Pengertian LibreOffice | Komponen, Fungsi, Fitur

Dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan di perkantoran tentu tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dikuasai oleh karyawan untuk menghasilkan tugas yang diinginkan. Untuk itu dibutuhkan lah sebuah alat yang mampu membantu karyawan dalam menyelesaikan tugasnya, yaitu dengan menggunakan Software office. Software ini dapat dikatakan sangat berperan aktif dalam meningkatkan kinerja karyawan dengan cepat dan efisien.

Tentu saja kita tahu, bahwa banyak software office yang telah dikembangkan saat ini untuk memenuhi kebutuhan perkantoran. Misalnya Microsoft Office, di mana notabenya sebagai software office yang paling banyak digunakan perkantoran. Bahkan software ini tidak hanya digunakan oleh karyawan perkantoran saja, melainkan semua orang memanfaatkan Microsoft Office untuk keperluan sehari-hari mereka. Mulai dari mengerjakan tugas sekolahan, mengatur jadwal acara, melakukan pencatatan serta melakukan video conference.

Meski demikian, pengguna perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk dapat menggunakan Microsoft Office ini. Mengingat, software tersebut tidak tersedia secara gratis. Di sisi lain banyak orang belum mengetahui bahwa terdapat software office lainnya yang mampu melakukan tugas serupa dengan Microsoft Office, namun tersedia secara Gratis untuk siapa pun. Software tersebut tidak lain adalah LibreOffice.

Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan lebih detail terkait apa itu pengertian LibreOffice yang dilengkapi dengan informasi pendukung lainnya. Misalnya seperti komponen apa saja yang terdapat di dalam LibreOffice, fitur yang disediakan, kelebihan serta kekurangannya. Simak kelanjutannya pada poin berikut ini:

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Teams | Fungsi, Manfaat, Fitur, Kelebihan

Apa itu LibreOffice?

Definisi LibreOffice
Image Source : techradar.com
PengembangThe Document Foundation
Rilis Perdana25 Januari 2011
Sistem OperasiWindows, Linux, OS X, FreeBSD, NetBSD, Android
JenisPaket aplikasi perkantoran
Situs Webhttp://www.libreoffice.org/

LibreOffice merupakan sebuah paket aplikasi perkantoran gratis dengan sumber terbuka, yang  dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF). LibreOffice ini merupakan turunan dari OpenOffice.org pada tahun 2010, di mana merupakan sebuah versi sumber terbuka dari StarOffice yang mendahuluinya. Di samping itu, LibreOffice di rilis pertama kalinya pada tanggal 25 Januari 2011.

Adapun beberapa layanan yang terdapat pada LibreOffice, misalnya program pengolah kata, tayangan slide, pembuatan diagram dan gambar, pekerjaan dengan basis data, serta penulisan formula matematika. Banyak orang beranggapan, bahwa LibreOffice ini dapat dijadikan sebagai alternatif aplikasi pengganti Microsoft Office. Hal ini dikarenakan LibreOffice tersedia secara Gratis, lain halnya dengan Microsoft Office yang berbayar.

Tidak hanya itu saja, LibreOffice juga mendukung di berbagai sistem operasi. Misalnya seperti Windows, Linux, OS X, FreeBSD, NetBSD, serta Android (viewer). Melihat keunggulan yang ditawarkan tersebut, sangat tidak mengherankan jika LibreOffice banyak diminati oleh banyak orang. Hal ini terbukti ketika LibreOffice rilis perdana pada bulan Januari dan Oktober 2011 dengan total unduhan sekitar 7,5 juta kali.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Visio | Fungsi, Fitur, Kelebihan

Komponen LibreOffice Beserta Fungsinya

Komponen LibreOffice
Image Source : komputerswiat.pl

Terlepas dari pengertian LibreOffice di paragraf sebelumnya, tidak sedikit pengguna yang penasaran mengenai apa saja komponen aplikasi yang terdapat di LibreOffice ini. Meski secara keseluruhan LibreOffice tidak selengkap dan sebanding dengan Microsoft Office. Namun dengan beberapa layanan yang disediakannya, pengguna dapat melakukan berbagai tugas layaknya Microsoft Office. Misalnya membuat dokumen, melakukan perhitungan, bahkan menyimpan data. Untuk mengetahui lebih lanjutnya, silakan simak pada poin informasi berikut ini: 

1. Writer (word processor)

Writer (penulis) merupakan sebuah alat dari LibreOffice yang berfungsi sebagai pengolah kata. Dengan layanan ini pengguna dapat membuat surat, buku, laporan, brosur dan dokumen lainnya. Selain itu, pengguna dapat menyisipkan grafik dan objek dari komponen lain ke dalam dokumen Writer. Kemudian pengguna dapat mengekspor file ke PDF, HTML, XHTML, XML, dan beberapa versi file Microsoft Word.

