10 Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding

Microsoft Office merupakan program perangkat lunak dalam paket yang dikembangkan oleh Microsoft. Program ini digunakan untuk…

Microsoft Office merupakan program perangkat lunak dalam paket yang dikembangkan oleh Microsoft. Program ini digunakan untuk mengolah data berupa tulisan, angka, hingga grafik. Paket Microsoft Office yang paling dikenal dan paling banyak digunakan hingga saat ini adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Ketika program tersebut paling mendominasi karena kemudahan dalam membuat dan mengedit dokumen.

Saat ini, Microsoft Office tersedia dalam paket Office 365 yang didukung dengan beragam paket dan layanan penting seperti penyimpanan Cloud, templates, kolaborasi, dan lain sebagainya. Meskipun memiliki segudang fitur dan manfaat, beberapa pengguna juga terkadang mengalami masalah ketika membuka program seperti not responding, has stopped working, dan lain sebagainya. Dan untuk mengetahui lebih jauh mengenai pesan error tersebut, simak penyebab dan solusi mengatasinya berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Microsoft Word Terkunci, Tidak Bisa Mengetik

Penyebab Microsoft Office Not Responding

Program Microsoft Office yang mengalami not responding; entah itu Microsoft Word, Excel, ataupun PowerPoint bisa terjadi karena beberapa hal. Seperti misalnya banyaknya program yang dibuka secara bersamaan (multitasking berlebihan), adanya Add-ins yang bermasalah, fitur AutoCorrect yang tidak berfungsi dengan baik, hingga kerusakan pada program. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak penjelasan berikut ini.

  • Multitasking berlebihan. Membuka program berlebihan memang dapat menyebabkan program mengalami not responding. Hal ini memang tidak dipungkiri lagi, terutama untuk komputer/ laptop dengan spesifikasi rendah (di bawah 4GB).
  • Program mengalami masalah. Kemungkinan Microsoft Office yang Anda gunakan mengalami masalah, entah karena bugs atau file program yang corrupt. Untuk mengatasinya, coba lakukan perbaikan dengan memanfaatkan fitur Repair Microsoft Office.
  • Add-ins yang error/ tidak berfungsi. Add-ins yang bermasalah atau tidak berfungsi dengan baik juga dapat menyebabkan Microsoft Office not responding. Untuk memastikannya, Anda bisa identifikasi apakah Microsoft Office not responding setelah memasang Add-ins atau tidak.
  • Fitur AutoCorrect yang tidak berjalan dengan baik. Fitur AutoCorrect memang sangat membantu pengguna dalam memperbaiki kesalahan penulisan. Namun beberapa pengguna mendapati masalah ketika fitur ini diaktifkan.
  • Dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Microsoft PowerPoint Tidak Bisa Dibuka

Mengatasi Microsoft Office Not Responding

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Mulai dari menutup program secara paksa, me-restart komputer, menonaktifkan fitur AutoCorrect, hingga melakukan perbaikan melalui fitur Repair. Tutorial ini saya lakukan pada Windows 10 dengan versi Microsoft Office 2019. Jika Anda masih menggunakan versi Windows dan Microsoft Office yang lebih rendah, silakan menyesuaikan.

1. End Task melalui Task Manager

Menghentikan program melalui Task Manager
1. End Task Microsoft Office melalui Task Manager. RUDI DIAN ARIFIN

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghentikan atau menutup paksa program Microsoft Office melalui Task Manager. Tips ini sangat umum dilakukan oleh para pengguna komputer ketika mengalami masalah not responding pada program yang sedang dibuka. Risiko melakukan End Task adalah dokumen yang belum tersimpan akan hilang.

  1. Klik kanan pada Taskbar » pilih Task Manager.
  2. Atau bisa juga dengan mengetikkan Task Manager pada Start menu Windows.
  3. Temukan dan pilih program yang not responding tersebut.
  4. Pilih program » klik End Task untuk menghentikan program.
  5. Selesai.

Setelah menutup program, coba buka kembali Microsoft Office yang Anda gunakan. Semoga nantinya normal dan tanpa ada masalah apa pun.

Lihat Juga : 4 Cara Mematikan Program Startup Windows

2. Restart Komputer/ Laptop Anda

Restart komputer anda
2. Restart komputer/ laptop Anda. RUDI DIAN ARIFIN

Jika Anda mengalami masalah not responding setelah update Windows atau update Microsoft Office, maka kemungkinan ada service atau komponen program yang tidak berjalan dengan baik. Ketika meng-update program, sistem memerlukan file DLL (Dynamic Link Library) untuk diganti. File tersebut tidak dapat diganti apabila digunakan oleh OS atau aplikasi lain. Sehingga Anda perlu me-restart komputer/ laptop Anda setelah update sistem atau program terinstall.

