan multimedia.

Lihat Juga : Pengertian Komputer | Sejarah, Fungsi, Komponen

Sejarah Adobe Illustrator

Adobe Illustrator mengalami banyak perkembangan seiring berjalannya waktu, berawal mula dari versi pertamanya versi 1.0,  kemudian beranjak ke versi CS, hingga versi terbaru yaitu versi CC. Untuk memahami secara lebih jauh mengenai sejarah versi Adobe Illustrator, simak rangkuman berikut ini:

– Versions 1-1.6

Adobe Inc. telah menciptakan pengembangan software Adobe Illustrator pada bulan Desember 19865 sejak pengirimannya pada Januari 1987, dengan tujuan komersialisasi perangkat lunak pengembangan font internal dan format file PostScript. Produk Adobe Illustrator di rancang sebagai pendamping dari Adobe Photoshop. Adobe Photoshop sendiri diciptakan untuk memanipulasi foto digital dan gaya foto yang foto realistis, sementara Illustrator memiliki pembeda dengan memberikan olah hasil desain dalam penyusunan huruf, logo, maupun grafik desain.

Versi lanjutan dari Adobe Illustrator ini juga disebut Illustrator 88, yang merupakan produk untuk versi 1.7, dirilis pada tahun 1988 dengan menghadirkan pengenalan ikon-ikon maupun fitur baru. Tepat tahun 2011, Adobe Illustrator ’88 menggunakan format File MATLAB untuk bahasa pemrograman sebagai pilihan untuk menyimpan angka. Pada tahun 1989, Byte telah mendaftarkan Illustrator 88 sebagai salah satu pemenang ‘Distincion’ dari Byte Awards. Kala itu Adobe berhasil mengungguli pesaing industri sebelumnya yakni Aldus FreeHand.

– Versions 2-6

Dalam dekade pertama Adobe mengutamakan pengembangan Illustrator untuk Macintosh, namun disisi lain ia juga mendukung platform lainnya. Awal tahun 1990-an, Adoe merilis versi Illustrator untuk sistem operasi NeXT, Silicon Graphics, dan Sun Solaris, namun sempat terhenti karena sistem pemasaran yang buruk. Sistem operasi Windows akhirnya juga didukung Illustrator dengan versi 2.0, tepatnya pada 1989.

Segala uji coba dan versi lanjutan dari Illustrator mengalami pasang surut sampai versi 4.0, di versi 4 ini adalah versi pertama Illustrator  yang mendukung mode tampilan pratinjau. Berlanjut ke versi 5.0 Macintosh pada 1993, hingga versi akhirnya adalah versi 6, merupakan versi Illustrator Macintosh. Segala antarmuka berubah secara radikal dalam konsistensi antara platform komputer Mac dan Windows.

– Versions 7-10

Tepat tahun 1997 Illustrator mengenalkan rilisan versi 7, dengan membuat perubahan pada interface pengguna mengenai pengeditan jalur dan menyatukan kesamaan interface pengguna dengan Adobe Photoshop. Desainer sudah mulai melakukan standarisasi pada Illustrator untuk paritas pengguna antara versi Macintosh dan Windows. Pada tahun 1994, Adobe juga membeli Aldus untuk Page Maker.

Pada masa itu, Federal Trade Commission telah mengeluarkan keluhan Adobe System pada 18 Oktober 1994, adanya haluan divestasi FreeHand untuk “memperbaiki pengurangan persaingan akibat akuisisi” karena perangkat lunak Adobe Illustrator. Akhirnya, pada tahun 1995 Macromedia mengakuisisi FreHand dari Altsys, pengembang aslinya dan melanjutkan pengembangannya hingga tahun 2004.

Photoshop dan Illustrator memiliki perbedaan yang kuat semenjak munculnya Internet. Illustrator mulai mendukung penerbitan Web, pratinjau rasterisasi, PDF, dan SVG (Scaleable Vector Graphics). Adobe menjadi pengembang awal SVG untuk web dan Illustrator dengan mengekspor File SVG melalui plugin Format File SVG. Versi lanjutan terus berkembang hingga Illustrator versi 10 yang dirilis Adobe pada November 2001.

– Versions CS–CS6

Versi CS pada Illustrator dirilis oleh Adobe untuk Mac dan Windows pada bulan Oktober 2003. Illustrator CS ini merupakan versi pertama yang menyertakan kemampuan 3 dimensi untuk memungkinkan pengguna untuk mengekstrasi atau memutar bentuk untuk membuat objek 3D yang sederhana. Pada bulan April tahun 2005, Adobe merilis Illustrator CS2 (versi 12) untuk platform Mac OS X dan Microsoft Windows.

