12 Aplikasi Edit Video Android Terbaik

Di era digital sekarang ini, video menjadi sangat buming. Banyaknya orang yang ingin eksis di dunia maya membuat aplikasi edit video menjadi laris manis. Youtube dan Instagram adalah wadah bagi seseorang yang ingin eksis di dunia maya.

Terbukti banyaknya akun yang memiliki followers hingga jutaan pengikut hasil dari video yang dibuat. Tak perlu repot untuk mengedit menggunakan komputer, karena sekarang kita semua bisa mengedit video hanya dengan bermodalkan smartphone dan tablet android.

Mengedit video memang lebih cocok menggunakan tablet android. Selain layarnya yang lebar, sentuhannya-pun juga lebih mudah dan cepat. Merotasi, menambah efek, dan memotong video-pun akan sangat mudah jika dikerjakan menggunakan tablet android.

Lihat Juga : 30 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

Aplikasi Edit Video Android Terbaik

Selain untuk eksis dan fun, video juga bisa digunakan seseorang untuk presentasi seperti pada perusahaan – perusahaan besar. Tidak hanya slide yang digunakan untuk persentasi, sekarang banyak karyawan kantor yang menggunakan video sebagai media persentasi.

Selain lebih menarik, dengan video persentasi jadi lebih akurat dan lebih menyenangkan. Berikut ada beberapa aplikasi edit video untuk smartphone dan tablet android yang bisa anda gunakan secara gratis.

#1. KineMaster – Editor Video

KineMaster
Sumber Image : Google Play

KineMaster merupakan aplikasi edit video Android dengan tampilan UI yang menawan dan mengagumkan. Dengan aplikasi ini, anda dapat mengubah video, memotong video, menambah efek suara, menghapus video, dan menambah tulisan atau text tertentu dalam sebuah video.

Menariknya lagi, aplikasi ini dapat membuka dan mengedit video dengan kualitas 4K Utra HD. Dengan KineMaster, anda bisa membuat video lucu – lucuan, kompilasi, video perjalanan dengan teman – teman, ulang tahun, atau acara – acara penting lainnya.

Melalui aplikasi ini, anda juga dapat membuat slideshow dari foto dan musik menjadi sebuah video. Berbagai tema dan filter keren tersedia secara gratis setiap minggunya. Anda bisa pilih sesuai keinginan.

Untuk hasil akhirnya, anda bisa berbagi video lewat sosial media seperti Instagram dan Facebook.

[Google Play] [App Store]

#2. PowerDirector – Editor Video

PowerDirector
Sumber Image : Google Play

Aplikasi editing selanjutnya ada PowerDirector yang dikembangkan oleh tim CyberLink. Aplikasi ini terbilang sangat maksimal untuk kebutuhan editing video, anda bisa membuat timeline hingga 9 lapisan untuk memuat banyak video, gambar, efek, stiker, teks, dan transisi.

Berbagai efek menarik siap untuk memaksimalkan video anda, seperti slow motion, fast motion, chroma key, video collage, dan masih banyak lagi. Dalam hal audio, anda juga dapat meningkatkan volume audio, menambahkan backsound, voice over, efek suara, dan masih banyak lagi.

Menariknya lagi, aplikasi mendapat dukungan bahasa Indonesia sehingga sangat memudahkan anda ketika mengedit video. Untuk hasil final-nya, anda bisa menyimpan video dengan resolusi 720p, Full HD 1080p dan 4K.

Unduh gratis PowerDirector via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#3. Video Editor – Edit Video Gratis

Video Editor
Sumber Image : Google Play

Aplikasi selanjutnya ada Video Editor dimana aplikasi ini hadirkan berbagai fitur editing yang cukup lengkap. Sebagai penguna, anda bisa mengedit video dengan memotong, menambahkan musik, efek suara, slow motion, menyesuaikan tampilan, menambahkan teks, dan masih banyak lagi.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan judul pada video dengan efek animasi yang cukup keren. Untuk ekspor video, anda bisa simpan dalam ukuran full HD tanpa watermark.

Tertarik mencoba, unduh gratis aplikasi ini via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#4. FilmoraGo

FilmoraGo
Sumber Image : Google Play

Rekomendasi selanjutnya, anda bisa gunakan FilmoraGo yang dikembangkan oleh Wondershare Software. Membuat video dari foto dan musik menggunakan FilmoraGo menjadi sangat mudah, anda bisa masukkan banyak foto dari galeri, album, facebook, atau instagram.

Untuk mempercantiknya, anda bisa tambahkan transisi keren seperti Dissolve, Wipe, Split, Shutter dan Zoom out. Tak hanya itu saja, anda bisa dapat menambahkan elemen lain atau motion graphic agar hasilnya benar – benar maksimal.

