7 Jenis – Jenis Processor pada Komputer

Terdapat 7 jenis processor komputer terkenal saat ini yang dapat Anda simak dan ketahui

Processor atau disebut CPU merupakan sirkuit logika yang bertugas untuk merespons dan memproses perintah dasar untuk menjalankan komputer. Sebagai pengguna komputer maupun laptop, sudah seharusnya Anda mengetahui bahwa prosesor menjadi pusat kendali atau pusat sistem pada komputer. Banyak yang menyebutkan prosesor sebagai otak komputer, perangkat ini akan mengubah input data dari user menjadi output berupa informasi. Prosesor terletak pada bagian motherboard komputer menyesuaikan dengan jenis soketnya.

Processor atau CPU akan melakukan kinerjanya dengan tiga langkah dasar dalam siklus instruksi yaitu: fetch (mengambil, decode (mengdekode), dan execute (mengeksekusi), selanjutnya instruksi dari program akan dikirim prosesor sebagai umpan balik dalam bentuk output data yang ditulis ke memori komputer. Adapun perangkat yang menggunakan prosesor selain PC atau komputer, yaitu smartphone, tablet, serta perangkat komputasi lainnya. Penjelasan mengenai prosesor akan cukup luas jika dibahas, karena fungsi dan cara kerjanya yang sangat kompleks.

Perlu diketahui, jenis-jenis prosesor yang ada saat ini tidak hanya satu saja, melainkan ada banyak sekali jenis-jenis prosesor komputer. Produsen-produsen prosesor terkenal di antaranya seperti: Intel, AMD, Apple, dan masih banyak lagi. Pengguna biasanya akan memilih komputer dengan spesifikasi processor yang mumpuni. Saat ini, ada banyak prosesor yang bisa dijadikan akomodasi untuk berbagai kebutuhan, misalnya saja untuk pengguna komputer game, untuk editing video, animasi rendering 3D, dan lainnya. Akan lebih aman jika Anda memilih untuk membeli komputer atau laptop yang memiliki prosesor dengan spesifikasi tinggi agar dapat memproses grafis dengan baik.

Lihat Juga : 12 Jenis – Jenis Keyboard pada Komputer

Jenis – Jenis Processor Pada Komputer

Berikut ini merupakan jenis-jenis prosesor yang telah digunakan komputer maupun laptop di dunia. Setiap jenis prosesor komputer juga terbagi atas spesifikasi yang berbeda-beda. Berikut daftarnya!

1. Processor Intel

Processor Intel
Sumber Gambar : techadvisor.com

Intel merupakan jenis processor yang didirikan sejak tahun 1968 oleh Robert Noyce dan Gordon Moore. Prosesor Intel adalah CPU paling populer untuk pengguna desktop maupun laptop. Beberapa lini model yang ditawarkan oleh Intel mulai dari Core, Xeon, Pentium, dan Celeron. Dari beragam lini yang ada Intel Core menjadi lini Intel yang populer sebagai standar chip prosesor kelas atas, ini tersedia dalam model seperti Core i3, i5, i7, i9, dan seterusnya. Umumnya, Intel akan membawa generasi baru ke pasar setiap 1 hingga 2 tahun.

2. Processor AMD

Processor AMD Ryzen
Sumber Gambar : PC Gamer

AMD merupakan salah satu prosesor desktop dan laptop yang bersaing dengan Intel. AMD banyak digunakan untuk komputer game, karena dikenal memiliki daya grafis yang baik. Beberapa prosesor AMD baru yang tersedia seperti: AMD Ryzen, AMD Ryzen Threadripper, AMD Athlon, AMD Pro, AMD Epyc, yang berjajar atas spesifikasi menurut tipenya masing-masing. Menurut beberapa informasi AMD telah siap di semua lini untuk menawarkan beragam prosesornya di masa depan.

3. Processor Apple

Processor Apple Silicon
Sumber Gambar : The Verge

Sudah diketahui bahwa perusahaan Apple telah meluncurkan prosesor besutannya sendiri untuk semua lini produknya. Sebut saja tiga perangkat Mac terbaru yaitu Macbook Air, Pro, dan Mac Mini, ini telah dirancang dengan mengusung chip berbasis ARM buatan Apple Silicon yaitu chip prosesor Apple M1. Apple Silicon merupakan suatu perwujudan dari strategi Apple untuk mengontrol seluruh ekosistemnya sendiri. Apple M1 menjadi chip pertama Apple yang dirancang khusus untuk Mac. Apple M1 berisi 16 miliar transistor, system on chip (SoC), integrasi CPU, GPU, Neural Engine, I/O, dan masih banyak lagi.

Belum lama ini sudah ada kabar Apple telah merilis chip terbaru penerus Apple M1 yaitu Apple M2. Menurut beberapa informasi, Apple M2 dibanding Apple M1 seperti A15 dibanding A14. Pada chip M2, Apple mengencangkan jumlah core CPU dan core GPU yang lebih ditingkatkan.