Pada tahun yang sama Adobe System berhasil mengakuisisi Macromedia dalam pertukaran saham senilai sekitar $ 3,4 miliar. Akhirnya, Adobe memiliki FreeHand dan seluruh lini produk Macromedia.

Tahun 2007, Adobe mengumumkan bahwa mereka menghentikan pengembangan dan update program FreeHand. Namun, disisi lain Adobe akan mempersiapkan tool-tool dan dukungan untuk kemudahan transisi ke program Illustrator. Illustrator CS3 dirilis pada 27 Maret 2007, memberikan pembaruan interface ke Control Bar, di antaranya untuk keselarasan titik individu (align individual points), beberapa Area Pangkas (Multiple Crop Areas), panel Panduan Warna (the Color Guide panel) dan fitur Warna Langsung (Live Color feature).

CS4 telah dirilis pada bulan Oktober 2008. Versi ini memperbaiki segala tool lama dengan mengenalkan beberapa alat baru yang diperoleh dari FreeHand. Salah satu fitur utamanya adalah penambahan beberapa Artboard pada CS4 dari FreeHand. Papan seni atau Artboard ini memungkinkan Anda untuk membuat kreasi satu karya menjadi banyak papan dalam satu dokumen. Alat lainnya termasuk Blob Brush, untuk memungkinkan pembuatan beberapa sapuan kuas vektor yang sifatnya tumpang tindih. Kemudian tool gradient, untuk membuat manipulasi pewarnaan yang lebih mendalam beserta transparansi  dalam gradien.

Illustrator CS5 dirilis pada bulan April 2010. Sudah semakin meningkat fungsionalitas yang ada, CS5 ini memberikan fitur alat Perspective Grid dari FreeHand, Bristle Brush (goresan untuk melukis), dan pembaruan komprehensif untuk goresanoleh Adobe yaitu ‘Beautiful Strokes’. Pada versi CS6 yang termasuk generasi ke-16 dari Adobe Illustrator dirilis pada 23 April 2012. Adobe membawa pembaruan lebih banyak fitur dan perbaikan masalah bugs seperti antarmuka pada pengguna baru, panel layer, kode RGB, dan jalur warna untuk meningkatkan kinerja.

Adobe menggeser strategi rilis bersama dengan Creative Cloud, hingga rilislah Illustrator CC. Ini merupakan versi ke-17, sejalan dengan perangkat lunak sebelumnya yaitu Creative Suite. Bagian dari Creative Cloud ini membawa perbaikan dalam subjek seperti sinkronisasi warna, font dan pengaturan program, penyimpanan dokumen ke cloud, dan integrasi dengan Behance (jaringan kolaboratif kreatif), serta fitur lain seperti, touch-compatible type tool, images in brushes, CSS extraction, dan files packaging.

Kompatibilitas

Adobe Illustrator memiliki kompatibilitas dengan Inkscape yaitu format SVG yang didukung oleh AI. Namun implementasi keduanya tidak 100% kompatibel. Inkscape juga mengekspor ke format PS, EPS dan PDF. Ketiganya itu merupakan format yang mampu mengenali Adobe Illustrator. Berikut ini merupakan ‘Sejarah Perilisan’ dari software Adobe Illustrator.

VersiSistem OperasiTanggal Rilis
1.0Classic Mac OSJanuari, 1987
1.1Classic Mac OS19 Maret 1987
88Classic Mac OSMaret, 1988
2.0WindowsJanuari, 1989
3Classic Mac OS, NeXT, dan UnixesOktober, 1990
3.5IRIX1991
4WindowsMei, 1992
3.5Solaris1993
5Classic Mac OSJuni, 1993
5.5Classic Mac OS, SolarisJuni 1994
5.5.1IRIX1995
6Classic Mac OSFebruari, 1996
5.1Windows1996
7Mac/ WindowsMei, 1997
8Mac/ WindowsSeptember, 1988
9Mac/ WindowsJuni, 2000
10Mac/WindowsNovember, 2001
CS (11)Mac/WindowsOktober, 2003
CS2 (12, 12.0.1)Mac/Windows27 April, 2005
CS3 (13)Mac/WindowsApril, 2007
CS4 (14)Mac/WindowsOktober, 2008
CS5 (15, 15.0.1, 15.0.2)Mac/WindowsMei, 2010
CS6 (16, 16.0.2)Mac/WindowsMei, 2012
CC (17)Mac/Windows17 Juni, 2013
CC (17.1)Mac/Windows16 Januari 2014
CC 2014 (18.0)Mac/Windows18 Juni 2014
CC 2014 (18.1)Mac/Windows6 Oktober 2014
CC 2015 (19.0.0)Mac/Windows16 Juni 2015
CC 2015.1 (19.1.0)Mac/Windows25 Juli 2015
CC 2015.2 (19.2.0)Mac/Windows30 November 2015
CC 2015.3 (20.0)Mac/Windows20 Juni 2016
CC 2015.3.1 (20.1)Mac/Windows10 Agustus 2016
CC 2017 (21.0.0)Mac/Windows2 November 2016
CC 2017.0.1 (21.0.1)Mac/Windows9 Januari 2017
CC 2017.0.2Mac/Windows15 Januari 2017
CC 2017.1 (21.1.0)Mac/Windows5 April 2017
CC 2018 (22.0.0)Mac/Windows18 Oktober 2017
CC 2018 (22.1.0)Mac/Windows13 Maret 2018
CC 2019 (23.0.0)Mac/Windows15 Oktober 2018
2019 (23.0.2)Mac/Windows8 Februari 2019
2019 (23.1.0)Mac/Windows18 September 2019
2020 (24.0)Mac/Windows24 Oktober 2019
2020 (24.0.2)Mac/WindowsDesember, 2019
2020 (24.1)Mac/Windows6 Maret 2020
2020 (24.2)Mac/Windows16 Juni 2020
2020 (24.3)Mac/WindowsAgustus, 2020

