12 Contoh Iklan Kolom, Pengertian, Fungsi, Unsur, dalam Beragam Topik!

Berikut beberapa contoh iklan kolom dari beragam topik yang sering digunakan sebagai media promosi

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari iklan, baik iklan yang menghiasi layar kaca televisi maupun media massa cetak ataupun digital. Iklan tidak hanya ditampilkan di televisi, website atau media sosial namun kita juga bisa menggunakan iklan pada media cetak seperti billboard, koran maupun majalah.

Dari sekian banyak cara mempromosikan atau mengiklankan sesuatu, menggunakan iklan kolom di media cetak masih sering dilakukan hingga kini. Selain lebih tepat sasaran, biaya iklan kolom juga relatif murah. Iklan kolom biasanya dimuat di media cetak seperti koran, majalah, dan yang lainnya. Iklan kolom ini berbeda dengan iklan baris yang juga terdapat pada koran. Mau tahu apa bedanya? Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai apa itu iklan kolom di media beserta fungsi, manfaat, unsur, dan contohnya berikut ini!

Lihat Juga : 200 Wallpaper Keren HD Untuk HP, PC, Laptop

Pengertian iklan kolom

Contoh Iklan Kolom
Sumber Gambar : marketwatch.com

Iklan kolom adalah jenis iklan yang pemasangannya dalam bentuk kolom. Setiap kolom berisikan informasi mengenai barang atau jasa beserta gambarnya sehingga iklan tersebut dapat menarik perhatian para pembaca. Umumnya, iklan kolom ini dipilih sesuai dengan target pasar yang mana konsumen bisnis tersebut masih mencari informasi pada koran cetak. Tidak cuman koran, iklan kolom juga tersedia di berbagai media cetak lain seperti majalah, buletin, tabloid, dan katalog.

Ukuran iklan kolom sangat beragam. Ada yang berukuran kecil berisikan teks informasi penting saja, ada juga yang berukuran besar yang biasanya dilengkapi dengan gambar dan terkadang berwarna, sehingga sering disebut sebagai iklan display struk karena terdiri dari kalimat serta foto atau gambar ilustrasi. Biaya dalam pemasangan iklan kolom ditetapkan berdasarkan dari ukuran iklan tersebut. Semakin besar ukuran kolom iklannya maka akan semakin mahal juga biaya pemasangannya. Sedangkan iklan baris, tergantung jumlah baris atau jumlah katanya.

Informasi yang disampaikan pada iklan kolom umumnya berupa campaign, promo harga suatu produk yang sedang berlaku, lowongan pekerjaan, himbauan pemerintah, penawaran jasa, ucapan belasungkawa, ucapan selamat dan terima kasih serta ucapan memperingati hari besar.

Lihat Juga : Font Generator Online Untuk FF, IG, TikTok

Perbedaan iklan kolom dan iklan baris

Perbedaan Iklan Kolom dan Baris
Sumber Gambar : smartcapitalmind.com
PerbedaanIklan KolomIklan Baris
UkuranUkuran iklan kolom lebih besar, bahkan ada yang ukurannya mencapai satu lembar penuhMempunyai ukuran lebih kecil, sekitar 3 sampai 6 baris saja
TampilanBerbentuk kolom dan berisikan aset visual seperti gambar ilustrasi, lambang, simbol maupun tanda lainnyaBerbentuk kalimat atau baris yang memuat rangkaian kata saja
Biaya PemasanganBiaya pemasangannya lebih mahal yang dihitung berdasarkan ukuran kolomBiaya relatif lebih murah ditentukan berdasarkan jumlah baris yang digunakan
DesainDi lengkapi dengan ilustrasi gambar dan berwarna sehingga lebih menarik perhatian pembacaDidominasi oleh warna hitam dan putih saja sehingga kurang menarik perhatian pembaca

Fungsi dan tujuan iklan kolom

Fungsi Iklan Kolom
Sumber Gambar : printivity.com

Setiap iklan pasti mempunyai fungsi dan tujuan tersendiri. Iklan dikatakan baik dan tepat sasaran jika iklan tersebut tercapai tujuannya. Berikut fungsi dan tujuan dari pembentukan iklan kolom:

  • Memberikan informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan kepada khalayak
  • Dapat mempengaruhi pembaca untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan
  • Menarik minat pembaca