4. Processor IBM

Processor Quantum IBM
Sumber Gambar : IBM Research

IBM merupakan salah satu perusahaan teknologi yang berasal dari Amerika. Perusahaan ini juga memproduksi prosesor PC yang cukup terkenal, bersaing dengan Intel dan lain-lainnya. Seri prosesor pendahulu yang pernah diproduksi oleh IBM adalah POWER1, POWER2, hingga POWER9 yang diproduksi pada tahun 2017 lalu. Pada tahun 2020, IBM juga membuat IBM POWER10 yang merupakan prosesor komersial pertama, dibuat menggunakan teknologi proses 7nm.

Kemudian kabar terbarunya, IBM telah memproduksi prosesor kuantum yang diberi nama Eagle. Direktur unit Pengembangan Sistem Perangkat Keras Quantum IBM, Jerry Chow mengatakan, “Prosesor Eagle 127-qubit pertama kami tersedia sebagai sistem eksplorasi di IBM Cloud untuk memilih anggota Jaringan Quantum IBM”.

5. Processor IDT WinChip

Processor IDT WinChip
Sumber Gambar : Wikipédia

Prosesor WinChip merupakan prosesor dengan arsitektur x86 berdaya rendah, dirancang oleh Centaur Technology dan dipasarkan oleh perusahaan induknya IDT. Sebagai prosesor, WinChip memiliki bentuk yang sangat efektif dan kecil dibandingkan dengan prosesor lain. WinChip dirancang untuk pekerjaan aplikasi yang melakukan sedikit perhitungan floating point. Saat itu, ini termasuk sistem operasi dan hanya beberapa perangkat lunak yang digunakan dalam bisnis. Beberapa seri prosesor dari IDT meliputi: WinChip C6, WinChip 2, WinChip 2A, WinChip 2B, dan WinChip 3.

Ini merupakan jenis prosesor yang dibanderol dengan harga murah. Meski begitu, prosesor ini tidak memiliki banyak pangsa pasar di industri prosesor PC. Adanya perpindahan industri dari Socket 7 dan rilisnya Intel Celeron menandai berakhirnya WinChip. Tahun 1999, DIVISI Teknologi Centaur dari IDT telah dijual ke VIA.

6. Processor Transmeta

Processor Transmeta
Sumber Gambar : Wikipédia

Prosesor Transmeta dikenal dengan ketahanan baterai atau daya listriknya yang lebih rendah dibandingkan prosesor lainnya. Transmeta dikembangkan oleh perusahaan semikonduktor fabless Amerika yaitu Transmeta Corporation. Produk pertamanya bernama Crusoe yang meluncur pada tahun 2000 lalu, kemudian Efficeon prosesor keduanya yang diluncurkan di tahun berikutnya. Pada masanya, Transmeta merupakan prosesor yang tidak cepat panas, sayangnya kini Transmeta sudah tidak digunakan dan beredar kabar telah dihentikan produksinya.

7. Processor Cyrix

Processor Cyrix
Sumber Gambar : Wikimedia Commons

Cyrix merupakan mikroprosesor yang dikembangkan oleh Cyrix Corporation, didirikan pada tahun 1988 di Richardson, Texas. Secara umum, Cyrix merupakan prosesor yang kualitasnya masih berada di bawah prosesor Intel dan AMD. Meskipun begitu, prosesor Cyrix memiliki kelebihan berupa kecepatan pemrosesan data yang optimal. Namun, menurut informasinya Cyrix sudah tidak digunakan secara aktif oleh pemiliknya, dan telah diakuisisi intelektualnya oleh VIA Technologies.

Lihat Juga : 10 Perbedaan Keyboard Mechanical dan Keyboard Membrane

Penutup,

Itulah ringkasan dari jenis-jenis prosesor komputer, PC, dan laptop yang dapat Anda ketahui. Setiap merek prosesor yang telah diulas mulai dari Intel, AMD, IBM, Cyrix, Transmeta, dan lain-lainnya memiliki seri prosesor yang berbeda-beda, mengikuti masa produksinya dan perkembangannya dari tahun ke tahun. Beberapa prosesor yang telah ada didunia akan diperbarui secara terus-menerus, serta ada yang telah diakuisisi maupun dihentikan. Jika Anda ingin membeli perangkat PC atau laptop sebaiknya pelajari jenis prosesor dengan spesifikasi yang bagus dan tentunya terbaru untuk menunjang segala kebutuhan komputasi Anda.

Demikian ulasan singkat dari kami, semoga dapat bermanfaat untuk semuanya. Jika ada yang perlu Anda sampaikan atau ditanyakan mengenai ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!


Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download LibreOffice Terbaru

    Berikut link download LibreOffice terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit
  2. 10 Cara Memalsukan GPS Android Tanpa Mock Location & Root

    Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatur lokasi palsu di perangkat Android
  3. Download XAMPP Terbaru

    Berikut link download XAMPP terbaru untuk Windows 64 bit / 32 bit