1 GB berapa MB? Berikut Penjelasan Lengkapnya

1 GB berapa MB? Ketahui penjelasan dan rumus menghitungnya berikut

Pada saat Anda menggunakan internet, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kuota. Jumlah kuota biasanya menjadi salah satu hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan saat Anda ingin membeli paket internet. Oleh karena itu, tidak heran jika pada saat ini banyak dari perusahaan provider memberikan berbagai promo paket internet yang menarik bagi para penggunanya. Semakin banyak kuota yang disediakan dengan harga yang terjangkau, tentu akan membuat para pengguna internet semakin tertarik untuk membelinya.

Paket internet yang disediakan biasanya hadir dalam ukuran GB (gigabyte). Namun bagi Anda yang senang sekali bermain game online, dan streaming YouTube atau membuka aplikasi Instagram dan lain-lain cukup penting bagi Anda untuk mengetahui jumlah ukuran kuota 1 GB adalah berapa MB. Agar Anda dapat memprediksi berapa kuota yang Anda gunakan. Sehingga kuota yang Anda miliki juga tidak cepat habis.

Lihat Juga : Pengertian SPAM

Pengertian Byte atau Bita

Berapa 1 GB ke MB dan KB
Sumber Gambar : upphone.com

Sebelum Anda menghitung jumlah kuota 1 GB berapa MB, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu byte atau bita. Satuan ini merupakan unit informasi digital yang mewakili bilangan biner yang biasanya ditulis dengan huruf “B” besar. Sedangkan huruf “b” kecil dapat Anda sebut dengan bit. Bit merupakan singkatan dari binary digit yang merupakan satuan terkecil dari sebuah data komputasi. Dan yang perlu Anda ketahui bahwa biasanya dalam satu Byte terdiri dari delapan bit.

1 GB Berapa MB?

Berapa 1 GB ke MB

Mungkin banyak dari pengguna internet mengira bahwa kuota 1 GB sama dengan 1000 MB. Hal tersebut mungkin terjadi karena kebanyakan dari Anda mengetahui versi dalam bilangan desimal, dengan tujuan untuk mempermudah dalam mengonversi ke satuan byte. Padalah pada perhitungan sistem biner yang benar menunjukkan bahwa jumlah ukuran kuota 1 GB sama dengan 1024 MB.

Untuk itu, berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai satuan byte secara lengkap yang dapat Anda simak. Agar Anda lebih mudah mengetahui berapa jumlah GB dalam MB.

SatuanVersi BinerVersi Desimal
1 KiloByte (KB)1024 Byte1000 Byte
1 MegaByte (MB)1024 KB1000 KB
1 GigaByte (GB)1024 MB1000 MB
1 TeraByte (TB)1024 GB1000 GB
1 PetaByte(PB)1024 TB1000 TB

Nah, setalah mengetahui informasi dalam tabel di atas. Jika Anda membeli kuota sebesar 4GB, maka secara desimal dapat Anda sebut dengan 4000 MB. Namun apabila menurut perhitungan sistem biner, maka jumlah kuota yang Anda beli yaitu 4096 MB yang berasal dari 1024 x 4.

Lihat Juga : Pengertian CMOS

Manfaat mengetahui ukuran GB dalam MB

Jika Anda sudah mengetahui bahwa 1 GB berapa MB, Maka Anda akan memperoleh berbagai manfaat misalnya seperti, Anda dapat memprediksi dan mengontrol penggunaan kuota Anda. Sehingga kuota yang Anda miliki tidak mudah habis. Misalnya jika Anda mempunyai kuota sebesar 2 GB dan Anda gunakan untuk streaming YouTube. Maka berapa jam kuota Anda tersebut habis? Jawabannya adalah tergantung dari resolusi yang Anda pilih. Jika Anda streaming YouTube dengan resolusi tinggi, maka kuota Anda semakin cepat habis.

Jenis resolusi yang tersedia juga ada bermacam-macam yang dapat Anda pilih ketika melihat video di YouTube. Berikut merupakan tabel yang berisi informasi mengenai berapa penggunaan kuota dalam setiap menit dan jam yang akan terpakai berdasarkan jenis resolusi yang Anda pilih.

Kualitas VideoPer MenitPer Jam
144p1,3 MB80 MB
240p1,6 MB100 MB
360p2,66 MB160 MB
480p4 MB240 MB
720p7,4 MB450 MB
108012, 4 MB750 MB

Dengan adanya informasi tersebut maka dapat Anda ketahui bahwa, jika Anda mempunyai kuota sebesar 1 GB dan digunakan untuk melihat video di YouTube dengan resolusi pada umumnya yaitu 480p maka Anda dapat melihat video tersebut selama kurang lebih 4 jam. Dan apabila Anda ingin lebih hemat lagi, Anda memilih resolusi paling rendah yaitu 144p.

Lihat Juga : Pengertian Output Device

Penutup

Setelah mengetahui 1 GB berapa MB, maka diharapkan Anda dapat memprediksi dan mengontrol penggunaan kuota Anda. Sehingga Anda juga dapat lebih hemat dalam menggunakan kuota untuk berbagai aktivitas di media sosial. Misalnya seperti streaming video di YouTube, bermain game, dan membuka aplikasi seperti Instagram dan lain-lain. Selain itu, jika Anda ingin lebih hemat lagi dalam menggunakan kuota, Anda dapat mendownload beberapa video di YouTube dan Anda lihat ketika offline. Sehingga kuota Anda tidak mudah habis dan Anda juga dapat melihat video tersebut kapan saja.

Apa yang dimaksud dengan Gigabytes?

Gigabyte merupakan salah satu satuan penyimpanan data komputer yang sama dengan 1.000.000.000 Byte atau 1.073.741.824 bita dalam sistem biner.

Apa yang dimaksud dengan MegaByte?

Megabyte merupakan salah satu satuan penyimpanan data komputer yang sama dengan 1.000.000 Byte atau 1.048.576 bita dalam sistem biner.

Apa perbedaan MB dan Mb?

MB adalah kepanjangan dari Megabyte sedangkan Mb adalah kepanjangan dari Megabit. MB memiliki jumlah ukuran delapan kali lebih besar dibandingkan dengan Mb.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Instagram Font Generator : C̳o̳p̳y̳ ̳P̳a̳s̳t̳e̳ Teks Untuk Bio dan Caption

    Buat font keren dan unik untuk bio dan caption IG dengan tool Instagram Font Generator
  2. 10 Cara Membuka Gambar WebP di PC, Laptop, HP

    Berikut cara mudah membuka gambar WebP di PC, laptop, dan HP yang dapat Anda coba ikuti!
  3. Download Komikcast Apk Terbaru 2022, Baca Komik Gratis Tanpa Iklan

    Berikut link download Komikcast Apk terbaru 2022