Meskipun versi Microsoft Windows yang lebih baru tidak memerlukan restart, namun beberapa program bawaan dan program pihak ketika masih membutuhkan restart agar sistem dan program dapat berjalan optimal.

3. Nonaktifkan AutoCorrect

AutoCorrect merupakan fitur dapat memeriksa dan memperbaiki kesalahan penulisan kata secara otomatis. Di dalam fitur AutoCorrect terdapat beragam kamus kata menyesuaikan bahasa pada komputer yang kita gunakan. Sayangnya, beberapa pengguna mengalami masalah not responding ketika fitur ini di aktifkan. Jika Anda mengalami hal yang sama setelah mengaktifkan fitur AutoCorrect, maka coba matikan dahulu fitur tersebut.

Step 1: Pertama, buka program Microsoft Office yang Anda miliki (Microsoft Word, Excel, atau PowerPoint).

Pilih Options Microsoft Word
1. Pilih Options. RUDI DIAN ARIFIN
  • Pada menu Ribbon » klik File yang ada yang ada di bagian pojok kiri atas.
  • Kemudian pilih menu Options yang ada di bagian kiri bawah.

Step 2: Selanjutnya akan tampil beberapa menu pilihan.

Pilih Proofing Microsoft Word
2. Pilih fitur AutoCorrect. RUDI DIAN ARIFIN
  • Klik bagian Proofing » pilih AutoCorrect Options.

Step 3: Kemudian matikan fitur AutoCorrect dengan memilih tab AutoCorrect.

Hilangkan Centang AutoCorrect Microsoft Word
3. Matikan fitur AutoCorrect. RUDI DIAN ARIFIN
  • Hilangkan tanda centang di bagian “Show Auto Correct Options Buttons” dan “Automatically use suggestions from the spelling checker”.
  • Setelah itu, klik OK.

4. Repair Microsoft Office

Repair Microsoft Office Windows
4. Repair Microsoft Office. RUDI DIAN ARIFIN

Solusi lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan repair program Microsoft Office. Instalasi program yang tidak sempurna, corrupt, masalah registry, dan sejenisnya bisa terselesaikan dengan melakukan hal ini. Opsi perbaikan program dapat Anda lakukan secara offline dan online. Namun saya sarankan untuk melakukannya secara online agar lebih maksimal.

  1. Klik Start » pilih ikon Settings.
  2. Pilih Apps » Apps & features.
  3. Temukan dan pilih program Microsoft Office, pilih Modify.
  4. Ada dua opsi repairOnline dan Offline. Pilih salah satu yang Anda inginkan.
  5. Ikuti petunjuk repair sampai proses repair Microsoft Office berhasil.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 11 Cara Mengatasi Microsoft Word Tidak Bisa Dibuka

5. Gunakan program alternatif lain

Gunakan Microsoft Word Online
5. Gunakan program alternatif lain. RUDI DIAN ARIFIN

Jika semua tips di atas tidak juga menyelesaikan masalah Anda, untuk sementara Anda bisa gunakan program Microsoft Office alternatif. Selain program untuk desktop, Microsoft Office juga tersedia dalam bentuk web apps. Anda bisa akses semua layanan Microsoft Office secara gratis dengan membuat akun Microsoft terlebih dahulu. Selain dari Microsoft, Anda juga dapat mengakses produk Office dari Google bernama G Suite (Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides). Semua produk tersebut juga dapat Anda gunakan secara bebas dan gratis.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi File Explorer Not Responding Windows

Penutup,

Sebelum mencoba beberapa tips di atas, akan lebih baik apabila Anda melakukan identifikasi penyebab dari masalah not responding tersebut. Selain itu, Anda juga perlu mengurangi aktivitas multitasking yang berlebihan, terutama jika Anda menggunakan komputer/ laptop dengan spesifikasi rendah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak penjelasan dari Microsoft mengenai Microsoft Office yang not responding, has stopped working, hangs, hingga freezes.

Apa penyebab Microsoft Office not responding?

Bisa karena masalah dengan Add-ins atau karena kerusakan pada program.

Apa penyebab Microsoft Office sering ngelag?

Bisa disebabkan karena memuat dokumen yang terlalu besar, adanya proses pada program lain, hingga masalah dengan Add-ins.

Apakah Microsoft Office bajakan menjadi penyebab not responding?

Mungkin saja, karena Microsoft Office bajakan tidak menjamin keamanan dan kestabilan program setelah aktivasi.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi Microsoft Office yang not responding. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…