Cara Belanja di Bukalapak + Pembayaran Alfamart, LENGKAP!!

0

Dianisa.com – Bukalapak merupakan salah satu Situs Jual Beli Online Populer Indonesia, bahkan bisa dibilang Bukalapak-lah situs yang mempopulerkan belanja online di Indonesia. Penulis sendiri memulai langkah untuk membeli barang secara online dari Bukalapak, Alasanya sendiri sih karena bukalapak memiliki tampilan yang fresh dan menempatkan menu serta opsi pilihan dengan begitu baik.

Sehingga amatiran pun dapat melakukan belanja online di Bukalapak dengan mudah.  Selain itu juga Bukalapak acap kali menyuguhkan berbagai promo menarik kepada para membernya.

Serta berbagai Fitur Pembayaran Yang All In One seperti: Bayar Listrik secara Online, Beli Pulsa, Voucher Game, Tiket Pesawat, Tiket Kereta, Tiket Bus dan lain lainya.

Ada juga event seperti serbu seru dimana kita dapat membeli barang apapun dengan harga “Rp1” yang dimana nantinya setelah barang tersebut terbeli kita akan dapat nomor dan akan diundi. Jika kita memenangkanya maka kita akan dapat membeli apapun di Bukalapak dengan harga “Rp1” dan apabila kalah uang kita akan tetap kembali ke akun di Bukadompet.

Apabila kamu masih baru atau pemula dalam melakukan Belanja Online, Bukalapah adalah starter yang bagus buat kamu. Karena penulis sendiri juga memulai memasuki dunia marketplace di Bukalapak. Dan jika kamu tertarik untuk mendaftar dibukalapak, simak ulasannya berikut ini.

Panduan Belanja Online

Aplikasi Android Terkait

Mendaftar Akun di Bukalapak (Via PC Desktop)

Sebelum mencoba menggunakan Bukalapak, tidak hanya sekedar melihat – lihat barangnya, alangkah lebih baik jika kamu mendaftar terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa akses semua fitur dan keunggulan yang ada sepenuhnya.

Namun sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah memiliki Email dan Nomor Telepon aktif sebagai bagian untuk syarat pendaftaran. Layanan email bebas, bisa Yahoo, Gmail, Microsoft, ataupun yang lainnya.

Namun lebih mudahnya, kamu bisa gunakan Gmail. Dan jika sudah, kamu bisa ikuti Panduan Daftar Member di Bukalapak berikut ini.

1. Daftar Akun Bukalapak

  • Disini kamu diminta mengisi form nama, Email atau nomor telepon dan password untuk melengkapi akun kamu.

2. Membuat Akun Bukalapak

  • Selamat! Kamu sudah resmi menjadi member bukalapak dan mengakses keseluruhan pelayanan yang diberikan untuk para pengunjungnya.

3. Daftar Member Bukalapak

  • Setelah selesai mendaftar, jangan lupa untuk melakukan verifikasi email dari Bukalapak yang telah dikirimkan.
  • Selesai.

Cara Berbelanja di Bukalapak (Via PC Desktop)

Setelah mengikuti panduan daftar diatas, kamu sekarang bisa mencoba buat searching, lihat – lihat barang, atau memang ingin langsung membeli barang yang diinginkan. Sedikit informasi, berbelanja di Bukalapak sangatlah mudah, kamu tinggal pilih barang yang diinginkan lalu ikuti panduan yang ada sampai barang berhasil di pesan, termasuk alamat dan metode pembayaran.

Sampai saat ini, Bukalapak menyediakan berbagai metode, bisa melalui Transfer Bank, Kartu Kredit, Gerai terdekat seperti Alfamart dan Indomaret, serta beberapa aplikasi tertentu seperti fintech yang memang sudah kerjasama dengan Bukalapak.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti Panduan Berbelanja di Bukalapak berikut ini.

  • Di kolom pencarian ketiklah nama barang yang ingin kamu beli. disini penulis mengisinya dengan Case Xiaomi Redmi Note 7.
  • Pada laman tersebut kita disuguhkan banyak pilihan dari jenis barang yang di cari tadi. Pilih salah satu barang lalu klik.

1. Cari Barang di Bukalapak

  • Kita nanti akan dialihkan menuju jendela baru yang menampilkan Deskripsi barang yang akan dibeli nantinya.

2. Pilih Barang di Bukalapak

  • Bergeser ke bawah. Kamu dapat mengakses 2 pilihan yaitu “Tambah keranjang” Apabila kamu ingin menyimpan laman barang untuk nanti dan “Chat Pelapak” apabila ingin bertanya-tanya perihal barang yang di jajakan.
  • Jika kita bergeser dibawah lagi terdapat “Deskripsi barang” dan juga “Etiminasi Ongkos Kirim” Yang dimana kita dapat mengetahui harga yang disediakan dari jasa pengiriman yang berbeda.

3. Opsi Kurir Bukalapak

  • Kembali ke pembelian. Setelah merasa cocok dengan barang yang dibeli, Klik “Beli Sekarang” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Beli Barang di Bukalapak

  • Nah sekarang baru kita memasuki bagian paling penting pada tahap pembelian. Yaitu menentukan Jasa pengiriman & Alamat tujuan kamu. Klik saja “Masukan Alamat Pengiriman” untuk memasukan alamat tujuanya.

