Jenis – Jenis VGA Card Beserta Gambar

Berikut jenis - jenis kartu VGA beserta gambarnya yang dapat Anda simak dan ketahui

VGA Card merupakan salah satu komponen yang cukup penting bagi sebuah komputer atau laptop. Apalagi bagi Anda yang menggunakan komputer atau laptop untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan tampilan grafis yang tajam dan jernih seperti bermain game, membuat desain, memutar video dengan kualitas tinggi dan lain-lain. VGA Card sendiri merupakan bagian dari CPU yang dapat memproses data-data di dalamnya untuk kemudian dapat di tampilkan pada layar monitor Anda.

Dan yang perlu Anda ketahui bahwa VGA Card memiliki berbagai macam jenis yang dapat Anda gunakan untuk komputer atau laptop Anda. Tentu masing-masing jenis tersebut memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Oleh karena itu Anda dapat mengetahui beberapa informasi mengenai jenis-jenis VGA Card yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda melalui pembahasan berikut ini.

Lihat Juga : 11 Jenis – Jenis RAM pada Komputer

Pengertian VGA Card

Jenis Jenis VGA Card
Sumber Gambar : ALFAGRO TOHUM KALİTELİ TOHUM

VGA Card (Video Graphics Accelerator) adalah salah satu komponen komputer yang dapat memproses informasi grafis yang ada di dalamnya sehingga dapat ditampilkan pada layar monitor komputer Anda. VGA Card juga saling terhubung satu sama lain dengan CPU, sehingga data yang ada pada komputer Anda dapat diproses dan ditampilkan pada layar monitor tersebut. VGA Card hadir dengan berbagai macam kualitas yang dapat Anda gunakan. Semakin tinggi kualitas VGA Card Anda, maka semakin tinggi pula kualitas gambar yang dapat dihasilkan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang bekerja pada bidang multimedia, desain grafis, dan memiliki hobi bermain game sangat penting untuk memiliki VGA Card dengan kualitas terbaik.

Sejarah VGA Card

Sejarah VGA Card
Sumber Gambar : TechRadar

Sebuah PC memiliki tiga komponen yang sangat penting dalam hal kinerja grafis. Komponen tersebut adalah prosesor, memori, dan VGA. VGA (Video Graphics Adapter) adalah standar untuk tampilan komputer analog. VGA juga dapat diartikan sebagai komponen yang menghasilkan gambar dari komputer dan perangkat keras yang memerintahkan komputer untuk menampilkan output visual. VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh International Business Machines Corporation (IBM).

IBM sendiri merupakan perusahaan asal Amerika yang memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak. IBM didirikan pada tanggal 15 Juli 1911 dan dioperasikan pada tahun 1888 dari kantor pusat di Armonk, New York dan Amerika Serikat.

Hingga sampai saat ini, VGA Card berkembang cukup pesat. Hal ini terjadi karena pada saat ini banyak sekali pengguna komputer yang membutuhkan VGA Card untuk keperluan bermain game dan desain grafis. Sehingga tidak heran jika pada saat ini mulai banyak bermunculan VGA Card dengan berbagai tipe. Misalnya seperti tipe S3 VIRGE. ATI RAGE 3D, ATI RADEON Series, NVIDIA NV3, NVIDIA NV4, NVIDIA GEFORCE Series, dan lain-lain. Beberapa tipe tersebut merupakan jenis VGA Card yang paling umum digunakan.

Lihat Juga : 7 Jenis – Jenis Processor pada Komputer

Fungsi VGA Card

Fungsi VGA Card
Sumber Gambar : gamebrott.com

VGA Card juga memiliki berbagai macam fungsi yang dapat Anda ketahui misalnya seperti:

  • Berfungsi untuk mengubah output dari komputer ke tampilan layar monitor Anda. Contohnya ketika Anda bermain game atau melakukan kegiatan desain grafis, tentu memerlukan VGA Card yang membutuhkan daya yang besar.
  • VGA Card juga berfungsi untuk memasok sinyal video analog ke monitor Anda.
  • Membantu tampilan layar monitor komputer Anda menjadi lebih tajam dan jernih.
  • Dapat memudahkan Anda untuk menonton film dengan gambar yang lebih detail.
  • Grafik dalam bermain game menjadi jauh lebih baik dan tanpa masalah.
  • Dapat membantu Anda lebih mudah dalam membuat desain grafis maupun desain 3D.

Lihat Juga : 12 Jenis – Jenis Keyboard pada Komputer

Cara Kerja VGA Card

Cara Kerja VGA Card
Sumber Gambar : Tom’s Hardware Forum

VGA Card dapat mulai langsung bekerja pada saat ada aplikasi yang dijalankan, kemudian aplikasi tersebut meminta bantuan driver kartu grafis. Driver grafis menunggu instruksi dari sistem operasi atau aplikasi untuk mengambil data digital yang diperlukan dan mengubahnya menjadi format yang dapat dipahami oleh kartu grafis. Pengemudi kemudian mengirimkan data digital yang baru diformat ke kartu grafis untuk di render. Data ditransfer ke kartu VGA melalui slot pada papan utama (AGP/PCI-E). Setelah data di rute kan ke kartu grafis, data tersebut dikirim ke memori kartu grafis sebagai buffer.