2. Clac (spreadsheet)

Clac merupakan program spreadsheet yang dapat digunakan untuk kebutuhan analisis, pembuatan bagan dan pengambilan keputusan. Terlebih di sini pengguna akan menemukan lebih dari 300 fungsi untuk operasi keuangan, statistik, dan matematika. Calc dapat diintegrasikan ke dalam dokumen LibreOffice lainnya dan juga dapat membuka, mengatur, dan menyimpannya dalam format Excel.

3. Impress (presentations)

Impress merupakan sebuah software yang dirancang untuk presentasi seperti halnya Microsoft PowerPoint. Mengingat fungsi utama dari Impress sendiri adalah untuk memperindah tampilan file sebelum di presentasikan ke publik. Lebih lanjut, Impress menyediakan beragam alat presentasi multimedia umum, seperti efek khusus, animasi, klip suara, video dan alat menggambar. Uniknya impress kompatibel dengan format file Microsoft PowerPoint dan juga dapat menyimpan pekerjaan dalam berbagai format grafik termasuk SWF (Macromedia Flash).

4. Draw (vector graphics)

Seperti namanya, dengan layanan Draw dari LibreOffice ini memungkinkan pengguna menggambar vektor yang dapat menghasilkan segala sesuatu. Misalnya seperti diagram alur, clip art hingga karya lainnya. Pengguna dapat memanfaat Draw untuk digunakan di salah satu komponen LibreOffice.

5. Math (formula editor)

Math merupakan rumus LibreOffice atau editor persamaan. Dengan komponen ini, pengguna dapat memanfaatkannya untuk membuat persamaan kompleks yang menyertakan simbol atau karakter yang tidak tersedia dalam kumpulan font standar. Dalam hal ini sering digunakan untuk membuat rumus dalam dokumen lainnya, seperti Writer dan Impress.

6. Base (database)

Dan yang akhir adalah Base, di mana menyediakan layanan untuk menyimpan data pekerjaan atau kegiatan sehari-hari. Tentunya ditampilkan dengan antar muka yang sederhana, supaya mudah dimengerti. Di sini pengguna dapat membuat/mengedit formulir, laporan, tabel, serta relasi. Dalam hal ini fungsinya kurang lebih hampir sama dengan aplikasi database populer lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Zoom Meeting | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Fitur LibreOffice

Fitur LibreOffice
Image Source : clydeco.com

Meskipun tersedia secara Gratis, bukan berarti LibreOffice tidak menyediakan fitur yang menarik bagi calon penggunanya. Mengingat kepopuleran LibreOffice sendiri tidak akan lepas dari fitur yang disediakan. Mulai dari kompatibilitas, templates, export PDF serta ePUB. Berikut beberapa fitur yang dapat saya jelaskan mengenai LibreOffice.

1. Kompatibilitas File

Salah satu fitur menarik dari LibreOffice adalah segi kompatibilitas filenya. Selain format OpenDocument aslinya, LibreOffice menyertakan dukungan untuk membuka dan menyimpan file dalam banyak format umum. Misalnya seperti Microsoft Office, HTML, XML, WordPerfect, Lotus 1-2-3, dan PDF.

2. Pengatur Presisi

Dengan LibreOffice, pengguna tidak hanya diizinkan menambahkan karakter, poin ataupun catatan saja. Namun juga memungkinkan pengguna dapat menyesuaikan setiap aspek. Misalnya masuk ke tab posisi karakter atau gaya paragraf, mengatur ukuran dan karakter yang tepat untuk poin atau angka, spasi antara poin dan item daftar, dsb.