Unsur – unsur iklan kolom

Unsur-Unsur Iklan Kolom
Sumber Gambar : artboard.studio

Iklan kolom mempunyai beberapa unsur iklan seperti iklan lainnya. Berikut unsur-unsur iklan kolom yang terdiri dari:

  • Judul
  • Nama produk
  • Deskripsi produk
  • Nomor telepon
  • Alamat email

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Contoh iklan kolom

Berikut 12 contoh iklan kolom dalam berbagai situasi:

1. Iklan lowongan pekerjaan

Iklan Lowongan Kerja
Sumber Gambar : www.wartapagi.id

Informasi lowongan pekerjaan tidak hanya ditemukan di media online atau platform pencarian kerja saja. Namun, dalam media cetak juga banyak ditemukan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Kebanyakan perusahaan yang menerbitkan lowongan pekerjaan berlokasi di dekat area media tersebut dibagikan. Umumnya, informasi yang terdapat pada iklan lowongan pekerjaan berisikan kualifikasi dan posisi pekerjaan yang dicari.

2. Iklan himbauan pemerintah

Contoh Iklan Kolom Himbauan Pemerintah
Sumber Gambar : dianagung.com

Iklan kolom himbauan digunakan untuk memberitahukan masyarakat mengenai suatu kebijakan agar masyarakat hidup lebih bijak dan sehat. Seperti kebijakan untuk menghindari virus COVID-19, mencegah demam berdarah dan yang lainnya.

3. Iklan layanan masyarakat

Iklan Layanan Masyarakat
Sumber Gambar : Gudviral.com

Iklan kolom sering digunakan pemerintah atau lembaga instansi sebagai media untuk mengedukasi masyarakat mengenai program pemerintah yang sedang berjalan. Pada iklan kolom layanan masyarakat biasanya berisi informasi penting yang ingin disampaikan pemerintah kepada masyarakat luas seperti himbauan mengenai virus COVID-19, Keluarga Berencana (KB), Pencegahan Narkoba, Imunisasi, dan yang lainnya. Iklan layanan masyarakat terbukti efektif dalam menyebarkan informasi karena dapat menjangkau hingga seluruh masyarakat secara cepat.

4. Iklan jualan produk

Iklan Kolom Produk
Sumber Gambar : ukulele.co.nz

Iklan kolom lebih direkomendasikan untuk iklan yang menjual produk. Seperti contoh di bawah ini. Kamu bisa menambahkan gambar produk yang dijual dengan informasi lengkap mengenai kelebihan, fasilitas, dan kontak atau media sosial yang bisa dihubungi.

5. Iklan penawaran jasa

Iklan Kolom Jasa
Sumber Gambar : ukulele.co.nz

Selain untuk menjual produk. Iklan kolom juga bisa digunakan untuk menawarkan jasa seperti jasa laundry, service peralatan elektronik, jasa belajar mengemudi dan sebagainya. Kamu bisa memberikan informasi singkat mengenai jasa yang kamu miliki dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

6. Iklan pengumuman kehilangan

Iklan Kolom Kehilangan
Sumber Gambar : Sumbersejarah1.blogspot.com

Iklan kolom juga bisa digunakan untuk menginformasikan pengumuman mengenai berita kehilangan baik barang ataupun orang seperti pada contoh di bawah ini. Biasanya berisikan informasi detail seperti ciri-ciri dari barang atau orang yang hilang dan juga kontak yang bisa dihubungi.

Lihat Juga : 20 Contoh Perangkat Lunak Komputer

7. Iklan ucapan selamat pencapaian

Iklan Kolom Ucapan Pencapaian
Sumber Gambar : vinoadversiting.wordpress.com

Iklan kolom ini umumnya digunakan oleh individu atau suatu kelompok sebagai salah satu bentuk apresiasi atas tercapainya kesuksesan seseorang. Hal-hal yang tercantum pada iklan kolom ini berisi ucapan selamat, nama, gelar, isi dari ucapan serta nama pengirim.

8. Iklan belasungkawa

Iklan Kolom Belasungkawa
Sumber Gambar : vinoadvertising.wordpress.com

Iklan kolom juga bisa digunakan untuk memberikan bentuk belasungkawa terhadap seseorang yang meninggal dunia. Pada iklan kolom belasungkawa biasanya memuat ucapan belasungkawa, pembukaan dengan doa atau ayat, waktu meninggalnya, status dalam keluarga, nama orang yang meninggal, usia saat ini, alamat, keterangan mengenai prosesi pemakaman, nama-nama anggota keluarga yang telah ditinggalkan seperti nama istri atau suami, menantu, anak, cucu, hingga nama yayasan pelayanan kematian.

