5 Cara Mengubah File EPUB ke PDF

Buku elektronik atau lebih dikenal dengan kata Ebook oleh masyarakat, merupakan versi elektronik dari buku. Dengan kata lain, Ebook ini dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk dari sebuah perkembangan teknologi. Tentu dengan adanya Ebook ini, masyarakat akan dimudahkan untuk mencari ataupun membaca sebuah informasi dari buku.

Pada awal peluncuran teknologi ini tentu saja mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan. Baik dari kalangan siswa hingga para pekerja. Karena dengan hadirnya ebook ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Salah satu diantaranya adalah dapat diakses dimana saja melalui berbagai perangkat yang mendukung dan tidak sedikit penulis terkenal yang mencetak buku mereka secara digital.

Kita tahu bahwasannya Ebook ini memiliki format yang berbeda – beda. Mungkin kebanyakan masyarakat hanya mengenal beberapa format dari Ebook. Misalnya seperti format PDF. Penggunaan format PDF ini sangatlah populer dan melekat di masyarakat sejak dulu dibandingkan format ebook lainnya.

Meski PDF menduduki popularitasnya sebagai format ebook yang paling banyak digunakan, namun bukan berarti format ebook lainnya tidaklah bagus. Karena memang setiap format ebook memiliki kegunaan serta kelebihan yang berbeda – beda. Salah satu contoh format ebook yang menarik adalah EPUB. Tentu tidak banyak masyarakat mengetahui format ebook ini. Penjelasan lebih detailnya mengenai format EPUB ini dapat anda simak berikut ini.

Lihat Juga : 5 Cara Mengubah File PNG ke PDF

Apa itu EPUB?

EPUB merupakan format file e-book yang menggunakan ekstensi file “.epub”. EPUB juga salah satu dari format file buku elektronik yang banyak digunakan. Format file ini mendukung diberbagai perangkat lunak, mulai dari smartphone, tablet dan komputer. Meskipun format EPUB terbilang kurang familiar di Indonesia. Namun tidak demikian di luar negeri, yang penggunanya sangatlah banyak sekali.

Selain itu EPUB juga dapat dikatakan sebagai format e-book berbasis XML (sebagai lawan PDF) yang secara independen vendernya paling banyak didukung. Dalam artian, format ini didukung oleh hampir semua e-readers kecuali untuk Kindle.

Format EPUB sangatlah berbeda dengan format e-book lainnya seperti PDF. Misalnya dalam hal keterbacaan di perangkat mobile, format EPUB ini lebih baik daripada PDF. Jika dilihat dari kesesuaian platform, memang kedua format ini didukung oleh banyak platform. Namun untuk membuka file EPUB ini cukup ribet, karena pengguna harus menginstal terlebih dahulu aplikasi pembaca EPUB.

Tentu saja hal ini akan sangat merepotkan bukan? Nah adanya permasalahan tersebutlah yang membuat pengguna jadi enggan menggunakannya. Karena mungkin orang menganggap terlalu ribet dilakukan untuk sekedar membaca saja. Bahkan jika pengguna sedang mengunduh atau memiliki sebuah file EPUB, tidak mengherankan jika mereka mengubah format EPUB ke PDF. Karena dengan PDF, pengguna tidak perlu menginstal sofware tambahan, dan biasanya telah mengikut pada program aslinya. Berikut beberapa tools yang dapat anda gunakan untuk mengubah file EPUB ke PDF.

Lihat Juga : 3 Cara Export Word ke PDF di LibreOffice

Cara Mengubah EPUB ke PDF Secara Online

Jika anda ingin mengubah file EPUB ke PDF secara cepat dan praktis, tentu banyak sekali solusi yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengkonversinya melalui situs konverter. Dengan tersedianya berbagai tools yang ada disitus konverter tersebut, bukan hal yang sulit untuk mengubah file EPUB ke PSD. Simak beberapa situs konverter EPUB berikut ini :

Konversi EPUB ke PDF | convertio.co

Ubah EPUB Lewat Convertio
  1. Buka halaman situs berikut: convertio.co/id/epub-pdf/.
  2. Klik tombol Pilih File untuk mengunggh file EPUB. Atau anda juga dapat mengunggah file lewat Dropbox maupun Google Drive.
  3. Jika perlu, klik Tambahkan lebih banyak file untuk menambahkan file EPUB.
  4. Klik Konversi untuk memulai proses.
  5. Tunggu proses konversi beberapa menit.
  6. Klik Download untuk melihat hasilnya.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Mengubah Gambar WebP ke JPG/JPEG

Convert EPUB ke PDF | pdf2go.com

Convert EPUB Lewat pdf2go
  1. Akses halaman konversi berikut: pdf2go.com/epub-to-pdf.
  2. Klik Choose File untuk mengupload file EPUB.
  3. Jika perlu, anda dapat unggah file melalui URL/Dropbox/Google Drive.
  4. Klik Start untuk memulai konversi.
  5. Tunggu proses konversi beberapa saat. File akan terunduh secara otomatis.
  6. Jika tidak terunduh, silahkan klik Download untuk melihat hasil.
  7. Selesai.

