Cara Menghapus Virus di HP Android Mudah dan Cepat

0
1364

Dianisa.com – Bagaimana Cara Menghapus Virus di Smartphone dan Tablet Android. Tahukah Anda Apa Itu Virus? Ya, virus adalah salah satu jenis file penggangu yang di nobatkan sebagai file yang dapat merusak sistem, baik itu di komputer ataupun di smartphone. Virus memang tidak bisa di lihat secara real, karena sifatnya tersembunyi. Dan hanya anti virus yang bisa mendeteksinya.

Baca Juga :

Tahukah anda bahwa ada ratusan ribu bahkan jutaan jenis file virus yang telah di temukan di seluruh dunia. Yang artinya file tersebut jika masuk pada sistem android ataupun komputer maka akan menghambat dan menggangu aktifitas harian anda. Tapi yang menarik dan luar biasa adalah, ada salah satu sistem operasi bernama LINUX yang tidak katanya tidak bisa terinveksi oleh virus apapun. Dan bahkan jika anda menggunakan sistem tersebut anda bisa menghapus virus secara manual tanpa harus menginstall anti virus apapun.

Misalnya saja jika WINDOWS anda telah terinveksi virus shortcut, dan jika komputer anda di tancapkan dengan Flashdisk yang isinya adalah data – data penting maka semua data tersebut akan berubah menjadi shortcut dan tidak dapat di buka.

Tapi menariknya, anda masih bisa membuka data – data yang ada di flashdisk tersebut menggunakan OS berbasis LINUX, walaupun flashdisk anda telah terkena virus. Lalu, Bagaimana Dengan Android? Bukankah Android Juga Berbasis LINUX? Semua OS android dari versi pertama sampai sekarang memang menggunakan OS berbasis LINUX. Tapi kenyataannya Android tetap bisa terinveksi oleh virus. Jadi untuk berjaga – jaga sebaiknya install dengan anti virus yang di khususkan untuk OS Android.

Salah satu aplikasi yang membuat saya terkagum – kagum adalah CM Security. Aplikasi anti virus tersebut sangat powerfull dalam menghapus virus di android. Lebih jelasnya, berikut reviews dan tutorial dari CM Security.

Menghapus Virus Android Dengan CM Security

CM Security adalah salah satu anti virus gratis untuk smartphone dan tablet android. Salah satu kemudahan yang di tawarkan dari aplikasi tersebut ialah dapat melakukan scanning pada sistem android (Memori Internal) hanya dengan satu kali klik. Tak hanya itu saja anda juga dapat menghapus file cache, memblokir panggilan yang masuk, memberi keamanan pada Wi-Fi, meningkat performa Android, dan masih banyak lagi fitur – fitur canggih lainnya. Lalu, Bagaimana Cara Menghapus Virus Dengan CM Security? Berikut tutorialnya.

1. Pertama, unduh dan pasang CM Security melalui Google Play Store secara gratis. Klik link berikut untuk mengunduh : Download CM Security via Google Play Store

Download dan Install CM Security 1

2. Setelah berhasil menginstall, buka aplikasi tersebut. Dan nantinya anda akan di hadirkan dengan tampilkan dengan antar muka dari CM Security. Langsung saja tap “Pindai Aplikasi & Sistem”. Tunggu sampai proses pemindaikan virus selesai. Hanya butuh waktu beberapa detik untuk melakukan scanning sistem dan aplikasi.

Pindai Virus Android

3. Kemudian nantinya anda akan di perlihatkan dengan hasil dari proses scanning tersebut. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Pada smartphone yang saya miliki, sepertinya ada masalah yang perlu saya atasi. Tap “Atasi Semua”. Tunggu sampai proses scanning selesai, dan smartphone anda akan kembali aman.

Bersihkan Ancaman Virus Android

4. Saya rasa cukup mudah untuk menggunakan Aplikasi CM Security sebagai aplikasi keamanan untuk smartphone dan tablet Android. Menurut saya, CM Security cukup ringan dan mampu membuat kinerja smartphone lebih cepat.

