5+ Aplikasi Pembayaran Online, Digital Payment Indonesia

Tahukah Anda, kalau di jaman yang merupakan era modern ini ada yang namanya e-cash atau e-money. Di jaman yang selalu berkembang dengan kemajuan teknologi yang selalu diluar perkiraan, kita bisa mendapatkan banyak perubahan dalam hidup ini. Salah satunya adalah perubahan cara transaksi yang dulu bentuknya nyata sekarang jadi maya.

Saat ini sudah tidak aneh lagi untuk orang-orang bepergian tanpa perlu membawa uang. Bukannya karena tidak memiliki, tapi karena uang yang bawa berbentuk maya atau virtual. Uang ini biasanya disebut e-cash atau e-money. Penggunaannya sama dengan uang asli, perbedaannya hanya terletak pada bentuk uangnya. Pembayaran menggunakan e-cash biasanya disebut Digital Payment.

Apa Itu Digital Payment?

Digital Payment adalah proses pembayaran tanpa memberikan bentuk yang nyata melainkan dengan menggunakan bentuk maya dari uang yang ada di media virtual. Digital Payment dapat dilakukan dengan beberapa cara, yakni SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, atau Digital Wallet. Semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat Android atau IOS Anda.

Transaksi semacam ini terbilang lebih efisien karena kita bisa merasa lebih mudah, aman, dan terjamin, tidak harus membawa uang. Cukup dengan menggunakan smartphone, kita bisa melakukan pembayaran di manapun, dan kapanpun.

Transaksi Digital

Aplikasi Terkait

Kelebihan Digital Payment

Setiap kemajuan teknologi pasti punya kelebihan dari yang sebelumnya, begitu juga dengan kemajuan dalam bidang pembayaran ini, lalu apa saja kelebihannya itu? Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan Digital Payment.

#1. Penggunaannya Bisa Dimana Saja dan Kapan Saja

Biasanya jika kita ingin melakukan pembayaran maka kita harus berada di tempat kita membeli, kan. Namun dengan Digital Payment ini Anda bisa melakukan pembelian dari jarak jauh dan melakukan pembayaran dari jarak jauh pula. Dengan catatan toko tempat Anda membeli juga menyediakan pembayaran dengan cara ini.

Dengan hal itu, kita akan lebih menghemat tenaga dan waktu untuk pergi kesana. Ini sangat cocok untuk orang yang memiliki kesibukan dan tidak memiliki waktu luang yang banyak.

#2. Lebih Aman daripada Uang Asli

Dibandingkan dengan uang asli, digital Payment ini jauh lebih aman. Bukan hanya aman dari uang palsu, namun juga aman dari pencurian.

Dengan Digital Payment, Anda tidak perlu risau atau khawatir saat pergi membawa uang banyak. Anda juga tidak perlu khawatir apabila ada rumor mengenai uang palsu yang beredar. Karena uang yang ada di Digital sudah pasti nilainya asli, dengan pengaman tinggi yang disediakan oleh penyedia layanan Digital Payment.

#3. Lebih Mudah dan Praktis

Penggunaan Digital Payment juga terbilang praktis, kita tidak perlu membawa uang dalam bentuk tunai dalam jumlah banyak. Kita juga tidak perlu khawatir dengan kembaliannya karena pengurangan saldo sesuai dengan harga benda.

Digital Payment juga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, jadi Anda tidak harus pergi ke toko dan mengantri untuk membeli dan membayar barang. Cukup lakukan dirumah, pesan, lakukan pembayaran, dan barang yang Anda pesan akan sampai di rumah Anda dengan jasa kurir.

Hal ini akan memudahkan Anda yang tidak punya waktu luang untuk pergi keluar membeli sesuatu.

#4. Promo yang Beragam

Biasanya penyedia layanan Digital Payment atau Digital Wallet, memiliki promo-promo tersendiri yang dapat menguntungkan Anda. Contohnya saja promo cashback 20% DANA untuk pembelian di merchant-merchant DANA.