Ubah EPUB ke PDF | zamzar.com

Konversi EPUB Lewat Zamzar
  1. Kunjungi situs konversi berikut: zamzar.com/convert/epub-to-pdf/.
  2. Klik tombol Add Files… untuk mengunggah file EPUB.
  3. Kemudian klik Convert Now untuk memulai konversi.
  4. Tunggu proses konversi beberapa saat.
  5. Klik Download untuk melihat hasilnya.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 4 Cara Mengubah File Word ke PDF

Cara Mengubah EPUB ke PDF Secara Offline

Selain itu terdapat cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengubah file EPUB ke dalam bentuk PDF. Yaitu dengan menggunakan aplikasi Calibre. Jika dibandingkan dengan paragraf sebelumnya, cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Terlebih anda tidak memerlukan koneksi internet untuk mengkonversi file EPUB tersebut.

Calibre ini merupakan salah satu aplikasi yang dirancang untuk manajemen e-book di komputer/laptop. Selain digunakan untuk manajemen buku, dengan aplikasi ini anda dapat mengubah EPUB ke bentuk PDF. Berikut langkah – langkah yang perlu anda ikuti.

STEP 1 : Pertama, silahkan unduh aplikasi Calibre disini. Buka aplikasi Calibre, lalu pilih Tambahkan buku pada toolbar. Setelah itu pilih ebook dengan format EPUB, klik Open.

Convert EPUB ke PDF Calibre 1

STEP 2 : Berikutnya pilih file EPUB yang terdapat dalam daftat e-book, kemudian dilanjutkan dengan klik Convert Books. Lalu pada bagian “Output format”, silahkan ubah menjadi PDF. Jika sudah klik Ok. (Tunggu proses konversi beberapa saat)

Convert EPUB ke PDF Calibre 2

STEP 3 : Setelah proses konversi selesai, lihat pada bagian panel sebelah kiri aplikasi. Klik icon panah disamping kiri tombol “Formats”, pilih PDF. Lalu klik Save to disk untuk memilih lokasi penyimpanan. Buka folder penyimpanan untuk melihat hasilnya.

Convert EPUB ke PDF Calibre 3

Lihat Juga : 4 Cara Mengubah File JPG ke PDF

Cara Mengubah EPUB ke PDF Lewat Smartphone

Namun jika salah satu cara diatas tidak bisa anda lakukan atau mungkin memberatkan. Saya telah menyediakan solusi lainnya, yakni dengan menggunakan Smartphone anda. Tentu saja cara ini sangatlah mudah dilakukan. Mengingat anda hanya perlu beberapa langkah saja untuk mengubah EPUB ke dalam bentuk PDF.

Terdapat beberapa ketentuan yang harus dilakukan, diantaranya adalah memasang aplikasi converter dan juga membutuhkan koneksi internet yang stabil supaya berjalan dengan lancar. Apabila dirasa telah memenuhi kriteria tersebut. Silahkan ikuti langkah – langkah mengubah EPUB ke PDF pada poin dibawah ini.

EPUB to PDF Converter
  1. Download dan install aplikasi EPUB to PDF Converter.
  2. Buka aplikasi EPUB to PDF Converter.
  3. Tekan Select Epub » pilih file EPUB » tekan Select.
  4. Tekan Convert untuk memulai konversi.
  5. Tunggu proses konversi beberapa saat.
  6. Tekan menu Converted, untuk melihat hasil konversi.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Membuka Kunci File PDF

Penutup,

Seperti itulah informasi yang dapat saya berikan mengenai cara mengubah file EPUB ke PDF. Cukup pilih salah satu dari beberapa metode yang paling mudah untuk dilakukan. Jangan lupa bagikan artikel ini ke jejaring sosial media anda supaya lebih bermanfaat. Apabila terdapat pertanyaan mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terimakasih dan selamat mencoba !!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.