5. Selesai.

Dengan mengikuti langkah – langkah di atas, maka virus yang ada di smartphone android anda akan hilang. Lalu, bagaimana jika saya ingin menghapus virus di SD Card (Micro SD)? Tenang saja, aplikasi tersebut juga mampu menghapus virus yang ada di Memori Eksternal Android anda.

Menghapus Virus di Memori Eksternal Android

Selain melakukan scanning secara langsung pada sistem Androi dan juga memori Internal. CM Security juga bisa anda gunakan untuk melakukan scanning pada memori Eksternal atau MicroSD. Caranya hampir sama seperti di atas, dan cukup mudah untuk anda lakukan. Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak langkah langkah – langkahnya dibawah ini.

Menghapus Fitur di Memori Card Android

  1. Pada bagian antar muka dari CM Security anda pasti melihat 3 garis yang ada di pojok kanan atas, tap pada bagian tersebut. Kemudian tap “Pindai Kartu SD” untuk memulai melakukan scanning virus di kartu SD tersebut.
  2. Dan apabila tidak ada virus terdeteksi maka hasilnya akan terlihat aman. Tapi jika memang tidak terdapat virus, maka HP Android anda aman – aman saja. Selamat mencoba!!
  3. Selesai.

Sekedar Share :

Sebagai tambahan, tidak hanya CM Security, anda juga bisa menggunakan anti virus lain seperti AVG, AVAST Mobile Security, Kapersky Internet Security, atau McAfee Free Antivirus & Security. Tapi sebelumnya anda harus ingat bahwa anda hanya boleh menginstall 1 anti virus di Android, tidak boleh 2 ataupun 3.

  • AVG Antivirus Security adalah Aplikasi anti virus handal untuk smartphone dan tablet android. Selain android, AVG tersedia juga untuk Laptop (Desktop), IOS, dan Windows Phone. Aplikasi anti virus ini menjadi aplikasi anti virus handal, terbukti banyak pengguna desktop dan Android menggunakan aplikasi ini. Tertarik mencoba, unduh gratis melalui Google Play Store.
  • AVAST Mobile Security adalah Aplikasi yang mampu melakukan perlindungan atau protecting terhadap file atau aplikasi yang masuk ke ponsel android. Anti Virus yang satu ini juga memiliki fitur Firewall, sehingga penjelajahan melalui dunia maya atau online akan di lindungi. Mau mencoba, unduh gratis AVAST Mobile melalui Google Play Store.
  • McAfee Free Antivirus & Security adalah aplikasi yang dapat melindungi perangkat android anda dari serangan Virus yang mengancam. Yang paling disayangkan dari Anti Virus ini adalah cukup memakan banyak memori. Anti Virus ini tidak cocok untuk ponsel dengan kapasitas memori yang kecil karena jika dipaksakan maka ponsel android akan terasa berat dan lemot.
  • Lookout Mobile Security merupakan aplikasi Anti Virus yang memiliki fitur anti pencurian ponsel dengan kendali jarak jauh. Selain memindai file jahat atau Virus, Anti Virus ini juga dapat memindai file sampah berupa cache atapun temporary yang membuat ponsel bekerja lambat.
  • Dr. Web Anti Virus merupakan aplikasi Anti Virus yang menawarkan banyak kelebihan di banding dengan Anti Virus lainnya. Dari versi gratisannya Anti Virus ini menyediakan fitur scanning virus, anti malware dan notifikasi atau pemberitahuan apabila ada pihak dari luar yang merusaha mencuri data dalam perangkat android anda.
  • Dll.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Menghapus Virus Di HP Android Mudah dan Cepat, semoga bisa bermanfaat untuk semuanya. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan mengenai artikel di atas, silahkan tulis melalui kolom komentar atau bisa juga hubungi melalui fanspage facebook NGAWI DIAN. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here