9. Iklan pameran

Iklan Kolom Pertunjukan Pameran
Sumber Gambar : jakartabytrain.com

Iklan kolom ini berupa pengumuman adanya suatu pameran yang sering dijumpai di media cetak. Biasanya, iklan tersebut berdiri sendiri dan ukurannya lebih besar daripada iklan lainnya

10. Iklan pencegahan narkoba

Iklan Kolom Narkoba
Sumber Gambar : pusbindiklatren.bappenas.go.id

Bahaya narkoba dapat merusak generasi muda penerus bangsa, jangan biarkan narkoba beredar dan dikonsumsi secara ilegal. Negara memiliki harapan pada mereka agar dapat meraih cita-cita yang diinginkan. Ayo dukung masa depan para generasi muda penerus bangsa untuk menjadi generasi berakhlak unggul dan berprestasi dengan menjauhkannya dari Narkoba. Iklan layanan masyarakat ini telah didukung oleh Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia.

11. Iklan pencegahan demam berdarah

Iklan Kolom DBD
Sumber Gambar : pinterest.com

Demam berdarah kini telah menjadi penyakit yang umum di Indonesia dengan iklim tropis. Banyak korban yang berjatuhan karena gigitan nyamuk DBD ini. Untuk itu perlu dilakukan pencegahan dengan menerapkan 3M Plus agar tidak terjadi penyebaran DBD. Ayo, bersama-sama cegah demam berdarah karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

12. Iklan pendidikan

Iklan Kolom Pendidikan
Sumber Gambar : donabisnis.com

Iklan pendidikan berisi ajakan untuk bersekolah agar anak-anak giat dan melanjutkan pendidikan ke instansi yang diinginkan. Seperti iklan dari kampus swasta sebagai ajakan kepada lulusan SMA untuk mau menjadi mahasiswa baru di kampusnya.

Lihat Juga : 20 Contoh Perangkat Keras Komputer

Penutup

Itulah penjelasan mengenai contoh-contoh iklan kolom beserta pengertian, perbedaan, fungsi dan unsurnya. Dengan adanya penjelasan di atas diharapkan Anda saat ini sudah mengetahui perbedaan iklan kolom dan iklan baris, sehingga jika bisnis kamu membutuhkan iklan pada koran, Anda sudah paham jenis iklan mana yang cocok serta kenali juga target pasarnya.

Dari kedua iklan tersebut, manakah yang lebih tepat untuk pemasangan iklan?

Tergantung kepada perencanaan keuangan dan target pelanggan. Jika ingin menampilkan produk yang akan dijual, maka iklan kolom lebih direkomendasikan karena terdiri dari aset visual. Tetapi jika ingin menampilkan sebuah jasa dalam tulisan singkat maka iklan baris yang lebih cocok karena hanya berisi uraian kata singkat.

Bagaimana cara memasang iklan kolom di Koran?

Siapkan materi iklan yang akan dipasang, kemudian hubungi agensi koran melalui email atau WhatsApp yang akan dituju, karena ada banyak jenis Koran di Indonesia. Anda bisa mengetahui kontaknya melalui website atau sosial media dari Koran tersebut, selanjutnya tunggu respon dari pihak agensinya.

Apa persamaan dari iklan kolom dan iklan baris?

Selain memiliki beberapa perbedaan, iklan baris dan iklan kolom juga memiliki persamaan yakni sama-sama dimuat di media cetak seperti surat kabar atau koran, majalah, tabloid, dan buletin.

Berapa biaya pemasangan iklan kolom?

Untuk lebih detailnya itu tergantung jenis korannya, karena biaya pemasangan setiap Koran itu berbeda-beda. Intinya semakin besar ukuran maka semakin besar juga biaya pemasangannya.


Penulis : Asiyatul Ulfiyah | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 30 Template Jas Pria Pas Foto HD Gratis

    Berikut kumpulan template jas pria pas foto dengan format PSD dan PNG/JPG yang bisa Anda download…
  2. Download AnimeIndo APK Terbaru, Nonton Anime Gratis 2023!

    Berikut link download AnimeIndo APK yang bisa Anda dapatkan secara gratis!
  3. Download GB WhatsApp Pro Apk (WA GB) v9.52, v14.10, v17.20 Terbaru 2023

    Berikut link download GB WhatsApp Pro apk (WA GB) versi terbaru 2023 gratis!