5. Opsi Alamat di Bukalapak

  • Disini kita dimintai buat mengisi alamat kita dengan lengkap! Setelah selesai dan yakin klik “Simpan

6. Input Alamat di Bukalapak

  • Bergeser kebawah kita disuguhkan untuk menentukan jasa pengiriman dengan biaya yang berbeda-beda dibagian “Kurir” sebagai contoh disini penulis memakai J&T Express (Reguler).

7. Jasa Pengiriman di Bukalapak

  • Di Catatan kamu dapat mengisinya ataupun boleh untuk mengosonginya. Tujuan catatan ini ialah untuk menyampaikan pesan kepada penjual untuk menentukan warna serta jeis barang yang kita pilih. Jika dirasa sudah selesai semua lanjut dengan mengklik “Pilih Metode Pembayaran
  • Halaman kembali berubah dan disini menampilkan berbagai macam opsi dalam menentukan jasa pembayaran yang nantinya akan kamu pilih. Sebagai contoh disini penulis memilih pembayaran melalui Gerai Alfamart.

8. Opsi Pembayaran di Bukalapak

  • Lalu kembali ke atas dan kita ditunjukan ringkasan total biaya dari belanja kita. Jika dirasa sudah clear klik “Bayar”.

9. Pembayaran di Bukalapak

  • Di halaman berikut ini kita diberi nomor kode pembayaran yang nantinya akan kita beri kepada petugas kasir untuk memproses transaksi kita.

10. Nomor Tagihan di Bukalapak

  • Sekarang kita cuma harus mnunggu hingga penjual mengirim barangnya kepada kita.
  • Estiminasi pengirimannya biasanya sekitar 3 – 4 hari, paling lama kemungkinan 8 – 10 hari.
  • Selesai.

Berbelanja di Bukalapak (Via Smartphone)

belanja di bukalapak lewat smartphone tidak jauh berbeda dengan melalui PC akan tetapi jika kita belanja lewat Appnya, Bukalapak menyediakan beberapa kelebihan salah satunya “Nego Harga” yang dimana kamu dapat menego harga asli barang dengan harga yang sesuai dengan kantong dompetmu.

Akan tetapi fitur ini hanya bisa digunakan 3x sehari dalam semua pembelian. Selain itu, akan lebih mudah ketika kamu berbelanja lewat smartphone, alasannya karena efisiensi waktu, akses yang mudah dan cepat bisa dimana aja dan kapan aja, serta transaksi yang lebih mudah, terlebih untuk beberapa pengguna yang sudah memiliki M-Banking.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa ikuti panduan Berbelanja di Bukalapak via Smartphone berikut ini.

  • Jika belum punya Aplikasi Bukalapak, kamu bisa download aplikasinya langsung dari Google Play Store.
  • Install App-nya setelah selesai, Buka dan ketiklah barang yang ingin di cari dalam kolom pencarian. Kemudian laman akan berubah dan menyajikan daftar barang serupa dengan deskripsi di pencarian. Pilihlah barang yang sesuai lalu klik.

1. Cari Barang di Aplikasi Bukalapak

  • Kita nanti akan memasuki laman barang yang dipilih. Untuk melanjutkan pembelian klik “Beli Sekarang”. Laman kembali berubah, dan sekarang meminta kita untuk mengisi Pilihan alamat tujuan.

2. Beli Barang Lewat Aplikasi Bukalapak

  • Kemudian penulis mengatur jasa pengiriman melalui J&T karena dirasa lebih murah dan aman. Ada banyak opsi pengiriman, jika penjual dekat dengan daerah kamu, bisa coba jasa pengiriman GOJEK atau GRAB.

3. Jasa Pengiriman Bukalapak

  • Sebagai contoh disini penulis memilih metode pembayaran gerai Alfamart karena lebih mudah dan terjamin keamananya. Setelah semuanya selesai klik “Bayar Dengan Gerai” untuk melanjutkan transaksi.

4. Metode Pembayaran Gerai Bukalapak

  • Dan selanjutnya kita diberi kode pembayaran yang nantinya harus kita bayarkan pada petugas kasir alfamart untuk menyelesaikan transaksi pembelian.

5. Tagihan Pembayaran Bukalapak

  • Kamu tinggal datang ke Alfamart lalu tunjukkan kode transaksi Bukalapak yang perlu diselesaikan. Cukup mudah bukan!!
  • Selesai.

Penilaian Penulis

Sebagai seseorang yang telah berkecimpung dalam dunia Transaksi Online selama beberapa tahun, Bagi penulis Bukalapak merupakan sarana jual beli yang sangat pas bagi mereka yang baru pertama kali ingin mencicipi rasanya belanja online.

Karena tampilan Bukalapak yang begitu familiar di mata, ini menjadi poin plus karena kesan pertama yang diberikanya begitu meyakinkan apabila kita hendak memakai Jasa Marketplace yang satu ini.

Akhir Kata

Sekian ulasan sederhana terkait Tips, Daftar dan Berbelanja di Bukalapak, sebenarnya ada banyak sekali fitur dibukalapak yang belum bisa penulis sampaikan dalam artikel singkat ini. Mungkin penulis akan membahasnya pada artikel lain jika ada kesempatan.

Jika kamu punya pertanyaan terkait belanja online, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here