Promo-promo ini berbeda di setiap penyedia layanan ini jadi silahkan pilih promo mana yang menarik menurut Anda.

Tipe – Tipe Digital Payment

Dalam melakukan pembayaran melalui Digital Wallet, ada beberapa tipe yang dapat Anda gunakan. Berikut ini adalah tipe-tipenya.

#1. SMS Banking

SMS Banking adalah salah satu layanan transaksi yang disediakan oleh pihak bank untuk untuk melakukan transaksi. Di metode ini Anda perlu menggunakan nomor HP untuk melakukannya, namun sebelum itu Anda harus mendaftarkan nomor HP terlebih dahulu ke bank yang Anda gunakan.

Untuk melakukan SMS Banking anda perlu menggunakan UMB (USSD Menu Browser) dengan menekan *141#.

Transaksi SMS Banking

#2. Mobile Banking

Mobile Banking adalah layanan transaksi lainnya yang disediakan oleh pihak bank. Untuk metode ini Anda memerlukan Smartphone untuk memasang Aplikasi yang disediakan oleh pihak Bank. Salah satu kegunaan Aplikasi ini adalah untuk melakukan transfer atau Digital Payment.

Untuk melakukannya Anda harus menginstal terlebih dahulu Mobile App Bank yang Anda gunakan. Lalu ikuti instruksi dari pihak bank untuk melakukan transfer atau Digital Payment.

Aplikasi ini dapat Anda unduh di Google Play atau App Store.

#3. Internet Banking

Untuk mengaktifkan layanan ini Anda terlebih dahulu harus pergi ke Bank Anda dengan membawa beberapa dokumen yang diperlukan untuk mengaktifkan layanan ini. Setelah selesai barulah Anda bisa menggunakan layanan Internet Banking ini.

Internet Banking memerlukan sebuah token untuk melakukan transfer atau Digital Payment.

#4. E-cash / E-money / Digital Wallet

Layanan ini merupakan layanan yang tidak memerlukan bank untuk melakukan transfer atau Digital Payment. Untuk layanan ini Anda hanya perlu mengunduh Aplikasi yang menyediakan layanan ini, beberapa diantaranya seperti OVO, GO-Pay, DANDA, dan lainnya.

Setelah Anda selesai mendaftar Anda perlu mengisi saldo Anda untuk digunakan sebagai pengganti uang asli. Dengan saldo itu Anda dapat membeli kebutuhan yang ada inginkan.

Aplikasi Layanan Digital Wallet atau e-cash

Seperti yang Saya bilang sebelumnya, di jaman yang era modern ini, dengan teknologi kita bisa melakukan apapun yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Dengan adanya layanan ini Anda bisa melakukan pembelian atau pembayaran tanpa uang tunai. Nah, untuk mengetahui apa-apa saja aplikasi yang menyediakan layanan e-cash ini, simak ulasan berikut ini.

#1. Gojek (Go-Pay)

GOJEK
Sumber Image : Play Store

Gojek adalah aplikasi yang melayani jasa pencarian transportasi, pesan makanan, isi pulsa, dan bayar tagihan lainnya. Tidak hanya itu namun Gojek juga merupakan penyedia layanan logistik atau pengiriman kurir.

Dalam Aplikasi Gojek ada yang namanya Go-Pay, itu adalah nama dari saldo yang tersedia di Gojek. Dengan Go-Pay kita bisa melakukan pembayaran dari barang yang kita beli dengan metode pembayaran Go-Pay. Saldo Gojek atau Go-Pay ini dapat diisi melalui driver Gojek, debit card, minimarket, pegadaian, atau dengan internet / mobile / SMS banking.

Selain cepat dan gampang, pembayaran lewat Go-Pay juga mempunyai kelebihan tersendiri, yakni promo – promo yang selalu menarik dan menguntungkan kita sebagai konsumen.

