10 Contoh Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Berikut daftar contoh perangkat keras komputer berdasarkan jenis dan fungsinya

Perangkat keras atau sering di sebut hardware merupakan sebuah sebutan yang ditujukan pada bagian fisik dari sebuah komputer. Komputer sendiri tersusun dalam beberapa komponen perangkat keras utama yaitu monitor, motherboard, mouse dan keyboard. Namun selain keempat perangkat tersebut, komputer masih memiliki komponen lain yang biasanya ada hanya sebagai sebuah fitur tambahan untuk menyamankan penggunanya. Misalnya seperti Audio, Printer, Cam recorder, Headset dan masih banyak lagi.  

Hardware sendiri masih terbagi pada beberapa tipe seperti bagian input, bagian output, bagian penyimpanan dan komponen internal. Ke empat tipe perangkat tersebut adalah tipe utama yang wajib dimiliki oleh komputer, di mana pada masing-masing komponennya memiliki fungsi keterikatan satu sama lain. Misalnya saja seperti keyboard yang tergolong sebagai input untuk memasukkan data berupa ketikan tulisan, angka, simbol. Memiliki resonansi dengan monitor yang tergolong sebagai output agar pengguna dapat mengetahui bahwa perintah input yang dimasukkan telah sesuai sebagaimana mestinya. Adapun beberapa komponen hardware beserta fungsinya adalah sebagai berikut.

Lihat Juga : 30 Komponen Komputer Beserta Fungsi dan Contohnya

Perangkat keras bagian input

Jenis Jenis VGA Komputer
Sumber Gambar : Nvidia

Perangkat keras input merupakan komponen komputer yang berfungsi sebagai penerima perintah pengguna dalam mengoperasikan suatu perangkat agar dapat diproses menjadi informasi yang mereka butuh kan. Contoh dari input device yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Keyboard

Keyboard merupakan perangkat keras tipe input yang digunakan pengguna dalam memasukkan informasi berupa huruf, angka dan simbol melalui tombol dengan tanda yang dapat dipahami oleh pengguna. Dan keyboard menjadi perangkat keras primer karena tanpa komponen ini pengguna tidak akan bisa meng-input perintah tertentu pada sebuah komputer.

2. Mouse  

Mouse juga tergolong dalam perangkat keras primer yang sangat dibutuhkan oleh komputer, terutama untuk PC dengan sistem operasi berbasis GUI yang mana membutuhkan peran kursor dalam mengelola dan menjalankan isi perangkatnya dengan lebih mudah.

3. Microphone

Adapun perangkat input lain seperti mikrofon yang mana biasa digunakan oleh pengguna dalam melakukan interaksi dengan pengguna lain untuk saling berkomunikasi di media online seperti meeting. Selain itu search engine seperti Google juga mendukung voice recognizer yang mana semakin mempermudah pengguna apabila ingin memberi perintah tertentu melalui suara.

4. Webcam

Webcam juga termasuk perangkat input yang biasanya sepaket dengan mikrofon dengan fungsi menangkap gambar pengguna melalui lensa kamera untuk ditampilkan di dalam komputer secara real time. Webcam juga banyak dimanfaatkan pengguna komputer untuk melakukan meeting dengan orang-orang tertentu melalui aplikasi seperti Google Meet atau ZOOM.

5. Joystick

Joystick termasuk golongan perangkat keras sekunder yang biasanya digunakan pengguna untuk bermain game, hal ini dilakukan agar pengguna menjadi lebih mudah dalam mengontrol karakter yang mereka mainkan. Selain itu bermain game menggunakan keyboard dan mouse bisa menjadi faktor degradasinya fungsi perangkat keras apabila komponen tersebut tidak didesain untuk bermain game dengan intens.

Lihat Juga : 11 Jenis – Jenis RAM pada Komputer

Perangkat keras bagian output

Fungsi Komputer
Sumber Gambar : unsplash.com

Perangkat keras tipe output memiliki fungsi yang sama pentingnya layaknya bagian input terutama pada bagian monitornya. Pasalnya layar atau monitor merupakan sebuah penampil informasi visual dari kontrol yang dilakukan pengguna melalui hardware input. Dan bisa dibilang monitor menjadi perangkat output utama yang vital dan pasti dibutuhkan oleh sebuah komputer, adapun perangkat output lain yang tidak kalah pentingnya sebagaimana berikut ini.

1. Audio

Audio / Speaker sebenarnya tergolong pada perangkat output sekunder, tapi rasanya apabila memiliki sebuah komputer tanpa adanya sebuah keluaran suara akan terasa sangat kurang. Apalagi beberapa troubleshooting sebuah komputer biasanya perlu didiagnosis melalui sebuah suara beep.

2. Printer

Sebagai pengguna komputer, perangkat keras seperti printer menjadi sebuah komponen penting terutama apabila Anda adalah seseorang yang bekerja di kantor. Pasalnya setiap dokumen penting perlu dicetak untuk keperluan arsip maupun kebutuhan eksternal lainnya.

3. Proyektor

Selain monitor, ada pula perangkat output lain yang digunakan untuk menampilkan visual informasi dan kontrol sebuah komputer pada ukuran yang lebih besar dan jelas. Biasanya proyektor banyak digunakan untuk kebutuhan presentasi yang mana memang memiliki layar visual yang lebih luas daripada monitor untuk ditunjukkan pada audiens.

4. VGA

Sebenarnya VGA lebih dikenal sebagai komponen akselerasi visual untuk menyokong kinerja monitor yang mana kebanyakan digunakan untuk bermain game maupun desain grafis. Walau begitu VGA masih tergolong perangkat hardware tipe output.

5. Headset

Layaknya seperti audio speaker, headset tergolong perangkat output yang menyediakan visual suara yang lebih personal pada pengguna. Karena komponen ini lebih memberi kesan jernih pada suara terutama pada telinga, dan sering dimanfaatkan oleh pengguna yang sering bermain game secara multiplayer yang notabene perlu melakukan komunikasi langsung dengan player lain secara real time dalam permainannya.

Lihat Juga : 10 Fungsi dan Manfaat Jaringan Komputer

Penutup

Sebuah perangkat output dan input merupakan satu paket sistem yang tidak dapat dipisahkan dalam sebuah komponen elektronik. Karenanya apabila Anda berencana membangun sebuah PC pastikan untuk selalu menyediakan komponen utama dari perangkat keras input dan juga output. Tapi apabila Anda tidak mau ribet, ada alternatif lain yaitu dengan membeli sebuah laptop maupun notebook yang notabene komponen input dan output-nya sudah terpasang menjadi satu dan siap digunakan.

Apa definisi sebuah perangkat output?

Sebuah alat yang berfungsi sebagai penampil informasi dari perintah yang diberikan brainware melalui perangkat input. Bisa berupa teks, gambar, visual 3d, video, suara dan masih banyak lagi.

Apa saja perangkat output?

Printer, Monitor, Audio speaker, Headset, Proyektor, lampu indikator, VGA, Sound Card, Fan dan banyak lagi yang lainnya.

Apakah perangkat output dapat dijalankan tanpa input?

Tidak, karena sistem kinerja utama sebuah komputer ialah Brainware » Input » Pemrosesan » Output. dan salah satunya tidak bisa dihilangkan dan perlu ada agar komputer dapat dipakai potensinya secara penuh.

Bagaimana cara kerja perangkat output?

Pengguna memberikan perintah melalui perangkat input, kemudian perintah dari perangkat input tadi diproses dan diolah melalui CPU untuk kemudian diteruskan pada perangkat output.


Penulis : Agung Wijaya | Editor : Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Artikel Terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!