Kemudian GPU mengambil data digital dan mengubahnya menjadi piksel. Pada titik ini piksel belum siap untuk ditampilkan di layar. Piksel ini dikirim kembali ke RAM video untuk penyimpanan. VRAM terhubung langsung ke digital-to-analog converter (DAC). Konverter ini, juga dikenal sebagai RAMDAC, mengubah gambar menjadi sinyal analog untuk digunakan dengan monitor. RAMDAC kemudian mengirimkan gambar akhir melalui kabel ke monitor. Mirip dengan monitor, standar VGA secara resmi diganti dengan standar XGA, tetapi VGA justru digantikan oleh Super VGA.

Jenis-Jenis VGA Card

Berdasarkan bentuknya, VGA Card dibagi menjadi dua jenis yaitu :

VGA Card Onboard

VGA Onboard

VGA Card Onboard merupakan salah satu jenis VGA Card yang paling banyak digunakan pada komputer atau laptop. VGA Onboard juga sering kali digunakan pada komputer yang memiliki spesifikasi rendah. Pada umumnya digunakan pada komputer office, laptop, atau notebook yang memiliki layar kecil dengan harga 2 hingga 3 juta (low end).

  • Keunggulan – VGA Card jenis ini hadir dalam satu paket mainboard / motherboard komputer atau laptop, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli VGA Card. Selain itu, VGA Card jenis ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus. Bentuknya juga lebih efisien dan daya yang dibutuhkan tidak terlalu banyak.
  • Kelemahan – Jika Anda ingin melakukan pemrosesan grafis tingkat tinggi, VGA Card onboard tampaknya kurang optimal dan memiliki beberapa kelemahan seperti tidak memiliki memori sendiri, sehingga jika Anda menggunakan RAM yang memiliki kapasitas kecil maka kinerja komputer Anda juga tidak akan optimal. Komputer Anda juga akan mengalami lag jika sering digunakan untuk melakukan kegiatan grafis yang membutuhkan sumber daya tingkat tinggi.

VGA Card Add-on

VGA Add-on

VGA Card Add-on merupakan jenis VGA yang memiliki kualitas yang lebih baik dari VGA Card onboard. Berbeda dengan jenis VGA sebelumnya, jenis VGA ini terpisah dari motherboard sehingga membutuhkan socket tertentu untuk memasangnya. VGA jenis ini juga terdiri dari berbagi jenis misalnya seperti VGA AGP, VGA PCI, dan VGA PCIexpres.

  • Keunggulan – VGA Card Add-on sangat cocok bagi Anda yang bekerja dibidang desain grafis, gamer, atau editor film 3D dan lain-lain. Aktivitas rendering berat juga tidak akan memakan pemakaian RAM, sehingga komputer Anda dapat bekerja optimal. VGA Card jenis ini juga memiliki sistem pendingin yang terpisah sehingga dapat membuatnya lebih tahan lama. Anda juga dapat meng-upgrade dengan cara mengganti VGA Card tersebut.
  • Kelemahan – Namun kelemahan VGA Card Add-on yaitu membutuhkan banyak daya dan hanya dapat didukung pada perangkat PC. VGA Card jenis ini juga membutuhkan biaya yang cukup besar, dan membutuhkan power supply dengan kapasitas yang besar.

Lihat Juga : 1 GB berapa MB?

Penutup

Beberapa informasi mengenai VGA Card dan jenis-jenisnya semoga dapat membuat Anda lebih paham mengenai jenis VGA Card dan apa saja fungsi serta keunggulan dan kelemahan yang dimiliki. Sehingga Anda juga tidak salah pilih dalam memilih VGA Card yang cocok Anda gunakan untuk komputer Anda. Selain itu, jika komputer Anda mengalami masalah apabila Anda gunakan untuk keperluan grafis tingkat tinggi, maka salah satu faktor yang mungkin dapat terjadi yaitu terjadi masalah pada VGA Card dan Anda juga dapat menggantinya dengan VGA Card yang lebih baik.

Apakah sebuah komputer dapat menyala tanpa adanya VGA Card ?

Bisa, apalagi untuk beberapa komputer biasa juga biasanya dapat beroperasi tanpa adanya VGA Card.

Apa saja tipe slot pada VGA Card ?

Tipe Slot yang ada pada VGA Card yaitu ISA, PCI, AGP, dan PCIe.

Bagaimana cara memilih VGA Card yang tepat ?

Anda dapat menyesuaikan socket VGA dengan slot yang ada pada motherboard, pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya Anda dapat memilih VGA onboard jika Anda hanya menggunakan komputer untuk kebutuhan office dalam sehari-hari. Kemudian Anda juga dapat memilih VGA Add-on apabila Anda menggunakan komputer untuk kebutuhan 3D.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Instagram Font Generator : C̳o̳p̳y̳ ̳P̳a̳s̳t̳e̳ Teks Untuk Bio dan Caption

    Buat font keren dan unik untuk bio dan caption IG dengan tool Instagram Font Generator
  2. 10 Cara Membuka Gambar WebP di PC, Laptop, HP

    Berikut cara mudah membuka gambar WebP di PC, laptop, dan HP yang dapat Anda coba ikuti!
  3. Download Komikcast Apk Terbaru 2022, Baca Komik Gratis Tanpa Iklan

    Berikut link download Komikcast Apk terbaru 2022