2 Cara Menghilangkan Protected View Microsoft Excel

Pernahkah anda mengalami masalah ketika membuka file Excel (.xls, .xla, .xlt, .xlm, .xlb, .xlt), muncul pesan notifikasi dibawah ribbon? Jika ya, maka anda akan mendapat solusi tepat dari artikel ini. Sayapun juga mengalami hal yang sama, seringkali mendapati notifikasi “Protected View” ketika membuka dokumen.

Sebagian pengguna mungkin merasa tidak masalah, cukup dengan klik Enable Editing maka dokumen tetap bisa diedit. Namun saya merasa malas ketika membuka dokumen seringkali harus klik Enable Editing. Lalu apa yang membuat ini terjadi dan bagaimana menghilangkannya. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan dan tutorialnya berikut ini;

Lihat Juga : 9 Cara Mengubah File PDF ke Excel

Fungsi Protected View Microsoft Excel

Protected View merupakan salah satu fitur Microsoft Office yang dilucurkan sejak 2010 yang lalu. Dari tahun Microsoft Office tersebut, fitur Protected View terus ada hingga saat ini dengan terus melakukan pembaruan dan perbaikan. Fungsi dari fitur ini adalah untuk memproteksi pengguna dari kemungkinan virus, worm, dan malware yang kemungkinan melekat pada dokumen.

Fitur ini sebenarnya sangat berguna untuk pengguna Windows dimana tetap dapat melihat dokumen dengan mode baca (read-only) atau tetap melakukan editing dengan mode proteksi. Fitur ini akan muncul ketika anda mendapat dokumen Excel dari hasil unduhan di Internet atau dokumen kiriman, entah itu dari WhatsApp, Telegram, email Gmail, dst.

Pesan Error Protected View Microsoft Excel

Pesan yang muncul bisa berbeda-beda, untuk lebih jelasnya anda bisa lihat tabel berikut ini;

EnglishIndonesian
Be careful – files from the Internet can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in Protected View.Hati-hati – file dari Internet dapat berisi virus. Jika Anda tidak perlu mengedit, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.
Be careful – email attachments can contain viruses. Unless you need to edit, it’s safer to stay in Protected View.Hati-hati – lampiran email bisa berisi virus. Jika Anda tidak perlu mengedit, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.
This file was opened from a potentially unsafe location. Click for more details.File ini dibuka dari lokasi yang berpotensi tidak aman. Klik untuk lebih jelasnya.
Office has detected a problem with this file. Editing it may harm your computer. Click for more details.Office telah mendeteksi masalah dengan file ini. Mengeditnya dapat membahayakan komputer Anda. Klik untuk lebih jelasnya.
This file was opened in Protected View. Click for more details.File ini dibuka dalam Tampilan Terproteksi. Klik untuk lebih jelasnya.
Be careful – This file is from someone else’s OneDrive. Unless you trust this person and want to continue collaborating with them, it is safer to stay in Protected View.Hati-hati – File ini dari OneDrive orang lain. Jika Anda tidak memercayai orang ini dan ingin terus berkolaborasi dengannya, lebih aman tetap dalam Tampilan Terproteksi.

Lalu, bagaimana mematikan fitur Protected View Microsoft Excel agar tidak muncul kembali? Sangat mudah, anda bisa ikuti petunjuknya berikut ini;

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Antivirus Avast Tidak Bisa Dibuka di Windows

Cara Menghilangkan Protected View Microsoft Excel

Untuk menghilangkan notifikasi Protected View, anda cukup melakukan unlock pada dokumen tersebut atau men-disable fitur melalui Trust Center. Simak penjelasan dari dua langkah tersebut berikut ini;

1. Unlock File Microsoft Excel

Unlock File merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit serta melakukan perubahan pada dokumen tanpa kendala proteksi Windows. Dengan melakukan unlock, maka dokumen tersebut tidak memunculkan pesan Protected View lagi. Untuk melakukan unlock, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini;

Langkah pertama, silahkan klik kanan pada dokumen Excel yang bermasalah tersebut. Klik menu Properties seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

1 Klik Properties Microsoft Excel

Setelah itu, centang bagian Unlock yang ada dibagian pojok kanan bawah bertuliskan ‘This file came another computer and might be blocked to help protect this computer’. Setelah itu, klik Apply, maka fitur unlock tersebut akan hilang. Terakhir klik OK.

2 Unlock Dokumen Excel

Silahkan buka dokumen Excel anda, maka anda tidak akan melihat lagi pesan Protected View seperti sebelumnya.

4 Hilangkan Protected View Microsoft Excel

Secara singkat, anda bisa ikuti petunjuk dibawah ini;

  1. Pertama, klik kanan pada dokumen Excel tersebut.
  2. Klik Properties.
  3. Kemudian centang Unlock.
  4. Klik Apply dan OK.
  5. Buka dokumen dan anda tidak akan melihat pesan Protected View kembali.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 6 Cara Mengubah Tampilan Kursor Windows 10

2. Disable Protected View melalui Trust Center

Melalui Trust Center, pengguna dapat menonaktifkan atau disable fitur Protected View. Dengan melakukan disable maka fungsi proteksi tidak dijalankan, sehingga dokumen yang dibuka dari kiriman atau unduhan tidak akan dilakukan proteksi lagi. Berikut langkah-langkahnya;

Langkah pertama, silahkan buka program Microsoft Excel yang anda gunakan. Dalam hal ini jangan membuka dokumen Excel apapun. Pilih menu Options seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

1 Klik Options Microsoft Excel

Dibagian ini muncul banyak opsi pilihan, silahkan untuk memilih menu Trust Center » Trust Center Settings…

2 Klik Trust Center Settings Microsoft Excel

Lihat dibagian fitur Protected View, hilangkan semua centang yang bertuliskan enable tersebut;

  • Enable Protected View for files originating from the Internet.
  • Enable Protected View for files located in potentially unsafe locations.
  • Enable Protected View for Outlook attachments.

Jika sudah, klik OK.

3 Disable Protected View Microsoft Excel

Untuk melihat hasilnya, anda bisa buka dokumen Excel yang memunculkan pesan Protected View tersebut. Pesan tersebut tidak akan muncul kembali.

4 Hilangkan Protected View Microsoft Excel

Secara singkat, anda bisa ikuti petunjuk dibawah ini;

  1. Langkah pertama, silahkan buka program Microsoft Excel.
  2. Jangan buka dokumen apapun, pilih menu Options.
  3. Pilih Trust Center » Trust Center Settings.
  4. Pilih Protected View » lalu hilangkan semua centang yang ada.
  5. Klik OK » OK.
  6. Selanjutnya, anda bisa membuka membuka dokumen Excel.
  7. Selesai.

Lihat Juga: 12 Aplikasi Akuntansi PC Terbaik & Gratis

Akhir kata,

Itulah penjelasan dan panduan singkat mengenai Protected View Microsoft Excel, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Panduan ini berlaku tidak hanya pada program Microsoft Excel, namun juga bisa anda lakukan pada Microsoft Word, Power Point, dan sejenisnya untuk tahun 2010, 2013, 2016, 2019, hingga yang paling baru saat ini.

Menurut hemat saya, opsi kedua dapat lakukan agar Protected View tidak muncul lagi dikemudian hari. Sementara untuk opsi pertama hanya berfungsi untuk dokumen yang di unlock. Sekian dari saya, apabila ada sesuatu yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.