Pengertian Foxit Reader beserta Fitur Lengkapnya

Software penampil PDF saat ini mulai beragam jenisnya, mulai dari Adobe Reader, Acrobat Reader, Foxit Reader, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang pengertian software PDF yaitu Foxit Reader. Foxit Reader dikenal sebagai program penampil dan editing file PDF open source atau gratis, dan juga menawarkan kinerja yang cepat. Tidak kalah dengan software penampil PDF lain, Foxit Reader juga menyediakan beragam fitur-fitur unggulan. Untuk mengenal lebih jauh simak ulasannya berikut ini!

Lihat Juga: Pengertian Web Browser | Cara Kerja, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian Foxit Reader

Pengertian Foxit Reader Adalah
PengembangFoxit Software, Inc.
Sistem OperasiWindows, MacOS, Linux, iOS, Android, Citrix
Ukuran91,3 MB
JenisDesktop publishing software
Situs Webfoxitsoftware.com

Foxit Reader adalah perangkat lunak PDF freemium multibahasa yang dapat digunakan untuk membuat, melihat, mengedit, menandatangani secara digital, dan mencetak file PDF. Sebagai perangkat lunak PDF freemium maksudnya, layanan dasar disediakan secara gratis, namun untuk fitur tambahan dan fungsionalitas online dibuka secara premium. Sejak peluncuran versi yang ke 4.0, Foxit Reader memperluas fitur-fitur profesionalnya secara gratis dan dapat dinikmati tanpa lisensi tambahan. Hal ini memungkinkan semakin banyaknya pengguna yang mengerjakan file PDF dengan program ini.

Foxit Reader dikembangkan oleh Foxit Corporation, perusahaan yang berdiri pada tahun 2001 dan berkonsentrasi pada pengembangan teknologi pendukung PDF. Markas besar perusahaan ini berada di Freemont, Amerika Serikat, dan sudah beroperasi di beberapa negara meliputi Tiongkok, Jepang, Taiwan, dan Belgia. Versi rilis Foxit Reader terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dimulai dari versi awalnya 2.2 berlanjut ke versi 2.3 rilis tanggal 4 Agustus 2008, hingga versi 10.0 tanggal 6 Mei 2020. Kemudian pembaruan stabilnya sudah dirilis dengan versi 10.1 pada tanggal 9 Desember 2020 lalu.

Lihat Juga : Pengertian Multimedia | Sejarah, Jenis, Fungsi, Prospek Karier, dst.

Fitur Unggulan Foxit Reader

Fitur dan Kegunaan Foxit Reader
Sumber Gambar : Soft32

Dengan Foxit Reader pengguna dapat membuat dan memanajemen dokumen PDF dengan leluasa dan cepat. Beberapa fitur-fitur yang ada meliputi:

  1. Create and edit PDF. Membuat dan mengedit dokumen PDF, selain itu pengguna dimungkinkan dapat mengedit isian dalam bentuk formulir.
  2. Multiple tab. Memungkinkan pengguna untuk membuka banyak file PDF sekaligus dalam satu Windows (jendela/ layar).
  3. Sort pages. Dapat mengatur urutan halaman, menambahkan header, footer, watermark, dan mengekspor PDF.
  4. Convert PDF. Mengonversikan dokumen menjadi PDF yang dapat diedit dan dicari untuk kebutuhan paperless.
  5. Collaborate & Share. Memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi sesama tim dalam mempermudah dan mempercepat pengerjaan tugas/ pekerjaan.
  6. Organize. Membuat manipulasi file dan halaman PDF, Anda dapat menggabungkan, memisahkan, men-drag, menghapus, memotong, menambahkan, dan memutar dokumen.
  7. Scan and OCR. Memungkinkan pengguna untuk memindai kertas atau hardcopy ke file PDF.
  8. Protect and Sign. Pengguna dapat mengenkripsi atau mengamankan dokumen PDF dengan proteksi.
  9. Dan masih banyak…

Lihat Juga : 7 Fungsi dan Manfaat Menggunakan Corel Draw

Kesimpulan,

Foxit Reader merupakan perangkat lunak PDF yang memiliki kinerja cepat dengan ukuran yang cukup kecil, sehingga ringan sekali ketika digunakan. Seiring waktu program ini juga terus menambahkan peningkatan dari segi fitur-fiturnya demi kemudahan membuat dan mengedit dokumen PDF. Pengguna dapat mencoba Foxit Reader dengan mengunduhnya secara gratis melalui laman resmi foxitsoftware.com.

Apa itu Foxit Reader?

Foxit Reader adalah perangkat lunak PDF yang dapat digunakan untuk membuat, melihat, mengedit, membuat tanda tangan, dan mencetak file PDF.

Apa kegunaan dari Foxit Reader?

Digunakan untuk mendesain dokumen PDF secara interaktif dan mengedit file dengan memasukkan gambar, menambah keterangan pada PDF, mengirim PDF, dan lain sebagainya.

Apakah Foxit Reader gratis?

Foxit Reader merupakan perangkat lunak gratis dan freemium.

Apa Sistem Operasi yang mendukung Foxit Reader?

Windows 7, Windows 8, Windows 10, Windows CE 4.2-5.0, macOS (10. 13, versi terbaru), Linux (Ubuntu, Red Hat, SUSE), iOS (11.0, versi terbaru), Android (4.1, versi terbaru), dan Citrix.

Apa kelebihan dan kekurangan Foxit Reader?

Kelebihan Foxit Reader adalah digunakan sebagai software alternatif untuk membuka dan mengedit file PDF, memiliki tingkat keamanan data tinggi, kinerja cepat dan hemat penggunaan memori, dan tentunya gratis. Sedangkan kekurangannya, tidak mendukung tampilan animasi seperti Adobe Reader.

Cukup singkat penjelasan mengenai software Foxit Reader, semoga dapat bermanfaat untuk pengguna dan pembaca. Jika ada yang kurang di mengerti silakan bertanya melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih dan selamat mencoba!

Artikel ini ditulis sebagai bahan referensi dan pengetahuan dasar program Foxit Reader. Penggunaan dan manfaat Foxit Reader akan terus berkembang seiring dengan bertambahnya fitur dan layanannya.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.