Untuk ratio dan hasil akhirnya, anda bisa pilih yang 1:1 atau 16:9. Tertarik mencoba, unduh gratis FilmoraGo via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

Lihat Juga : 8 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik

#5. VLLO – Powerfull Editing

VLLO
Sumber Image : Google Play

VLLO dari developer vimosoft merupakan aplikasi edit video terbaik untuk seorang vlogger. Aplikasi ini hadirkan banyak kebutuhan dalam hal editing seperti pengontrolan rasio aspek, animasi transisi, stiker yang lebih dari 1000 item, 60 teks gerak, musik latar, rekaman suara, dan masih banyak lagi.

Dukungan ratio cukup beragam, antara lain 1: 1, 16: 9, 9:16, 2.35: 1, dan masih banyak lagi.

Seperti pada umumnya, ada banyak fitur editing video yang bisa anda gunakan seperti mengubah ukuran, memotong, menduplikasi, memutar, dan lainnya. Untuk hasil final-nya, anda bisa ekspor video hingga 4K (3840 x 2160) atau dibawahnya.

Unduh gratis VLLO via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [App Store]

#6. VivaVideo – Editor Video

VivaVideo
Sumber Image : Google Play

VivaVideo merupakan aplikasi kamera dan edit video khusus untuk smartphone dan tablet android. Lebih dari 70 Negara di seluruh dunia, aplikasi ini menjadi top editor video di Google Play. Terbukti, sudah lebih dari 150 juta pengguna android telah mengunduh dan menggunakan aplikasi ini.

Dengan aplikasi VivaVideo, anda bisa membuat moment – moment berharga anda menjadi karya tersendiri yang indah dan mengagumkan.

Gabungkan beberapa foto yang anda miliki dan tambahkan pula dengan alunan musik dan frame unik yang nantinya akan menghasilkan slide foto yang keren dan unik. Tambahkan pula dengan text, sticker, filter, dan transisi supaya video terlihat lebih menarik.

Unduh gratis VivaVideo via Google Play sekarang juga.

[Google Play] [Versi Pro] [App Store]

#7. VideoShow

VideoShow
Sumber Image : Google Play

Rekomendasi aplikasi edit video selanjutnya bernama VideoShow. Secara umum, aplikasi ini paling banyak digunakan oleh para pengguna android sebagai aplikasi untuk mengedit video secara offline. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup menarik, anda dapat menambahkan teks, musik, filter, dan emoji pada sebuah Video.

Sebagai aplikasi edit video terbaik, sajian dari aplikasi ini yakni tanpa biaya, tanpa watermark, tanpa batas waktu. Sangat cocok untuk membuat frame atau kolase video dari foto – foto perjalanan atau foto selfie.  Anda bisa mengunduh Aplikasi ini melalui Google Play Store secara bebas dan gratis.

[Google Play] [Versi Pro] [App Store]

#8. Magisto

Magisto
Sumber Image : Google Play

Aplikasi pertama yang dapat membantu anda dalam membuat video di Android yakni Magisto. Aplikasi ini sangat powerfull mengenai masalah editing, terbukti sudah lebih dari 40 juta pengguna Google Play telah mengunduhnya.

Aplikasi ini sudah masuk pada 129 negara di seluruh dunia, terutama Indonesia. Lebihnya lagi, aplikasi ini juga pernah diberitakan pada media terkenal di dunia seperti CNN, TechCrunch, Wired, CNET, Forbes, dan masih banyak lagi.

Keunggulan dari aplikasi ini cukup banyak, dapat membuat foto dan video seperti film mengagumkan, efek grafis sangat keren, dilengkapi dengan musik, pilihan efek lumayan banyak, dan yang paling utama dapat anda unduh dan gunakan secara gratis.

Fitur Unggulan Magisto :

  • Dapat mendeteksi wajah seseorang dalam sebuah klip Video.
  • Dapat menambahkan soundtrack musik dari perangkat atau mengunduh langsung dari perpustakaan Magisto.
  • Dapat membuat kompilasi slide (foto – foto) yang keren dan mengagumkan.
  • Menggunakan FFmpeg di bawah izin LGPL.
  • Stabilisasi video secara otomatis, filter, efek, transisi, dan produksi secara keseluruhan.
  • Video dapat langsung dibagikan ke sosial media.

[Google Play] [App Store]

#9. Cute Cut

Cute Cut
Sumber Image : Google Play

Aplikasi edit foto berikutnya bernama Cute Cut. Nama yang unik dari sebuah aplikasi edit Video. Aplikasi ini bersifat Offline dan memiliki ukuran yang sangat kecil, yakni 4,5MB. Cocok untuk semua smartphone dan tablet Android.