Lihat Juga : 8 Aplikasi Pembuat CV PC & Mac Terbaik

Fungsi dan Manfaat Adobe Illustrator

Fungsi dan Tujuan Adobe Illustrator
Sumber gambar: Adobe Support

Dalam pandangan desainer grafis Adobe Illustrator bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai gambar digital dan media cetak. Fungsi utama dari Adobe Illustrator adalah menggambar atau mendesain ilustrasi dalam bentuk vektor. Selain itu, Illustrator juga bisa untuk membuat tracing pada objek foto, mewarnai ulang objek atau membuat tampilan foto seperti sketsa.

Selain untuk menggambar ilustrasi, software ini juga memungkinkan untuk memanipulasi teks dan membuat desain multimedia. Pengguna Illustrator juga didukung untuk membuat dan merancang desain mock-up sebagai template icon ataupun bentuk desain untuk ditampilkan dalam aplikasi ataupun situs web.

Dari segi kualitas image vektor yang dimiliki Adobe Illustrator, maka secara tidak langsung software ini memiliki kegunaan untuk menciptakan hasil karya yang bagus dalam segi kualitas gambar. Fungsi dan kegunaan dari software Adobe Illustrator ini sangat beragam, tergantung Basic dan kemampuan eksplorasi dari desainer grafis ingin mengolah gambar desain seperti apa. Secara rinci beberapa karya desain multimedia yang dihasilkan dari Adobe Illustrator ialah:

  1. Desain Konten Media
  2. Desain Aplikasi
  3. Logo
  4. Watermark
  5. Desain Website/Blog
  6. Desain Ilustrasi
  7. Desain Icon
  8. Billboard, Spanduk, dan Bener
  9. Desain Tabel, Grafik, dan Diagram
  10. Desain Kartun

Dari sekian banyak karya yang bisa di desain menggunakan Adobe Illustrator, merupakan pekerjaan desainer grafis yang sangat menguntungkan jika dilibatkan ke dalam bentuk komersial maupun usaha. Karena saat ini Adobe Illustrator sering digunakan perusahaan media untuk menyuguhi keinginan klien dalam keperluan desain, seperti iklan produk, politik, perusahaan jasa media, desain admin sosial media, dan lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Office | Jenis Layanan, Fungsi, Manfaat

Fitur Utama Adobe Illustrator

Fitur Utama Adobe Illustrator
Tampilan Adobe Illustrator. RUDI DIAN ARIFIN

Fitur utama Adobe Illustrator terlihat pada sisi kiri jendela aplikasi pada sidebar yang disebut dengan Panel Tools. Pada panel tool telah disuguhkan beberapa icon atau alat untuk menyeleksi, meng-create, dan membuat manipulasi objek pada papan dokumen atau Artboard. Namun perlu sekali bagi pengguna untuk mengetahui apa saja nama alat dan kegunaan dari fitur tersebut. Adapun jenis-jenis tool yang bisa pengguna pakai di antaranya;

1. Toolbox (Panel Tools)

Toolbox adalah peranan menu yang paling sering digunakan pada Adobe Illustrator, karena di sana terdapat berbagai fungsi menu untuk membuat ragam objek di dokumen Illustrator. Panel Tools ini terletak pada sidebar di sebelah kiri, dengan jumlah icon tools sekitar 50 lebih. Sedikit di antaranya adalah Selection Tool (V), Direct Selection Tool (A), Magic Wand Tool (Y), Lasso Tool (Q) dan masih banyak tools lain yang bisa pengguna pelajari.

