Pengertian Bandwidth – Cara Kerja, Fungsi, Manfaat, Jenis, dan Contoh

Bandwidth merupakan kapasitas maksimum dalam mengirim data dari server ke client dalam bit per second (bps)

Bagi Anda pengguna internet, mungkin masih banyak berbagai istilah yang ada dalam teknologi internet yang belum Anda ketahui. Padahal bisa saja setiap hari Anda menggunakannya atau melakukannya hanya saja Anda belum paham mengenai beberapa istilah tersebut. Salah satu contoh istilah yang mungkin banyak dari pengguna internet yang belum benar–benar menganalnya adalah bandwidth.

Lalu apa itu bandwidth? mungkin sebagian dari Anda yang mengetahui istilah tersebut menganggap bahwa bandwidth merupakan kecepatan untuk melakukan transfer data. Namun jika dipahami lebih dalam bandwidth memiliki pengertian yang lebih dari itu. Untuk itu, berikut ini beberapa informasi mengenai bandwidth yang dapat Anda simak, baik dari pengertian, cara kerja, fungsi, manfaat, jenis–jenis, dan contoh bandwidth.

Lihat Juga : Pengertian Enkripsi

Pengertian Bandwidth

Bagian - bagian URL
Sumber Gambar : unsplash.com

Bandwidth adalah kapasitas maksimum suatu jalur komunikasi, yang memiliki fungsi untuk mengirim data dari server ke client dalam bit per second (bps). Jika bandwidth memiliki nilai yang besar, maka kemampuan transmisi data juga ikut bernilai besar. Bandwidth juga terdiri dari minimal dua perangkat yang saling terhubung satu sama lain, di mana salah satu perangkat bekerja sebagai host dan yang lain bekerja sebagai client.

Bandwidth juga dapat diartikan sebagai kapasitas maksimum yang bersifat tetap dari kecepatan itu sendiri. Misalnya, Anda memiliki jaringan internet WiFi dengan kecepatan transfer data hingga 10 Mbps. Kemudian, Anda mengakses layanan internet pada lima perangkat sekaligus secara bersamaan seperti streaming, bermain game, membuka Instagram, mendownload file, dan sebagainya. Maka jaringan internet WiFi tersebut dapat mendistribusikan kecepatan transmisi data secara merata pada lima perangkat sekaligus menjadi 2 Mbps pada masing-masing perangkat karena kuota maksimum bandwidth adalah 10 Mbps.

Lihat Juga : Pengertian Input dan Output

Cara kerja bandwidth

Manfaat Laptop
Sumber Gambar : unsplash.com

Sebagai media penghubung, bandwidth sangat erat kaitannya dengan aktivitas transmisi data. Oleh karena itu, bandwidth diperlukan untuk pertukaran data agar dapat berjalan dengan lancar dan aman. Pada dasarnya prinsip pengoperasian bandwidth tidak jauh berbeda dengan fungsi utamanya. Kapasitas bandwidth yang besar dari jaringan komunikasi berdampak pada kinerja jaringan. Jika terjadi masalah atau kesalahan selama proses pengiriman, maka penyebabnya bisa karena packet loss, atau bahkan dari komponen bandwidth itu sendiri.

Pengguna juga dapat mengoptimalkan penggunaan bandwidth dengan menggunakan aplikasi QoS karena aplikasi tersebut dapat menutup sementara beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan. Selain itu Anda juga dapat menggunakan cloud untuk mengurangi beban dan kinerja aplikasi, sehingga bandwidth dapat bekerja lebih optimal.

Lihat Juga : Pengertian Domain

Fungsi Bandwidth

Definisi Jaringan Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Setelah memahami apa itu bandwidth, berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki oleh bandwidth yang dapat Anda ketahui, antara lain:

1. Sebagai media transmisi data

Bandwidth dapat menghubungkan proses transfer data, sehingga dapat dikatakan bahwa bandwidth merupakan “jembatan” yang menciptakan koneksi atau media pertukaran data dan informasi.

2. Membagi kecepatan transfer data

Fungsi lain dari bandwidth adalah dapat digunakan untuk membagi kecepatan saat terjadi proses transfer data, sehingga kecepatan yang dimiliki dapat dibagikan secara merata pada seluruh pengguna. Apabila tidak dibagi secara merata, maka bisa saja jaringan tersebut hanya ditujukan pada satu pengguna saja yang mengunduh file dengan jaringan internet yang cukup besar.

3. Membatasi transfer data

Bandwidth juga dapat berfungsi untuk membatasi besar data yang dapat diakses oleh pengguna. Tujuannya adalah untuk mengurangi lalu lintas tinggi yang melebihi kapasitas bandwidth, agar tidak dapat mengganggu stabilitas jaringan tersebut.