Dengan adanya aplikasi Cute Cut, Anda bisa mengedit video dengan mudah dan cepat serta tidak membingungkan sama sekali.

Aplikasi Cute Cutdapat dikatakan sebagai aplikasi edit video yang lucu dan cerdas. Jangan khawatir, walaupun ukurannya sangat kecil, fitur yang disediakan tidak kalah dengan aplikasi edit video lainnya.

Aplikasi ini juga bebas dari watermark sehingga video anda tidak terlihat text yang menghalangi dari setiap sisi.

Fitur Unggulan Cute Cut :

  • Dapat membuat video dengan gabungan foto dan video.
  • Dapat memotong video menjadi beberapa bagian.
  • Dapat menggabungkan video walaupun dengan format yang berbeda.
  • Dapat menambahkan Audio dari musik MP3.
  • Dapat mengambil Audio dari sebuah video.
  • Dapat berbagi ke teman – teman melalui sosial media.

[Google Play] [App Store]

#10. Video Maker Pro

Video Maker Pro
Sumber Image : Google Play

Editor video terbaik selanjutnya bernama Video Maker Pro. Salah satu aplikasi edit video yang open source ini memiliki banyak keunggulan. Dengan aplikasi ini, anda bisa menghasilkan video dengan kualitas yang cukup baik dan terlihat sangat professional walaupun hanya berdurasi beberapa menit saja.

Aplikasi ini kompatible pada semua smartphone dan tablet android.

Fitur Unggulan Video Maker :

  • Dapat menghapus/ memotong beberapa bagian dari video anda.
  • Efek video yang menarik (fade in / fade out, warna gray, negatif, gerak lambat).
  • File video dapat anda bagi menjadi dua klip yang terpisah.
  • Masukkan alunan musik sebagai latar dari sebuah Video.
  • Upload video ke Youtube.
  • Dll.

[Google Play] [App Store]

#11. AndroVid Video Editor

AndroVid Video Editor
Sumber Image : Google Play

Rekomendasi dari aplikasi edit video berikutnya yakni AndroVid. Aplikasi ini terlihat sangat sederhana, namun sangat berguna dengan banyak fungsi. Aplikasi ini terbilang sebagai aplikasi edit video dengan fitur yang sangat menarik.

Cocok untuk anda yang baru saja memulai belajar mengedit video di Android.

Dengan AndroVid, anda bisa memotong, membuat slide, menambahkan musik, serta menerapkan efek – efek tertentu dalam sebuah video supaya terlihat lebih menarik dan keren.

Masalah format video tidak perlu dikhawatirkan karena aplikasi ini mendukung banyak format seperti 3GP, AVI, FLV, MP4, MPG, MOV, WMV dan format VOB.

Fitur Unggulan AndroVid :

  • Video Pemangkas: Potong video Anda untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan
  • Video Joiner: Menggabungkan beberapa klip video menjadi satu video.
  • Video & Audio Mixer: Tambahkan musik ke video Anda.
  • Terapkan efek video seperti memudar, gerakan lambat, sepia, sketsa, antic.
  • Video Transcoder: Mengkonversi video ke format lain, mengubah resolusi untuk membuat video Anda lebih kecil. Mendukung konversi ke 3GP, AVI, FLV, MP4, MPG, MOV, WMV dan format VOB.
  • Dll.

[Google Play] [Versi Pro] [App Store]

#12. Vidstitch Free

Vidstitch Free
Sumber Image : Google Play

Vidstitch adalah aplikasi edit video yang cocok untuk membuat video kompilasi Instagram. Salah satu tujuan dari aplikasi ini memang dikhususkan untuk membuat video Instagram yang singkat dan lucu, dengan durasi yang pendek.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan telah terbukti sudah di unduh oleh para pengguna Google Play di seluruh dunia.

Dengan aplikasi ini, anda bisa membuat kolase dari foto dan video kemudian anda bagikan ke Instagram. Selain itu, anda juga bisa menambahkan Animasi saat pembuatan video dengan format Animasi GIF.

Fitur Unggulan Vidstitch :

  • Tampilan UI sederhana dan intuitif.
  • Sangat optimal pada semua perangkat android.
  • Dapat menggabungkan antara foto dan video.
  • Upload dan berbagi secara langsung ke sosial media seperti Instagram, Vine, Facebook, dan Twitter.

[Google Play] [Versi Pro] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. brabusday berkata:

    terimakasih banyak atas pelajarnnya ini berarti banyak anda menanamkan ilmu dengan sepenuhnya
    salam