10+ Aplikasi POS Penjualan Terbaik, Tinggalkan Pencatatan Manual!

Menurut Wikipedia, penjualan merupakan salah satu aktivitas bisnis yang menjual sebuah produk atau jasa. Dalam melakukan transaksi penjualan, penjual harus memiliki barang atau jasa yang diberikan kepemilikannya kepada pembeli dengan harga tertentu. Penjualan dapat dilakukan secara langsung atau melalui agen penjualan.

Dalam kehidupan sehari – sehari, transaksi penjualan terjadi dimana – mana, baik di toko, minimarket, pasar, pedagang kaki lima, warteg, restoran, café, dan lainnya. Tak hanya itu saja, transaksi digital juga terjadi, dimana sebuah startups menjadi agen dari transaksi penjualan.

Efektif dan efisiensi menjadi bagian mendasar yang diharapkan oleh para penjual. Terlebih untuk penjual dengan konsumen atau pelanggan yang begitu banyak dan meningkat secara terus menerus, maka strategi jitu diharapkan dalam pengelolaan semua produk yang ada.

Aplikasi POS (Point of Sales) dapat menjadi solusi dalam memaksimalkan segala bidang bisnis penjualan anda. Inilah opsi unggulan dimana anda akan mudah dalam mengelola semua produk, pelanggan, pemasukan, pengeluaran, dan transaksi setiap hari secara efisien dan cepat.

Aplikasi Terkait

Tips Android

Masalah HP Android

Aplikasi POS Penjualan Terbaik

POS (Point of Sales) merupakan metode penjualan yang saat ini banyak digunakan oleh para pemilik bisnis UKM dan UMKM yang telah berkembang. Adanya POS mampu memudahkan para penjual dalam melakukan transaksi, manajemen produk, serta laporan keuangan.

Tidak harus menggunakan media PC atau Desktop sebagai tempat instalasinya, kini banyak pengembang membuat aplikasi POS berbasis android, dimana semua kebutuhan produk dan transaksi penjualan atau pembelian akan mudah dikelola, dimanapun dan kapanpun anda inginkan.

Penasaran seperti apa, simak ulasannya berikut ini.

#1. Aplikasi POS Restoran + Keuangan

Kasir Restoran
Sumber Image : Play Store

Bagi anda yang saat ini sedang mengelola restoran, café, warteg, atau mungkin bisnis kecil – kecilan lainnya, kini saatnya beralih ke manajemen yang lebih efisien dengan memanfaatkan aplikasi POS Restoran dari AhliKasir.com. Ada banyak opsi dimana anda bisa mengatur semua isi restoran atau café mulai dari kategori menu, isi menu, meja, dan pelanggan.

Untuk kebutuhan transaksi, ada banyak pilihan dimana anda bisa mengatur apakah makanan dibawa pulang atau makan ditempat, serta cetak resi atau faktur dapat dilakukan dengan menghubungkan aplikasi ke printer via OTG atau Bluetooth.

Tertarik mencoba, unduh aplikasi ini langsung dari Google Play melalui link yang ada dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

#2. POS Penjualan – Toko Pakaian

POS Toko Pakaian
Sumber Image : Play Store

Bagi yang sedang berjualan pakaian, anda bisa gunakan manajemen POS toko pakaian dari pengembang yang sama yakni AhliKasir.com. Aplikasi hadirkan banyak fitur dimana anda bisa melakukan input produk dan manajemen barang secara efisien dan cepat. Untu cara penggunannya, anda bisa cek melalui video tutorial YouTube.

Di dalam aplikasi ini, anda bisa ubah identitas toko sesuai keinginan, buat kategori, input produk atau barang, pelanggan, serta melakukan transaksi penjualan melalui fitur transaksi.

Jika anda tidak mau repot karena harus input nama pelanggan, maka anda bisa inputkan secara umum. Artinya, ketika ada konsumen yang datang membeli, maka opsi transaksi bagian pelanggan tinggal pilih umum.

[Google Play] [App Store]

#3. POS Penjualan – Konter HP

Kasir Konter HP
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi selanjutnya yakni untuk pemilik bisnis konter HP kecil – kecilan, dengan memanfaatkan aplikasi POS konter dari KiosAplikasi.com. Sudah tidak jaman lagi mengelola konter menggunakan cara manual, input manual, pembukuan manual, dan semuanya harus manual.

Sebelumnya saya-pun sudah melakukan reviews pada artikel program konter hp dimana anda bisa menggunakan banyak hal untuk bisnis konter anda, mulai dari manajemen produk, transaksi penjualan, sampai laporan keuangan lengkap.

Untuk cara penggunaanya, anda bisa cek tutorial video YouTube. Jika tertarik, anda bisa download aplikasi langsung dari Google Play via link yang ada dibawah.

[Google Play] [App Store]

#4. POS Penjualan – Kasir Pintar

Kasir Pintar Free
Sumber Image : Play Store

POS penjualan selanjutnya yakni Kasir Pintar dari PT Kasir Pintar Internasional. Pemanfaatan aplikasi Kasir Pintar sudah seharusnya menjadi tolak ukur bagi para pejual atau pegiat usaha UKM dan UKMM. Terutama di era pasar modern sekarang ini, semua kalkulasi manajemen bisnis sudah dimanage otomatis dan terkomputerisasi, salah satunya dengan aplikasi Kasir Pintar ini.

Selain memudahkan pengguna dalam proses penjualan, aplikasi ini juga memiliki fasilitas yang lebih akurat dalam proses kalkulasi penjualan. Untuk review dari aplikasi ini tidak kalah saing dari aplikasi kasir online lainnya karena aplikasi Kasir Pintar telah dibekali fitur transaksi penjualan dengan lengkap.