[Google Play] [App Store]

#2. OVO

OVO
Sumber Image : Play Store

OVO adalah aplikasi mobile yang melayani jasa Digital Payment. Dengan bergabung dengan OVO, Anda akan mendapatkan uang cashless yang dapat Anda gunakan untuk transaksi di ratusan Merchant OVO.

OVO ini dapat Anda gunakan untuk membayar kebutuhan sehari-hari seperti Pulsa, listrik, air, dll. Untuk mengisi saldonya pun mudah, bisa melalui debit card, ATM, Internet / Mobile Banking, Merchant, atau booth OVO.

[Google Play] [App Store]

#3. DANA

DANA
Sumber Image : Play Store

Dengan DANA Anda akan lebih mudah dalam bertransaksi pembelian barang atau yang lainnya. Dengan cashless dan cardless Anda bisa membeli barang atau yang lainnya hanya dengan men-scan kode QR yang ada di tempat Anda membeli.

Dengan DANA kirim uang atau transfer uang jauh lebih mudah, cukup dengan memasukkan nomor penerima dan jumlah yang dikirim maka uang akan langsung ter-transfer tanpa perlu nomor rekening apapun.

[Google Play] [App Store]

#4. I.SAKU

I.SAKU
Sumber Image : Play Store

I.Saku adalah salah satu aplikasi penyedia layanan digital payment yang sudah lama beroperasi. I.Saku ini telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia, jadi terjamin aman dan terkendali.

Aplikasi ini memiliki layanan seperti setor uang, bayar keperluan rumah, beli pulsa, dll.  Di i.saku ada yang namanya Mypoin yang didapatkan dari setiap transaksi yang dilakukan dengan i.saku. Poin dapat anda tukarkan dengan hadiah menarik dari Mypoin.

[Google Play] [App Store]

#5. LinkAja

LinkAja
Sumber Image : Play Store

LinkAja atau yang dulunya TCash adalah salah satu aplikasi lainnya yang menyediakan layanan digital payment. Aplikasi ini merupakan aplikasi dari pihak Telkomsel yang sudah memiliki izin beroperasi dari Bank Indonesia.

Dengan LinkAja Anda akan lebih mudah untuk melakukan transaksi jual-beli, transfer uang, isi pulsa dan paket semua operator, bayar tagihan rumah, voucher game, donasi, dll. Dengan kemudahan itu Anda juga diberikan berbagai promo-promo yang menarik.

Untuk mengisi saldo LinkAja Anda dapat mengisinya di GraPari Telkomsel, Minimarket, atau melalui Transfer Bank.

[Google Play] [App Store]

Kesimpulan,

Kemajuan teknologi yang begitu pesat, banyak hal yang dulunya tidak kita pikirkan, sampai saat ini yang tidak mungkin menjadi mungkin. Salah satunya adalah adanya digital payment ini, mungkin dulu kita tidak akan percaya kalau kita tidak bisa membeli barang atau apapun tanpa memberikan uang secara nyata. Namun sekarang kita bisa melakukannya.

Menurut saya dengan adanya aplikasi pembayaran online, transaksi menjadi lebih mudah, dan lebih cepat dalam melakukan pembelian barang ataupun pembayaran. Bukan hanya praktis tapi juga menguntungkan, dengan promo-promo yang diadakan oleh pihak penyedia layanan, kita bisa menikmati layanan dengan lebih maksimal.

Keamanannya pun sudah teruji, dengan izin dari Bank Indonesia mereka bisa beroperasi dengan aman dan terkendali, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menyerahkan uang Anda kepada mereka.

Akhir Kata

Itulah sedikit ulasan singkat dari saya terkait pembayaran dengan digital payment serta beberapa daftar aplikasi yang beroperasi di Indonesia, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada kesalahan dalam penulisan atau materi, silahkan sampaikan melalui kolom komentar

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (1)