2. Color Palette

Fitur Color Pallete dimanfaatkan untuk membuat pewarnaan dengan menentukan isi warna (Fill) dan garis (Stroke). Di dalam color palette ini akan ditampilkan beragam parameter warna dari tipe pewarnaan RGB maupun CMYK.

3. Transparency Palette

Transparency Palette merupakan bagian alat yang dimanfaatkan untuk mengatur tingkat opacity pada objek yang dibuat. Palet transparansi pada fitur terbaru Adobe Illustrator semakin ditingkatkan dengan menyediakan penggeser objek atau lapisan. Pada palet ini juga menyediakan kontrol Opacity Mask baru dengan nilai luminansi warna isian objek untuk mencover objek dasarnya. Misal, warna yang lebih gelap akan di mask menjadi lebih buram daripada warna yang lebih terang. Intinya, Opacity Mask ini akan membuat efek transparansi dan masking lebih kompleks secara langsung.

4. Stroke Palette

Pada bagian ini merupakan Stroke Pallete yang dimanfaatkan pengguna untuk membuat garis luar objek atau disebut outline. Alat ini menyediakan pengaturan ketebalan garis pada objek vektor, yang diatur sesuai keinginan pengguna.

5. Gradient Pallete

Palet gradient akan membantu pengguna dalam mengatur posisi gradasi warna pada sebuah objek vektor yang dipilih. Warna default dari gradasi adalah hitam dan putih, selanjutnya bisa disesuaikan dengan beragam warna yang diambil untuk pewarnaan objek.

6. Layers Palette

Layer merupakan palet dasar yang selalu dijumpai desainer grafis, karena bagian layer ini selalu diterapkan pada software Adobe System pada aplikasi pengolah gambar, salah satunya Adobe Photoshop. Pada Illustrator, layer juga menjadi peranan penting dalam perancangan objek desain. Layers Pallete akan mengatur informasi daftar atau tempat lapisan objek pada Artboad atau papan lembar kerja.

Lihat Juga : 10 Software Alternatif Adobe Illustrator

Kesimpulan,

Dari ulasan singkat terkait pengertian Adobe Illustrator di atas dapat disimpulkan, bahwa Adobe Illustrator merupakan software pengolah gambar berbasis vektor milik Adobe Inc. Software ini terus mengalami perkembangan dari versi lama Ilustrator 1.0 sejak tahun 1987 hingga versi Ilustrator CC sejak tahun 2013 hingga saat ini. Adobe Illustrator menghadirkan fitur-fitur terbaru dari setiap rilisnya, tidak heran banyak desainer profesional memilih software ini untuk editing maupun menciptakan desain.

Apakah Adobe Illustrator Berbayar?

Iya aplikasi ini berbayar. Adobe Illustrator hanya tersedia melalui langganan; harga aplikasi mandiri senilai $ 19.99 per bulan dengan komitmen tahunan, atau $ 29.99 setiap bulan. Untuk software Suite lengkap, sudah termasuk InDesign, Photoshop, Premiere Pro, dan lainnya, harganya senilai $ 49.99 per bulan. Untuk uji coba gratis tersedia selama tujuh hari, sebagai uji coba perangkat lunak tanpa komitmen (tidak memerlukan kartu kredit).

Apa perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDraw?

Adobe Illustrator VS CorelDraw sangat terkenal dan selalu diandalkan bagi kalangan desainer, karena aplikasinya perfect dan memiliki fitur lengkap. Kedua aplikasi ini sama-sama memiliki tipe gambar berbasis vektor, namun masih ada perbedaan jauh dari keduanya. Dari segi fitur Illustrator lebih lengkap daripada CorelDraw. Illustrator dapat menjaga warna aslinya saat dicetak, untuk membuat desain ilustrasi aplikasi ini sangat bagus sekali. Sedangkan CorelDraw sering kali dipakai oleh perusahaan produksi untuk proses produksi karena tampilannya umum dan mudah dikenal bagi pengguna awam. Namun CorelDraw tidak bisa menghasilkan gambar sebagus dari Illustrator, tapi tidak kalah dengan gambar berbasis bitmap atau raster.

Apakah Adobe Illustrator mendukung berbagai sistem operasi?

Software Illustrator saat ini hanya mendukung sistem operasi Windows dan MacOS saja.

Itulah penjelasan lengkap dari saya mengenai pengertian, sejarah, fungsi, dan fitur Adobe Illustrator, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Bagikan artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

CATATAN: Informasi di atas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.