Untuk lebih jelas tentang cara penggunaanya, langsung cek di video tutorial YouTube. Dapatkan juga aplikasinya dari Google Play via link dibawah ini.

  • Free Version

[Google Play] [App Store]

  • Pro Version

[Google Play] [App Store]

#5. POS Penjualan – Sellpazz POS

Sellfazz POS
Sumber Image : Play Store

Rekomendasi selanjutnya, anda bisa gunakan Sellpazz dari PT Payfazz Teknologi Nusantara. Aplikasi ini dapat digunakan untuk banyak hal mulai dari bazar, warung, toko, kios pulsa, dan lain sebagainya. Anda-pun bisa mencatat semua kebutuhan barang atau jasa hanya dengan satu aplikasi.

Yang menarik adalah, anda bisa gunakan fitur barcode, dimana setiap transaksi yang ingin dilakukan atau ingin dimasukkan ke keranjang akan lebih cepat tanpa harus mencari dari data produk. Selain itu, anda bisa memberikan akses kepada karyawan untuk kebutuhan transaksi dan pengelolaan barang,

Sebagai bos, anda cukup melihat laporan pengeluaran dan pemasukan secara real-time. Jika tertarik, anda bisa mencobanya dengan mengunduh aplikasi dari Google Play via link dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

#6. POS Penjualan – Pawoon

Pawoon POS Online
Sumber Image : Play Store

Aplikasi POS penjualan selanjutnya yakni Pawoon yang bisa dibilang cukup terkenal karena iklannya yang beredar dimana – mana. Aplikasi ini hadir dengan tujuan untuk membantu para pemilik usaha kecil atau menengah (UMKM) dalam mengembangkan bisnisnya agar lebih maksimal dan efisien. Sangat cocok digunakan dalam bidang bisnis penjualan seperti restoran, café, toko, waralaba, dan lain sebagainya.

Fitur unggulannya dapat digunakan untuk multi cabang atau multi outlet, manajemen stok (inventory management), manajemen pelanggan (CRM), laporan pendapatan lengkap, serta dapat digunakan dalam mode online dan offline.

Informasi lebih lanjut, cek melalui website pawoon.com atau deskripsi Google Play via link yang ada dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

#7. POS Penjualan – Qasir

Qasir
Sumber Image : Play Store

POS Penjualan berikutnya yakni Qasir dari PT Solusi Teknologi Niaga. Qasir dapat memudahkan anda selalu pemilik bisnis dalam melakukan pencatatan dan laporan kondisi bisnis, dimanapun dan kapanpun anda inginkan. Fitur yang dihadirkan sangat lengkap serta di dukung oleh cloud server canggih yang mampu melayani pemprosesan data lebih cepat.

Beberapa fitur utama yang bisa anda gunakan seperti pengelolaan produk, outlet lebih dari satu cabang (multi cabang), kelola pegawai yang bisa mengakses aplikasi, dapat dibubungkan ke thermal printer, serta informasi laporan pendapatan yang lengkap.

[Google Play] [App Store]

#8. POS Penjualan – Loyverse POS

Loyverse POS
Sumber Image : Play Store

Loyverse POS dapat menjadi opsi pilihan dalam memaksimalkan segala kebutuhan bisnis anda. Sampai artikel ini dibuat, aplikasi ini telah diunduh hingga 500 ribu pengguna Android dengan rating dan ulasan pengguna yang sangat baik.

Menariknya, aplikasi ini dapat digunakan untuk semua bidang usaha seperti retail, grosir, kafe, restoran, kedai kopi, warteg, cuci mobil, laundry pakaian, dan lain sebagainya. Selain POS (Point of Sales), opsi lain yang bisa anda lakukan yakni manajemen barang (inventory management), analisis penjualan, program loyalitas konsumen, serta fitur pembayaran kartu kredit.

Aplikasi ini tersedia dalam dua versi, Android dan iOS. Dan apabila anda tertarik, klik link dibawah ini untuk mengunduhnya.

[Google Play] [App Store]

#9. POS Penjualan – Kyte

Kyte
Sumber Image : Play Store

Apps POS Penjualan selanjutnya ada Kyte dari developer Nextar yang cocok untuk bisnis kecil ataupun menengah (UMKM). Dengan aplikasi ini, anda bisa input dan kontrol persediaan barang atau produk secara lebih mudah. Bahkan, anda-pun bisa membuat katalog online yang nantinya dapat mempermudah pelanggan atau konsumen dalam melihat produk – produk yang ada.

Untuk kebutuhan transaksi, anda bisa mengedit atau membatalkan transaksi, melihat produk, sampai menganalisis hasil penjualan. Jika ingin melakukan backup laporan penjualan, anda bisa ekspor file dalam bentuk Excel (csv).

[Google Play] [App Store]

#10. POS Penjualan – Sales & Inventory Manager

Sales Inventory Manager
Sumber Image : Play Store

Pilihan selanjutnya, Sales & Inventory Manager dari akun My Business yang bisa anda gunakan secara gratis (free). Dari segi UI (user Interface), aplikasi ini hadir dengan tampilan yang clean dan simple, sehingga mampu memanjakan mata penggunanya.

Fiturnya juga terbilang cukup lengkap, anda bisa input informasi usaha, pelanggan, kategori, produk, layanan pendaftaran, dan lain sebagainya. Yang menarik ialah, informasi laporan tersedia dalam bentuk grafik sehingga analisis ataupun melihat keuntungan penjualan terasa lebih mudah.

Informasi lebih lanjut, cek deskripsi Google Play via link yang ada dibawah ini.

[Google Play] [App Store]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.