3. ePUB Export

Tentu saja jika pengguna ingin membuat e-book dari hasil dokumen yang dibuat, cukup gunakan LibreOffice saja. Mengingat software ini telah menyediakan tool ekspor file ePUB yang mudah dilakukan, yaitu dengan cara klik File » Ekspor » kemudian pilih ePUB. Lebih lanjut hasil file ePUB ini dapat dibaca di banyak perangkat e-book pastinya.

4. Templates

Tidak hanya Microsoft Office saja yang menyediakan template untuk memperindah tampilan, namun di dalam LibreOffice pengguna juga menyertakan pilihan template yang cukup unik. Selain itu, adanya template ini pengguna dapat fokus pada konten yang dikerjakan dibandingkan desain tampilan.

Lihat Juga : Pengertian Google Meet | Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan

Kelebihan dan Kekurangan LibreOffice

Kelebihan LibreOffice
Image Source : techradar.com

Kita tahu bahwa tidak ada sebuah aplikasi atau software yang sempurna. Hal ini juga berlaku pada LibreOffice, di mana memiliki sejumlah kelebihan serta kekurangan. Tentunya dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan software yang akan di instal, kita dapat melakukan pertimbangan “Apakah software ini cocok untuk digunakan atau malah sebaliknya”. Berikut kelebihan dan kekurangan dari LibreOffice yang perlu pengguna ketahui:

Kelebihan LibreOffice

  1. Gratis
  2. Open Source (sumber terbuka)
  3. Ukuran file kecil
  4. Export PDF & ePUB
  5. Mendukung banyak sistem
  6. Dukungan bahasa yang luas
  7. Kompatibilitas file
  8. Tidak ada vendor yang terkunci
  9. Komponen LibreOffice yang terintegrasi satu sama lain.

Kekurangan LibreOffice

  1. Tampilan. Saya rasa tampilan dari LibreOffice cukup membingungkan, terlebih pengguna sudah terbiasa menggunakan Microsoft Office. Untuk itu, pengguna memerlukan sedikit penyesuaian dalam mengoperasikannya.
  2. Keamanan. Berbicara mengenai keamanan dalam LibreOffice mungkin jawabannya adalah tidak aman. Karena LibreOffice sendiri merupakan perangkat lunak gratis dan sumber terbuka. Artinya dapat didistribusikan ulang oleh orang lain. Namun jika pengguna menginginkan versi resminya, silakan akses melalui situs web resmi LibreOffice.
  3. Format File. Dalam beberapa kasus yang ada, jika pengguna ingin membuka file dengan format Microsoft Office di LibreOffice. Maka terdapat beberapa format seperti paragraf, tabel, dsb menjadi sedikit tidak beraturan.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Publisher | Fungsi, Fitur, Kelebihan

Kesimpulan,

Dari ulasan pengertian LibreOffice di atas dapat disimpulkan bahwa, LibreOffice merupakan sebuah paket perangkat lunak perkantoran gratis dengan sumber terbuka. Software ini dikembangkan oleh The Document Foundation. Kemudian, LibreOffice dapat dikatakan sebagai software alternatif pengganti Microsoft Office. Memang software ini tidak sebanding dan selengkap Microsoft Office, namun terdapat beberapa layanan yang dapat digunakan layaknya Office. Misalnya membuat dokumen, melakukan perhitungan, menyimpan data, dsb.

Apakah LibreOffice Gratis?

Tentu Yaa, silakan download software LibreOffice melalui situs web resminya di sini.

Bisakah LibreOffice menyimpan PDF?

Yaa, pengguna dapat menyimpan file hasil ke dalam bentuk PDF.

Apakah LibreOffice sebanding Microsoft Office?

Mungkin tidak, karena LibreOffice tersedia Gratis untuk siapapun dengan fitur yang cukup lengkap.

Apakah LibreOffice aman digunakan?

Aman, jika anda mengunduhnya secara langsung melalui situs web resmi LibreOffice.

Apakah LibreOffice mendukung sistem operasi macOS dan Linux?

Yaa, versi terbaru dari LibreOffice tidak hanya mendukung OS Windows (32/64-bit) saja, namun macOS (64-bit) dan Linux 64-bit (deb/rpm) juga mendukungnya.

Itulah pembahasan singkat yang dapat saya berikan mengenai pengertian LibreOffice. Bagikan artikel jika di rasa bermanfaat. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau tanggapan terkait ulasan di atas, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!!

CATATAN : Informasi di atas di ambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain guna menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.