Lihat Juga : Pengertian HTTP dan HTTPS

Manfaat Bandwidth

Ruang Lingkup Teknologi Informasi
Sumber Gambar : unsplash.com

Selain memiliki beberapa fungsi di atas, Bandwidth juga memiliki beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh ketika menggunakannya. Beberapa manfaat tersebut di antaranya:

  • Proses transfer data menjadi lebih cepat atau tidak membutuhkan waktu yang lama.
  • Menyediakan sistem keamanan ganda untuk melindungi data dan informasi Anda dari serangan malware.
  • Mencegah gangguan stabilitas jaringan selama proses transfer data.

Lihat Juga : Pengertian Plug and Play

Jenis–Jenis Bandwidth

Jenis Bandwidth
Sumber Gambar : Unsplash.com

Terdapat dua jenis bandwidth dalam sebuah komputer, antara lain yaitu:

1. Bandwidth Analog

Bandwidth analog merupakan besarnya rentang frekuensi (dalam Hertz) di mana dalam bandwidth jenis ini sinyal dapat diperoleh secara akurat. Bandwidth analog juga memiliki ukuran yang lebih kecil daripada bandwidth digital.

2. Bandwidth Digital

Bandwidth digital merupakan jumlah pulsa per detik yang diukur dalam bit per sekon (bps). Jenis bandwidth ini menggunakan sinyal digital untuk proses transmisi. Untuk ukuran bandwidth digital lebih lebar dari bandwidth analog.

Lihat Juga : Pengertian Firmware

Contoh Bandwidth

Contoh Bandwidth
Sumber Gambar : Unsplash.com

Berikut ini merupakan beberapa contoh bandwidth yang dapat Anda temukan, antara lain yaitu:

1. Contoh bandwidth secara umum

Anda dapat melihat contoh bandwidth secara umum pada berbagai layanan Internet dari layanan penyediaan server yang ada. Selain itu, bandwidth juga dapat Anda temukan pada teknologi jaringan seperti teknologi telepon seluler.

2. Contoh bandwidth pada VPS

Kemudian contoh bandwidth yang dapat Anda temukan adalah, bandwidth yang ada pada Virtual Private Server (VPS). Pada umunya besarnya batasan bandwidth pada VPS tergantung dari paket yang digunakan. Semakin baik paket VPS, semakin banyak bandwidth yang bisa didapatkan pengguna.

3. Contoh bandwidth pada Hosting

Bandwidth pada hosting adalah jumlah total data yang dapat ditransfer dari server pada client atau pengguna. Bandwidth biasanya dibatasi hingga 100GB atau lebih, dan akan di reset setiap awal bulan. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar hosting yang tersedia pada saat ini memiliki batas bandwidth tidak terbatas atau unlimited. Jadi Anda tidak perlu khawatir bahwa pengguna lain tidak dapat mengakses situs web Anda jika bandwidth Anda telah mencapai batas.

Lihat Juga : Pengertian Shareware

Penutup

Dari informasi di atas, dapat Anda ketahui bahwa bandwidth merupakan istilah yang digunakan untuk kapasitas maksimum suatu jaringan yang digunakan untuk proses pengiriman atau transfer data. Bandwidth terdiri dari dua jenis yaitu bandwidth analog dan digital. Bandwidth juga mempunyai beberapa fungsi sebagai media transmisi data, kemudian untuk membagi kecepatan proses transfer data, dan untuk membatasi transfer data.

Apa perbedaan bandwidth dan throughput?

Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk kapasitas maksimum suatu jaringan yang digunakan untuk proses pengiriman atau transfer data. Sedangkan throughput adalah istilah yang digunakan untuk mengetahui berapa banyak data yang ditransfer dalam waktu tertentu.

Bagaimana cara mengoptimalkan kinerja bandwidth?

Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kinerja bandwidth adalah dengan cara menggunakan QoS, kemudian membersihkan lalu lintas yang tidak digunakan dalam jaringan Anda, melakukan backup jaringan, dan yang terakhir yaitu menjalankan cloud untuk mengurangi beban dan kinerja pada aplikasi agar bandwidth dapat berjalan optimal.

Apa saja hal–hal yang mempengaruhi kinerja bandwidth?

Adapun beberapa hal yang dapat mempengaruhi kinerja bandwidth adalah jenis atau tipe data yang Anda transfer, kemudian topologi jaringan, banyaknya pengguna jaringan, listrik dan cuaca, perangkat keras jaringan, kemudian spesifikasi komputer yang digunakan pengguna, dan spesifikasi komputer yang digunakan oleh server.

Bagaimana cara mengetahui bandwidth yang dibutuhkan?

Untuk mengetahui berapa jumlah bandwidth yang dibutuhkan, Anda dapat menghitung terlebih dahulu perangkat yang digunakan. Kemudian membaginya dengan intensitas penggunanya seperti mendownload video, bermain game, streaming, atau kegiatan lainnya. Semakin banyak bandwidth yang tersedia maka internet Anda juga akan semakin cepat.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…